Permainan Bola Basket Beserta Peraturan, Pelanggaran, Istilah, dan Posisi Pemainnya [LENGKAP]

  • 8 min read
  • Apr 28, 2018
peraturan bola basket - bebasketik.com

Permainan Bola Basket – Pada postingan sebelumnya, saya telah membuat artikel mengenai teknik dasar bola basket. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel mengenai permainan bola basket. Mulai dari peraturan bola basket, jenis pelanggaran bola basket, jumlah dan posisi permain bola basket, dan istilah istilah dalam bola basket.

Pengertian dari permainan bola basket adalah merupakan suatu cabang olahraga yang terdiri dari 2 tim serta setiap timnya terdiri dari 5 orang pemain. Kedua tim tersebut saling mencetak skor dengan cara memasukkan bola kedalam ring yang telah disediakan.

Pencipta permainan bola basket ialah seorang guru olahraga dan juga instruktur jasmani bernama James Naismith pada tahun 1891 di Kanada.

Untuk mempersingkat waktu, mari kita langsung menuju pembahasan yang pertama yaitu mengenai peraturan bola basket.

Peraturan Bola Basket

permainan bola basket - bebasketik.com
image by wikihow

Seperti halnya cabang olahraga yang lainnya, permainan bola basket memiliki beberapa aturan yang wajib untuk dipatuhi oleh setiap tim atau regu.

Jika dalam suatu permainan bola basket tidak terdapat suatu peraturan yang berlaku maka pertandingan bola basket tersebut pasti akan kacau dan tidak akan berjalan dengan kondusif.

Berikut ini adalah beberapa peraturan bola basket yang wajib dipatuhi oleh semua tim yang sedang bermain permainan bola basket.

  1. Bola pada permainan bola basket dapat dioper ke semua arah dengan cara menggunakan satu maupun kedua tangan.
  2. Pada pertandingan bola basket, dibolehkan memukul bola ke semua penjuru dengan cara menggunakan satu maupun kedua tangan, namun tidak diperkenankan memukul menggunakan tangan mengepal (meninju).
  3. Setiap pemain dilarang berlari sambil memegang bola. Mereka wajib mengoper atau menembak bola tersebut dari tempat ia mendapat bola, tapi diperkenankan apabila seorang pemain tersebut berlari pada kecepatan biasa.
  4. Bola pada permainan bola basket wajib dipegang di dalam maupun di antara telapak tangan. Jika menggunakan anggota tubuh lainnya akan dianggap sebagai pelanggaran.
  5. Ketika salah satu tim telah melakukan tiga kali kesalahan secara berturut-turut, maka kesalahan tersebut akan dianggap sebagai poin atau skor untuk lawannya.
  6. Poin akan didapat ketika bola yang dishot dari lapangan masuk kedalam keranjang.
  7. Ketika bola terlempar keluar lapangan pertandingan, maka akan dilemparkan kembali ke lapangan dan dilakukan oleh pemain yang pertama kali menyentuhnya. Ketika terjadi sebuah perbedaan pendapat mengenai sentuhan bola tadi, maka wasit yang akan melemparkannya ke lapangan.
  8. Jika Pemain telah melukan pelanggaran sebanyak lima kali maka akan dikeluarkan dan tidak boleh bermain lagi sampai pertandingan selesai.
  9. Lama permainan : Setiap pertandingan akan diberi 4 quarter dan setiap quarter selama 10 menit
  10. Pemenang : Pihak akan ditentukan dari tim yang paling banyak mencetak poin atau skor selama pertandingan.
  11. Regu (tim) : Setiap tim dalam olahraga bola basket terdiri dari 10 anggota, yaitu 5 orang pemain inti dan 5 orang pemain cadangan.
  12. Nilai : Poin satu diberikan kepada tim yang berhasil memasukkan bola kedalam ring dari tembakan penalti. Poin dua akan diberikan untuk regu yang bisa memasukkan bola kedalam ring dalam kondisi biasa. Skor tiga diberikan untuk tim yang memasukkan bola kedalam ring dari daerah tiga angka (three point field goal).
  13. Bola lambung (jump ball) : Merupakan bola yang dilempar melambung keatas oleh wasit diantara dua pemain yang saling berlawanan.

Pelanggaran Dalam Permainan Bola Basket

permainan bola basket - bebasketik.com
image by wikihow

Berikut ini adalah beberapa jenis pelanggaran dalam permainan bola basket :

  1. Foul : Suatu pelanggaran dimana kita melakukan reaching atau salah melakukan defense kepada anggota tim musuh.
  2. Back Ball atau Back Court : Akan dianggap sebagai sebuah pelanggaran jika seorang pemain yang menuasai bola kembali menuju ke wilayah lapangan pertahanan sendiri setelah melewati garis tengah pada lapangan bola basket.
  3. Pushing : Mendorong musuh.
  4. Travelling : Tidak sengaja maupun sengaja melakukan dribble bola dalam jangka 3 langkah ketika lari atau berjalan.
  5. Deffensive 3 second : Pelanggaran yang disebabkan karena kita diam di area lapangan sendiri dalam waktu 3 detik ketika pemain lawan melakukan offense. Tim musuh akan diberikan shot 1 throw-in.
  6. Offensive Foul : Ketika kita menabrak musuh yang dsedang posisi hands up yang benar
  7. Foul out : Kondisi yang mana seorang pemain bola basket telah melakukanpelanggaran sebanyak 5 kali (FIBA), 6 kali (NBA), atau seorang pemain tersebut telah melakukan technical foul 2 kali dalam 1 pertandingan, maka pemain yang bersangkutan akan terkena foul out dan wajib keluar dari lapangan permainan.
  8. Double Dribble : Ketika bola dalam kondisi mati dan kita malah melakukan drible bola kembali.
  9. Team Foul : Suatu pelanggaran yang terjadi dalam satu tim per babaknya. Jika sudah mencapai 5 kali pelanggaran maka pihak musuh akan diberikan free throw.
  10. Three Seconds Violation : Suatu pelanggaran yang akan diberikan jika salah seorang pemain yang posisinya berada di wilayah lemparan bebas selama 3 detik.
  11. Offensive 3 second : Jenis pelanggaran yang disebabkan karena diam di post atau wilayah lapangan tim lawan selama 3 detik ketika lawan melakukan defense. Dan bola berpindah ke tangan lawan.
  12. Technical Foul : Suatu pelanggaran yang berkaitan dengan aturan permainan secara teknis contohnya ketika seseorang tidak setuju dengan wasit terus-menerus dengan cara yang kasar, tidak menghargai wasit, berkata kotor, berbuat kekerasan pada musuh, dan lain sebagainya.
  13. Blocking Foul : Pelanggaran yang disebabkan ketika kita melakukan pelanggaran keras ketika menghadang pemain musuh.
  14. 30-second violation (sekarang 24-second violation) : Pelanggaran ketika pemain tidak shoot atau lay-up atau dunk ke ring musuh melewati batas waktu 30 detik (sekarang jadi 24 detik).
  15. Personal Foul : Jenis pelanggaran perorangan yang dibatasi dengan maksimal 4 kali foul serta kalau sudah 5 kali, maka akan dihukum foul out.
  16. Peraturan 10-second violation (sekarang jadi 8-second violation) : Akan dianggap sebagai pelanggaran jika seorang anggota pemain tim A tidak keluar dari area defense atau setengah lapangan dari timnya dalam waktu 10 detik (sekarang 8 detik) kemudian posisi bola sedang dipegang oleh pemain tim A yang lain yang melakukan offense dan sedang berada di area tim B atau setengah lapangan tim B. Posisi bola kemudian beralih ke tim B.

Posisi Pemain Dalam Permainan Bola Basket

permainan bola basket - bebasketik.com
image by wikihow

Pembahasan yang berikutnya adalah mengenai jumlah dan posisi pemain dalam permainan bola basket. Pada suatu pertandingan bola basket, setiap tim beranggotakan 5 pemain.

Dari kelima pemain tersebut terdapat beberapa posisi yang harus diisi, posisi tersebut adalah bagian forward, posisi center, dan yang terakhir adalah bagian guard.

Untuk pembahasan dan penjelasan secara menyeluruh dan mendetail bisa kalian simak dan baca pembahasannya di bawah ini.

  • Forward

permainan bola basket - bebasketik.com
image by wikihow

Yang pertama adalah posisi forward. Pada posisi ini ada dua jenis posisi yakni power forward dan small forward. Berikut ini adalah pembahasannya.

1. Small forward atau SM

Posisi forward jenis ini diisi oleh pemain yang memiliki kemampuan yang lebih untuk mencetak poin. Karena tugas utama dari small forward adalah untuk mencetak poin sebanyak mungkin.

Dengan harapan, seorang anggota pemain yang berada dalam posisi ini mampu meruntuhkan pertahanan tim musuh serta untuk mencari kelemahan untuk dapat memasukkan bola ke dalam ring guna mendapat poin.

2. Power Foward atau PF

Selanjutnya adalah posisi power forward atau biasa disingkat dengan PF. Posisi ini memiliki tugas utama untuk melakukan rebound bola ketika shooting yang dilakukan teman kita gagal. Dan rebound tersebut dilakukan guna menjaga supaya bola tidak direbut oleh tim musuh.

Untuk posisi power forward sering diberikan kepada anggota pemain yang mempunyai fisik atau tubuh tinggi dan besar lalu juga mahir melakukan sebuah lompatan yang tinggi dan bisa beradu badan dengan musuh ketika melakukan rebound.

  • Center

permainan bola basket - bebasketik.com
image by wikihow

Seorang pemain yang berada dalam posisi center ialah posisi tengah pada suatu permainan bola basket. Posisi ini akan lebih baik jika diberikan kepada seorang anggota pemain yang memiliki kekuatan fisik yang kuat dengan tujuan beradu badan dengan musuh.

Pemain yang bertugas menjadi sseorang center mempunyai tugas dan tanggung jawab yang besar untuk bermain di wilayah pertahanan tim dan untuk melakukan rebound jika bola gagal masuk kedalam ring kita.

Selain hal itu, posisi center wajib ahli dalam menghalau bola yang ditembak pemain lawan ke dalam ring kita supaya gagal mencetak poin, teknik tersebut sering disebut dengan nama block.

Dan juga pemmain center harus ahli dalam membaca pergerakan musuh dan melakukan pencegahan kepada lawan supaya gagal untuk melakukan shotting bola kedalam ring.

  • Guard

permainan bola basket - bebasketik.com
image by wikihow

Selanjutnya adalah posisi guard. Pemain yang berada di posisi guard ini dibagi menjadi dua jenis yaitu point guard serta shooting guard. Berikut ini adalah penjelasan secara detailnya :

1. Point Guard atau PG

Seorang pemain yang berada dalam posisi point guard ini biasanya akan lebih baik bila diberikan kepada para pemain yang memiliki keahlian dalam mendribble bola dengan lincah.

Point guard memiliki tugas utama sebagai penyusun strategi serangan dalam olahraga bola basket yang selanjutnya akan digunakan untuk memasukkan bola kedalam ring guna mendapat skor atau poin. Selain itu, posisi ini juga mempunyai tugas sebagai pembawa bola dan kemudian di passing pada temannya.

2. Shooting Guard atau SG

Posisi shooting guard atau lebih dikenal dengan sebutan SG ini adalah posisi seorang pemain basket yang mana dia diberikan tugas sebagai seorang penembak utama dalam tim.

Shooting guard ini ialah posisi yang sangat memberikan keuntungan, hal itu disebabkan karena berpotensi untuk bisa sebagai small forward dengan keahlian rebound yang bagus.

Pemain yang paling cocok untuk dimainkan di posisi ini adalah seorang pemain yang memiliki tubuh tinggi besar dan bisa melakukan gerak yang lincah guna menerobos pertahanan lawan lalu memasukkan bola kedalam ring sehingga mendapatkan skor atau poin.

Tujuan Permainan Bola Basket

permainan bola basket - bebasketik.com
image by wikihow

Dalam setiap cabang olahraga, pada dasarnya bertujuan untuk kebugaran jasmani supaya kesehatan fisik kita bisa tetap terjaga dan selalu dalam kondisi yang fit serta segar bugar.

Ketika kita bermain olahraga bola basket, tubuh kita akan mengeluarkan banyak keringat dan banyak bergerak.

Dan hal itu akan memberikan efek yang baik bagi tubuh kita. Contohnya tubuh kita akan menjadi semakin kuat, bisa menambah tinggi tubuh, dan lain sebagainya.

Manfaat Permainan Bola Basket

permainan bola basket - bebasketik.com
image by wikihow

Jika kita membahas tujuan dari suatu permainan bola basket, sebetulnya hal ini mempunyai hubungan yang sangat erat dengan adanya manfaat yang bisa kita dapat jika memainkan permainan bola basket. Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari olahraga bola basket yang juga merupakan tujuan dari permainan bola basket :

  1. Melatih Otot Tubuh : Manfaat ini disebabkan karena dalam olahraga bola basket, seluruh bagian tubuh kita akan bergerak. Sehingga hal itu bisa melatih otot dalam tubuh kita agar menjadi lebih kuat dan fleksibel.
  2. Membangun ketahanan tubuh : Dari gerakan dalam bola basket juga bisa menambah daya tahan tubuh kita, baik itu dari serangan bakteri atau virus yang bisa menyebabkan timbulnya suatu penyakit pada diri kita.
  3. Membangun Keseimbangan dan Koordinasi Tubuh : Karena dalam olahraga bola basket perlu menggunakan seluruh bagian tubuh, hal itu akan bermanfaat untuk meningkatkan keseimbangan serta koordinasi kita.
  4. Meningkatkan Keterampilan Motorik : Hal ini disebabkan karena tubuh bagian inti kita sehingga bisa meningkatkan kemampua motorik kita.
  5. Melatih Ketangkasan : Manfaat dari olahraga bola basket yang lainnya adalah bisa meningkatkan ketangkasan kita.
  6. Membentuk Tubuh Ideal : Bola basket juga bisa digunakan sebagai sarana untuk membentuk tubuh yang ideal seperti halnya fitnes.
  7. Tubuh menjadi lebih tinggi : Karena olahraga bola basket banyak melakukan lompatan, dan lompatan sendiri memiliki manfaat untuk meningkatkan tinggi badan.
  8. Menurunkan Berat Badan : Bola basket bisa digunakan sebagai sarana untuk berdiet karena olahraga ini dapat membakar kalori sekitar 700-750 kcal, sehingga lemak yang bertumpuk dalam tubuh akan hilang ketika melakukan olahraga ini.

Istilah – Istilah Dalam Permainan Bola Basket

permainan bola basket - bebasketik.com
image by wikihow

Berikut ini adalah beberapa istilah dalam olahraga bola basket :

  1. Fundamentals : Aturan dasar dalam bola basket.
  2. Short shoot : Lemparan atau tembakan yang mengarah ke ring dalam jarak dekat.
  3. Jump shoot : Teknik shooting yang dilakukan dengan melompat terlebih dahulu.
  4. Jump ball : Lemparan bola keatas untuk memulai suatu pertandingan bola basket.
  5. Drills : Suatu latihan yang dilakukan secara rutin dan berulang-ulang.
  6. Passing : Teknik lemparan bola yang ditujukan kearah teman setim atau disebut dengan operan.
  7. Shooting : Suatu teknik dasar bola basket yang digunakan untuk mencetak poin.
  8. Half court : Separuh dari lapangan.
  9. Full court : Seluruh lapangan atau bisa disebut dengan lapangan penuh.
  10. Field goals percentage : Jumlah persentase dari keseluruhan tembakan.
  11. Turn over : Bola berpindah ke tim lawan yang bukan disebabkan oleh tembakan.
  12. Long shoot : Teknik shooting yang dilakukan dari jarak yang jauh.
  13. Medium shoot : Shooting yang dilakukan dari jarang yang sedang.
  14. Total shoot : Jumlah keseluruhan shoot yang dilakukan.
  15. Free throw : Sering disebut dengan lemparan bebas.
  16. Jump pass : Operan yang dilakukan sambil melompat.
  17. Field goal attemted : Melakukan lomatan yang bertumpu pada dua kaki serta kedua tangan dibelakang kepala.
  18. Warm up : Pemanasan yang dilakukan sebelum memulai pertandingan.
  19. Poin guard : Posisi pemain yang bertugas untuk mengatur strategi penyerangan dan pertahanan.
  20. Playmeker : Sama halnya dengan point guard yaitu sebagai pengatur serangan.
  21. Foot work : Gerakan olah kaki dari seorang pemain bola basket.
  22. Streeching : Peregangan otot sebelum memulai pertandingan.
  23. Assist : Operan yang diberikan kepada teman untuk mencetak poin.
  24. Rebound : Tembakan yang gagal dilakukan.
  25. Dribling : Teknik menggiring bola.
  26. Field goals made : Suatu tembakan yang berhasil dilakukan.
  27. Trap : Teknik jebakan untuk mengecoh lawan.
  28. Help : Sesuai namanya yaitu pertolongan.
  29. Wing : Pemain sayap.
  30. Forward : Pemain yang bertugas untuk melakukan serangan.
  31. Guard : Seorang pemain yang tugas utamanya adalah bertahan.
  32. Change of pace : Pergantian langkah yang dilakukan oleh pemain.
  33. Change of direction : Mengubah arah lari.
  34. Transition : Peralihan dari menyerang ke bertahan.
  35. Front coart : Wilayah depan lapangan.
  36. Strong side : Area yang sering dimainkan.
  37. Post man : Seorang pemain yang bertugas sebagai poros.
  38. Block out : Menghalau sebuah shoot dan bolanya keluar lapangan.
  39. Screen : Menghalangi lawan sehingga teman kita bisa bebas bergerak.
  40. Base line : Sebuah garis yang berada di belakang.
  41. Mide line : Garis yang letaknya berada di tengah lapangan.
  42. Back court : Area lapangan bagian belakang.
  43. Intercept : Memotong suatu operan bola.
  44. Stealing the ball : Merebut bola ketika musuh sedang melakukan dribling.
  45. Double dribble : Ketika menggiring bola, kita menggunakan dua tangan dan akan dianggap pelanggaran.
  46. Lost ball : Bola lepas dari kendali kita ketika melakukan dribling.
  47. Lateral glide step : Langkah kaki kita bergeser atau terpeleset.
  48. Retreat step : Kaki kita melangkah mundur.
  49. Stutter step : Suatu gerak langkah untuk menipu lawan.
  50. Personal foul : Suatu kesalahan yang dilakukan oleh satu orang.
  51. Walking : Melakukan kesalahan dalam melangkah.
  52. Zone defense : Wilayah pertahanan dalam permainan bola basket.
  53. Man to man defense : Sistem pertahanan 1 lawan 1.
  54. Small forward : Seorang yang ahli dalam menembak dari arah samping.
  55. Outlet pass : Seorang pemain yang bertugas untuk menerima operan pertama ketika melakukan serangan kilat.
  56. The trailer : Pemain yang bertugas untuk mengikuti dibelakang ketika melakukan serangan kilat.
  57. Ball handler : Seorang yang ahli dalam melakukan dribel dari daerah pertahanan sendiri menuju daerah pertahanan lawan.
  58. Blocking : Teknik dasar bola basket untuk menepis tembakan kearah ring.
  59. Full court press : Menekan lawan diseluruh bagian lapangan.
  60. Give and go : Beri dan pergi, artinya saling mengoper terus menerus hingga mencetak poin.
  61. Key hole : Daerah lemparan bebas.
  62. Disqualified player : Seorang pemain yang telah dikeluarkan dari permainan.
  63. Trow in : Lemparan ke dalam lapangan.
  64. Approach stop : Sebutan untuk langkah pendekatan.

Itulah beberapa istilah dalam permainan bola basket. Sebenarnya masih ada lagi istilah-istilah dalam permainan bola basket yang lainnya. Tapi, istilah-istilah tersebut yang paling sering digunakan.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai olahraga atau permainan bola basket. Semoga artikel yang saya buat ini bisa memberikan manfaat dan keberkahan bagi teman-teman semua. Dan semoga bisa membantu memecahkan masalah kalian.

Terima kasih karena telah bersedia mengosongkan waktu demi membaca artikel ini. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan, baik itu typo maupun terdapat suatu kata yang menyinggung perasaan kalian. Sampai jumpa di artikel yang selanjutnya, bye-bye !!!

%d bloggers like this: