Teori Atom | Pengertian, Model, Struktur, dan Perkembangannya [LENGKAP]

Teori Atom – Mendaki bukit naik becak, berjumpa lagi dengan portal Bebas Ketik. Hei kawan, ketemu lagi dengan admin Bebas Ketik. Pada postingan kali ini saya akan menulis tentang atom. Mulai dari perkembangan teori atom, pengertian atom, model atom, struktur atom, dan lain sebagainya.

Ketika beberapa abad sebelum masehi, para ilmuwan yang berasal dari Yunani seperti Leucippus dan Democritus mengutarakan pendapat bahwa seluruh materi atau benda di bumi ini terdiri dari partikel atau komponen kecil yang tak bisa dibagi.

Democritus mengatakan bahwa disetiap benda atau materi dibagi menjadi beberapa bagian yang lebih kecil lalu bagian itu akan dibagi lagi sampai pada titik dimana kita memperoleh bagian terkecil dari materi atau benda tadi yang tidak dapat dihancurkan atau dibagi lagi, itulah yang dinamakan atom (berasal dari bahasa Yunani “atomos” yang berarti “tak terbagi”).

Namun, pernyataan dari democritus tadi kurang diterima sampai pada tahun awal abad ke-18. Nah, ketika pada abad itulah teori atom mulai mengalami perkembangan.

Untuk pembahasan lebih lengkapnya tentang perkembangan teori atom, bisa kalian simak langsung pembahasan dibawah ini.

Pengertian Teori Atom

teori atom - bebasketik.com

Apa yang dimaksud dengan atom? Ya, pengertian atom ialah bagian terkecil dari suatu materi atau benda yang ada di bumi ini baik itu berupa zat padat, zat cair, maupun zat gas. Atom terdiri atas inti atom, serta lapisan luarnya yang sering disebut dengan awan elektron dengan muatan negatif.

Sedangkan inti atom terdiri dari 2 komponen yaitu neutron yang bermuatan netral dan proton yang bermuatan positif (Untuk hidrogen-1 ada pengecualian karena tidak memiliki neutron pada inti atomnya).

Jadi, muatan yang ada didalam struktur atom itu ada tiga. Neutron bermuatan netral, proton bermuatan positif (+), dan elektron bermuatan negatif (-).

Perkembangan Teori Atom

pengertian atom - bebasketik.com

Dari pernyataan yang diutarakan oleh Democritus ketika beberapa abad sebelum masehi, muncul berbagai macam teori yang berisi tentang atom. Perkembangan teori atom dimulai pada abad ke-17 dan ke-18 masehi.

Para ilmuwan ketika itu meletakkan dasar pemikiran dengan menyatakan bahwa suatu zat tertentu tidak dapat untuk dibagi-bagi lebih mendalam dengan cara atau metode kimia.

Berikut ini adalah para ilmuwan yang memberikan teori tentang atom. Para ilmuwan tersebut melakukan pengembangan teori atom dari pernyataan Democritus. Mari kita simak pembahasan dibawah ini.

  • Teori Atom Dalton

teori atom - bebasketik.com

John Dalton dalam teorinya tentang atom berdasarkan dari 2 hukum, yaitu hukum kekekalan massa (Lavoisier) dan hukum susunan tetap (Prouts).

Lavoisier berbicara bahwa “massa total zat sebelum terjadinya suatu reaksi selalu sama dengan total zat hasil reaksi”.

Prouts mengatakan bahwa “perbandingan suatu massa dalam sebuah senyawa akan selalu tetap dan tidak berubah”.

Dari kedua hukum tersebut Dalton mengemukakan pendapatnya tentang teori atom, yakni sebagai berikut :

  1. Merupakan suatu bagian yang paling kecil dari suatu benda dan tidak akan bisa dibagi lagi.
  2. Gambaran atom sebagai sebuah bola pejal yang sangatlah kecil, sebuah unsur memiliki atom yang identik dan tidak sama untuk unsur yang berbeda.
  3. Atom menyatu untuk membentuk suatu senyawa dengan perbandingan sederhana dan dalam bilangan bulat. Seperti air yang terdiri dari gabungan atom hidrogen dan atom oksigen.
  4. Suatu reaksi kimia ialah penyatuan atau pembagian atau penyusun dan kembali dari atom, dan itu menyebabkan atom tidak bisa dihancurkan atau dimusnahkan.

Kelebihan dari Teori Atom Dalton :

  1. Bisa menerangkan hukum kombinasi kimia.
  2. John Dalton merupakan orang yang pertama kali mengakui adanya suatu perbedaan yang bisa diterapkan antara partikel dari unsur atau atom dan dari molekul ataupun senyawa.

Kelemahan dari Teori Atom Dalton :

  1. Teori dari Dalton ini telah gagal menjelaskan adanya keberadaan dari alotrop.
  2. Atom dari unsur yang sama, maksudnya sama dalam semua hal. Pernyataan dari Dalton tersebut salah karena atom dari unsur yang tidak sama dikenal dengan isotope. Misalnya, klorin yang memiliki dua isotope mempunyai massa 37 dan 35 satuan atom.
  3. Atom merupakan elemen yang berbeda. Pernyataan Dalton tersebut terbukti telah salah dalam suatu kasus tertentu.
  4. Atom yang unsurnya tidak sama telah bergabung dalam suatu rasio nomor sederhana keseluruhan untuk menciptakan senyawa. Ini tidak terlihat dalam senyawa yang kompleks seperti halnya gula C¹²H²²O¹¹.

Itulah teori tentang atom Dalton yang merupakan teori tentang atom yang pertama sejak teori atom milik Democritus.

  • Teori Atom Rutherford

teori atom - bebasketik.com

Yang kedua adalah teori atom Rutherford. Teori tersebut didasarkan dari sebuah eksperimen penembakan inti atom suatu lempengan emas dengan suatu partikel alfa yang sering dikenal dengan percobaan Geiger-Marsden.

Pada waktu itu, Rutherford menyusun dan mendesain rancangan percobaan penembakan atom lempengan emas oleh partikel alfa yang dipancarkan oleh suatu unsur radioaktif.

Dan ternyata hasil dari percobaan tersebut ialah sinar radioaktif yang dipancarkan tadi ada yang diteruskan, dibelokkan, dan dipantulkan.

Nah, dari situlah Rutherford memberikan teori tentang atom bahwa :

  1. Sebagian besar dari suatu atom adalah merupakan permukaan yang kosong dan hampa.
  2. Suatu atom memiliki inti atom bermuatan positif dan merupakan pusat massa dari atom tersebut.
  3. Elektron pada suatu atom bergerak mengelilingi inti atom dengan kecepatan yang sangat tinggi.
  4. Sebagian besar partikel alfa lewat tanpa mengalami proses pembelokan atau proses hambatan. Dan sebagian kecilnya dibelokkan dan ada juga yang dipantulkan namun sangat sedikit.
  5. Awan elektron tidak dapat mempengaruhi penyebaran partikel alfa yang ada.

Kelebihan dari Teori Atom Rutherford :

  1. Mudah dipahami jika untuk digunakan menerangkan tentang struktur atom yang rumit.
  2. Dapat digunakan untuk menerangkan bentuk dari lintasan suatu elektron yang mengelilingi inti atom.
  3. Bisa memberikan gambaran suatu gerakan elektron disekitar intinya.

Kelemahan dari Teori Atom Rutherford :

  1. Tidak bisa untuk menerangkan spektrum garis pada suatu atom hidrogen (H).
  2. Ketika elektron bergerak, akan menghasilkan energi dan hal itu bisa menyebabkan energi ataom menjadi tidak stabil.
  3. Dari teori tentang atom Rutherfird ini belum bisa menjelaskan dimana posisi pasti elektrin dan bagaimana cara rotasinya terhadap suatu inti atom.
  4. Jika berdasarkan hukum fisika klasik, elektron bergerak yang mengelilingi inti memancarkan suatu energi dalam bentuk gelombang elektromagnetik. Hal itu mengakibatkan kehabisan energi jika terlalu lama dan akhirnya menempel pada inti atom.

Itu tadi adalah teori tentang atom Rutherford. Teori atom tersebut masih banyak memiliki kekurangan. Namun sudah lebih sedikit dari pada teori tentang atom milik Dalton.

  • Teori Atom Thomson

teori atom - bebasketik.com

Teori ini muncul setelah dikemukakannya teori tentang atom milik John Dalton. Atom menurut Thomson merupakan salah satu yang mendeskripsikan suatu bentuk atom itu mirip seperti sebuah roti kismis.

Thomson mengibaratkan seperti itu karena atom memiliki muatan positif dan ditaburi dengan muatan negatif disekelilingnya.

Setelah sebelumnya atom dianggap seperti bola pejal atau bola tolak peluru, semenjak dikemukakannya teori tentang atom oleh Josep John Thomson atom dianggap seperti roti kismis. Teori tersebut dikenal dengan nama teori atom Thomson.

  1. Suatu atom berupa bola yang bermuatan positif dengan adanya elektron bermuatan negatif yang berada disekelilingnya.
  2. Pada suatu atom, muatan positif dan muatan negatif memiliki besar yang sama. Hal ini mengakibatkan atom bermuatan netral. Suatu atom tidak memiliki muatan negatif dan muatan positif yang berlebihan.

Teori ini juga sering disebut dengan nama teori roti kismis. Selain itu teori atom Thomson juga ada yang menyebutnya dengan teori semangka. Karena area yang bermuatan positif diibaratkan daging semangka dan bijinya diibaratkan elektron yang bermuatan negatif.

Josep John Thomson menemukan elektron ketika sedang melakukan sebuah uji coba dengan tabung sinar katoda. Pada waktu Thomson melihat adanya sebuah aliran listrik yang melewati tabung vakum, terdapat sejenis aliran yang bercahaya terbentuk.

Thomson berpendapat bahwa aliran yang bercahaya tersebut adalah hasil dari belokkan kearah plat kutub positif.

Teori Thomson membuktikan bahwa akiran tersebut tercipta dari partikel yang berukuran kecil dari sebuah atom dan pertikel itu memiliki muatan negatif. Dan Thomson menamakannya elektron.

Kelebihan dari Teori Atom Menurut Thomson :

  1. Bisa digunakan untuk menjelaskan tentang sifat dari listrik atom.
  2. Menjelaskan tentang adanya suatu partikel yang lebih kecil ukuranya dari pada atom yaitu subatomik.

Kelemahan dari Teori Thomson :

  1. Tidak bisa menjelaskan adanya inti atom.
  2. Tidak dapat digunakan untuk menjelaskan tentang fenomena panghamburan partikel alfa oleh selaput tipis emas yang dijelaskan oleh Rutherford.

Itulah pendapat Josep John Thomson mengenai teori suatu atom.

  • Teori Atom Bohr

teori atom - bebasketik.com

Berawal dari pengamatan yang dilakukan Niels Bohr terhadap suatu spektrum atom, menghasilkan adanyaspektrum garis yang menunjukkan bahwa elektron hanya mengelilingi inti atom pada lintasan dengan energi tertentu saja.

Dengan teori mekanika kuantum dari Planck, Bohr menyampaikan 2 postulat untuk kestabilan atom, postulat itu berbunyi :

  1. Elektron bisa berpindah dari kulit atom satu ke kulit atom yang lainya dengan memancarkan dan menyerap energi. Energi tersebut dikenal dengan sebutan foton.
  2. Gerakan elektron mengelilingi inti atom pada lintasanya yang bersifat stationer dikenal dengan sebutan orbit/kulit.

Suatu energi yang dibawa oleh foton memiliki sifat diskrit (catu). Ketika atom menyerap energi, maka energi itu akan digunakan oleh elektron untuk berpindah kulit dari tingkatan energi yang rendah ke tingkatan energi yang lebih tinggi.

Kelebihan dari Teori Atom Bohr :

  1. Atom terdiri dari beberapa kulit dan sub kulit untuk menjadi tempat berpindahnya suatu elektron.
  2. Atom akan membentuk suatu orbit dimana inti atom adalah positif dan dikelilingi oleh elektron dengan muatan negatif.

Kelemahan dari Teori Atom Bohr :

  1. Orbit atau kulit atom yang mengelilingi intinya bebertuk elips buka bulat bola.
  2. Bohr beranggapan bahwa elektron hanya berguna sebagai partikel bukan sebagai partikel gelombang, hal ini menyebabkan kedudukan suatu elektron pada suatu atom merupakan suatu kebetulan.
  3. Hanya bisa menjelaskan spektrum atom hidrogen saja tapi tidak bisa menjelaskan tentang spektrum atom yang lebih kompleks (jumlah elektron lebih banyak dan padat).

Itulah teori tentang atom menurut Niels Bohr.

Model Atom

teori atom - bebasketik.com

Setelah membahas tentang teori atom, berikutnya adalah pembahasan tentang model atom. Dari setiap teori atom diatas, masing-masing memiliki model atom tersendiri.

Ada model atom yang menyerupai sistem tata surya, ada yang mirip roti kismis, ada juga yang mirip bola pejal, dan adapun yang dianggap menyerupai buah semangka berbiji.

Untuk pembahasan lebih detail dan lengkapnya bisa kita simak bersama pembahasanya bersama dibawah ini.

  • Model Teori Atom Dalton

teori atom - bebasketik.com

Berdasarkan dari penelitian John Dalton, hal tersebut menghasilkan bahwa atom merupakan suatu bulatan materi atau benda terkecil yang tidak bisa untuk dibagi atau dibelah lagi.

Dalam teori tersebut bentuk atom digambarkan sebagai suatu bola kecil yang mempunyai inti ditengahnya.

Dan kemudian setiap dari atom yang menyatu atau bergabung akan membentuk atau menciptakan suatu senyawa atau molekul dan akhirnya menjadi materi.

Meskipun teori ini mempunyai banyak sekali kekurangan, hal ini merupakan teori pertama yang menjadi pelopor para ilmuwan lain untuk melakukan penelitian atau kajian tentang atom.

  • Model Teori Atom Rutherford

teori atom rutherford - bebasketik.com

Gambaran atom menurut Rutherford adalah menyerupai bola yang sebagian besarnya berupa ruang hampa. Dimana bola itu mempunyai inti dan dan kulit. Inti atom memiliki muatan positif dan muatan netral, sedangkan kulitnya bermuatan negatif.

Dari keberhasilan Ernest Rutherford dalam mengengbangkan teori atom Dalson dan Thomson, membuat namanya diabadikan sebagai salah satu teori dalam sebuah pengembangan ilmu kimia dan ilmu fisika dengan teori atom.

Baca Juga : Struktur Lapisan Bumi !!!

Namun, teori dari Rutherford ini masih memiliki kelemahan, yaitu belum bisa menjelaskan tentang distribusi setia atom dengan detail. Teori atom Rutherford hanya menjelaskan adanya elektron yang bermuatan negatif mengelilingi inti atom.

  • Model Teori Atom Thomson

teori atom thomson - bebasketik.com

Dari penelitian atau percobaan yang dilakukan oleh Josep John Thomson, menghasilkan sebuah pendapat baru tentang model atom.

Bunyi dari pendapat tentang model atom Thomson tersebut adalah digambarkan seperti sebuah roti kismis. Dimana inti roti yang berwarna kuning sebagai muatan positif dan butiran kecil yang mengelilinginya sebagai muatan negatif.

Meskipun begitu, Thomson mampu menemukan muatan positif dan negatif yang tersebar diseluruh permukaan struktur atom.

Serta mematahkan spekulasi bahwa atom masih bisa dipecah atau dibagi lagi menjadi bagian terkecil dengan ditemukannya elektron.

Namun Thomson tidak dapat menerangkan bagaimana penyebaran muatan positif serta muatan negatif yang terdapat didalam sebuah atom.

  • Model Teori Atom Bohr

teori atom bohr - bebasketik.com

Berdasarkan dari penjelasan teori atom Bohr, menghasilkan gambaran sebuah model atom yang menyerupai sistem tata surya. Dan hal itu menyebabkan model atom Bohr ini sering disebut dengan model atom tata surya. Berikut ini adalah penjelasan tentang model atom Bohr.

  1. Suatu elektron beredar pada lintasan atau orbitnya sendiri dalam mengelilingi inti atom. Dalam hal ini Niels Bohr mengibaratkan lintasan K, L, M, N, dan seterusnya.
  2. Masing-masing elektron yang beredar di orbitnya tersebut bersifat stasioner. Jadi, energi dari elektron ke inti atom akan bersifat kekal atau tetap dalam suatu struktur atom.
  3. Pada setiap muatan elektron yang melintas pada orbitnya, mereka bisa berpindah tempat dari lintasan satu ke lintasan yang lainya. Namun, untuk berpindah tersebut, perlu adanya suatu energi dari elektron dan pada masing-masing elektron memerlukan energi yang berbeda-beda untuk berpindah. Besar kecilnya energi elektron bisa dihitung dengan menggunakan rumus persamaan Planck.
  4. Pada masing-masing orbit stationer muatan elektron yang mengelilingi inti ataom momentum sudut. Dimana, besar kecilnya jumlah sudut merupakan kelipatan dari nh/2π. Dan setiap n merupakan bilangan kulangan kuantum dan h adalah merupakan tetapan Planck. Tiap-tipa atom dilambangkan dengan n=1, n=2, n=3, dan seterusnya.

Jadi, dengan demikian banyaknya orbit atau lintasan pada suatu atom dalam tabel periodik mempunyai nilai masing-masing dan akan mempengaruhi jumlah elektron pada tiap-tiap orbit atau lintasan tersebut.

Penutup

Itulah tadi pembahasan tentang atom, mulai dari teori atom, pengertian atom, struktur atom, model atom, dan lain sebagainya. Dan tak terasa postingan ini sudah mencapai akhirnya. Semoga dari tulisan saya di postingan ini bisa bermanfaat bagi teman-teman sekalan.

Saya ucapkan terima kasih banyak karena telah menyisihkan waktunya untuk membaca artikel ini. Dan mohon maaf yang sebesar-besarnya bila ada kesalahan dalam penulisan. Sampai bertemu di postingan yang berikutnya hanya di portal Bebas Ketik, bye-bye.

Leave a Comment

%d bloggers like this: