13+ Tarian Daerah di Indonesia Paling Populer (LENGKAP)

Indonesia merupakan negara yang ragam seni, budaya dan sukunya. Maka tak heran bila muncul banyak jenis tarian daerah di indonesia. Dari ujung Sabang sampai Merauke sangat memiliki adat dan khas masing-masing.

Warisan yang teah turun dari generasi ke generasi layak untuk dibudidayakan dan dijaga. Untuk dapat menjaganya tentu sebagai pelajar dan kaum milenial negara yang baik harus senantiasi mempelajari dan memahami setiap tarian yang ada di penjuru Indonesia.

Selain itu, pada gerakan, kostum dan semua yang berkaitan dengan tarian khas daerah mengandung unsur seni  tersendiri bila dicermati dengan seksama.

Nah, agar Anda lebih mengenal dengan ragamnya budaya dan seni Indonesia. Mari simak ulasan macam senitarian daerah di Indonesia berikut ini.

Tarian Daerah Aceh

tarian daerah di indonesia

Bukan hanya seni kaligrafi arab saja yang terkenal di Indonesia bagian barat ini. Kota serambi Mekkah juga terkenal dengan seni tari yang ada nuansa keagamaannya.

Tarian Aceh terlahir murni dari masyarakat Aceh tanpa ada campur tangan orang luaran. Dengan mayoritas muslim di sana, membuat Aceh semakin melekat kata islam pada setiap acara resmi.

Adapun jenis tarian daerah di Indonesia Provinsi Aceh memang sangat beragam. Mulai dari tari saman, laweut dan ual-ula lembing. Tetapi semuanya memiliki tujuan sama dan hampir terdapat konsep dasar tarian yang sama pula.

Tarian adat Aceh ini sering dimainkan oleh para penari ketika ada acara upacara hari islam, upacara acara islam, walimahan orang islam dan juga acara umum lainnya.

Dalam menari biasanya lebih dominan diiringi dengan lantunan sholawat dan syair arab. Dengan susunan satu penyanyi dan banyak penari, sekitar lebih dari 7 orang penari.

Tarian Daerah Di Indonesia Jawa Timur

tarian daerah di indonesia

Ada banyak jenis tarian daerah di Indonesia Provinsi Jawa Timur yaitu tari gendrung dari  Banyuwangi,  tari wayang topeng dari Malang, tari glipang, tari beskalan. Namun yang paling terkenal yakni tari Reog.

Namanya sampai dikenal ke negara tetangga karena kehebohan penari dalam membawa alat tarian berupa topeng raksasa. Dengan gambar macan atau singa di bagian riasan wajah topeng membuat tarian reog menyeramkan dan penuh aura mistis kejawen.

Dimainkan oleh beberapa pasang reog guna memberi gambaran sejarah mengenai seorang Prabu yang mencari kekasihnya dengan cara berjalan dan mengisi jalan mereka dengan tarian.

Berat topeng reog yang mirip barongsai ini dapat mencapai 40-50 kg. Itu pun hanya diangkat menggunakan gigi saja. Sungguh sangat fenomenal.

Pembuatan topeng reog pun tergolong unik dan ribet. Butuh beberapa hari untuk membuatnya, sebab rumitnya sambungan dan pengukuran berat pada topeng membuatnya lama dalam proses pembuatan.

Bagi seorang pengrajin pemula hal ini sangat tidak mungkin. Karena setiap pengrajin butuh waktu belajar sekitar 5-10 tahun untuk bisa lancar menyusun topeng reog.

Namun hal tersebut yang membuat para penonton penasaran akan tarian daerah di Indonesia Provinsi Jawa Timur ini.

Tarian Daerah Jawa Tengah

tarian daerah di indonesia

Selanjutnya adalah tarian daerah di Indonesia bagian Jawa Tengah. Jawa Tengah merupakan pusatnya bagi suku jawa. Jadi banyak sekali tarian daerah yang berasal dari Jawa Tengah. Berikut ini adalah pembahasannya.

Tarian bedhaya ketawang

tarian daerah di indonesia

Dari segi bahasa bedhaya artinya wanita dan ketawang artinya langit. Jadi tarian ini menceritakan seorang bidadari dari langit yang menari untuk penduduk bumi.

Tarian daerah di Indonesia ini sering menjadai ajang hiburan di acara resmi di Indonesia guna melestarikan sejarah dan kesenian Indonesia, Jawa Tengah khususnya.

Tarian ini juga terkenal dengan nama tarian Nyai Roro Kidul karena warga Jawa masih mengenal mistis tarian katawang sebagai pemanggil roh halus, termasuk Nyi Roro Kidul.

Tari gambyong

tarian daerah di indonesia

Kota Solo, sangat terkenal dengan gaya adat yang lembut dan santun. Tak jauh berbeda dengan tarian gambyong ini. Dibawakan dengan irama musik dan gerakan yang lembut membuat gambyong sangat populer di kalangan masyarakat keraton.

Selalu hadir di setiap acara remi dari Keraton yang diadakan Kesultanan setempat. Dengan iringan gamelan, kenong, gambang , kendang dan suling.

Tari serimpi

tarian daerah di indonesia

Tarian bernuansa mistis ala Yogyakarta. Menurut para ahli kerjaan tarian ini dapat menghipnotis para penonton yang melihatnya. Gerakan lemah gemulai sang penari membuat aura ruangan seperti berada di alam lain.

Tarian ini disusun dengan skema ringkas, cukup dengan 4 orang tarian dapat dinikmati pecinta seni lokal maupun internasional.

Tari kuda lumping

tarian daerah di indonesia

Biasanya tarian Jawa menyuguhkan gerakan lembut. Sangat bertolak untuk tari berikut ini. Tari kuda lumping justru memiliki gerak yang fleksible dan ekstra.

Lantunan musik dan irama gendang membuat penari menari di atas kuda buatan dari kayu atau seni anayaman bambu yang berbentuk kuda tanpa kaki. Tari kuda lumping juga termasuk tarian daerah di Indonesia yang sangat terkenal dimana-mana.

Tari kethek ogleng

tarian daerah di indonesia

Tarian daerah di Indonesia Provinsi Jawa Tengah yang terakhir adalah tari kethek ogleng. Sama halnya dengan tarian kuda lumping. Kethek ogleng menyajikan tarian yang gerak bebas dengan gaya kera.

Riasan wajah sang penaripun di rias bak kera putih. Berbulu pasangan warna putih, baju putih dan kulit penuh cat putih.

Yang membuat daya tarik dari kethek ogleng yakni dengan adanya ajakan dari penari untuk berjoget ala kera bersama penari-penari.

Tari ronggeng

tarian daerah di indonesia

Pencipta tari ronggeng adalah Endang Caturwati. Berbeda juga dengan tarian wanita Jawa lainya yang lembut. Ronggeng justru menontonkan gerakan agresif, eksotis dan membuat lelaki naik libido.

Acara ini biasanya diakukan untuk pembukaan upacara adat tertentu dengan menampakan kecintaan dan dihadiri oleh orang dewasa saja.

Tarian Daerah Jawa Barat

tarian daerah di indonesia

Meskipun di Pulau Jawa, tapi penduduk yang tinggal di Provinsi Jawa Barat adalah suku sunda. Namun perbedaan seni tari antara suku jawa dan suku sunda tidak jauh, hanya unsur tari saja yang mungkin berbeda. Berikut ini adalah tarian daerah di Indonesia Provinsi Jawa Barat.

Tari jaipong

tarian daerah di indonesia

Mendengar nama jaipong sudah pasti semua orang Indonesia menyudutkan ke daerah Jawa Barat, Sunda tentunya. Tarian yang diciptakan oleh Ggum Gumbira ini masih eksis hingga saat ini.

Komunitas dari para penari pun semakin hari semakin meluap. Seiring tambahnya kebuthan penari saat acara adata Jawa seperti syukuran, pernikahan dan lainnya membuat tari jaipong cepat berkembang.

Adapun  nilai plus untuk tarian daerah di Indonesia khas Sunda yang satu ini. Telah diakui oleh berbagai negara asing atas karya tarian yang telah tercipta. Meski sebgian telah dikombinasi dengan gaya tari modern namun ciri khas tradisional masih tetap ada.

Tari merak

tarian daerah di indonesia

Lahir di Tanah Pasundan dan dibesarkan atas nama pencipta Raden Tjetje yang sengaja dibuat atas inspirasi dari gerakan burung merak.

Meski gerakan tari merak tak secantik dan sebanyak tarian lainnya, tetapi tari merak menyuguhkan nilai tambahan pada hiasan tubuh penari yakni bak burung merak yang sedang menari-nari. Tarian daerah di Indonesia yang satu ini juga termasuk kedalam daftar tari daerah terpopuler.

Tari wayang

tarian daerah di indonesia

Siapa yang tak kenal dengan wayang? Seni dongeng dan cerita yang disampaikan oleh seorang narator menggunakan barang berupa benda yang disebut wayang.

Lain dari hal tersebut. Wayang juga menjadi seni tari daerah Jawa Barat atas dasar pelestarian budaya dan adat tradisional. Gerakannya hampir mirip dengan gaya seorang yang kuat gagah berotot yang bernajak mau pergi untuk berperang.

Tari buyung

tarian daerah di indonesia

Tari asal Kuningan, Jawa Barat. Upacara seren tahunan memang sengaja disajikan dengan tarian buyung. Menari bersama kendi yang dipunji diatas kepala membuat penari harus memiliki keseimbangan tubuh yang maksimal.

Buyung konon berasal dari ulasan bahwa gerakan tarin dari ujung kaki tanah bumi dipijak dan kembali ke ujung kelapa tanah liat berada.

Tarian Daerah Di Indonesia Provinsi Bali

tarian daerah di indonesia

Berikutnya adalah tarian daerah di Indonesia Provinsi Bali. Pulau Bali merupakan destinasi wisata paling favorit bagi wisatawan manca negara. Meskipun banyak dikunjungi oleh wisatawan asing, budaya di Bali tetap terjaga. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tarian di daerah Bali.

Tari trunajaya

tarian daerah di indonesia

Tari trunajaya terinspirasi dari nama seorang pria yang mana ia ingin menyatakan cintanya melalui gerakan yang ia lakukan hingga menjadi sebuah tarian.

Seiring ketenaran terus berkembang kini tarian trunjaya lebih banyak diperankan di panggung guna menjadi hiburan. Dengan adanya iringan gong gebyar menambah hidup gerakan tarian cinta khas Bali ini.

Tari barong

tarian daerah di indonesia

Tarian barong juga bisa disebut barongsai karena ada sedikit kemiripan dengan tari asal Tiongkok tersebut.  Tarian barong Bali sendiri murni warisan peninggalan nenek moyang Hindu setempat.

Tarian daerah di Indonsia ini digerakan dengan menggunakan topeng bentuk hewan berupa macan, singa, sapi yang berpaduan. Dimainkan lebih dari dua orang guna lebih terasa ada seni dalam menyerasikan gerakan satu sama lain.

Adapun tarian khas Bali lainnya yang populer di Indonesia yaitu tari margapati, tari legong,tari baris dan tari pendet.

Tarian Daerah Papua

tarian daerah di indonesia

Papua adalah pulau paling timur di Indonesia. Fakta menarik di Papua adalah banyaknya suku pedalaman yang masih belum tersentuh teknologi, bahkan listrik.

Hal ini menjadi masih kentalnya budaya di Papua. Salah satu budaya yang masih terjaga di Papua adalah kesenian tarinya. Terbukti dengan banyaknya tarian daerah di Indonesia Provinsi Papua masih banyak. Berikut ini pembahasan lengkapnya.

Tari musyoh

Tarian sakral yang diadakan ketika ada warga yang meninggal dunia supaya arwah tenang akibat kecelakaan. Jadi inti dari tarian khas upacara penguburan mayat ini ditujukan untukmengusir arwah roh jahat.

Tari yospan

Tarian ini digunakan sebagai hiburan saat upacara adat yang dahulu di peruntukan akrobat hiburan pada saat penjajahan Belanda.

Namun dengan perkembangan zaman kini berubah menjadi lebih inofatif dan variatif dalam gerakan tangan dan kaki ketika menari.

Tari selamat datang

Tarian yang sering diiringkan oleh masyarakat papua ketika menerima tamu besar berupa penghormatan dari warga setempat.

Dalam gerakannya memiliki khas yakni penuh arti kegembiraan dengan adanya luapan energik dalam penyambutan. Tari ini juga merupakan tarian khas Papua yang paling terkenal.

Tari perang

Meruapakan tari daerah di Indonesia yang dimiliki masyarakat Papua. Dimana tarian ini diselipkan sebuah jiwa nasionalis dan kepahlawanan masyarakat Papua.

Dahulu digunakan oleh masyarakat Papua untuk mengawali keberangkatan dalam berperang melawan penjajah.

Namun seiring berjalannya waktu yang hilangnya para penjajah kini berubah menjadi tarian adat untuk penyambutan para roh para leluhur.

Dibawakan oleh para ksatriya lokal asli Papua yang menyajikan tarian kepahlawanan. Terbukti dengan gagah perkasanya penari yang diiringi alat perang di setiap sudut tangannya membuat tari ini mengangkat semangat penonton dan penarinya.

Tarian Daerah Di Indonesia Provinsi Maluku

tarian daerah di indonesia

Yang terakhir adalah jenis tarian daerah di Indonesia Provinsi Maluku. Silahkan simak pembahasan dibawah ini.

Tari poco-poco

Selain destinasi wisata air yang memecah keindahan bagi mata. Tarian khas maluku juga dapat membuat Anda terkagum dengannya.

Pertama taria yang sudah terkenal oleh masyarakat Indonesia karena lagunya yang dahulu dibuat sebagai iringan senam. Yak, poco-poco.

Pada tahun 2000an sangat populer atas dasar kewajiban hidup sehat bagi setiap murid sekolah dengan adanya kewajiban mengikuti senam poco-poco.

Lagu dan tarian poco-poco hampir mirip dengan senam yang dilakukan masyrakat juga. Hanya saja pengaturan ritme gerakannya lebih lembut dan penuh jiwa kemiliteran.

Tarian yang diciptakan Arie Sapulette ini dahulu digunakan oleh para miiter sebagai senam sehat agar tetap semangat menempuh hari-hari mereka. Tari ini juga merupakan tarian daerah di Indonesia yang paling populer.

Tari lenso

Disebut juga tari selendang maluku. Dipentaskan saat atahun baru datang dan upacara masyarakat seperti pernikahan dan kondangan resmi.

Pengiring untuk 6-10 penari adalah alat musik yang di sisipkan alat tambur minahasa, suling, kolintang, dan tetengkoren.

Tari cakalele

Merupakan tarian perang yang dimainkan oleh para pria. Dikreasikan dengan irama musik drum, bia dan suling, tarian cakalele akan lebih terlihat gagah dan mengundang aura sinergi bagi para penari.

Penari pria mengenakan pakaian yang didominasi warna merah dan kuning sambil membawa parang dan tameng (salawaku). Sedangkan penari perempuan mengenakan pakaian warna putih sembari menggenggam sapu tangan (lenso) di kedua tangannya.

Leave a Comment

%d bloggers like this: