√ 23+ Urutan Pangkat Polisi Dari Paling Rendah Hingga Tertinggi

Urutan Pangkat Polisi – Hi sobat Bebas Ketik. Kali ini saya akan membahas tentang urutan pangkat polisi. Polisi merupakan orang yang bertugas dalam bidang ketertiban masyarakat, dan keamanan. Selain itu juga berperan sebagai penegak hukum, melayani, mengayomi, serta melindungi masyarakat.

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menjunjung tinggi HAM atau hak asasi manusia. Maka dari itu anda perlu mengetahui tentang urutan pangkat polisi, supaya lebih jelas seperti apa tugas- tugasnya.

Markas besar Polri pada umumnya berada di tingkat pusat. Para polisi Indonesia di pimpin oleh Kapolri. Adapun tugasnya yaitu memimpin dan bertanggung jawab secara langsung kepada presiden. Perlu diketahui bahwa urutan pangkat polisi itu tergolong banyak.

Kalau di tingkat provinsi, kepolisian daerah memiliki sebutan berupa Kapolda. Pada urutan pangkat polisi untuk yang satu ini, tugasnya adalah sebagai penanggung jawab pada Kapolri.

Namun resor kepolisian di tingkat kabupaten panggil dengan sebutan Polres, dan pemimpinnya disebut sebagai Kapolres yang harus bertanggung jawab atas pekerjaannya kepada Kapolda.

Lalu kalau di tingkat kecamatan, sektor kepolisian ini namanya yaitu polsek. Sedangkan pimpinannya disebut dengan Kapolsek. Aparatur negara ini tugasnya adalah bertanggung jawab pada Kapolres. Inti tugas utama dari setiap urutan pangkat polisi sebenarnya sama, yaitu menjaga keamanan negara.

Selanjutnya sektor kepolisian yang berada pada tingkat kecamatan, masyarakat biasa menyebutnya dengan nama polsek yang di pimpin oleh Kapolsek.

Adapun tanggung jawabnya yaitu pada Kapolres.Untuk yang satu ini pasti anda sudah tidak asing lagi, pos polisi pada tingkat kelurahan itu di pimpin oleh brigadir.

Adapun visi dan misi polisi Indonesia, antara lain yaitu mewujudkan ketertiban warga yang prima dan pelayanan keamanan, menegakkan hukum serta keamanan dalam negeri secara maksimal, dan melaksanakan polisional yang aktif.

Urutan pangkat polisi di Indonesia itu ada 6, namun di setiap tahapnya terdapat beberapa golongan yang berbeda. Adapun urutannya yaitu ada Tamtama, Bintara, Bintara Tinggi, Perwira Pertama, Perwira Menengah, dan Perwira tinggi. Di bawah ini akan kami jelaskan lebih lanjut dari pangkat terendah hingga tertinggi.

1. Urutan Pangkat Polisi – Tamtama

urutan pangkat polisi - bebasketik.com

Tamtama merupakan golongan atau urutan pangkat polisi yang paling rendah. Biasanya orang yang baru di terima sebagai polisi akan menempati jabatan ini.

Ada beberapa golongan jabatan Tamtama Polri, diantaranya yakni Bharada atau Bhayangkara Dua, Baraka yang kepanjangannya yaitu Bhayangkara Kepala.

Lalu ada juga Bharatu atau Bhayangkara Satu. Kemudian Ajun Brigadir satu, dan Abrip atau Ajun Brigadir Polisi. Semua ini termasuk dalam golongan ini, apakah saudara anda ada yang memiliki jabatan tersebut, semoga ada ya. Mungkin ini termasuk yang terendah, namun tetap optimis sebab suatu saat pasti akan naik pangkat.

2. Urutan Pangkat Polisi – Bintara Polri

Bintara Polri mempunyai empat jenis pangkat, di bawah ini akan penulis sebutkan. Simak hingga selesai ya, agar anda tidak penasaran.

  • Bripka

urutan pangkat polisi - bebasketik.com

Bripka merupakan singkatan dari Brigadir Polisi Kepala. Dalam jajaran Bintara, pangkat ini adalah paling tinggi. Adapun simbol untuk jabatan ini yakni berupa empat balok perak yang berbentuk huruf V. Tentu anda tidak asing bukan dengan gambar ini.

  • Brigpol

urutan pangkat polisi - bebasketik.com

Brigpol atau Brigadir Polisi yaitu urutan pangkat polisi yang berada di atas Briptu. Namun ada di bawah Bripka jabatannya. Lambang pangkat polisi bagi Brigadir ini yakni menyerupai huruf V tetapi bentuknya balok perak yang jumlahnya ada tiga.

  • Briptu

urutan pangkat polisi - bebasketik.com

Masyarakat Indonesia sudah tak asing lagi dengan kata Briptu atau brigadir polisi satu. Semenjak Briptu Norman menjadi terkenal di youtube, karena lipsing nyanyian chaya-chaya. Untuk lambang pada pangkat ini yaitu ada dua balok perak mirip huruf V. Urutan pangkat polisi ini tingkatnya lebih dinggi, di atas Bripda.

  • Bripda

urutan pangkat polisi - bebasketik.com

Bripda memiliki kepanjangan yaitu Brigadir Polisi Dua. Kabarnya jabatan ini merupakan pangkat paling rendah pada golongan Bripda. Adapun simbolnya adalah sama seperti Brigadir laiinya yakni mirip huruf v, namun ini bentuknya satu balok perak.

3. Urutan Pangkat Polisi – Bintara Tinggi

Pada Bintara Tinggi Polisi terdapat dua golongan. Golongan tersebut memiliki tugas masing-masing serta meiliki ciri pakaian yang berbeda. Berikut ini penjelasan secara lengkapnya.

  • Ajun Inspektur Polisi Satu atau AIPTU

urutan pangkat polisi - bebasketik.com

AIPTU menempati urutan pangkat polisi paling tinggi dalam jajaran bintara tinggi. Simbol jabatannya yaitu balok perak bergelombang berjumlah dua. Seragam polisi ini sama dengan golongan polisi lainnya. Jika kinerja polisi ini bagus, maka kedepannya akan naik pangkat.

  • Ajun Inspektur Polisi Dua atau AIPDA

urutan pangkat polisi - bebasketik.com

AIPDA atau Ajun Inspektur Dua pangkatnya berbanding terbalik dengan AIPTU. Golongan ini merupakan terendah di urutan pangkat polisi bintara tinggi. Untuk Ajun ini lambang pangkatnya, yakni satu bentuk balok yang bergelombang.

4. Urutan Pangkat Polisi – Perwira Pertama Polisi

Pada perwira pertama polisi, terdapat tiga jenis golongan diantaranya yaitu ada AKP atau Ajun Komisaris Polisi, Isnspektur Polisi Satu atau biasa di sebut dengan Iptu, dan Inspektur Polisi Dua ayau Ipda. Ketinganya sama- sama penting, dan hebat dalam menjalankan tugasnya. Berikut ini akan dijelaskan lebih detailnya.

  • IPDA

urutan pangkat polisi - bebasketik.com

IPDA mempunyai kepanjangan yaitu Inspektur Dua Polri, pada perwira pertama polisi golongan ini adalah yang paling rendah. Biasanya pangkat tersebut dilambangkan dengan satu balok emas.

  • IPTU

urutan pangkat polisi - bebasketik.com

IPTU merupakan suatu pangkat polisi yang tingkatnya berada di atas IPDA. Adapun kepanjangan dari IPTU sendiri itu adalah Inspektur polisi satu. Mereka dilambangkan dengan dua balok yang berwarna emas.

  • AKP

urutan pangkat polisi - bebasketik.com

AKP merupakan ajun komisaris polisi, dalam golongan perwira pertama polisi urutan pangkat polisi ini menempati posisi yang tertinggi. Pangkat polisi ini memiliki lambang tiga balok berwarna emas. Tentu anda tak asing lagi bukan dengan jabatan ini.

5. Urutan Pangkat Polisi – Perwira Mengenah

Urutan pangkat polisi yang ke empat yaitu ada perwira menengah. Dari golongan ini yang tertinggi adalah yang berpangkat kombes pol atau komisaris besar polisi.

Serta yang terendah dari perwira ini yaitu ajun komisaris besar polisi atau biasa disebut AKBP. Keduanya memiliki tugas utama yaitu bertanggung jawab mengayomi masyarakat, dan menjaga keamanan negara.

Adapun lambang dari pangkat polisi perwira menengah.

  • Kompol (Komisaris Polisi)

urutan pangkat polisi - bebasketik.com

  • AKBP (Ajun Komisaris Besar Polisi)

urutan pangkat polisi - bebasketik.com

  • Kombes Pol (Komisaris Besar Polisi)

urutan pangkat polisi - bebasketik.com

Itu tadi adalah tiga lambang atau simbol seorang polisi yang berada di urutan pangkat polisi perwira menengah.

6. Urutan Pangkat Polisi – Perwira Tinggi

Perwira tinggi polri ada empat golongan, adapun itu yaitu ada jendral polisi yang paling tinggi jabatanya. Pangkat ini memiliki gambar bintang yang berjumlah 4.

Kemudian ada Komjen pol atau komisaris jendral polisi, yang pangkatnya menduduki posisi kedua dari atas. Simbolnya pun selisih satu, yaitu ada 3 bintang.

Selanjutnya pangkat yang ketiga yaitu ada Irjen pol atau inspektur jendral polisi. Lambang dari jabatan ini yakni bintang 2. Kemudian urutan pangkat polisi ke empat dari perwira tinggi adalah brigadir jendral polisi atau biasa di panggil dengan nama Brigjen pol. Simbol dari brigjen ini yaitu satu bintang.

Berikut ini gambar simbolnya :

  • Brigader Jendral Polisi (Brigjen Pol)

urutan pangkat polisi - bebasketik.com

  • Inspektur Jendral Polisi (Irjen Pol)

urutan pangkat polisi - bebasketik.com

  • Komisaris Jendral Polisi (Komjen Pol)

urutan pangkat polisi - bebasketik.com

  • Jendral Polisi (Jenderal Pol)

urutan pangkat polisi - bebasketik.com

Sekian pembahasan yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan anda. Setelah membaca penjelasan di atas tentu anda lebih banyak memiliki gambaran mengenai polisi.

Jika ingin berprofesi sebagai penegak hukum ini, mari mulai sekarang belajar yang rajin, dan jagalah pola makan anda ya. Terima kasih.

Leave a Comment

%d bloggers like this: