Penyebab Pemanasan Global Beserta Pengertian, Dampak, dan Proses Terjadinya [LENGKAP]

  • 8 min read
  • Mar 24, 2018
pengertian pemanasan global - bebasketik.com

Penyebab Pemanasan Global – Selamat berjumpa lagi dengan Bebas Ketik gaes. Semoga teman-teman semua selalu dalam keadaan sehat walafiat ya hehehe. Kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pemanasan global. Mulai dari pengertian, penyebab, dampak, dan proses terjadinya pemanasan global.

Beberapa tahun belakangan ini, banyak sekali terjadi yang namanya pemanasan global. Dan itu terjadi bukan hanya di satu wilayah saja, namun terjadi di seluruh belahan bumi. Pemanasan global memiliki sebutan lain yaitu global warming.

Pemanasan global bisa mempercepat usia bumi kita ini. Hal ini disebabkan karena dampak dari pemanasan global sangat berbahaya bagi bumi.

Hasil kajian dari berbagai peneliti di seluruh penjuru dunia membuktikan bahwa suhu di bumi sedang mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Peningakatan suhu tersebut sangat mempengaruhi kehidupan makhluk hidup di bumi ini. Seluruh makhluk tersebut termasuk manusia juga. Dari semua pengaruh yang disebabkan kenaikan suhu tersebut sebagian besar adalah pengaruh yang bersifat negatif.

Salah satu contoh dari peningkatan suhu tersebut adalah cuaca dan musim di bumi menjadi susah diprediksi. Padahal dulu cuaca dan musim di bumi bisa diprediksi dengan tepat.

Baiklah, kita langsung saja membahas tentang pengertian pemanasan global beserta penyebab, dampak, dan proses terjadinya serta cara mengatasinya.

Pengertian Pemanasan Global

penyebab pemanasan global - bebasketik.com

Pengertian pemanasan global atau yang biasa dikenal dengan global warming ini adalah suatu kondisi atau peristiwa suhu rata-rata di bumi mengalami peningkatan atau emisi. Peningkatan suhu tersebut disebabkan karena konsentrasi gas rumah kaca yang berlebihan di bumi.

Gas rumah kaca diantaranya adalah karbondioksida, metana, sulfur heksafluorida, dan lain sebagainya yang berada di atmosfer bumi.

Pada saat ini, pemanasan global sudah menjadi masalah bagi masyarakat dunia. Pemanasan global memiliki hubungan dengan naiknya suhu rata-rata di permukaan bumi.

Naiknya suhu mpermukaan bumi tersebut diakibatkan oleh adanya radiasi sinar matahari yang menuju atmosfer bumi. Radiasi tersebut sebagian besar akan berubah menjadi energi panas. Dan energi panas tersebut berupa sinar infra merah. Sinar tersebut akan diserap oleh permukaan dan udara di bumi.

Sedangkan sebagianya lagi akan dipantulkan kembali ke atmosfer dan selanjutnya akan ditangkap oleh gas-gas efek rumah kaca. Dan sebagian besar yang menyerap sinar tersebut adalah metana, karbondioksida, dan nitrogen.

Pemanasan global tidak dapat lepas dari yang namanya pencemaran udara. Aktifitas manusia dalam pembakaran bahan bakar fosil, pembukaan lahan, penggundulan hutan, dan lain sebagainya menyebabkan jumlah gas-gas rumah kaca lainya mengalami peningkatan.

Baca juga : Pengertian Sejarah Beserta RuangLingkup, Sumber, Dan Aspeknya !!!

Dari aktifitas manusia tersebut, diyakini sebagai penyebab meningkatnya suhu rata-rata di permukaan bumi yang telah terjadi selama 1 abad belakangan ini.

Di abad ke-21 ini, kenaikan suhu di permukaan bumi diperkirakan mengalami peningkatan sebesar 4°C. Padahal selama 20 abad terakhir belakangan ini, peningkatan suhu di permukaan bumi hanya sekitar 0,3°C – 0,8°C.

Para peneliti setelah melakukan kajian terhadap masalah kenaikan suhu, mereka memperkirakan bahwa suhu rata-rata di permukaan bumi akan meningkat antara 1,4°C – 5,8°C pada tahun 2100 kedepan.

Kenaikan suhu yang sangat besar tersebut menyebabkan iklim dan cuaca yang sangat ekstrim. Banyak terjadi badai, angin puting beliung, angin tornado, badai pasir, badai salju, dan cuaca ekstrim lainya.

Proses Terjadinya Pemanasan Global

penyebab pemanasan global - bebasketik.com

Pemanasan global tidak terjadi begitu saja, melainkan ada proses-prosesnya. Bagaimana sih proses terjadinya pemanasan global itu ? Nah, saya akan membahas tentang proses terjadinya pemanasan global secara lengkap disini.

Jadi pemanasan global bisa terjadi ketika sinar dari matahari mulai masuk ke bagian atmosfer bumi. Sebelum sinar tersebut mencapai seluruh permukaan bumi, terlebih dahulu melewati lapisan gas-gas rumah kaca yang ada di udara. Dan setelah sinar matahari mencapai seluruh permukaan bumi, sinar tersebut akan diserap oleh ekosistem yang ada di bumi.

Namun, tidak semua sinar tersebut akan diserap oleh ekosistem di bumi. Ada beberapa sinar matahari yang dipantulkan kembali ke atmosfer bumi. Dan setelah itu akan dikembalikan ke luar angkasa.

Tetapi sebagian juga akan terserap oleh gas-gas rumah kaca dan akan dikembalikan ke permukaan bumi. Secara otomatis jika gas-gas rumah kaca tersebut semakin meningkat maka sinar yang di terima oleh permukaan bumi juga akan meningkat. Sehingga membuat suhu permukaan bumi menjadi lebih panas.

Baca juga : Pengertian Globalisasi Lengkap Dengan Dampak, Ciri-Ciri, Contoh Dan Penyebabnya !!!

Proses tersebutlah yang membuat suhu rata-rata di permukaan bumi mengalami kenaikan drastis. Hal tersebut bisa menyebabkan bongkahan-bongkahan es yang berukuran besar di kutub akan mencair. Dan selanjutkan akan menyebabkan volume air laut bertambah. Jika volume air laut bertambah, bisa menenggelamkan pulau-pulau kecil yang ada di bumi.

Peristiwa ini banyak dikenal dengan istilah efek rumah kaca. Dan efek rumah kaca ini merupakan penyebab pemanasan global yang paling utama.

Penyebab Pemanasan Global

pengertian pemanasan global - bebasketik.com

Kebanyakan, penyebab pemanasan global atau global warming adalah karena aktifitas umat manusia sendiri. Banyak oknum pelaku tersebut yang tidak mau bertanggung jawab atas ulahnya tersebut. Banyak juga karena kurangnya pemahaman tentang penyebab pemanasan global di kalangan umat manusia menjadi aktifitas tersebut terus dilakukan.

Tidak sedikit para ahli yang memberikan pendapat bahwa penyebab pemanasan global yang paling utama adalah karena meningkatnya gas-gas rumah kaca yang bersifat mengikat panas.

Penyebab pemanasan global bukan dari meningkatnya gas rumah kaca saja. Masih banyak lagi penyebab pemanasan global yang perlu anda ketahui, agar tidak lagi melakukan aktifitas penyebab pemanasan global.

Untuk lebih lengkapnya akan saya bahas di bawah ini, berikut adalah penyebab pemanasan global atau global warming yang sering terjadi di sekitar kita.

  • Meningkatnya Gas Rumah Kaca

penyebab pemanasan global - bebasketik.com

Penyebab pemanasan global yang pertama adalah meningkatnya gas rumah kaca. Apa sih yang dimaksut dengan gas rumah kaca ? ya, gas rumah kaca adalah gas yang bersifat merangkap panas atau mengikat energi panas. Karbondioksida adalah merupakan gas rumah kaca yang paling kuat dalam mengikat panas.

Hal ini menyebabkan energi panas dari matahari tidak bisa dipantulkan kembali ke luar angkasa, dan tetap berada di bumi.

Jumlah karbondioksida bisa meningkat disebabkan oleh aktifitas pembakaran bahan bakar batu bara, pembakaran gas alam, dan pembakaran minyak bumi.

  • Polusi Dari Kendaraan Yang Menggunakan Bahan Bakar Fosil

penyebab pemanasan global - bebasketik.com

Penyebab pemanasan global yang kedua adalah polusi kendaraan dengan bahan bakar fosil. Hampir sebagian besar manusia di jaman modern ini yang menggunakan kendaraan dengan bahan bakar fosil, contohnya seperti motor, mobil, dan lain sebagainya. Dan kendaraan tersebut merupakan penyumbang polusi udara terbesar saat ini.

Baca juga : Pengertian Lingkungan Hidup Beserta Komponen, Manfaat, Contoh, Kerusakan, dan Pelestarianya !!!

Polusi yang disebabkan oleh kendaraan tersebut berupa gas karbondioksida. Gas ini memiliki sifat mengikat panas, bahkan sangat kuat dalam mengikat panas. Hal tersebutlah yang membuat karbondioksida menjadi penyabab utama dari pemanasan global atau global warming.

  • Penggundulan Hutan

penyebab pemanasan global - bebasketik.com

Penyebab pemanasan global yang berikutnya adalah aktifitas penggundulan hutan. Hal ini sering terjadi karena ulah manusia untuk memperluas lahan yang akan dijadikan suatu bangunan. Dan aktifitas penggundulan hutan ini terjadi bukan hanya di satu daerah saja, melainkan di seluruh penjuru dunia.

Hutan sangat berperan penting dalam penyerapan gas karbondioksida. Selain itu hutan juga sangat bermanfaat bagi manusia dengan mengeluarkan gas oksigen. Oleh karena hal itulah hutan sering disebut dengan paru-paru dunia.

Jika hutan tersebut banyak yang rusak karena penggundula hutan, secara otomatis fungsi hutan untuk menyerap karbondioksida menjadi berkurang. Dan fatalnya bisa menumpuknya karbondioksida di bumi dan berkurangnya produksi oksigen bumi.

Jika terjadi penumpukan gas karbondioksida di udara, maka hal itu akan menjadi penyebab pemanasan global atau global warming.

  • Pembakaran Sampah Yang Berlebihan

penyebab pemanasan global - bebasketik.com

Lalu, penyebab pemanasan global yang berikutnya adalah pembakaran sampah yang diluar batas. Mungkin membakar sampah memang terdengar sepele di telinga kita. Namun siapa sangka bahwa membakar sampah merupakan salah satu penyebab pemanasan global jika aktifitas tersebut dilakukan secara berlebihan.

Pembakaran sampah secara berlebih akan menghasilkan gas metana yang berlebih juga. Sifat dari gas metana ini mirip dengan sifat karbondioksida yaitu mengikat panas. Namun dalam hal mengikat panas, karbondioksida lebih kuat dari pada gas metana.

  • Efek Rumah Kaca

penyebab pemanasan globa - bebasketik.com

Apa sih efek rumah kaca itu ? Ya, efek rumah kaca adalah merupakan suatu proses menghangatkan suhu di bumi yang terjadi pada bagian atmosfer bumi. Terjadinya efek rumah kaca adalah ketika panas yang dipantulkan oleh permukaan bumi untuk dibuang ke luar angkasa, terperangkap oleh gas-gas rumah kaca. Gas rumah kaca tersebut malah memantulkanya kembali ke permukaan bumi.

Sebenarnya efek rumah kaca ini memiliki manfaat bagi makhluk di bumi, namun jika terlalu berlebihan malah akan membahayakan makhluk di bumi. Karena jika efek rumah kaca terjadi secara berlebihan, akan mempengaruhi dan memperburuk kondisi cuaca dan iklim di bumi.

  • Pemborosan Listrik

penyebab pemanasan global - bebasketik.com

Penyebab pemanasan global yang selanjutnya adalah pemborosan dalam menggunakan listrik. Saat ini energi listrik sudah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia. Tanpa adanya listrik, akan membuat semua aktifitas dan pekerjaan manusia menjadi terhambat.

Dalam suatu pembangkit listrik, perlu adanya pembakaran minyak bumi dan batu bara agar bisa tetap berjalan. Dan pembakaran tersebut akan mengakibatkan keluarnya sejumlah karbondioksida.

Sebenarnya sudah ada alternatif lain selain minyak bumi dan batu bara, yaitu air, angin, sinar matahari, dan lain sebagainya. Tenaga alternatif tersebut sudah banyak digunakan negara-negara di bumi. Di Indonesia sendiri, pembangkit listrik masih menggunakan minyak dan batu bara sebagai  sumber tenaganya.

  • Penggunaan CFC Diluar Kendali

penyebab pemanasan global - bebasketik.com

CFC atau yang sering dikenal dengan Cloro Flour Carbon adalah salah satu zat kimia yang sering digunakan untuk campuran bahan pembuatan berbagai macam peralatan rumah tangga.

Dalam penggunaan CFC yang dibawah batas, akan aman-aman saja. Namun jika digunakan diluar kendali maka akan menyebabkan efek rumah kaca. Contoh peralatan rumah tangga yang menggunakan bahan kimia CFC ini adalah alat pendingin seperti kulkas dan AC.

Dan penggunaan kulkas serta AC pada jaman modern ini sangatlah tidak terkendali. Di kota-kota besar, hampir setiap bangunan pasti menggunakan AC dan kulkas. Hal ini juga bisa menjadi penyebab pemanasan global.

  • Polusi Metana

penyebab pemanasan global - bebasketik.com

Apa sih gas metana itu ? Yah, gas metana adalah gas yang berasal dari pemecahan bakteri bahan-bahan organik yang memiliki kandungan oksigen sedikit. Gas metana merupakan senyawa hidrokarbon yang sederhana.

Polusi metana bisa berasal dari usus hewan ternak, meningkatkan produksi hewan ternak maka akan meningkatkan polusi gas metana ke udara.

Gas metana menempati urutan kedua setelah karbondioksida sebagai penyebab pemanasan global atau global warming.

  • Jumlah Kendaraan Yang Terus Meningkat

penyebab pemanasan global - bebasketik.com

Peningkatan jumlah kendaraan di bumi juga menjadi salah satu penyebab pemanasan global. Mungkin saat ini hampir semua orang memiliki kendaraan di garasi mereka. Jika jumlah kendaraan meningkat maka secara otomatis akan meningkatkan juga jumlah polusi karbondioksida di udara.

Hal tersebut merupakan penyebab pemanasan global yang paling utama dan berdampak besar. Jadi mulai sekarang lebih bijaklah dalam membeli sebuah kendaraan, karen bisa berdampak buruk bagi kehidupan manusia.

Dampak Dari Pemanasan Global

penyebab pemanasan global - bebasketik.com

Dari penyebab-penyebab pemanasan global di atas. Kita bisa tau apa saja aktifitas kita yang akan berdampak buruk bagi pemanasan global. Lantas, apa saja dampak yang ditimbulkan dari pemanasan global ini ? Berikut ini akan saya berikan contoh dampak pemanasan global dalam kehidupan kita saat ini.

  1. Penguapan air tanah akan menjadi lebih cepat. Sehingga tanah akan menjadi tandus dan kering.
  2. Akan terjadi peningkatan curah hujan yang akan menimbulkan badai diberbagai penjuru dunia.
  3. Karena suhu bumi meningkat, gunung es di kutub akan semakin cepat mencair.
  4. Terjadi kekeringan yang berkepanjangan di berbagai wilayah dunia.
  5. Menyebabkan gagal panen bagi para petani. Hal ini merupakan efek dari cuaca yang tidak menentu.
  6. Meningkatnya volume air laut, dan hal ini akan menyebabkan beberapa pulau berukuran kecil akan tenggelam.
  7. Akan menimbulkan cuaca ekstrim, dan cuaca akan sulit untuk diprediksi.
  8. Tiupan angin akan menjadi tidak beraturan dan lebih kencang. Akibatnya akan sering terjadi angin tornado, puting beliung, topan, dan bencana alam angin lainya.
  9. Jumlah populasi tumbuhan ataupun hewan akan semakin berkurang karena rusaknya lingkungan hidup mereka.
  10. Timbulnya berbagai kasus orang meninggal yang disebabkan oleh suhu bumi yang panas seperti kekurangan cairan dalam tubuh, jantung, stress, hipertensi, dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Global Warming atau Pemanasan Global

penyebab pemanasan global - bebasketik.com

Dari penjelasan di atas, kita sudah mengetahui penyebab pemanasan global dan dampaknya bagi kehidupan manusia. Sudah menjadi tugas kita sebagai manusia untuk mencegah pemanasan global semakin meningkat. Karena hal itu tidak akan bisa dilakukan oleh hewan dan tumbuhan.

Berikut ini adalah bagaimana cara kita mengatasi pemanasan global atau global warming agar tidak semakin meningkat.

  1. Menghemat jumlah penggunaan listrik : Dengan menghemat listrik, secara otomatis kita akan mengurangi jumlah pembakaran minyak bumi dan batu bara di bumi.
  2. Tidak menebang pohon secara ilegal : Hal ini akan menjaga pohon d hutan tetap terjaga, sehingga pohon bisa mengurangi gas karbondioksida.
  3. Tidak menggunakan alat yang menghasilkan gas CFC : Dengan mengurangi penggunaan lemari es atau kulkas dan AC, kita bisa mengurangi polusi CFC di udara.
  4. Melakukan reboisasi : Mengembalikan hutan yang sudah rusak akan menjaga jumlah penumpukan karbondioksida di udara karena pohon bisa berfungsi untuk menyerap karbondioksida.
  5. Menggunakan energi yang ramah lingkungan : Misalnya kita bisa memanfaatkan sinar matahari, angin, air, dan lain sebagainya sebagai pembangkit listrik.
  6. Melakukan daur ulang : Dengan melakukan daur ulang pada sampah, kita bisa mengurangi jumlah polusi gas metana akibat pembakaran sampah.
  7. Mengurangi pemakainan bahan bakar fosil : Kita bisa mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dengan meminimalisir penggunaan kendaraan kita.

Penutup

Dari semua penjelasan saya di atas, sebaiknya kita sebagai manusia harus lebih bijak dengan kondisi lingkungan kita. Mari kita lestarikan lingkungan dan melakukan pencegahan terhadap pemanasan global. Karena jika pemanasan global terus mengalami peningkatan, hal itu bisa menyebabkan jatuhnya korban jiwa, baik dari manusia ataupun spesies hewan dan tumbuhan.

Kita sudah mengetahui penyebab pemanasan global dan juga dampak serta cara mengatasinya. Jadi hal itu bisa memudahkan kita untuk melakukan pencegahan.

Pencegahan tersebut tidak akan bisa jika dilakukan oleh perorangan saja, melainkan harus dilakukan secara bersama-sama masyarakat dunia.

Demikianlah yang dapat saya tulis di postingan tentang pengertian pemanasan global, penyebab pemanasan global, dampak serta cara mengatasinya. Semoga postingan ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua.

Saya ucapkan terima kasih karena teman-teman telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca postingan ini. Dan jika ada kesalahan dalam menulisa, saya ucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya. Sampai jumpa di postingn berikutnya, bye-bye !!!

%d bloggers like this: