Jadikanlah Rumahmu Bebas dari Debu dan Bakteri!

Rumah yang berdebu tentunya tidak sehat bagi kamu dan keluarga, banyak hal yang harus diperhatikan agar rumahmu tidak menjadi sarang debu.

Debu merupakan partikel-partikel kecil yang cukup mengganggu. Partikel tersebut begitu sangat halus sehingga tak dapat terlihat dengan kasat mata.

Debu berasal dari potongan serat kain, rambut, kertas, bulu hewan peliharaan, kotoran, sel kulit dan masih banyak lagi. Ketika kamu membiarkan debu menumpuk di rumahmu akan menimbulkan masalah kesehatan kulit dan alergi.

Jadi untuk menghilangkan debu agar tidak mengganggu kesehatan keluarga, kami punya metode pembersihan debu dan teknik penyaringan yang bisa mengurangi jumlah debu dihisap setiap harinya. Inilah langkah-langkah bagaimana cara menghilangkan debu-debu dirumahmu!

Rajin Mengganti Gorden

bestlincolncarpetcleaner.com

Ketika kamu membuka gorden untuk mendapat sinar matahari, maka debu-debu yang bersarang akan keluar melalui udara yang masuk.

Sebab itu kamu harus sering mengganti gorden di rumahmu dan sebaiknya gunakan gorden berukuran besar dengan kain tipis yang terbuat dari sintetis. Lalu mencucinya secara berkala karena untuk mengurangi tempat akumulasi debu dan kotoran lainnya.

Membersihkan Debu

jawapos.com

Gunakanlah alat vakum cleaner dua minggu sekali. Dengan menggunakan alat penyedot debu ini yang dilengkapi saringan partikulat udara berefisiensi tinggi akan memastikan menghisap debu sebanyak mungkin.

Fokuskan pada bagian yang sering dilewati orang, seperti bersihkan karpet-karpet, lantai, sudut-sudut rumah, sofa, lemari dan masih banyak lagi. Tak lupa pastikan kamu sering mengganti saringan penyedot debu.

Tetap Tutup Jendela

dekorrumah.net

Membuka jendela di rumah untuk mendapat udara segar memanglah hal yang baik. Namun di musim seperti sekarang yang tak menentu, terkadang akan memberikan hal buruk bagi kesehatan.

Maka dari itu selama musimnya tak menentu seperti ini, sebaiknya kamu menutup jendela rumah dan tetap berpegang pada pusat udara untuk menjaga rumah agar dalam kondisi sejuk.

Sering Mengepel Lantai

rumahpantura.com

Lantai adalah bagian yang sering kotor, jika kamu membiarkan debu menumpuk di lantai rumahmu maka akan menjadi sumber penyakit. Oleh karena itu seringlah mengepel lantai dengan menggunakan pel yang basah untuk mengendalikan debu-debu di lantai.

Singkirkan Barang Bekas yang Sudah Tidak Terpakai

unpakt.com

Mungkin di rumahmu memiliki barang-barang yang sudah tidak terpakai di ruang penyimpanan atau loteng. Sebaiknya mulai sekarang singkirkan barang-barang yang sudah tidak terpakai, karena barang-barang tersebut menghasilkan sarang debu dan juga kamu akan lebih sedikit untuk membersihkan ruangan.

Kurangi Penggunaan Alas Kaki

magazine.job-like.com

Alas kaki juga pembawa utama debu dan kotoran, mulai saat ini juga para moms harus membatasi penggunaan alas kaki di luar rumah dan buat peraturan untuk para tamu meninggalkan sepatu atau sandal mereka di luar sebelum masuk.

Hindari Penggunaan Karpet

rumahpedia.info

Yup, karpet memang gudangnya debu bahkan jika kamu menyedot debu setiap hari, membersihkan dengan air dan deterjen sangat diperlukan agar kotorannya benar-benar hilang.

Hal seperti itu sangat menguras tenaga kan, moms? Kami akan memberikan solusinya. Kamu bisa menggunakan karpet berbahan vinyl yang lebih mudah untuk dibersihkan karena permukaan licin dan cenderung tidak berbulu.

Membersihkan Saringan AC Secara Rutin

actuban.com

Hal ini pun sangat penting untuk dilakukan meski udara yang berasal dari AC sudah disaring. Kebersihan AC akan berpengaruh terhadap kualitas udara di dalam rumah.

Jika kamu tidak rutin membersihkan saringan AC, kotoran seperti debu, jamur, kutu, dan bakteri akan menumpuk di bilah-bilah kumparan, ventilasi dan filternya.

Sehingga akan bercampur dengan udara sejuk yang dialirkan ke ruangan. Oleh sebab itu, bersihkan saringan AC 3 bulan sekali agar menjamin kualitas udara yang baik untuk keluargamu.

Itulah 7 cara untuk membersihkan debu-debu di rumahmu. Jagalah kebersihan rumah agar tetap sehat dan nyaman!

Leave a Comment

%d bloggers like this: