Pengertian Seni Musik Menurut Ahli Beserta Sejarah, Unsur, Jenis, Genre, Dan Fungsinya !!!

  • 7 min read
  • Apr 08, 2018
pengertian musik - bebasketik.com

Pengertian Seni Musik – Hallo sobat Bebas Ketik yang insyallah dalam keadaan sehat semua. Sudah beberapa hari ini admin bebas ketik tidak mengupdate postingan. Semoga teman-teman tidak bosen menunggu yah hehehe.

Nah, dalam kesempatan kali ini saya akan menulis konten yang berisi tentang seni musik. Mulai dari pengertian seni musik secara umum dan juga menurut para ahli. Bukan hanya itu, saya juga akan membahas tentang unsur seni musik, jenis seni musik, genre seni musik, dan fungsi seni musik.

Seni musik merupakan suatu karya yang sangat menakjubkan seolah manusia tidak dapat dipisahkan dari musik ini. Ada yang mendengar musik saat kerja, mendengar musik ketika nyantai, ada juga yang mendengarkan musik sebelum tidur bahkan sambil tidur.

Mungkin teman-teman ada yang sudah mengerti mengenai seni musik ini. Entah itu genre ataupun jenis musik yang ada saat ini pasti beberapa teman-teman ada yang sudah mengetahuinya.

Namun, pasti teman-teman belum mengetahui sejarah serta pengertian musik yang sebenarnya. Tapi jangan khawatir, dipostingan ini saya akan membahas seni musik hingga tuntas dan menyeluruh tanpa ketinggalan suatu apapun hehehe.

Oke, kita langsung saja menuju ke pembahasan tentang seni rupa ini, cekidot !!!

Sejarah Seni Musik

pengertian seni musik - bebasketik.com

Sebelum kita masuk ke pembahasan tentang pengertian seni musik, alangkah baiknya kita mengetahui dulu sejarah dari seni musik itu sendiri.

Dalam perkembanganya, seni musik sudah banyak mengalami pertumbuhan dari jaman dulu hingga jaman sekarang ini. Penemuan dan pengembangan baru dalam bidang seni musik banyak sekali bermunculan.

Secara garis besarnya, sejarah dari perkembangan seni rupa dibagi menjadi 6 jaman. Yaitu zaman prasejarah, abad pertengahan, zaman barok dan rakoko, zaman klasik, zaman romantik, dan zaman modern.

Untuk penjelasan secara detail dari perkembangan seni rupa tersebut bisa teman-teman baca dibawah ini.

  • Zaman Prasejarah

Pada saat zaman Homosapiens atau zaman prasejarah, sekitar 100.000-180.000 tahun yang lalu. Diperkirakan alat musik yang tertua dan pertama kali ada adalah dari zaman tersebut.

Alat musik yang berasal dari zaman prasejarah tersebut adalah flute.  Pada zaman dulu flute terbuat sari tulang paha beruang.

Selain itu, ditemukan juga sebuah prasasti yang berisi tentang lagu Hurrian bertanggal 1400 SM. Dan prasasti tersebut merupakan prasasti notasi musik yang paling tua yang pernah tercatat.

  • Abad Pertengahan

Ketika berada di abad pertengahan, tepatnya antara tahun 476-1572 M, seni musik banyak yang digunakan sebagai kepentingan agama Kristen.

Namun, ketika memasuki tahun 1500-1600 M atau pada saat zaman Renaisance, seni musik dimanfaatkan sebagai keperwiraan serta percintaan yang dipengaruhi oleh ditemukannya penemuan-penemuan baru dibanyak bidang.

Contoh dari penemuan tersebut adalah dibidang pendidikan, perdagangan, teknologi, industri, sosial, politik, budaya, dan yang lain sebagainya.

  • Pada Zaman Barok dan Rakoko

Pada masa ini, tepatnya ketika tahun 1600-1750 M, Johan Sebastian Bach yang merupakan tokoh yang paling terkenal dalam bidang seni musik Menciptakan musik koral yang ditujukan untuk khotbah gereja. Selain itu, Johan Sebastian Bach juga menciptakan berbagai macam lagu instrumental.

Pada masa ini, seni musik yang paling populer adalah seni musik Rakoko dan musik Barok. Seni musik Rakoko penggunanya dicatat serta diatur. Sedangkan seni musik Barok penggunanya reflek atau spontan.

  • Zaman Klasik

Terjadinya zaman klasik adalah berkisar pada tahun 1750-1820 M. Pada masa ini seni musik sangat berkembang dengan pesat dan sangat signifikan.

Dimulai dari perkembangan dinamika yang semakin meningkat, tempo yang bertambah semakin cepat serta ornamen yang terdapat batasanya.

Ciri dari seni musik pada masa ini ialah :

1. Perubahan pada tempo dengan percepatan dan perlambatan.

2. Ornamen atau hiasan jumlahnya sangat minim.

3. Menggunakan akord 3 nada.

  • Ketika Zaman Romantik

Zaman romantika datang setelah berakhirnya era zaman klasik dan zaman ini terjadi berkisar pada tahun 1810-1900 Masehi.

Pada masa ini, musik sangat kental dengan tambahan sifat subjektif dan perasaan. Oleh sebab itulah tempo dan dinamika semakin sering digunakan.

Selain seni musik, ada juga seni lain yang berkembang bersamaab dengan seni musik, yaitu snei balet dan opera. Dan pada saat era ini mau berakhir, muncul perkembangan yang sangat drastis dari seni orkestra.

Hal itu menyebabkan munculnya seni musik yang unik seperti musik teater, musik komedi, operet, dan lain sebagainya.

  • Zaman Modern

Yang dimaksut dengan zaman modern adalah masa pada abad ke-20 sampai sekarang ini. Ketika zaman ini manusia mulai menemukan cara lain untuk mendengarkan musik, yaitu dengan mendengar musik melalui radio.

Selain itu musik pada zaman modern ini tidak memiliki aturan dan hanya berkonsentrasi pada ritme, suara dan juga gaya.

Ditemukan juga alat yang bisa digunakan untuk merekam suara pada zaman ini. hal tersebut dimanfaatkan manusia untuk memberikan genre yang baru kepada musik klasik. Serta hal itu bisa menambah daya tarik musik dari pengungka[an ekspresi seorang seniman musik.

Pengertian Seni Musik

pengertian seni musik - bebasketik.com

Secara bahasa, pengertian seni musik berasal dari kata “seni” yang berarti “suatu hasil cipta”. Sedangkan musik berasal dari bahasa Yunani, yaitu “mousikos” yang merupakan simbol dari dewa keindahan yang menjadi penguasa dalam bidang seni dan keilmuan.

Namun, pengertian seni musik secara istilah adalah sebuah karya seni sastra yang diekspresikan oleh seorang musisi dengan sedemikan rupa baik disajikan menggunakan alat musik ataupun vokal suara.

Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

pengertian seni musik - bebasketik.com

Selain pengertian seni musik secara umum diatas, ada juga beberapa pendapat para ahli tentang pengertian seni musik. Berikut ini adalah perngertian seni musik menurut para ahli.

  • Aristoteles

Menurut pendapat Aristoteles tentang  pengertian seni musik adalah sebuah tuangan kemampuan daya yang berawal dari gerakan rasa didalam suatu susunan nada yang memiliki suatu irama.

  • Jamalus

Seorang ahli bernama Jamalus berpendapat bahwa pengertian seni musik ialah suatu alunan lagu yang dapat mengekspresikan hati dan pikiran manusia melalui unsur-unsur pokok dari seni musik.

  • Sylado

Kalau menurut pendapat dari Sylado, pengertian seni musik adalah suatu alunan nada dan musik yang bisa menggugah isi hati dari para penikmatnya. Dan hal itu dihasilkan dari wujud nyata kumpulan alunan suara dan ilusi.

Baca juga : Pengertian Seni Rupa Beserta Unsur, Jenis, Fungsi, Manfaat, dan Bidangnya !!!

  • Banoe

Sedangkan menurut Banoe, pengertian seni musik adalah suatu karya sastra yang didalamnya terdapat bermacam-macam jenis suara dengan pola yang dapat dimengerti dan dipahami oleh manusia.

  • Schopenhauer

Seorang filsuf yang berasal dari Jerman bernama Schopenhauer memberika sebuah pendapat tentang pengertian seni musik. Pendapat tersebut adalah seni musik sebagai suatu melodi yang mempunyai syair atau lirik ibarat alam semesta.

Unsur Seni Musik

pengertian seni musik - bebasketik.com

Setelah membahas tentang pengertian seni musik menurut ahli, berikutnya adalah pembahasan tentang unsur seni musik.

Unsur dari seni musik sangatlah penting, karena akan mempengaruhi hasil dari karya seni musik yang kita buat.

Berikut ini adalah unsur-unsur yang perlu kita perhatikan dalam seni musik.

  1. Irama : Unsur seni musik yang merupakan pergantuan antara panjang dan pendek, tinggi dan rendah, serta nyaring dan lembutnya suatu bunyi atau nada.
  2. Harmoni : Suatu keselarasan bunyi yang dimainkan bersamaan dengan musik.
  3. Tempo : Merupakan cepat lambatnya suatu lagu.
  4. Melodi : Unsur seni musik yang merupakan panjang dan pendek maupun tinggi dan rendah suatu nada dalam musik.
  5. Tangga Nada : Merupakan suatu urutan nada yang diatur berjenjangan membentuk seperti tangga. Tangga nada terdiri dari do, re, mi, fa, so, la, si, do. Secara garis besar tangga nada dibagi menjadi 2 jenis, yaitu tangga diatonik yang terdiri dari tujuh nada pokok dengan dua jeni jarak (1/2 ataupun 1) dan tangga pentatonik yang terdiri dari lima nada pokok dengan jarak tertentu.
  6. Birama : Unsur dari seni musik yang berbentuk ayunan dan ketukan berulang dalam waktu bersamaan dan secara teratur.
  7. Ekspresi : Suatu ungkapan hati yang disampaikan melalui mimik wajah. Penyanyi harus bisa menyesuaikan ekspresi dengan musik yang dibawakanya.
  8. Timbre : Dalam seni musik, timbre berarti kualitas dan warna bunyi.
  9. Dinamik : Seni musik harus memiliki tingkatan lembut dan keras supaya tidak bersifat monoton dan datar.

Jenis-Jenis Seni Musik

pengertian seni musik - bebasketik.com

Setelah membahas tentang sejarah, pengertian seni musik, dan unsurnya. Berikutnya adalah pembahasan tentang jenis-jenis dari seni musik.

Dengan berkembangnya zaman selama ini, menimbulkan munculnya berbagai jenis dari seni musik. Namun, secara garis besarnya seni musik dapat menjadi 3, yaitu seni musik keroncong, seni musik modern, dan seni musik tradisional.

Untuk penjelasan yang lebih lengkap dan tuntasnya bisa teman-teman perhatikan dibawah ini.

  • Seni Musik Tradisional

Jenis seni musik tradisional ini adalah seni yang diwariskan dari para leluhur yang memberikan gambaran tentang identitas daerah.

Instrumen dan bahasa yang digunakan dalam seni musik ini berbeda-beda, tergantung dengan ciri khas tiap daerah masing-masing.

Bukan hanya itu saja, irama dalam seni musik tradisional ini memiliki kecenderungan tempo yang halus, lembut, dan santai. Contoh dari seni musik tradisional adalah lagu apuse dari Papua.

  • Seni Musik Modern

Ciri khas dari seni musik modern ini adalah bersifat dinamis dan terus mengikuti perkembangan zaman. Mulai dari tempo sampai instrumen dari seni musik modern sudah diatur dengan baik dan menarik.

Perubahan pada segi tempo akan menjadi semakin cepat sesuai dengan pola pikir seorang seniman seni musik. Selain itu, juga sesuai dengan sentuhan teknologi dan juga cara penyajianya.

Contoh dari seni musik modern adalah Mau dibawa Kemana dari Armada, Cari Jodoh dari Wali, dan lain sebagainya.

  • Seni Musik Keroncong

Musik ini merupakan jenis musik yang menggunakan instrumen ukulele atau sejenisnya. Karen penyajian musik ini menggunakan instrumen ukulele dan sejenisnya, musik ini dinamakan musik keroncong.

Pada awalnya musik jenis keroncong ini merupakan musik Indonesia yang memiliki hubungan yang sangat erat dengan musik fado yang berasal dari negara Portugis.

Contoh dari jenis musik keroncong adalah Dewi Murni dari Mus Mulyadi, Kota Solo dari Mus Mulyadi, Nostalgia dari Hetty Koes Endang, dan lain sebagainya.

Genre Seni Musik

pengertian seni musik - bebasketik.com

Yang dimaksut dengan genre musik adalah suatu pengelompokan seni musik berdasarkan dengan kemiripan dari musik tersebut. Kemiripan tersebut ditinjau dari teknik musik yang dipakai, konteks, gaya, dan tema musik tersebut.

Dibawah ini saya akan memberikan beberapa contoh genre dari seni musik yang banyak dikenal oleh semua kalangan.

  1. Rock : Genre musik yang penyajianya fokus ke instrumen gitar listrik.
  2. Pop : Merupakan genre musik pengembangan dari genre musik rock and roll.
  3. RnB : Biasanya grup RnB ini memiliki satu gitaris, saxophone, bass, drum, dan juga vokalis.
  4. Dangdut : Genre musik yang berasal dari Indonesia.
  5. Blues : Memiliki ciri khas pada lirik awalnya yang hanya mempunyai 1 baris yang diulang-ulang sebanyak 4 kali.
  6. Hiphop : Merupakan musik yang memiliki irama dan bergaya, biasanya terdapat vokal ritmis dan rap.
  7. Jazz : Aliran musik yang alunanya sangat merdu dan temponya lambat.
  8. Reggae : Genre musik yang berasal dari Jamaika dan memiliki tempo yang santai.
  9. Klasik : Musik klasik kebanyakan hanya instrumen saja. Tokoh terkemuka yang mempunyai aliran musik ini adalah Beethoven.
  10. Elektronik : Dalam penyajian genre ini seluruhnya memanfaatkan teknologi elektronik.
  11. Dan masih banyak lagi genre-genre musik yang ada di dunia ini.

Fungsi Seni Musik

pengertian seni musik - bebasketik.com

Setelah diatas tadi membahas tentang pengertian seni musik hingga genre musik. Yang berikutnya adalah pembahasan tentang fungsi-fungsi dari seni musik bagi manusia.

  1. Hiburan : Fungsi dari seni musik yang paling banyak dimanfaatkan oleh manusia adalah sebagai sarana hiburan.
  2. Upacara : Terdapat beberapa seni musik yang dijadikan sebagai sarana untuk melakukan suatu upacara.
  3. Tari : Musik biasanya juga digunakan untuk mengiringi suatu pentas seni tari.
  4. Ekspresi Diri : Bagi para seniman musik atau yang lebih dikenal dengan sebutan musisi menggunakan seni musik untuk mengekspresikan dirinya atau menyalurkan isi hati mereka.
  5. Komersil : Selain ajang untuk mengekspresikan diri, para musisi juga akan mendapatkan penghasilan dari seni musik karena musik dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan komersil.
  6. Komunikasi : Seni musik juga bisa dimanfaatkan untuk sarana komunikasi. Misalnya suara beduk di masjid yang menandai datangnya waktu adzan.
  7. Kreativitas : Seni musik dapat digunakan untuk wadah dari kreativitas para musisi.
  8. Terapi : Pasca terjadinya perang dunia ke-2, musik mulai digunakan untuk menterapi para korban perang yang mengalami trauma.
  9. Pendidikan : Lagu yang bernuansakan perjuangan sering digunakan sekolah untuk mendidik siswanya supaya cinta tanah air.

Penutup

Itulah tadi sedikit pembahasan tentang seni musik mulai dari pengertian seni musik secara umum, pengertian seni musik menurut para ahli, serta pembahasan tentang unsur, jenis, genre, dan fungsi dari seni musik.

Baiklah, mungkin cukup itu saja yang dapat saya tulis pada postingan kali ini. Mohon maaf yang sebesar-besarnya bila ada kesalahan dalam penulisan. Dan juga terima kasih telah memberikan waktu untuk membaca serta mengunjungi postingan di Bebas Ketik ini.

Sampai jumpa lagi di postingan yang berikutnya teman-teman, bye-bye !!!

%d bloggers like this: