Teknik Dasar Bola Voli Beserta Ukuran Lapangan, Pengertian, dan Sejarahnya [LENGKAP]

Teknik Dasar Bola Voli – Assalamualaikum sobat setia Bebas Ketik. Pada kesempatan sebelumnya saya telah membuat artikel tentang kebugaran jasmani, mulai dari pengertian kebugaran jasmani hingga komponen dan unsur unsurnya.

Nah, kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang teknik dasar bola voli dan pengertian serta sejarah bola voli. Mungkin diantara teman-teman semua sudah ada yang mengerti tentang teknik dasar bola voli.

Seorang atlet atau pemain bola voli harus bisa menguasai teknik dasar bola voli dengan sempurna. Dan hal tersebut akan menjadi tolak ukur kesempurnaan atau kehebatan seorang atlet bola voli.

Sebuah tim bola voli jika memiliki seorang pemain yang handal dalam teknik dasar bola voli akan memiliki potensi menang yang besar. Tapi bukan hanya faktor itu saja yang akan menentukan kemenangan sebuah tim bola voli.

Kondisi fisik para pemain, kekompakan dalam tim, kondisi mental tim bola voli, dan penyusunan strategi juga sangat mempengaruhi kemenangan tim bola voli pada sebuah pertandingan.

Jadi, seorang pemain bola voli wajib untuk bisa menguasai dengan sempurna teknik dasar bola voli. Dan juga harus tetap didukung dengan adanya strategi yang bagus, mental yang kuat, kondisi fisik yang prima, dan tim yang kompak agar bisa meraih kemenangan dalam sebuah pertandingan bola voli.

Teknik dasar bola voli sendiri secara umum bisa dibagi menjadi empat jenis, yaitu teknik passing, servis, block, dan teknik smash. Dari keempat jenis teknik dasar bola voli tersebut akan terbagi lagi menjadi beberapa teknik.

Tapi, sebelum kita membahas secara tuntas tentang teknik dasar bola voli. Ada baiknya kita mengenal sejarah bola voli dan pengertian bola voli terlebih dahulu.

Berikut ini adalah pembahasan mengenai sejarah bola voli serta pengertian bola voli. Silahkan disimak dan dibaca dengan seksama agar bisa memahaminya.

Sejarah Bola Voli

teknik dasar bola voli - bebasketik.com

Pada awal mulanya, permainan bola voli ini disebut dengan nama Mintonette. Olahraga mintonette ini pertama kalinya ditemukan oleh seorang Instruktur Pendidikan Jasmani (Director of Phsycal Education) di sebuah asosiasi YMCA (Young Men’s Christian Association) pada tanggal 9 Februari 1895 di Holyyoke, Massachusetts, Amerika Serikat.

Nama instruktur tersebut adalah William G. Morgan, dia adalah seorang Instruktur Jasmani di YMCA (Young Men’s Christian Association). YMCA sendiri adalah merupakan sebuah kelompok atau organisasi yang ditujukan untuk mengajarkan dasar-dasar agama Kristen kepada para pemuda. William G. Morgan merupakan lulusan dari Springfield College of YMCA.

Organisasi ini dibangun pada tanggal 6 Juni 1884 di London, Inggris oleh William G. Morgan. Setelah ia bertemu dengan James Naismith (orang yang menciptakan dan menemukan olahraga bola basket), William G. Morgan memutuskan untuk mendedikasikan seluruh hidupnya untuk menjadi seorang instruktur jasmani.

Kemudian, selang empat tahun lamanya setelah James Naismith menciptakan permainan olahraga bola basket. William G. Morgan menciptakan sebuah olahraga yang waktu itu dikenal dengan nama Mintonette.

Sebenarnya, olahraga Mintonette adalah sebuah permainan yang diciptakan dari gabungan antara beberapa jenis olahraga lainnya. Dan jenis olahraga tersebut adalah bola basket, tenis, bola tangan, dan baseball.

Pada awal permainan mintonette ini khusus dilakukan oleh para anggota YMCA yang sudah tidak berusia muda lagi. Dan hal itu mengakibatkan permainan ini kurang aktif seperti halnya olahraga bola basket pada awal diciptakannya.

Perubahan nama dari mintonette ke volleyball terjadi ketika tahun 1896 pada sebuah pertunjukan pertandingan pertamanya di International YMCA Training School.

Mulai dari situlah permainan mintonette ini dikenal dengan sebutan volleyball dan mulai berkembang pesat hingga zaman modern ini.

Pengertian Bola Voli

teknik dasar bola voli - bebasketik.com

Olahraga atau permainan bola voli adalah salah satu bentuk dari cabang olahraga yang didalam permainannya dilakukan oleh 2 regu atau tim, setiap tim atau regu tersebut terdiri dari 6 orang.

Kedua regu atau tim tersebut akan saling berlawanan satu sama lain untuk bisa mencetak skor atau poin tertinggi guna meraih kemenangan pada pertandingan tersebut.

Cara memainkan olahraga ini adalah dengan mengolah bola yang dilempar dari regu lawan ke regu kita. Terdapat aturan tersendiri ketika kita ingin melempar bola ke tim lawan.

Yaitu hanya boleh dipukul dan tidak boleh menangkap bola, dan hanya boleh dengan tiga sentuhan saja serta tidak boleh dilakukan dengan satu orang berturut-turut.

Untuk bisa mendapatkan poin atau skor dalam pertandingan ini adalah dengan cara menjatuhkan bola di lapangan lawan dengan syarat harus bisa melewati area net dan juga masih berada di area lapangan lawan.

Pada permaninan atau olahraga bola voli ini terdapat beberapa teknik dasar bola voli. Dan semua teknik dasar bola voli tersebut wajib untuk dikuasai setiap pemain dalam satu tim untuk bisa meraih kemenangan pada sebuah pertandingan.

Untuk pembahasan dan penjelasan tentang teknik dasar bola voli bisa teman-teman simak dan baca dibawah ini.

Teknik Dasar Bola Voli

teknik dasar bola voli - bebasketik.com

Setelah kita mengetahui tentang sejarah bola voli serta pengertian dari permainan atau olahraga bola voli, berikutnya ialah penjelasan mengenai teknik dasar bola voli.

Seorang pemain bola voli diwajibkan untuk menguasai teknik dasar tersebut. Teknik dasar bola voli tersebut adalah passing, servis, blocking, dan smash.

Tingkat keahlian seorang pemain bola voli ditentukan dari teknik dasar tersebut. Untuk penjelasan dan pembahasan yang lebih detail mengenai teknik dasar bola voli bisa kalian simak pembahasan dibawah ini.

  • Teknik Dasar Bola Voli – Passing

teknik dasar bola voli - bebasketik.com

Dari semua teknik dasar bola voli, teknik passing merupakan yang paling dasar serta merupakan yang paling penting.

Karena setelah kita mendapatkan bola, kita harus menggunakan teknik passing ini untuk mengumpan ke teman kita maupun langsung ke daerah lapangan tim atau regu lawan untuk mencetak poin.

Secara garis besarnya, teknik dasar passing memiliki 2 jenis, yaitu passing atas dan passing bawah.

Berikut ini adalah pembahasan dan cara melakukan teknik passing tersebut.

1. Teknik Dasar Bola Voli – Passing Bawah

teknik dasar bola voli - bebasketik.com

Apa yang dimaksud dengan passing bawah pada permainan bola voli adalah ketika kita menerima atau melakukan receive dibawah kepala kita.

Passing bawah sangat sering digunakan untuk menerima bola servis dari lawan atau merupakan penerimaan pertama yang kemudian akan diarahkan ke seorang yang berada di posisi setter.

Cara melakukan passing bawah juga cukup mudah dan sederhana. Cukup dengan manempatkan telapak tangan kanan diatas telapak tangan kiri ataupun sebaliknya juga bisa.

Lalu luruskan tangan kedepan tetapi sedikit rendah kebawah. Kemudian pasang kuda-kuda dengan merendahkan posisi badan.

Terakhir tinggal menunggu bola datang dan sedikit mengangkat posisi tubuh kita ketika bola sudah mengenai tangan kita.

2. Teknik Dasar Bola Voli – Passing Atas

teknik dasar bola voli - bebasketik.com

Yang berikutnya adalah passing atas, maksudnya adalah mengoper atau menerima bola diatas kepala kita.

Teknik passing atas ini sering dilakukan pada sentuhan kedua dan dilakukan oleh seorang yang berada di posisi setter.

Namun, tidak jarang juga passing atas ini digunakan untuk menerima servis dari lawan yang tidak bisa diterima dengan passing bawah.

Cara melakukan passing atas ini adalah dengan meletakkan kedua tangan diatas kepala. Tapi berikan sedikit celah sekiranya bola bisa kita sentuh dan tidak lolos serta taruh tangan agak kedepan bukan tepat diatas kepala. Lalu kita tinggal mendorong bola tersebut.

  • Teknik Dasar Bola Voli – Servis

teknik dasar bola voli - bebasketik.com

Apa yang dimaksud servis dalam bola voli? Ya, teknik servis dalam olahraga bola voli adalah salah satu pukulan untuk memulai suatu pertandingan atau rally dalam pertandingan bola voli.

Adapun beberapa jenis servis, secara garis besarnya dapat dibagi menjadi 4 jenis. Berikut ini adalah penjelasan dan pembahasannya.

1. Servis Lompat (Jump Serve)

Cara melakukannya adalah :

  • Posisi pemain berdiri tegap dengan keadaan kedua kaki rapat.
  • Lalu lambungkan bola keatas depan.
  • Ketika bola melambung, segera lakukan beberapa tolakan lengkah ke arah depan untuk mendapatkan daya lompat yang besar.
  • Kemudian ketika tempo yang tepat pukul bola yang masih di udara tadi.

2. Servis Atas

teknik dasar bola voli - bebasketik.com

Ketika melakukan servis, caranya adalah sebagai berikut :

  • Posisi pemain berdiri dengan salah satu kaki berada di depan serta kedua lutut agak menekuk.
  • Lambungkan bola dengan ketinggian yang ideal lalu pukul bola ketika sedang berada di udara.
  • Pada waktu memukul bola tadi, berat tubuh harus difokuskan ke depan.

3. Servis Samping

Cara melakukan servis samping adalah :

  • Posisi pemain berdiri menghadap ke sisi lapangan.
  • Pegang bola dengan lengan menjulur ke depan tubuh setinggi kepala.
  • Lalu lambungkan bola keatas dengan ketinggian secukupnya.
  • Lengan yang akan digunakan memukul ditarik kebelakang.
  • Berat badan difokuskan kebelakang dan kedua lutut tertekuk sedikit.
  • Pukul bola dengan tubuh berputar sampai menghadap net dan berat badan difokuskan kedepan.

4. Servis Bawah

Cara melakukan servis ini adalah :

  • Posisi pemain berdiri menghadap ke arah net dan salah satu kaki di depan serta lutut agak ditekuk.
  • Lambungkan bola keatas namun jangan terlalu tinggi.
  • Lalu pukul bola dengan tangan mengepal.

Itu tadi adalah beberapa macam servis dalam bola voli. Sebenarnya masih banyak lagi servis lainya yang merupakan pengembangan dari keempat servis diatas.

  • Teknik Dasar Bola Voli – Blocking

teknik dasar bola voli - bebasketik.com

Teknik dasar bola voli blocking merupakan teknik yang digunakan untuk membentuk smash lawan agar tidak melewati net.

Selain itu, block ini juga bisa digunakan untuk menjatuhkan bola ke daerah lapangan lawan guna mendapat poin atau skor dengan mengembalikan smash lawan.

Cara Melakukan Block

teknik dasar bola voli - bebasketik.com

Sebuah block pada permainan bola voli hanya boleh dilakukan oleh pemain yang berada di depan garis serang saja, pemain yang berada dibelakang garis serang tidak diperbolehkan untuk melakukan blocking.

Biasanya, posisi ini diberikan kepada pemain yang mempunyai postur tubuh tinggi, hal itu akan lebih memudahkan untuk membendung atau membalikkan smash lawan.

  • Teknik Dasar Bola Voli – Smash

teknik dasar bola voli - bebasketik.com

Yang dimaksud dengan smash pada permainan bola voli adalah Sebuah teknik dasar bola voli yang digunakan untuk menjatuhkan bola voli ke daerah lapangan tim atau regu lawan dan merupakan senjata paling ampuh.

Adapun beberapa jenis smash, berikut ini adalah penjelasannya :

1. Quick Smash (First Tempo)

Sebuah teknik smash yang biasanya dilakukan oleh pemain depan yang berada di tengah dan ketika seorang setter memberikan umpan, seorang yang akan melakukan smash sudah melompat untuk memukul bola.

2. Semi Smash (Second Tempo)

Teknik smash yang dilakukan dengan cara seorang setter mengumpan bola dengan ketinggian yang tidak terlalu tinggi. Dan seorang yang akan memukul smash sudah mulai melompat setelah tahu arah bolak kemudian memukulnya.

3. Push Smash (Third Tempo)

teknik dasar bola voli - bebasketik.com

Jenis smash ini dilakukan dengan cara setter mengumpan bola sangat tinggi keatas lalu seorang yang akan memukul bola lari mendekati bola tersebut kemudian melompat dan memukul bola tersebut.

4. Open Smash (Back Smash)

Sebuah teknik smash yang dilakukan di belakang garis serang lapangan kita. Biasanya, setter memberikan umpan yang agak tinggi.

5. Ace Smash

Teknik smash yang dilakukan oleh seorang ace pada tim atau regu tersebut. Tugas ace ini adalah untuk melakukan smash keras guna menjatuhkan bola kedaerah lawan.

6. Pull Smash

Ini merupakan smash dengan variasi gerak tipu. Smash ini untuk membuat lawan antara melakukan smash quick atau semi smash.

Ukuran Lapangan Bola Voli dan Gambarnya

teknik dasar bola voli - bebasketik.com

Dibvawah ini adalah penjelasan mengenai ukuran lapangan bola voli :

  • Panjang dari lapangan bola voli : 18 meter
  • Lebar lapangan bola voli : 9 meter
  • Panjang dari garis serang lapangan bola voli : 3 meter
  • Luas lapangan permainan bola voli : 162 meter² (18m x 9m)
  • Lebar garis lapangan olahraga bola voli : 5 centimeter
  • Area servis dari lapangan bola voli : 3 meter

Berikut ini pembehasan mengenai ukuran net permainan bola voli baik putra maupun putri :

  • Ketinggian net olahraga bola voli putra : 2,43 meter
  • Tinggi net permainan bola voli putri : 2,24 meter
  • Panjang net dalam permainan bola voli : 9 meter
  • Lebar net lapangan bola voli : 1 meter
  • Tinggi antena pada net bola voli : 80 cm (tempatnya berada di atas net)
  • Ketinggian tiang net bola voli : 2,55 meter
  • Jarak antara tiang net dengan garis tepi / samping lapangan bola voli : 0,5 – 1 meter
  • Pita tepian atas pada net bola voli : 5 cm
  • Pita tepi samping pada net bola voli : 5 cm (memiliki panjang 1 meter)
  • Ukuran mata jala pada net permainan bola voli : 10 cm (mempunyai bentuk persegi)

Ukuran Bola Dalam Olahraga Bola Voli

teknik dasar bola voli - bebasketik.com

Berikut ini standar ukuran bola voli yang digunakan dalam pertandingan resmi nasional maupun internasional :

  • Ukuran standart keliling dari bola voli: 65 – 67 cm
  • Berat bola voli: 260 – 280 gram.
  • Tekanan atau angin pada sebuah bola voli: 0.30 – 0.325 kg/cm2 (4.26-4.61 psi, 294.3-318.82 mbar atau hPa).
  • Diameter bola voli sekitar: 18 – 20 cm.

Itu tadi adalah aturan standar untuk bola dalam suatu pertandingan olahraga bola voli.

Penutup

Mungkin cukup sampai disini dulu pembahasan yang dapat saya tulis di artikel tentang teknik bola voli ini. Terima kasih karena telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini.

Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya jika terdapat suatu kesalahan dalam penulisan, baik itu typo maupun ada kata-kata yang menyinggung kalian semua.

Sampai jumpa di postingan selanjutnya dan semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian semua, bye-bye !!!

Leave a Comment

%d bloggers like this: