Wawasan Nusantara | Pengertian, Tujuan, Hakikat, Fungsi, dan Konsepnya [LENGKAP]

Wawasan Nusantara – Hello sahabat setia Bebas Ketik, semoga kalian tetap diberikan rezeki yang barokah dan semoga di pertemukan dengan jodohnya jika belum. Karena rezeki sudah tertakar dan jodoh tak akan tertukar hehehe.

Basa-basinya sudah, sekarang waktunya kita untuk sedikit serius. Nah, pada artikel ini saya akan memberikan penjelasan yang berisi tentang wawasan nusantara. Mulai dari pengertian, latar belakang, fungsi, tujuan, konsep, dan lain sebagainya seputar wawasan nusantara.

Kalau begitu kita langsung saja menuju ke pembahasan mengenai wawasan nusantara. Dan akan lebih baik bila kita memulai pembahasan dari latar belakangnya. Berikut ini adalah penjelasannya.

Latar Belakang dan Aspek Wawasan Nusantara

wawasan nusantara - bebasketik.com

Pembahasan yang pertama adalah mengenai latar belakang. Wawasan nusantara memiliki beberapa sudut pandang latar belakangnya. Berikut ini adalah latar belangkang menurut berbagai sudut pandang.

  • Falsafah Pancasila

Pancasila memiliki nilai-nilai yang mendasari pengembangan wawasan nusantara. Dan nilai-nilai tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Penerapan Hak Asasi Manusia atau HAM. Misalnya seperti memberikan kebebasan untuk menjalankan ibadah sesuai agamanya masing-masing.
  2. Lebih mengutamakan kepentingan bersama dari pada masalah yang bersifat individu.
  3. Sistem musyawarah digunakan sebagai sarana utama untuk menentukan suatu keputusan.

Itulah beberapa nilai-nilai dari pancasila yang bisa menjadi latar belakang pengembangan wawasan nusantara.

  • Aspek Kewilayahan Nusantara

Letak geografis Indonesia yang luas dan kaya akan sumber daya alam serta beragamnya suku bangsa sangat mempengaruhi pengembangan wawasan nusantara.

  • Sosial Budaya

Negara Indonesia terdiri dari ratusan suku bangsa yang mempunyai adat istiadat, bahasa, agama, kepercayaan, dan budaya yang berbeda-beda.

Oleh sebab itu tata kehidupan nasional yang berkaitan dengan hubungan golongan ke golongan tersebut memiliki potensi terjadinya suatu konflik yang besar yang diakibatkan perbedaa-perbedaan tadi.

  • Aspek Sejarah

Asal usul atau sejarah Indonesia diwarnai dengan perpecahan dan pertikaian antar suku atau golongan. Dan kemerdekaan Indonesia bisa diraih karena adanya rasa kesatuan dan persatuan yang kuat antar suku atau golongan tersebut.

Jadi, semangat ini harus tetap tertanam dalam jiwa setiap warga negara agar Indonesia bisa tetap bersatu dan merdeka.

Pengertian Wawasan Nusantara

wawasan nusantara - bebasketik.com

Apa sih maksudnya itu? Yah, pengertian wawasan nusantara adalah merupakan suatu cara atau sudut pandang dan juga sikap serta perilaku warga Indonesia terhadap lingkungan sekitarnya yang mementingkan persatuan dan kesatuan wilayah dalam kehidupan bernegara, berbangsa, dan bermasyarakat.

Sudut atau cara pandang dan sikap tersebut berdasarkan kepada UUD 1945 dan Pancasila. Dan demi tercapainya tujuan nasional, perlu adanya kesatuan dan persatuan dalam masyarakat Indonesia.

Banyaknya suku bangsa dan golongan di Indonesia, adalah aset yang sangat berharga dan wajib untuk kita lindungi. Selain itu, Indonesia juga banyak memiliki pulau dan wilayah yang luas, sehingga sumber daya alamnya sangat melimpah.

Meskipun negara Indonesia mempunyai keanegkaragaman budaya, Indonesia masih tetap bisa bersatu karena adanya wawasan tentang UUD 1945 dan Pancasila yang menjadi dasar wawasan nusantara.

Selain itu, Indonesia masih bisa tetap kokoh berdiri dikarenakan adanya solidaritas dan rasa saling menghargai yang sangat tinggi didalam diri masyarakatnya.

Konsep Wawasan Nusantara

wawasan nusantara - bebasketik.com

Negara Indonesia bisa tetap mempertahankan kesatuan dan persatuannya adalah hasil dari konsep wawasan nusantara berikut ini :

  • Persatuan dan Kesatuan

Memiliki arti bahwa segenap komponen dan unsur bangsa bersatu padu menjadi satu untuk tetap kuat dan kokoh. Karena negara Indonesia adalah negara kepulauan yang heterogen dan majemuk serta hidup di wilayah kepulauan NKRI.

  • Kebangsaan

Maksudnya adalah mengajak setiap warga negara untuk mempunyai persepsi dan pandangan yang sama tentang kebangsaan Indonesia. Karena setiap suku dan golongan di Indonesia memiliki sejarah dan nenek moyang yang hampir sama.

  • Negara Kebangsaan

Menanamkan kesadaran akan prinsip dari kesatuan dan persatuan wilayah NKRI. Dan juga menanamkan rasa solidaritas untuk kenyamanan bersama.

  • Bhineka Tunggal Ika

Beragamnya suku, etnis, dan agama di Indonesia harus dimanfaatkan untuk kemajuan negara dan antar golongan tersebut haruslah tetap saling menghargai satu sama lain.

  • Geopolitik

Mengajak seluruh warga negara untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada di Indonesia yang sangat banyak dan luas ini untuk kemajuan bersama.

  • Negara Kepulauan

Dengan negara Indonesia memiliki banyak pulau, hal itu menjadikan kekayaan laut di Indonesia sangatlah melimpah. Seluruh warga negara diajak untuk melestarikan dan memanfaatkan kekayaan bahari tersebut.

Unsur Unsur Wawasan Nusantara

wawasan nusantara - bebasketik.com

Setelah kita mengetahui tentang konsep, latar belakang, dan pengertian wawasan nusantara, pembahasan berikutnya adalah mengenai unsur unsur wawasan nusantara.

Unsur tersebut terdapat 3 jenis, dan unsur unsur tersebut adalah wadah, isi dan tata laku. Ketiga hal tersebut sangat mempengaruhi perkembangan wawasan nusantara pada suatu negara atau suatu bangsa.

Berikut ini adalah penjelasan lebih detail dan menyeluruh mengenai ketiga unsur unsur di atas tadi.

  • Tata Laku

wawasan nusantara - bebasketik.com

Apa yang dimaksud dengan tata laku? Yah, tata laku disini artinya ialah meliputi tindakan seluruh rakyat Indonesia yang digunakan untuk mewujudkan falsafah hidup UUD 1945 dan juga Pancasila.

Dan tindakan dan perilaku rakyat Indonesia yang mewujudkan nilai-nilai UUD 1945 dan Pancasila tersebut akan menghasilkan suatu wawasan nusantara.

Perilaku yang bersifat batin akan mencerminkan jiwa, semangat, dan mentalitas yang baik dari masyarakat Indonesia. Sedangkan tingkah laku yang bersifat lahir akan tercermin kedalam perbuatan, perilaku, tindakan dari bangsa Indonesia.

  • Isi

wawasan nusantara - bebasketik.com

Disini yang dimaksud dengan isi adalah poin paling utama yang dimiliki suatu wawasan negara adalah aspirasi dan cita-cita atau tujuan bangsa Indonesia yang tertulis didalam Pancasila dan UUD 1945.

Isi dari cita-cita dan aspirasi tersebut ada dua hal, yaitu :

  1. Persatuan dan kesatuan dalam bhineka tunggal ika yang mencakup seluruh aspek dari kehidupan nasional.
  2. Realisasi perwujudan dari aspirasi sebagai keputusan dan kesepakatan bersama serta pencapaian tujuan dan juga cita-cita nasional.
  • Wadah

wawasan nusantara - bebasketik.com

Maksudnya adalah wadah atau fokus dari wawasan nusantara merupakan wilayah NKRI yang mencakup daerah nusantara dan juga organisasi Negara Indonesia serta merupakan tiga unsur kesatuan yang utuh.

Unsur tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Tata kelengkapan suatu organisasi, bentuk data kelengkapan suatu organisasi atau kelompok ialah kesadaran dalam bidang politik dan kesadaran dalam bidang bernegara, berbangsa, dan bermasyarakat yang wajib tertanam dalam diri setiap warga negara Indonesia.
  2. Tata inti suatu organisasi, berdasarkan pada UUD 1945 yang mengenai bentuk dan kedaulatan bangsa, sistem perwakilan, sistem pemerintahan, kekuasaan pemerintah, dan lain sebagainya.
  3. Wujud wilayah, meurpakan batas dari suatu wilayah nusantara yang ditentukan oleh lautan dan didalamnya ada suatu kumpulan ribu pulau dan saling berhubungan. Oleh sebab itulah, negara Indonesia memiliki batas daratan dan periran yang dihubungkan melalui laut.

Hakikat Wawasan Nusantara

wawasan nusantara - bebasketik.com

Apa yang dimaksud dengan hakikat wawasan nusantara? Maksudnya adalah hakikat yang senantiasa selalu utuh dalam ruang linkup nusantara dan mempunyai tujuan untuk kepentingan nasional.

Dan kepentingan nasional tersebut dilakukan tanpa menghapus kepentingan yang lainnya seperti kepentingan kelompok, kepentingan daerah, kepentingan individu, dan lain sebagainya.

Selain itu, hakikat ini juga merupakan keutuhan nusantara yang mana sudut pandang yang ada didalamnya bertujuan guna untuk mencapai kesatuan dan persatuan nasional.

Jadi, kesimpulannya adalah sikap yang mencerminkan kalau kita merupakan masyarakat Indonesia yang mempunyai peran utama untuk kemajuan bangsa dan negara.

Oleh sebab itu, dengan kita berpedoman kepada UUD 1945 dan Pancasila, kita dapat menjaga dan melindungi keutuhan bangsa serta negara ini dengan mendukung kegiatan pembangunan nasional yang sesuai dengan tujuan nasional. Kondisi tersebut berguna untuk mencapai kesuksesan nasional.

Kedudukan Wawasan Nusantara

wawasan nusantara - bebasketik.com

Yang dimaksud dengan kedudukan disini adalah wawasan negara sebagai suatu wawasan yang bersifat nasional bangsa Indonesia. Dan hal itu adalah suatu ajaran yang sangat dipercaya kebenarannya oleh seluruh kalangan masyarakat.

Dengan adanya ajaran tersebut, beguna untuk menghindari dan mengurangi penyalahgunaan atau penyesatan serta peyimpangan dalam usaha mewujudkan tujuan nasional.

Dalam bidang paradigma nasional, wawasan nusantara biasanya akan terlihat dari stratifikasinya sebagai berikut dibawah ini.

  1. UUD 1945 berguna untuk landasan atau dasar konstitusi negara Indonesia dan mempunyai kedudukan sebagai dasar konstitusional.
  2. Ketahanan nasional sebagai konsep nasional atau berguna sebagai kebijakan nasional yang mempunyai sebuah kedudukan untuk menjadi dasar dari operasional.
  3. Berguna untuk visi nasional, berkedudukan sebagai dasar visional.
  4. Pancasila berfungsi untuk falsafah dan ideologi bangsa serta dasar negara yang mempunyai kedudukan menjadi dasar idiil.

Asas Wawasan Nusantara

wawasan nusantara - bebasketik.com

Hal ini merupakan peraturan atau kaidah dasar yang wajib dilakukan dan dipatuhi serta dipelihara guna menciptakan keseimbangan, perdamaian, persatuan, dan kesatuan bangsa.

Berikut ini adalah asas atau kaidah tersebut adalah :

  • Keadilan

Pemerataan pembagian hasil atas perjuangan dan aktivitas yang telah diperbuat, entah itu individu maupun kelompok.

  • Solidaritas

Hal ini wajib ada, karena dengan adanya rasa kerja sama, rela berkorban, dan keikhlasan berbagi akan menjadi budaya dan kebiasaan yang sangat bagi bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

  • Kejujuran

Sikap jujur dalam kehidupan bermasyarakat akan sangat berpengaruh kepada kenyamanan dan keamanan hidup. Sikap bertindak sesuai fakta dan ketentuan yang berlaku adalah kunci untuk kemajuan suatu negara.

  • Kepentingan yang Sama

Ketika kita menegakkan atau merebut kemerdekaan, kepentingan yang sama dari seluruh rakyat Indonesia waktu itu ialah untuk mengalahkan dan mengusir para penjajah.

  • Kerja Sama

Adanya suatu koordinasi dan saling mengerti satu sama lain dalam kehidupan berbangsa dan bernegara akan nenbangun keefektifan kerja dalam mencapai tujuan bersama. Hal ini juga dapa berguna untuk meringankan suatu pekerjaan.

  • Kesetiaan

Sifat kesetiaan dalam suatu kesepakatan atau keputusan bersama sangatlah penting untuk menjadi sebuah ujung tombak utama dalam mencapai persatuan dan kesatuan Indonesia.

Kesetiaan tersebut harus dalam cangkupan seluruh aspek kehidupan. Dan apabila kesetiaan itu terjadi penghianatan maka akan hancur suatu kesatuan dan persatuan yang telah tercipta tadi.

Implementasi Wawasan Nusantara

fungsi wawasan nusantara - bebasketik.com

Selanjutnya adalah penelasan mengenai implementasi wawasan nusantara dalan kehidupan bernegara. Implementasi tersebut mencakup dalam bidang ekonomi, politik, hankam, sosial, dan budaya.

Dan juga penerapan atau implementasi ini wajib tercermin dalam sikap dan perilaku kita sehari-hari ketika di masyarakat. Dan harus mengutamakan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi.

Berikut ini adalah penjelasan lebih detail dan menyeluruh mengenai impementasi atau penerapan tersebut dalam kehidupan bernegara dan berbangsa.

  • Implementasi Wawasan Nusantara dalam Bidang Politik

wawasan nusantara - bebasketik.com

Yang pertama adalah penerapan dalam kehidupan politik. Dalam hal ini, akan tercipta iklim penyelenggaraan megara yang lebih sehat dan dinamis.

Hal itu akan tampak dalam bentuk atau wujud suatu pemerintahan yang aspiratif. Selain aspiratif, pemerintahan yang kuat dan juga terpercaya akan tercipta penjelmaan dari kedaulatan rakyat.

Jadi, kegiatan politik pada suatu negara akan lebih kondusif dan tidak akan terjadi penyelewengan atau penyimpangan kekuasaan politik dalam suatu pemerintahan.

  • Implementasi Wawasan Nusantara dalam Bidang Sosial Budaya

wawasan nusantara - bebasketik.com

Selanjutnya adalah penerapan dalam kehidupan sosial dan budaya. Pada bidang sosial budaya akan terbentuk sikap dan perilaku lahir batin yang bisa untuk mengakui, menerima, menghormati, dan menghargai segala bentuk perbedaan yang ada dalam negara Indonesia.

Sikap tersebut harus menerima kenyataan bahwa di Indonedia perbedaan tersebut adalah karunia dari Allah SWT dan sebagai kenyataan hidup.

Selain itu, penerapan dalam bidang sosial budaya dapat menciptakan masyarakat yang lebih rukun dan damai tanpa ada unsur SARA, penindasan, rasisme, dan lain sebagainya.

  • Implementasi Wawasan Nusantara dalam Bidang Ekonomi

wawasan nusantara - bebasketik.com

Yang ketiga adalah penerapan dalam kehidupan ekonomi. Pada bidang ini, penerapan wawasan nusantara akan menciptakan tatanan ekonomi yang bisa menjamin pemenuhan dan peningkatan kesejahteraan rakyat.

Di sisi lain, penerapan pada bidang ini akan mewujudkan sikap yang tanggung jawab dalam mengelola sumber daya alam yang selalu memperhatikan keperluan rakyat masing-masing daerah.

Dan sikap yang tanggung jawab tadi akan menghasilkan sebuah timbal balik dan kelestarian antar masyarakat.

  • Implementasi Wawasan Nusantara dalam Bidang Hankam

wawasan nusantara - bebasketik.com

Yang terakhir ialah penerapan pada kehidupan hankam. Pada bidang hankam, penerapan wawasan nusantara akan menghasilkan tumbuh dan berkembangnya rasa kesadaran cinta kepada tanah air.

Selain hal itu, juga akan terbentuk sikap bela negara pada setiap jiwa masyarakat. Dan sikap-sikap tersebut akan menjadi salah satu modal paling utama kita nantinya guna sebagai penggerak partisipasi negara Indonesia ketika terjadi suatu ancaman atau penyerangan dari negara asing.

Fungsi Wawasan Nusantara

wawasan nusantara - bebasketik.com

Berikutnya adalah pembahasan mengenai fungsi dari wawasan nusantara. Funsi tersebut dapat dibagi menjadi empat jenis, yaitu sebagai berikut :

  • Wawasan Nusantara Sebagai Konsep Ketahanan Sosial

Fungsi ini maksudnya adalah sebagai pemegang keseluruhan peran dalam perencanaan proses pembangunan, pertahanan, kewilayahan, dan keamanan negara Indonesia.

  • Wawasan Nusantara Sebagai Wawasan Pembangunan

Meliputi unsur unsur yang lebih rinci dan banyak yaitu ekonomi, persatuan politik, budaya, sosial, pertahanan, keamanan, dan lain sebagainya.

  • Wawasan Nusantara Sebagai Pertahanan dan Keamanan

Yang berikutnya adalah sebagai wawasan pertahanan dan keamanan. Maksudnya ialah mengarah kepada pandangan geopolitik Indonesia yang mencakup tanah air Indonesia dan segenap keseluruhan wilayah kesatuan dan persatuan Republik Indonesia.

  • Wawasan Nusantara Sebagai Wawasan Kewilayahan

Berkaitan dengan adanya pembatasan wilayah negara dan bangsa Indonesia yang berguna untuk menghindari sengketa atau perebutan wilayah oleh negara tetangga.

Tujuan Wawasan Nusantara

wawasan nusantara - bebasketik.com

Yang selanjutnya ialah pembahasan tentang tujuan dari wawasan nusantara. Secara garis besarnya, tujuan ini terbagi menjadi dua hali, yaitu sebagai berikut :

  • Tujuan Kedalam

Maksudnya adalah tujuan ini mengarah kepada keperluan atau kepentingan dalam negeri bangsa Indonesia. Hal ini terdiri dari ribuan pulau yang ada di Indonesia dan tersebar luas di berbagai wilayah Indonesia.

Pada dasarnya, tujuan negara Republik Indonesia ialah untuk menjunjung tinggi kepentingan negara dan juga kepentingan kawasan yang berguna untuk mencapai kesejahteraan, kenyamanan, dan kedamaian di seluruh pelosok Indonesia.

  • Tujuan Nasional

Tujuan bangsa Indonesia terdapat dalam bagian isi UUD 1945 yang memberikan penjelasan tentang tujuan kemerdekaan negara Indonesia. Berikut ini adalah bunyinya :

Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial

Contoh Wawasan Nusantara

wawasan nusantara - bebasketik.com

Pembahasan yang terakhir adalah mengenai contoh dari wawasan nusantara. Berikut ini adalah contoh contohnya :

  1. Bersikap nasionalisme dan cinta kepada tanah air. Salah satu bentuknya adalah dengan memakai produk dalam negeri dan mengurangi impor barang.
  2. Membangun bangsa dan negara dengan cara aktif dan giat dalam belajar demi menghaumkan nama Indonesia.
  3. Menjadikan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 sebagai pedoman dalam kehidupan bernegara.
  4. Dan lain sebagainya.

Penutup

Setelah kita membaca dan menyimak artikel diatas, kita bisa mengetahui bagaimana cara kita agar Negara Indonesia bisa tetap terjaga dan lestari. Dan juga kita bisa tahu apa fungsi da pengertian wawasan nusantara.

Cukup disini saja yang dapat saya sampaikan. Jika ada kesalahan dalam penulisan, entah itu typo atau terdapat kata-kata yang menyimpang dan menyinggung perasaan kalian saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Terima kasih banyak karena telah meluangkan waktunya demi membaca artikel ini hingga selesai. Sampai bertemu kembali di postingan-postingan yang selanjutnya, bye-bye !!!

Leave a Comment

%d bloggers like this: