Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Beserta Ruang Lingkup, Sumber, dan Aspeknya !!!

  • 6 min read
  • Aug 16, 2021
pengertian sejarah - bebasketik.com

Pengertian Sejarah – Hello sahabat setia Bebas Ketik. Semoga kita diberikan kesehatan selalu oleh Allah SWT. Kali ini admin bebas ketik akan menulis tentang sejarah. Baik itu pengertian sejarah menurut para ahli maupun secara umum, dan tidak ketinggalan juga saya akan menjelaskan tentang ruang lingkup sejarah, sumber sejarah, dan aspek sejarah.

Peranan sejarah dalam kehidupan ini sangatlah penting. Karena sejarah digunakan manusia sebagai sumber untuk mengetahui perkembangan peradaban manusia. Dengan sejarah pula kita bisa mengingat peristiwa-peristiwa penting yang pernah terjadi di masa lampau.

Sering kali jika kita ingin mempelajari tentang sesuatu pasti kita akan mencari sejarahnya terlebih dahulu. Dan semua yang ada di alam ini pasti mempunyai sejarahnya sendiri-sendiri.

Baiklah, dari pada terlalu banyak basa-basi. Kita langsung saja membahas tentang pengertian sejarah, aspek sejarah, ruang lingkup sejarah, dan sumber sejarah.

Pengertian Sejarah 

pengertian sejarah - bebasketik.com

Ada beberapa sudut pandang dari pengertian sejarah. Namun dari semua sudut pandang tersebut, kesimpulan dari pengertian sejarah hampir sama.

Berikut ini adalah pengertian sejarah dari berbagai sudut pandang :

  • Secara Etimologi

Pengertian sejarah secara etimologi adalah sejarah memiliki asal kata dari bahasa arab yaitu “syajarotun” yang mempunya makna atau arti pohon atau keturunan. Banyak dari para ahli berpendapat bahwa pengertian sejarah dihubungkan dengan pohon.

Hal tersebut dikarenakan sejarah memiliki struktur yang jika digambar akan berbetuk seperti ranting pada pohon. Sejarah juga memiliki keterkaitan yang begitu erat denga kehidupan manusia.

Bukan hanya itu, sejarah juga memiliki suatu hubungan dengan perkembangan suatu negara atau bangsa dan keberhasilanya.

  • Secara Terminologi

Pengertian sejarah secara termologi adalah merupakan suatu penelitian atau kajian masa lalu saat manusia mulai mengenal tulisan. sejarah juga merupakan momen atau kejadian yang benar-benar terjadi di masa lalu.

Sedangkan untuk pengertian prasejarah adalah dimana manusia belum mengenal yang namanya tulisan. Peristiwa prasejarah berarti suatu peristiwa yang berfungsi sebagai acuan pada suatu masa dalam mencatat sejarah.

  • Pengertian Sejarah Secara Istilah

1. Pengertian sejarah dalam bahasa Arab

Dalam bahasa Arab, pengertian sejarah adalah berasal dari kata “syajarotun” yang mempunyai arti pohon  atau keturunan. Karena jika kita melihat suatu struktur sejarah akan terlihat seperti ranting dan cabang pada pohon. Contohnya seperti silsilah para raja yang merupakan sejarah para raja.

2. Pengertian sejarah dalam bahasa Yunani

Sedangkan dalam bahasa Yunani, pengertian sejarah adalah berasal dari kata “historia” yang berarti belajar atau mengusut. Jadi dalam bahasa yunani sejarah bisa diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang di dalamnya mempelajari tentang segala jenis peristiwa atau kejadian yang terjadi di masa lalu.

Baca juga : Pengertian Ekosistem Beserta Macam, Ciri, Dan Komponen Pembentuknya !!!

3. Pengertian sejarah dalam bahasa Jerman

Pengertian sejarah dalam bahasa Jerman adalah berasal dari kata “geschichte” yang mempunyai arti sesuatu yang telah terjadi pada masa yang telah lalu pada suatu kehidupan manusia.

4. Pengertian sejarah dalam bahasa Inggris

Pengertian sejarah dalam bahasa Inggris adalah berasal dari kata “histori” yang memiliki arti masa yang telah lalu atau masa lalu manusia.

5. Pengetian sejarah dalam bahasa Indonesia

Dalam bahasa Indonesia, pengertian sejarah memiliki 3 artian. Yaitu sejarah adalah asal mula atau silsilah, sejarah adalah suatu peristiwa yang terjadi di masa lalu, dan sejarah adalah suatu cerita atau ilmu pengetahuan.

  • Pengertian Sejarah Secara Bahasa

Kalau secara bahasa, pengertian sejarah memiliki dua arti. Yaitu artian secara luas dan artian secara sempit.

Pengertian sejarah secara bahasa dalam artian luas ialah suatu peristiwa atau kejadian yang memiliki dasar dalam kenyataan diri manusia dengan pilihan dan kebebasan daya rohani.

Sedangkan pengertian sejarah secara bahasa dalam artian sempit adalah suatu kejadian ataupun peristiwa pada masa lalu.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

pengertian sejarah - bebasketik.com

Banyak dari para ahli sejarah dari berbagai belahan dunia ini yang memberikan pendapat mereka tentang pengertian sejarah.

Berikut adalah pengertian sejarah menurut para ahli sejarah tersebut :

  • Aristoteles

Menurut Aristoteles ialah suatu sistam yang sistem tersebut meneliti tentang suatu kejadian mulai dari awal dan tersusun dalam wujud kronologi.

Dalam waktu yang bersamaan, Aristoteles juga berpendapat bahwa pengertian sejarah adalah suatu kejadian atau peristiwa yang telah terjadi di masa lalu serta mempunyai bukti atau catatan yang konkrit.

  • Moh. Yamin

Pengertian sejarah menurut Moh. Yamin adalah suatu penelitian atau penyelidikan beberapa peristiwa atau kejadian di masa lalu yang dapat dibuktikan kenyataanya dan hasil dari penelitian tersebut membentuk suatu ilmu pengetahuan.

  • Herodotus

Herodotus berpendapat bahwa pengertian sejarah ialah suatu kajian atau penelitian yang menceritakan suatu pergolakan jatuh bangnya seorang tokoh, peradaban, dan masyarakat.

  • J.V. Bryce

Menurut J.V. Bryce adalah suatu catatan yang berisi tentang apa yang telah dikatakan, diperbuat, ataupun yang telah dipikirkan oleh manusia.

  • Sartono Kartodirdjo

Sejarah merupakan suatu penggambaran atau pencerminan pengalama yang bersifat kolektif di masa lalu. Dan untuk mengungkapkan hal tersebut, dapat melalui penetasan atau aktualisasi pengalaman masa lalu.

  • Ibnu Khaldun

Ibnu Khaldun mendefinisikan bahwa sejarah adalah suatu catatan yang berisi tentang umat manusia atau peradaban di dunia. Selain itu berisi tentang perubahan yang terjadi pada sifat dan watak manusia.

  • R. Mohammad Ali

Menurut R. Mohammad Ali sejarah adalah semua perubahan dan kejadian yang telah terbukti terjadi di masa lalu. Atau ilmu yang menyelidiki perubahan yang telah terjadi di masa lalu.

  • Patrick Gardiner

Menurutnya sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari apa yang telah manusia lakukan. Tentunya apa yang telah manusia lakukan adalah merupakan peristiwa di masa lalu.

  • Kuntowijoyo

Menurut Kuntowijoyo ialah sesuatu yang menyuguhkan fakta atau kenyataan secara ideografis, unik, diakronis, dan empiris. Ideografis karena sejarah menggambarkan suatu peristiwa. Unik karena sejarah berisi suatu hasil penelitian. Diokronis karena berkaitan dengan waktu. Dan empiris karena berdasarkan pada pengalaman manusia.

  • W.H. Walsh

Sejarah adalah catatan yang sangat penting bagi kemajuan kehidupan manusia. Karena catatan tersebut berisi tentang tindakan serta pengalaman manusia di masa lalu.

Ruang Lingkup dari Sejarah

pengertian sejarah - bebasketik.com

Ruang lingkup sejarah ialah merupakan suatu pemahaman yang menjadi sejarah dan hal tersebut digunakan sebagai ilmu pengetahuan. Cangkupan dari ruang lingkup sejarah antara lain adalah hubungan sejarah dengan ilmu, konsep sejarah, dan unsur sejarah.

  • Hubungan Sejarah dengan Ilmu

pengertian sejarah - bebasketik.com

1. Perbedaan dengan ilmu pengertahuan : Perbedaannya akan terlihat jika sejarah terikat oleh :

-. Sejarah terikat oleh tempat : Sejarah memiliki sifat yang unik dan hanya akan terjadi sekali, dan sifat unik tersebut berhubungan dengan tempat atau spasial.

-. Sejarah terikat oleh waktu : Waktu sangat berperan penting dalam sejarah. Berkebalikan oleh ilmu pengetahuan yang tidak terikat oleh waktu.

-. Sejarah terikat oleh kekhususan : Dari dua unsur waktu dan tempat tadi diatas menjadikan sejarah unik dan khusus.

2. Persamaan dengan ilmu pengetahuan : adalah sudut pandang yang dilihat berdasarkan dari pemahaman, pengamatan dan pengalaman. Semuanya sama-sama memiliki dasar teori dan suatu khusus metode yang digunakan.

  • Konsep Sejarah

pengertian sejarah - bebasketik.com

Konsep sejarah adalah merupakan suatu perwujudan dari kemampuan pikiran dalam menciptakan atau membentuk gambaran baru yang bersifat tidak nyata atau abstrak. Hal tersebut berdasarkan dari suatu kajian dan data yang ada.

1. Sejarah sebagai kisah : Serangkaian cerita yang berbentuk narasi. Dalam penuyusunannya berdasarkan tafsiran, kesan, dan ingatan manusia.

2. Sejarah sebagai seni : Dalam sebuah sejarah memerlukan imajinasi, intuisi, gaya bahasa dalam menulis, dan emosi. Oleh karena hal tersebut, sejarah bisa dikatakan sebagai seni.

3. Sejarah sebagai ilmu : Maksudnya adalah mempelajari tentang kenyataan dengan cara mengadakan suatu pengkajian atau penelitian mengenai peristiwa sejarah. Namun, sejarah sebagai ilmu memiliki sebuah syarat yaitu objektif, empiris, teori, dan kesimpulan yang bersifat umum.

4. Sejarah sebagai peristiwa :

Suatu peristiwa atau kejadian nyata yang telah berlangsung pada masa lalu. Sejarah merupakan sebuah kejadian atau peristiwa yang telah terjadi di masa lalu.

  • Unsur Sejarah

pengertian sejarah - bebasketik.com

Unsur sejarah mempunyai 3 jenis unsur, berikut ini adalah penjelasanya :

1. Manusia : Manusia adalah unsur sejarah yang paling utama, karena manusia merupakan pemeran dari sejarah tersebut. Semua peristiwa atau kejadian yang ada adalah tergantung dari perbuatan manusia dengan lingkunganya yang ada.

2. Ruang : Unsur ruang juga sangat berperan penting dalam sejarah. Unsur ini merupakan tempat terjadinya suatu peristiwa atau kejadian sejarah yang hal tersebut akan menjadi sumber-sumber sejarah.

3. Waktu : Peranan waktu dalam sejarah juga tidak kalah penting. Karena dalam suatu kajian sejarah atau penelitian sejarah, waktu berperan sebagai sifat yang krologis. Sehingga menyebabkan hal ini juga biasa disebut dengan konsep periodisasi.

Aspek-Aspek Sejarah

pengertian sejarah - bebasketik.com

Pengertian aspek sejarah ialah semua hal yang menjadi pokok pikiran atau sudut pandang dalam ilmu sejarah.

Dalam sejarah, ada tiga aspek penting didalamnya. Berikut ini adalah aspek-aspek dalam sejarah.

1. Masa yang telah lampau : Masa lalu adalah aspek yang paling utama untuk membuktikan adanya sebuah sejarah. Hal ini juga menjadi bahan utama untuk melakukan suatu penelitia sejarah.

2. Masa sekarang : Masa ini adalah masa dimana sebuah sejarah itu diteliti, sehingga jika ada suatu peristiwa sejarah yang kurang baik tidak akan kembali terulang lagi atau setidaknya bisa diperbaiki.

3. Masa yang akan datang : Kita akan memberikan harapan atau impian dari wujud usaha seluruh manusia dalam meneliti sejarah dan menerapkanya pada masa sekarang kemudian akan terwujud di masa yang akan datang.

Sumber Sejarah

pengertian sejarah - bebasketik.com

Sejarah juga mempunyai sumber. Tidak mungkin suatu sejarah muncul dengan sendirinya dari opini seseorang. Sejarah tidak akan dianggap sebagai sejarah jika tidak memiliki sumber sejarah yang jelas.

  • Pengertian 

Sumber sejarah adalah semua hal yang ada kaitannya dengan pokok sejarah. Berdasarkan dari pendapat Moh. Ali, sumber sejarah ialah segala sesuatu yang memiliki bentuk fisik maupun tidak memiliki bentuk fisik yang digunakan para ilmuan untuk melakukan sebuah penelitian sejarah sejak jaman kuno sampai jaman modern ini.

Sedangkan jika menurut pendapat dari Moh. Yamin, sumber sejarah ialah kumpulan dari suatu benda kebudayaan untuk membuktikan bahwa adanya suatu sejarah.

  • Jenis-jenis

pengertian sejarah - bebasketik.com

Sumber sejarah memiliki beberapa jenis atau macam. Dari sumber sejarah tersebut kita bisa mengetahui berbagai kejadian penting pada masa lalu. Namun dari berbagai sumber sejarah perlu juga dilakukan penelitian untuk memeriksa kebenaran dari sejarah tersebut.

1. Sumber sejarah berdasarkan pada bentuknya :

-. Sumber Lisan

Yang dimaksut dengan sumber lisan disini ialah sumber sejarah yang didapat langsung dari kesaksian para pelaku atau saksi mata peristiwa sejarah tersebut.

Contohnya saja adalah para pasukan tentara veteran Indonesia yang menyaksikan secara langsung kejadian-kejadian sewaktu penjajahan masih merajalela di Indonesia.

Kemudian para tentara veteran tersebut menceritakan secara langsung kejadian-kejadian tersebut. Itulah yang dinamakan sumber sejarah secara lisan.

-. Sumber Tertulis

Yang berikutnya adalah sumber sejarah yang tertulis. Maksud dari sumber tertulis ini adalah  suatu sumber sejarah yang didapat dari peninggalan-peninggalan yang tertulis atau catatan suatu kejadian di masa lalu.

Contohnya adalah naskah, dokumen, rekaman, surat kabar, tambo, badad, dan lain sebagainya.

-. Sumber Artefak atau Benda

Sumber artefak adalah sumber sejarah berupa peninggalan-peninggalan yang berwujud benda kebudayaan. Contoh dari benda artefak ini antara lain adalah candi, gerabah, perhiasan, petilasan, prasasti, dan lain sebagainya.

2. Sumber sejarah berdasarkan pada kekuatannya :

-. Sumber Primer

Peninggalan yang benar-benar asli dari suatu sejarah. Contohnya seperti candi, petilasan, prasasti, dan lain sebagainya.

-. Sumber Sekunder

Peninggalan tiruan dari benda sejarah yang asli atau sumber hasil penelitian para ahli sejarah. Contohnya seperti laporan penelitian, kitab-kitab sejarah, dan lain sebagainya.

-. Sumber Tersier

Merupakan buku atau laporan-laporan dari para peneliti sejarah tanpa melakukan penelitian secara langsung.

Penutup

Cukup sampai disini dulu ya kawan postingan saya kali ini. Saya ucapkan terima kasih kepada para pengungjung yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca postingan ini.

Dan saya ucapkan maaf yang sebesar-besarnya jika ada kesalahan dalam hal penulisan postingan ini. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semuanya. Sampai jumpa di postingan selanjutnya, bye-bye !!!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: