√ Tingkatan Pangkat TNI AD dari Tertinggi sampai Terendah [LENGKAP]

Sebelumnya saya sudah membahas tentang urutan pangkat polisi. Sekarang saya akan membahas tingkatan pangkat TNI AD. Tingkatan pangkat TNI AD dapat anda lihat pada daftar danda urutan pangkat tentara Indonesia angkatan darat. Konon tanggal 5 November 1945 TNI bernama TKR atau tentara keamanan rakyat.

Pada saat itu sudah mulai berlaku peraturan urutan pangkat tentara Indonesia. Serta berdasarkan edaran surat yang di tanda tangani oleh Letjen Urip Sumohardjo selaku kepala markas, atas komando dari pemerintah , mengenai perintah menggunakan seragam dan tanda atau lambangnya.

Tanda tingkatan pangkat TNI AD ada lambangnya tersendiri pada setiap jenjang. Adapun tingkat pangkatnya, antara lain yaitu tamtama, tamtama kepala, bintara, bintara tinggi, perwira pertama, perwira menengah, dan perwira tinggi. Tentu anda sudah hafal bukan tentang urutan jabatannya.

tingkatan pangkat tni ad

Kabarnya seragam TNI AD itu meliputi pakaian dinas harian (PDH), pakaian dinas lapangan (PDL), dan pakaian dinas upacara (PDU). Selain itu tanda pangkat TNI AD juga terbagi menjadi dua.

Pertama yang berpangkat sebagai komando adalah yang memiliki lambang garis merah pada permukaan maupun di tengah. Lalu pangkat kedua, yaitu tentara yang menyandang pangkat staf.

Perwira Tinggi

tingkatan pangkat tni ad

Pada tingkatan pangkat TNI AD yang paling atas adalah perwira tinggi. Dalam pangkat ini memiliki 4 jenjang. Di bawah ini akan kami paparkan dari tingkat bawah hingga atas. Oleh karena itu, simak sampai selesai ya.

1. Brigadir Jendral

Brigadir jenderal pada tingkatan perwira tinggi TNI angkatan darat menempati jenjang yang paling bawah atau rendah. Simbol tingkatan ini yaitu berupa satu bintang.

2. Mayor Jenderal

Mayjen merupakan singkatan dari mayor jedral TNI AD. Apakah anda sudah pernah melihat tentara yang satu ini, semoga saja pernah. Mayjen ini tingkatannya ada di atas brigadir jenderal. Adapun simbol pangkat ini yaitu ada dua bintang.

3. Letnan Jenderal

Tingkatan pangkat TNI AD yang selanjutnya yakni ada letnan jenderal tentara nasional Indonesia angkatan darat. Atau bisa disingkat menjadi letjen, pangkat ini berada di atasnya mayor jenderal dan berada di bawah persis pangkat jenderal. Simbol khususnya adalah tiga bintang.

4. Jenderal

Pangkat tertinggi pada tingkatan pangkat TNI AD jenjang perwira tinggi, adalah jenderal. Tak asing lagi, untuk pangkat ini simbolnya yaitu empat bintang. Jika ingin melihat secara jelas, lihatlah gambarnya secara langsung.

Perwira Menengah

tingkatan pangkat tni ad

Urutan Pangkat Tentara Indonesia AD yang kedua adalah perwira menengah. Dalam pangkat ini terdapat 3 tingkatan yang harus anda ketahui. Berikut ini akan kami jelaskan setiap pangkatnya.

1. Mayor

Urutan paling rendah dari perwira menengah pada tingkatan pangkat TNI AD adalah Mayor. Bunga melati emas merupakan lambang pangkatnya. Untuk itu anda perlu memahaminya agar tidak asing lagi dengan jenjang pangkat TNI ini.

2. Letnan Kolonel

Letnan kolonel biasa disingkat menjadi letkol. Simbol pangkat TNI AD ini adalah melati bewarna emas. Tingkatan pangkatnya berada di atas mayor, namun ada di bawahnya kolonel.

3. Kolonel

Urutan pangkat TNI AD pada tingkatan perwira menengah yang paling tinggi adalah kolonel. Simbol pangkatnya digambarkan seerti tiga bunga melati berwarna emas.

Urutan Pangkat TNI AD Perwira Pertama

tingkatan pangkat tni ad

Pada tingkatan pangkat TNI AD jenjang perwira pertama, ada tiga pangkat dari yang paling rendah ke yang tertinggi. Berikut ini akan kami jelaskan setiap pointnya.

1. Letnan Dua

Letda merupakan singkatan dari letnan dua TNI AD. Pada jajaran perwira pertama pangkat ini pangkatnya adalah yang paling bawah. Simbolnya digambarkan berupa satu balok emas.

2. Letnan Satu

Lettu merupakan letnan satu TNI AD, tingkatan pangkatnya berada di atas letnan dua. Namun ada di bawahnya kapten. Jenjang ini di simbolkan berupa dua balok emas.

3. Kapten

Jenjang paling tinggi pada tingkatan pangkat TNI AD dalam perwira pertama adalahseorang kapten. Pengalaman seseorang yang menjabat pangkat ini, sudah cukup banyak. Lambang dari tentara yang satu ini yakni tiga balok emas.

Bintara Tinggi TNI Angkatan Darat

tingkatan pangkat tni ad

Urutan pangkat TNI AD pada tingkat bintara tinggi, ada dua jenjang. Di bawah ini akan kami jelaskan, maka dari itu jangan lewatkan pemaparannya ya.

1. Pembantu Letnan Satu

Pangkat tertinggi pada hajaran bintara tinggi yaitu pembantu letnan satu. Lambang pangkat untuk tentara nasional Indonesia angkatan darat yang satu ini adalah dua buah balok berwarna emas yang bergelombang.

2. Pembantu Letnan Dua

Pangkat terendah dalam bintara tinggi adalah pembantu letnan dua. Adapun simbol pangkat ini yakni balok emas bergelombang yang berjumlah satu buah.jelaskan, maka dari itu jangan lewatkan pemaparannya ya.

Pangkat Bintara

tingkatan pangkat tni ad

TNI angkatan darat pangkat Bintara mempunyai empat tingkatan. Berikut ini akan dipaparka dari yang paling rendah hingga teratas.

1. Sersan Dua

Serda atau sersan dua merupakan pangkat paling rendah oada tingkatan bintara TNI. Satu balok berwarna kuning yang berbentuk seperti huruf V adalah lambang dari serda.

2. Sersan Satu

Sersan satu atau sersan adalah urutan pangkat TNI AD dalam bintara yang menempati pangkat di bawahnya sersan kepala. Simbol pangkat ini yakni ada dua balok berwarna kuning mirip huruf V.

3. Sersan Kepala

Serka merupakan nama panggilan untuk tentara sersan kepala. Pangkat ini berada di atasnya sersan satu, dan di bawah sersan mayor. Simbol jabatan ini adalah tiga buah balok yang warnanya kuning, mirip huruf V.

4. Sersan Mayor

Sersan mayor adalah urutan pangkat TNI AD tertinggi dalam jenjang bintara. Simbolnya sama-sama mirip huruf V. Hanya saja balok kuningnya terdapat empat buah.

Tamtama Kepala TNI AD

tingkatan pangkat tni ad

Pada pangkat tamtama kepala TNI AD ini terdapat tiga tingkatan jabatan. Di bawah ini mari simak setiap pointnya dengan seksama ya.

1. Kopral Dua

Kopda adalah singkatan dari kopral dua. Kabarnya kopral ini adalah pangkat paling rendah pada tingkatan tamtama kepala. Simbolnya tak kalah menarik dari tentara lainnya, adapun itu yaitu satu balok berwarna merah berbentuk huruf V.

2. Kopral Satu

Kopal satu biasa dipanggil dengan sebutan koptu. Pangkatnya berada di atas kopda atau kopral dua. Pangkat ini di gambarkan dengan simbol dua buah balok berwarna merah yang mirip huruf V.

3. Kopral Kepala

Pangkat tertinggi pada jajaran tamtama kepala TNI angkatan darat adalah kopral kepala. Pangkat ini dilambangkan dengan gambar tiga balok merah yang warnanya merah, mirip sekali huruf V.

Tentara Tamtama

tingkatan pangkat tni ad

Pada tamtama terdapat tiga pangkat diantaranya adalah prajurit dua, prajurit satu dan prajurit kepala. Berikut ini penjelasan untuk setiap pionnya.

1. Prajurit Dua

Prada adalah sebutan untuk para prajurit dua TNI AD. Kedudukannya dalam tamtama yaitu berada di bagian bawah sendiri. Lambang pangkat tersebut yaitu satu buah balok merah yang berbentuk lurus.

2. Prajurit Satu

Kedudukan prajurit satu berada di atas prajurit dua. Lambang dari tentara angkatan darat ini tak kalah menariknya juga dengan yang lain. Gambarnya di simbolkan dengan balok lurus berwarna merah.

3. Prajurit Kepala

Pangkat tertinggi dari jenjang tamtama TNI AD yaitu prajurit kepala. Jabatan ini di lambangkan dengan tiga buah balok berwarna merah lurus.

Demikian informasi mengenai tingkatan pangkat TNI AD yang dapat kami sampaikan. Semoga semakin menambah ilmu dan wawasan anda. Jangan lupa baca artikel lainnya di Bebas Ketik ini ya. Terima kasih.

Leave a Comment

%d bloggers like this: