Teknik Dasar Bola Basket Beserta Sejarah, Pengertian, dan Ukuran Lapangannya [LENGKAP]

  • 9 min read
  • Sep 02, 2021
permainan bola basket - bebasketik.com

Teknik Dasar Bola Basket – Assalamualaikum para sahabat setia Bebas Ketik. Pada kesempatan kali ini, saya akan membuat sebuah konten artikel mengenai olahraga bola basket. Mulai dari sejarah bola basket, pengertian bola basket, dan yang terpenting adalah teknik dasar bola basket serta ukuran lapangan bola basket.

Mungkin dari sebagian teman-teman sudah mengetahui apa itu yang dimaksud dengan bola basket. Namun, sebagian dari teman-teman mungkin belum mengetahui sejarah dari olahraga bola basket ini.

Pada zaman modern ini, sudah banyak sekali peminat dan penggemar olahraga bola basket. Mulai dari kalangan anak-anak hingga kalangan yang sudah lanjut usia.

Karena peminat dan penggemarnya sangat banyak, hal itulah yang menyebabkan banyak sekali kompetisi maupun perlombaan olahraga bola basket. Mulai dari tingkatan daerah, tingkat nasional, hingga ke tingkat internasional.

Saat ini, negara yang penduduknya menjadi peminat dan penggemar terbanyak olahraga bola basket adalah Amerika Serikat. Dan di negara tersebutlah kompetisi bola basket yang paling bergengsi berada, yaitu kompetisi NBA (National Basketball Association). NBA adalah liga bola basket untuk pria yang berada di negara Amerika Serikat.

Nah, untuk mengetahui tentang bola basket, langsung saja kita menuju ke pembahasan yang pertama yaitu pembahasan mengenai sejarah bola basket.

Sejarah Bola Basket

permainan bola basket - bebasketik.com

Olahraga bola basket mungkin merupakan salah satu olahraga yang unik, ada yang menganggapnya susah serta rumit dan ada juga yang menganggap olahraga ini seru dan menarik.

James Naismith adalah orang yang menciptakan bola basket pada tahun 1891. Beliau adalah seorang guru olahraga dan instruktur jasmani yang berasal dari Kanada.

Pada awalnya, James Naismith dituntut untuk menciptakan sebuah permainan yang bisa dimainkan didalam ruangan. Hal itu bertujuan agar para muridnya bisa mengisi  waktu luangnya untuk bermain permainan didalam ruangan.

Kemudian pada tanggal 15 Desember 1891, James Naismith yang merupakan guru olahraga dan instruktur jasmani tersebut menciptakan sebuah permainan yang bernama Basketball atau dalam bahasa Indonesia sering disebut bola basket.

Pada awal diciptakannya, olahraga bola basket ini banyak menimbulkan pertentangan. Banyak yang beranggapan bahwa olahraga ini terlalu keras untuk dilakukan didalam ruangan yang tertutup.

Meskipun banyak oknum yang menentang olahraga bola basket, James tetap memutuskan untuk mengembangkan olahraga ini.

Dan James Naismith menciptakan suatu aturan dasar dalam permainan bola basket ini. Yaitu dengan memasang atau menempatkan keranjang atau ring ke sisi ruangan olahraga bola basket.

Kemudian muncul juga aturan mengenai jumlah pemain dalam satu tim atau regu bola basket. Jumlah pemain tersebut adalah 9 orang pemain untuk masing-masing tim atau regu.

Pada awal permainannya, bola basket tidak menerapkan teknik dribble atau menggiring bola. Pada waktu itu hanya menggunakan teknik memindahkan bola dengan melemparnya saja.

Olahraga ini bisa disebut dengan nama basketball adalah karena ketika diadakannya suatu pertandingan pada tanggal 20 Januari 1892, salah seorang murid James ada yang menyebut permainan ini dengan sebutan Basketball. Dan akhirnya sebutan itu menyebar luas ke semua kalangan masyarakat.

Kemudian, secara perlahan olahraga bola basket ini mulai mengalami perkembangan ke berbagai daerah di Negara Amerika Serikat. Dan akhirnya, permainan bola basket sudah menjadi olahraga yang paling bergengsi di dunia selain sepak bola dan permainan bola voli.

Pengertian Bola Basket

teknik dasar bola basket - bebasketik.com

Apa yang dimaksud dengan bola basket itu? Yah, pengertian bola basket adalah merupakan salah satu cabang olahraga yang berkelompok dan terdiri dari dua tim atau regu yang saling berlawanan dengan berisikan 5 anggota pemain dalam masing masing tim atau regunya.

Dan tujuan dari olahraga bola basket ini adalah untuk memperoleh poin atau skor sebanyak banyaknya dalam 4×10 menit. Cara untuk mendapatkan skor dalam permainan bola basket adalah dengan memasukkan bola kedalam ring tim lawan.

Permainan bola basket ini merupakan salah satu cara untuk tetap menjaga kebugaran jasmani tubuh kita. Karena ketika kita bermain bola basket, seluruh tubuh kita bergerak.

Adapun beberapa posisi dari permainan bola basket ini. Diantaranya adalah posisi Forward yang memiliki tugas untuk memasukkan bola kedalam ring lawan.

Kemudian ada posisi Playmaker yang bertugas sebagai pengatur strategi dan menyusun serangan pada permainan bola basket. Dan yang terakhir adalah posisi Defense yang bertugas sebagai penjaga ring pada sebuah tim agar tidak mudah untuk musuh mencetak poin.

Teknik Dasar Bola Basket

pengertian bola basket - bebasketik.com

Sama seperti cabang olahraga lainnya. Dalam olahraga atau permainan bola basket, juga terdapat teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain bola basket.

Dan teknik dasar bola basket tersebut diantaranya adalah teknik mengumpan, teknik menangkap, teknik memasukkan bola ke dalam ring, teknik pivot, dan terakhir adalah teknik rebound.

Untuk penjelasan yang lebih detail dan menyeluruh bisa kalian simak dan pahami pembahasan berikut ini.

  • Teknik Dasar Bola Basket – Passing 

teknik dasar bola basket - bebasketik.com

Teknik dasar passing merupakan suatu teknik dasar bola basket yang harus benar benar dikuasai oleh setiap pemain supaya dapat bermain secara baik dan kolektif. Teknik passing atau mengumpan ini juga merupakan suatu gerakan melempar atau mengoper bola kepada teman yang masih dalam satu tim.

Passing dapat dilakukan dengan cara menggunakan kedua tangan atau satu tangan saja juga bisa. Tujuan dari melakukan teknik dasar bola basket passing ini adalah untuk melindungi bola dari rebutan lawan dan untuk menyusun serangan dengan terobosan matang atau gerak tipuan.

Serta untuk mengecoh lawan agar bisa mencetak poin. Dan teknik passing dalam permainan bola basket ada jenis-jenisnya, berikut ini diantaranya :

1. Teknik Dasar Bola Basket – Bounce Pass

teknik dasar bola basket - bebasketik.com

Teknik passing atau operan dalam permainan bola basket yang pertama adalah teknik bounce pass. Apa yang dimaksud bounce pass? Yah, pengertian bounce pass adalah suatu teknik mengoper kepada teman setim yang dilakukan dengan cara memantulkan bola ke lantai.

Tujuan dari bounce pass adalah untuk mengecoh lawan. Hal itu disebabkan karena teknik memantulkan bola ke lantai tadi bisa membuat lawan kehilangan fokus. Selain itu, operan ini biasanya dilakukan ketika teman setim kita berada cukup dekat.

2. Teknik Dasar Bola Basket – Over Head Pass

teknik dasar bola basket - bebasketik.com

Teknik passing selanjutnya adalah Over Head Pass atau yang disebut juga operan yang dilakukan di atas kepala. Overhead pass adalah teknik mengoper ke kawan dengan cara memegang bola dan posisikan di atas kepala kemudian dioper kearah teman kita.

Umpan di atas kepala ini biasanya digunakan untuk melewati lawan yang memiliki postur tubuh pendek atau lebih kecil dari kita. Dengan begitu operan over head pass ini akan sangat efektif untuk menjaga bola dari sambaran lawan yang berada di depan kita.

Jenis operan ini akan lebih tepat jika dilakukan ketika seorang pemain mendapat penjagan yang ketat oleh pemain lawan sedangkan bola harus melewati lawan tersebut.

3. Teknik Dasar Bola Basket – Bassball Pass

teknik dasar bola basket - bebasketik.com

Teknik passing ini juga sering disebut dengan operan baseball. Teknik ini merupakan salah satu passing yang digunakan untuk menghindari bola dari gangguan lawan yang menghadang dengan posisi pembawa bola.

Adapun pengertian baseball pass sendiri yaitu suatu operan yang dilakukan dengan menggunakan satu tangan dari jarak jauh ke teman setim.

Baseball pass bertujuan untuk mempermudah umpan saat jarak pemain lawan terlalu dekat sedangkan jarak teman setim kita lumayan jauh. Timing yang pas untuk menggunakan baseball pass adalah saat pemain lawan berada tepat di depan dan posisi teman setim lumayan jauh.

4. Teknik Dasar Bola Basket – Chest Pass

teknik dasar bola basket - bebasketik.com

Teknik passing Chest Pass adalah mengoper bola kearah teman satu tim dengan cara melempar bola tepat di posisi dada. Teknik operan ini memiliki kelebihan lebih cepat dan lebih bertenaga untuk mencapai rekan satu tim yang menjadi target operan bola. Pada waktu kita melakukan passing chest pass, terdapat beberapa ketentuan untuk melakukannya, berikut ini di antaranya:
  1. Posisi kita dalam memegang bola.
  2. Awalan sebelum melakukan lemparan.
  3. Tolak atau lemparan.
  4. Gerakan setelah melempar.
  5. Ketika menerima bola.

5. Teknik Dasar Bola Basket – Under Pass

teknik dasar bola basket - bebasketik.com

Teknik dasar bola basket passing yang berikutnya adalah teknik passing under pass. Pengertian dar teknik passing under pass adalah suatu operan yang dilakukan dari posisi bawah atau lebih tepatnya sejajar dengan pinggang dan bola dilempar lurus ke teman satu tim.

Teknik ini paling sering diterapkan saat mau melakukan operan dengan jarak yang lumayan pendek dan dioper ke teman setim yang dekat. Teknik ini merupakan operan yang aman tapi kita harus tetap berhati-hati karena lawan bisa memotongnya setiap saat.

6. Teknik Dasar Bola Basket – Behind Back Pass

teknik dasar bola basket - bebasketik.com

Teknik dasar bola basket passing yang satu ini adalah operan yang unik sekali. Behind the Back Pass dalam suatu pertandingan bola basket ialah mengupan bola dari belakang tubuh kita.

Ketika kita melakukan teknik passing bola basket ini, seorang pemain memegang bola dengan menggunakan satu tangan dan diposisikan tepat berada di belakang punggung kita. Lalu saat melukan operan bola ke teman satu tim, harus dilakukan dengan tempo yang cepat.

Terdapat suatu hal yang wajib diperhatikan juga untuk teman yang akan dijadikan target untuk menangkap bola, tepatnya ialah teman satu tim tersebut harus yang posisinya paling dekat serta telah siap untuk menerima operan bola.

7. Teknik Dasar Bola Basket – Hook Pass

teknik dasar bola basket - bebasketik.com

Teknik passing dalam bola basket yang terakhir adalah hook pass. Teknik dasar bola basket passing ini dilakukan cara memegang bola dengan satu tangan dan membentuk seperti hook (pancing, kail). Tekuk lengan kita ke atas sampai melewati bahu.

Kita wajib melempar bola di depan wajah untuk operan yang datar, atau lebih jauh menuju bahu untuk operan yang berada lebih tinggi.

Teknik passing ini sering digunakan jika lawan memberikan pertahanan yang sangat agresif, misalnya jika ada dua defender yang menjaga.

  • Teknik Dasar Bola Basket – Shooting

teknik dasar bola basket - bebasketik.com

Dalam suatu olahraga bola basket tentunya kita perlu untuk melakukan sebuah shooting atau tembakan langsung ke ring guna mencetak atau mendapatkan skor atau poin.

Shooting adalah merupakan teknik dasar bola basket yang harus kita kuasai untuk mendapatkan poin demi meraih kemenangan dalam suatu pertandingan bola basket.

Adapun beberapa teknik dasar bola basket dalam melakukan shooting ini. Dari jenis jenis shooting tersebut ada yang akan mendapatkan tiga poin bila bola masuk ke ring dan ada juga yang hanya mendapat dua poin ketika bola berhasil masuk kedalam ring.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis jenis teknik shooting tersebut.

1. Teknik Dasar Bola Basket – Lay Up 

teknik dasar bola basket - bebasketik.com

Teknik dasar shooting lay up sering disebut  juga dengan tembakan melayang, yaitu sebuah teknik dasar bola basket yang mana memasukan bola ke dalam ring dengan dilakukan menggunakan tangan kanan maupun tangan kiri.

Secara umum, Lay Up Shoot bisa dilatih dengan metode melakukan drible bola basket dari garis lemparan bebas kemudian akan dilanjutkan dengan melompat menggunakan satu kaki bergantian, berikutnya jika sudah berada di lompatan ke dua lakukan shooting ke ring.

2. Teknik Dasar Bola Basket – Three Point Shoot

teknik dasar bola basket - bebasketik.com

Apa yang dimaksud dengan three point shot? Yah, dalam istilah permainan bola basket three point shot merupakan salah satu teknik dasar bola basket yang mana menembak bola kedalam ring dari luar wilayah pertahanan lawan.

Jika kita berhasil melakukan shooting ini, maka kita akan mendapatkan skor sebanyak 3 poin. Tembakan ini biasanya susah untuk dilakukan karena jaraknya yang jauh.

Namun, dalam beberapa tim bola basket terdapat seorang pemain yang memang spesialis melakukan three point shoot ini. Dan pemain tersebut memiliki akurasi tembakan yang bagus dan akurat.

3. Teknik Dasar Bola Basket – Slam Dunk

teknik dasar bola basket - bebasketik.com

Teknik dasar bola basket shooting berikutnya adalah teknik slam dunk. Mungkin beberapa diantara teman-teman sudah ada yang mengetahui mengenai apa itu teknik slam dunk.

Pengertian dari teknik shooting slam dunk adalah teknik sho yang dilakukan dengan jarak sedekat mungkin dengan ring dan dilakukan dengan sekuat tenaga.

Untuk melakukan teknik ini, seorang pemain harus memiliki lompatan yang tinggi dan kuat. Dan jika kita berhasil memasukkan bola kedalam ring, maka kita akan mendapat skor sebanyak 2 poin.

4. Teknik Dasar Bola Basket – Set Shoot

teknik dasar bola basket - bebasketik.com

Teknik dasar bola basket shooting yang terakhir adalah set shoot. Teknik ini merupakan shoot yang dilakukan dengan cara menembak bola ketika di dalam wilayah pertahanan lawan.

Set shoot ini adalah jenis shooting yang paling sering digunakan untuk mencetak poin dalam permainan bola basket. Jika kita berhasil memasukkan bola kedalam ring, maka tim atau regu kita akan mendapatkan skor sebanyak 2 poin.

  • Teknik Dasar Bola Basket – Dribling

permainan bola basket - bebasketik.com

Teknik dasar bola basket dribbling pada dasarnya memiliki tujuan sama seperti halnya teknik dribbling pada sepak bola, yaitu untuk membawa atau menggiring bola agar bisa masuk kedaerah lapangan lawan dan untuk melewati lawan.

Perbedaan teknik dasar bola basket dribling dan sepak bola adalah dribbling pada teknik dasar bola basket dilakukan dengan cara memantul-mantulkan bola dengan satu tangan saja. Atau boleh berpindah tangan namun tetap untuk memantulkan bola menggunakan satu tangan, bukan menggunakan kaki seperti halnya pada  sepak bola.

Ketika kita menggunakan dua tangan untuk menggiring bola basket maka akan dianggap sebagai suatu pelanggaran serta  juga tidak diperbolehkan menggunakan tangan yang mengepal.

  • Teknik Dasar Bola Basket – Pivot

teknik dasar bola basket - bebasketik.com

Seperti namanya, pivot memiliki arti sebagai tumpuan, teknik dasar bola basket pivot ini sering digunakan untuk melakukan gerak tipu atau mengecoh lawan yaitu dengan cara mengerakkan badan dengan menggunakan tumpuan salah satu kaki sedangkan kedua tangan tetap menjaga bola dari gangguan lawan.

Aturan dasar dari melakukan teknik pivot yaitu tidak diperbolehkan untuk menggeser kaki yang menjadi tumpuan ketika memutar badan.

Usahakan kita dalam melakukan teknik dasar bola basket pivot bertumpu pada kaki yang terkuat untuk menjadi tumpuan ketika kita memutar badan guna melakukan gerakan tipuan, kalian boleh menggerakan kaki yang lain dengan syarat kaki tumpuan tidak bergeser.

  • Teknik Dasar Bola Basket – Rebound

teknik dasar bola basket - bebasketik.com`

Teknik dasar bola basket yang berikutnya adalah teknik rebound, teknik ini merupakan salah satu teknik dasar bola basket yang dapat membuat tambahan poin dari shooting teman kita yang gagal gagal masuk ke dalam ring.

Para pelatih banyak yang mengatakan kalau teknik rebound ini ialah hal penting yang bisa saja memberikan tim meraih kemenangan atau setidaknya mendapat posession ball yang baik. Rebound adalah merupakan teknik mengambil bola basket ketika bola gagal masuk ring.

Ada 2 jenis rebound yang ada dalam permainan bola basket. yaitu rebound ofensif dan rebound defensif.

Teknik dasar bola basket rebound ofensif adalah sebuah shooting yang gagal dalam satu tim lalu diambil oleh teman yang masih satu tim kemudian mencoba untuk melakukan shot lagi kedalam ring, bila bola masuk ring maka tim kita dapat 2 point.

Sedangkan untuk pengertian defensif rebound ialah merupakan suatu teknik merebut atau mengambil bola ketika lawan gagal memasukkan bola kedalam ring kita. Dan hal itu bertujuan agar tidak ada lawan yang melakukan shot dan memasukkan bola lagi kedalam ring kita.

Ketika kita sudah menguasai teknik rebound defensif dengan baik, maka kita dapat menyelamatkan tim kita dari kekalahan dan akan memiliki suatu peluang untuk melakukan counter attack atau serangan balik.

Ukuran Lapangan Bola Basket Serta Ukuran Bolanya

teknik dasar bola basket - bebasketik.com

Setelah kita membahas mengenai teknik dasar bola basketm berikutnya adalah mengenai ukuran lapangan dan standar bolanya.

Untuk ukuran lapangan bola basket standar Internasional FIBA :

  • Panjang lapangan bola basket : 28 meter 92 ft.
  • Lebar lapangan bola basket : 15 meter 49 ft.
  • Ketinggian ring lapangan basket : 3,05 meter 10 ft.
  • Radius dibatasi busur : 1,25 meter 4,10 ft.
  • Lingkaran tengah lapangan bola basket : diameter 3,66 meter 11,81 ft.
  • Ukuran garis lemparan bebas dari lantai langsung ke bawah backboard : 4,6 meter 15,09 ft.
  • Jarak garis three point dari ring basket : 6,75 meter 6.60 meter in corner atau sekitar 22,15 ft 21,65 ft in corner.

Ukuran lapangan permainan bola basket standar Indonesia (PERBASI) :

  • Panjang lapangan bola basket : 29 meter 94 ft.
  • Lebar lapangan bola basket : 15 meter 50 ft.
  • Ketinggian ring lapangan basket : 3,05 meter 10 ft.
  • Radius dibatasi busur : 1,22 meter 4 ft.
  • Lingkaran tengah lapangan bola basket : diameter 3,66 meter 12 ft.
  • Ukuran garis lemparan bebas dari lantai langsung ke bawah backboard : 4,57 meter 15 ft.
  • Jarak garis three point dari ring basket : 7,24 meter 6.70 meter in corner atau sekitar 23,75 ft 22 ft in corner.

Ukuran papan pantul pada setiap ring lapangan bola basket :

  • Ukuran papan pantul pada bagian luar : panjang 1,80 meter dan lebar 1,05 meter.
  • Papan pantul bagian dalam : panjang 0,59 meter dan lebarnya 0,45 meter.
  • Jarak papan pantul dengan lantai lapangan bola basket : 2,75 meter.
  • Ring keranjang basket : panjang diameter 0,40 meter.
  • Jarak ring basket ke papan pantul bagian bawah : 0,15 meter.
  • Jarak tiang penyangga hingga ke garis akhir : 1 meter.

Standar ukuran bola basket :

  • Keliling bola basket : 75-78 cm.
  • Berat bola basket : 600-650 gram.
  • Bagian luar bola basket terbuat dari kulit yang bersifat lentur.
  • Lapisan bagian dalam bola basket terbuat dari bahan karet atau semacamnya.

Penutup

Setelah membaca artikel ini, kita bisa mengetahui tentang sejarah dari permainan bola basket, pengertian bola basket, dan teknik dasar bola basket.

Kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa dalam suatu permainan bola basket itu terdapat beberapa teknik yang wajib dikuasai oleh setiap pemain bola basket.

Mungkin cukup sampai disini saja yang dapat saya tulis dalam artikel ini. Jika terdapat suatu kesalahan dalam penulisan, itu typo atau terdapat kata-kata atau kalimat yang menyinggung teman-teman sekalian saya ucapkan mohon maaf.

Terima kasih karena telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca dan menyimak artikel di Bebas Ketik kali ini yang berisi tentang teknik dasar bola basket. Saya berharap artikel ini bisa memberikan suatu manfaat bagi teman-teman sekalian, baik itu hanya sedikit manfaat ataupun banyak manfaat.

Sampai jumpa di postingan yang berikutnya, bye-bye !!!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: