Pengertian Seni Tari Beserta Sejarah, Fungsi, Jenis, Unsur, dan Tujuannya [LENGKAP]

Pengertian Seni Tari – Liburan ke Kediri naik kereta listrik, selamat berjumpa lagi dengan Bebas Ketik. Hallo sahabat Bebas Ketik, semoga kalian semua tetap diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Sahabat semua jangan sampai lupa bersyukur ya, agar tetap diberikan rezeki oleh Allah SWT.

Setelah sebelumnya saya memposting artikel tentang pengertian seni rupa dan pengertian seni musik, dalam postingan kali ini saya akan membahas tentang pengertian seni tari, baik itu secara umum maupun pengertian seni tari menurut para ahli.

Selain membahas tentang pengertian seni tari, saya akan memberikan tentang penjelasan tentang sejarah seni tari, jenis-jenis, unsur, fungsi, tujuan, manfaat, konsep, contoh, dan pembahasan seni tari yang lainya.

Nah, dalam pembahasan tentang seni tari ini, alangkah baiknya kita mulai dengan pembahasan tentang asal mul atau sejarah dari seni tari sendiri. Baiklah, kita langsung masuk ke pembahasan pertama yaitu tentang sejarah seni tari, cekidot !!!

Sejarah Seni Tari di Indonesia

pengertian seni tari - bebasketik.com

Sudah sejak dahulu, seni tari mempunyai peranan yang sangat penting dalam kegiatan upacara masyarakat maupun upacara kerajaan di negara Indonesia.

Selain itu, seni tari di wilayah-wilayah indonesia memiliki ciri khas disetiap daerahnya. Contohnya saja seni tari Reog yang menjadi ciri khas Kota Ponorogo, ada juga seni tari Kecak yang merupakan ciri khas dari Pulau Bali.

Dalam perkembangan seni tari di Indonesia, dapat dilihat dari zaman ke zaman. Mulai dari zaman prasejarah, zaman hindu-budha, zaman islam, zaman penjajahan, hingga zaman setelah kemerdekaan Indonesia.

Untuk pembahasan lebih detailnya, teman-teman bisa membacanya dibawah ini.

  • Zaman Prasejarah

Ketika zaman presejarah yaitu sebelum berdirinya kerajaan-kerajaan, seni tari di Indonesia sangat kental dengan daya magis dan ghaib. Hal ini disebabkan karena dulu di Indonesia kepercayaan manusianya sangat mempercayai roh leluhur mereka.

Jadi, tujuan dari seni tari pada zaman presejarah kebanyakan untuk menghormati roh nenek moyang. Beberapa contoh seni tari pada zaman prasejarah adalah tari hujan, tarian perang, teri perburuan, tari kesuburan tanah, dan tari lainya.

Gerakan dari tarian-tarian diatas diciptakan berdasarkan dengan meniru gerakan hewan dan tumbuhan serta bersifat imitatif.

  • Zaman Hindu-Budha

Pada era kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, sangat banyak sekali seni tari yang dipengaruhi oleh budaya-budaya dan peradaban dari India. Budaya dan peradaban tersebut dibawa oleh para pedagang dari India ke Indonesia.

Yang menjadi faktor utama dari perkembangan seni tari pada zaman ini adalah untuk menyebarkan agama hindu-budha di Indonesia. Para sejarawan mempercayai bahwa ketika zaman hindu-budha di Indonesia, seni tari mulai berkembang mempunyai sudut pandang dan standarisasi.

Hal itu disebabkan karena ditemukanya literatur seni tari yang dibuat oleh Bharata Muni. Literatur tersebut berjudul Natya Sastra, karya tersebut berisi tentang unsur gerak tangan mudra yang mempunyai 64 motif.

  • Zaman Kerajaan Islam

Pada permulaan zaman kerajaan islam di Indonesia, seni tari hanya dilakukan oleh orang-orang asing yang datang dari Ethiopia, Sudan, dan lain sebagainya. Biasanya seni tari dilakukan untuk menyambut datangnya suatu hari raya atau perayaan yang bersifat bahagia lainya.

Ketika tahun 1755, kerajaan Mataram Islam dibagi menjadi dua, yaitu Kesultanan Surakarta dan Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Hal ini terjadi dibawah perjanjian Giyanti.

Seni tari digunakan oleh kedua kerajaan tersebut unutk mengembangkan identitas kerajaan masing-masing. Hasil dari seni tari yang kerajaan tersebut ciptakan adalah gerakan dan penampilan yang berbeda untuk identitas kerajaan mereka masing-masing.

  • Zaman Ketika Penjajahan

Ketika era penjajahan, seni tari di Indonesia sangat mengalami kemunduran dan tidak mengalami perkembangan. Hal ini disebabkan karena situasi dan kondisi pada era ini banyak terjadi peperangan dan keributan. Namun, untuk seni tari yang ada didalam istana masih terjaga kelestarianya dengan baik.

Seni tari pada era penjajahan hanya dilakukan ketika terdapat acara-acara penting saja. Seperti penyambutan datangnya tamu raja, acara perkawinan atau penikahan, pelantikan raja, dan acara penting lainya.

Contoh dari seni tari yang dihasilkan di era penjajahan adalah tari Prawiroguno. Tari ini berasal dari wilayah Jawa Tengah yang menceritakan tentang  tentara Indonesia yang sedang melakukan latihan dengan membawa tameng serta senjata sebagai alat perlindungan diri.

  • Zaman Setelah Kemerdekaan

Di zaman setelah Indonesia merdeka seni tari mulai berkembang lagi dengan signifikan. Fungsi dari seni tari juga mulai muncul kembali ditengah masyarakat. Seni tari mulai digunakan untuk upacara keagamaan, upacara adat, dan upacara penting lainya.

Bahkan saat ini banyak sekali tempat kursus atau sanggar tari yang berdiri di Indonesia. Sanggar dan tempat kursus tari tersebut mengajarkan seni tari sebagai mata pelajaran utamanya.

Jenis seni tari juga mulai bervariasi di zaman modern ini. Contohnya seperti breka dance, tari balet, dansa, dan lain sebagainya.

Pengertian Seni Tari

fungsi seni tari - bebsketik.com

Pengertian seni tari secara umum adalah suatu bentuk dari karya seni yang mencakup gerakan ritmis seorang pelaku tari dan diiringi oleh alunan musik.

Ada juga pengertian seni tari secara harfiah diartikan sebagai suatu proses pembentukan gerak tubuh yang mempunyai irama dan dalam penyajianya diiringi oleh alunan musik yang berlandaskan karsa dan rasa.

Adapun juga pendapat beberapa ahli tentang pengertian seni tari ini. Teman-teman bisa melihatnya dipembahasan berikut ini.

1. Aristoteles 

Menurut pendapat dari Aristoteles, pengertian seni tari adalah sebuah gerakan ritmis yang bertujuan untuk memberikan visualisasi karakter dan kehidupan yang dijalani oleh manusia sebagaimana mereka bertingkah laku.

2. Soedarsono

Seorang ahli bernama Soedarsono berpendapat bahwa pengertian seni tari ialah merupakan perwujudan ekspresi jiwa manusia dan hal itu disajikan dalam bentuk pergerakan badan yang ritmis dan menawan.

3. Yulianti Parani

Pendapat Yulianti Parani tentang pengertian seni tari adalah merupakan seluruh ataupun sebagian gerak tubuh yang bersifat ritmis baik secara kelompok maupun secara individu. Dan dalam penyajianya disertai dengan ekspresi tertentu.

4. Cooric Harting

Pengertian seni tari menurut Cooric Harting adalah suatu serangkaian gerakan ritmis dari tubuh manusia yang disertai dengan irama dan dilakukan didalam satu ruang dan waktu.

5. Bagong Sudito

Pengertian seni tari merupakan gerak ritmis yang sesuai dengan iramanya serta hal itu bertujuan untuk mengekspresikan perasaan si penari.

Nah, dari berbagai kesimpulan diatas, mulai dari pengertian seni tari secara umum hingga menurut para ahli, bisa disimpulkan bahwa seni tari bukan hanya gerakan tubuh yang mengikuti irama saja. Melainkan juga wajib searah dengan tujuan dan target yang ingin disampaikan oleh penari kepada penikmat seni tari.

Unsur Dari Seni Tari

pengertian seni tari - bebasketik.com

Setelah membahas tentang pengertian seni tari dan sejarahnya. Yang selanjutnya adalah pembahasan tentang unsur-unsur dari seni tari.

Berdasarkan dari pengertian seni tari, kita bisa menarik kesimpulan bahwa dalam suatu seni tari pasti terdapat unsur-unsur yang perlu diperhatikan dalam penciptaanya. Unsur tersebut meliputi ragam gerak, iringan, dan pakaian atau kostum.

Berikut ini adalah pembahasan lebih detailnya, silahkan teman-teman sekalian membacanya dengan seksama dan dipahami.

  • Ragam Gerak

Unsur ragan gerak merupakan unsur dari seni tari yang paling utama. Karena yang akan dilihat oleh penikmat seni tari adalah gerakan si penari tersebut.

Gerakan atau ragam gerak dalam seni tari haruslah mengandung nilai estentika dan keindahan yang dibumbui dengan emosi dan ekspresi dari jiwa manusia serta harus mampu menarik minat dari para penikmat seni tari.

Bagian tubuh manusi yang sering digunakan dalam gerak seni tari adalah badan bagian atas, bagian tengah, dan daerah tubuh bagian bawah.

Tubuh bagian atas meliputi kepala, mata, alis, raut wajah, dan lain sebagainya. Kalau tubuh bagian tengah meliputi pundak, tangan, lengan atas, ruas jari, telapak tangan, dan lain sebagainya. Sedangkan tubuh bagian bawah meliputi kaki, lutut, dan lain sebagainya.

  • Pakaian

Penampilan pakaian dari seorang penari juga sangat penting untuk diperhatikan. Karena jika kostum atau pakaian seorang penari tidak sesuai dengan tema tarianya maka akan terlihat aneh bagi para penikmat seni tari.

Oleh karena hal itulah, kostum atau pakaian yang dikenakan oleh seorang penari haruslah memiliki nilai estetika untuk mendukung seni tari yang akan dibawakanya.

Biasanya untuk kostum yang dikenakan dalam tarian upacara lebih simpel dari pada tarian untuk suatu pentas hiburan.

  • Iringan

Selain unsur ragam gerak dan pakaian atau kostum, yang berikut ini adalah iringan. Unsur iringan ini tidak kalah penting dari kedua unsur diatas.

Iringan yang dimaksud disini adalah alunan musik, baik itu berasal dari instrumen atau berasal dari gerakan tubuh si penari. Contoh dari iringan musik yang berasal dari gerak tubuh penari adalah tari kecak dari Bali dan tari saman dari Aceh.

Dalam suatu penampilan seni tari, iringan sangat mendukung dan membantu seorang penari untuk menyampaikan pesan yang ingin disampaikanya.

Selain itu, iringan dalam seni tari juga memberikan keindaha serta nilai estetika tersendiri untuk menarik minat para penikmat seni tari.

Konsep Seni Tari

pengertian seni tari - bebasketik.com

Setelah pengertian seni tari, sejarah, dan unsur seni tari, yang selanjutnya ialah pembahasan yang berisi tentang konsep dari seni tari.

Konsep seni tari merupakan salah satu poin penting dalam seni tari untuk membuat tari tersebut tetap mempunyai persamaan diantara variasi gerak tubuh yang dilakukan penari.

Berikut ini adalah penjelasan lebih detail dari konsep seni tari.

  • Ruang Gerak

Dalam suatu gerakan dalam seni tari yang dilakukan oleh seorang penari, diperlukan adanya ruang gerak untuk melakukanya. Hal ini berarti jika seorang penari ingin melakukan tarian, dia membutuhkan ruang yang sesuai dengan jenis atau bentuk gerakan yang dilakukanya.

Ruang gerak bisa berupa ruang gerak luas ataupun ruang gerak sempit. Jenis ruang gerak ini ditentukan oleh jumlah penari. Semakin banyak jumlah anggota penari, maka akan semakin luas ruang gerak yang dibutuhkan. Begitu juga sebaliknya, jika semakin sedikit jumlah anggota penari, maka akan semakin sempit ruang gerak yang diperlukan.

  • Waktu

Didalam suatu penampilan seni tari, estimasi waktu sangat berpengaruh terhadap jenis gerakan yang akan ditampilakan. Selain itu, dalam seni tari juga ada yang dinamakan dengan tempo. Tempo ini berarti cepat atau lambatnya suatu gerakan dalam seni tari.

Fungsi tempo dalam seni tari ini adalah untuk memberikan kesan dinamis sehingga akan membuat suatu tarian tersebut menjadi menarik untuk dinikmati oleh para penggemar seni tari.

  • Tenaga

Untuk melakukan suatu tarian, seorang penari harus memiliki tenaga untuk menampilkan tarian tersebut. Hal ini dibutuhkan seorang penari untuk mendapatkan suatu gerakan yang ritmis, harmonis, serta dinamis.

Jadi, tenaga juga akan mempengaruhi baik atau burukya suatu penampilan seni tari. Jika seorang penari tidak memiliki tenaga dalam gerakan tarianya, maka gerakan dalam tarian tersebut akan kurang enak untuk dinikmati para pecinta seni tari.

Penggunaan tenaga dalam seni tari sendiri mempunyai tingkatan, sesuai dengan gerakan yang dilakukan oleh seorang penari. Ada gerakan yang menggunakan tenaga dengan intensitas kuat, ada juga dengan intensitas sedang, ada pula yang intensitas lemah.

Jenis-Jenis Dari Seni Tari

pengertian seni tari - bebasketik.com

Pembahasan tentang pengertian seni tari sudah, sejarah, unsur, konsep, dan lain sebagainya juga sudah. Selanjutnya adalah pembahasan tentang jenis dan macam dari seni tari.

Seni tari memiliki banyak sekali jenisnya. Jenis seni tari tersebut dapat dilihat berdasarkan pertunjukan dan partisipasinya, berdasarkan koreografinya, serta berdasarkan perkembangan peradaban.

Untuk pembahasan lebih detainya tentang jenis-jenis seni tari ini bisa teman-teman baca dan lihat dibawah ini.

  • Berdasarkan Koreografi

Yang pertama adalah jenis seni tari dilihat atau ditinjau berdasarkan koreografinya dapa dibagi menjadi tiga jenis, yaitu :

1. Tari Kelompok : Pengertian seni tari kelompok adalah suatu penampilan seni tari yang dilakukan oleh 2 orang atau lebih. Misalnya tari saman dari Aceh, tari kecak dari Bali, dan lain sebagainya.

2. Tari Berpasangan : Pertunjukan seni tari yang dilakukan oleh dua orang atau biasa disebut dengan istilah duet. Contohnya adalah tari topeng, tari salsa, dan lain sebagainya.

3. Tari Tunggal : Pengertian seni tari tunggal adalah penampilan seni tari yang dilakukan oleh satu orang penari saja. Contohnya adalah tari balet, tari golek, dan lain sebagainya.

  • Dintinjau Dari Pertunjukan dan Partisipasi

Berikutnya adalah jenis seni tari berdasarkan pertunjukan dan partisipasinya. Jenis tari berdasarkan pertunjukan dan partisipasi ini dapat dibagi menjadi dua, yaitu :

1. Tari Teater : Pengertian seni tari teater adalah suatu pertunjukan seni tari yang menggambarkan dan menceritakan sebuah cerita. Seni tari ini juga dipentaskan dengan properti yang khusus. Tujuan dari seni tari teater ini adalah untuk hiburan.

2. Tari Partisipatif : Jenis tari yang tidak menggambarkan atau menceritakan suatu cerita. Tari ini hanya bertujuan untuk interaksi sosial maupun hanya untuk sekedar olahraga saja.

  • Dilihat Dari Perkembangan Peradaban

Yang terakhir adalah jenis seni tari berdasarkan perkembangan peradaban. Jenis seni tari jika dilihat berdasarkan perkembangan dan peradabanya dapat dibagi menjadi tiga, yaitu :

1. Seni Tari Tradisional 

pengertian seni tari - bebasketik.com

Pengertian seni tari tradisional adalah merupakan seni tari yang diwariskan secara turun temurun dari para nenek moyang. Seni tari tradisional sangat menjunjung tinggi nilai simbolis, religius, dan filosofis. Aturan-aturan dalam seni ini masih kaku karena berpedoman pada aturan leluhur.

Di Indonesia seni tari tradisional dapat dibagi menjadi dua, yaitu tari tradisional klasik, dan tari tradisional kerakyatan.

  • Tari Tradisional Klasik : Dikenal dengan sebutan tari keraton. Hal itu disebabkan karena seni tari tersebut berkembang dikeluarga kerajaan dan kebangsaan. Kostum dari seni tari ini cenderung mewah dan anggun, serta untuk aturan seni tari ini turun temurun dari para leluhur. Cohtohnya adalah tari topeng kelana.
  • Tari Tradisional Kerakyatan : Berkembang dikalangan rakyat biasa. Kostum dan musik yang digunakan dalam seni tari ini sangat sederhana dan simpel. Seni tari ini juga tidak memiliki aturan-aturan yang bersifat baku. Contohnya adalah tari lili dari Sumatra Barat.

2. Seni Tari Kontemporer 

pengertian seni tari - bebasketik.com

Pengertian seni tari kontemporer adalah seni tari yang tidak terpengaruh oleh unsur seni tradisional. Koreografi dari seni tari jenis ini sangat penuh makna dan unik. Jenis tari ini menggunakan iringan musik yang lebih modern.

3. Seni Tari Kreasi Baru 

pengertian seni tari - bebasketik.com

Sedangkan pengertian seni tari kreasi baru adalah merupakan pemekaran dari seni tari tradisional. Gerakan dari seni tari ini dipadukan dan dikolaborasi dengan jenis tarian lainya. Biasanya jenis tari ini digunakan untuk ritual upacara, keagamaan, dan lain sebagainya.

Jenis tari ini dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :

  • Tari Kreasi Baru Pola Non Tradisi : Sama sekali tidak berpedoman pada aturan seni tari tradisional. Melainkan menggunakan aturan tari yang disesuaikan dengan pokok tari yang akan dilakukan.
  • Tari Kreasi Baru Pola Tradisi : Berpedoman pada aturan tari tradisional, baik itu musik, koreografi, tata rias, maupun teknik pertunjukanya.

Fungsi Seni Tari

pengertian seni tari - bebasketik.com

Seni tari sendiri juga mempunyai fungsi atau manfaat bagi manusia. Berikut ini adalah fungsi-fungsi dari seni tari tersebut :

  1. Sarana Hiburan : Fungsi utama dalam seni tari adalah sebagai sarana hiburan. Semua jenis tari yang ada pastilah memiliki tujuan untuk hiburan meski ada tujuan lain selain hiburan.
  2. Sebagai Upacara : Banyak seni tari yang digunakan untuk saran upacara. Baik itu upacara keagamaan, upacara kenegaraan, maupun upacara adat. Biasanya seni tari yang digunakan untuk upacara memiliki aturan yang baku.
  3. Alat Untuk Bergaul : Karena seni tari pasti melibatkan beberapa orang. Hal itu bisa menjalin tali persaudaran. Oleh karena itu seni tari bisa digunakan sebagai alat untuk bergaul.
  4. Media Pendidikan : Tarian bisa dimanfaatkan untuk media belajar bagi anak-anak untuk menuju kedewasaan melalui pesan yang disampaikan dari setiap gerakan tari.
  5. Sarana Pertunjukan : Seni tari sebagai pertunjukan berfokus pada segi konsep, artistik, interpretasi, tema, tujuan, serta ide.
  6. Katarsis : Maksutnya adalah seni dapat digunakan untuk membersihkan jiwa. Biasanya fungsi ini dilakukan oleh para seniman yang mempunyai penghayatan yang dalam tentang seni tari.
  7. Alat Terapi : Seni tari juga dapat berfungsi sebagai alat terapi bagi meraka penyandang cacat mental ataupun fisik.
  8. Guna Olahraga : Karena seni tari merupakan seni yang menggunakan gerak tubuh, secara otomatis bisa digunakan untuk saran olahraga.

Contoh-Contoh Seni Tari

pengertian seni tari - bebasketik.com

Banyak sekali contoh seni tari yang ada di dunia ini. Bahkan di Indonesia saja setiap daerah pasti mempunyai tari daerah masing-masing. Berikut ini adalah contoh-contoh dari seni tari :

  1. Tari Legong dari Bali
  2. Seni Tari Janger dari Bali
  3. Tari Ketuk Tilu dari Jawa Barat
  4. Seni Tari Reog dari Ponorogo
  5. Tari Saman dari Aceh
  6. Seni Tari Yosim dari Papua
  7. Tari Nguri dari Sumbawa
  8. Seni Tari Piringa dari Minangkabau
  9. Tari Pendet dari Bali
  10. Seni Tari Kecak dari Bali
  11. Tari Merak dari Jawa Barat
  12. Dan masih banyak lagi contoh dari seni tari.

Penutup

Itu tadi kawan, pembahasan tentang pengertian seni tari, sejarah, unsur, konsep, jenis, contoh, dan lain sebagainya. Saya ucapkan terima kasih banyak karena teman-teman sudah meluangkan waktunya untuk membaca postingan di portal Bebas Ketik ini.

Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan. Semoga artikel tentang pengertian seni rupa ini bisa bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Sampai jumpa di postingan yang berikutnya, bye-bye !!!

Leave a Comment

%d bloggers like this: