Pengertian Lingkungan Hidup Beserta Komponen, Manfaat, Contoh, Dan Pelestarianya [LENGKAP]

  • 6 min read
  • Nov 16, 2021
pengertian lingkungan hidup menurut ahli - bebasketik.com

Pengertian Lingkungan Hidup – Menyalakan api menggunakan pematik, selamat berjumpa lagi sobat Bebas Ketik. Semoga sobat setia Bebas Ketik yang ganteng dan keren tetap diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Dan semoga diberikan rezeki yang barokah, aaaamiiiiiiiin.

Kalau kita berbicara tentang lingkungan hidup, maka kita tidak akan lepas dari kehidupan kita di bumi ini. Manusia, binatang, dan tumbuhan unsur dari kehidupan ini, serta lingkungan hidup tempat para makhluk hidup tinggal. Unsur-unsur tersebut saling berhubungan timbal balik satu sama lainya.

Dari semua makhluk hidup, manusia lah yang paling mempengaruhi kondisi lingkungan hidup yang ada di bumi ini. Hal ini bisa kita lihat dengan aktifitas manusia yang melakukan eksplorasi dan eksploitasi terhadap lingkungan hidup di bumi.

Manusia memanfaatkan teknologi dan ilmu pengetahuan untuk melakukan aktifitas eksplorasi dan ekploitasi mereka terhadap lingkungan hidup.

Nah, dalam postingan kali ini saya akan membahas tentang lingkungan hidup. Mulai dari pengertian lingkungan hidup, komponen, manfaat, kerusakan, pelestarian, dan contohnya.

Oke, mari kita langsung saja simak pembahasan tentang lingkungan hidup secara lengkap dan menyeluruh.

Pengertian Lingkungan Hidup

pengertian lingkungan hidup - bebasketik.com

Lingkungan hidup merupakan pengetahuan yang paling mendasar mengenai bagaimana makhluk hidup berinteraksi melakukan suatu hubungan satu sama lain dengan lingkungan hidupnya.

Bukan hanya spesies binatang dan tumbuhan saja, manusia juga merupakan unsur penting dalam lingkungan hidup. Begitupun sebaliknya, lingkungan hidup merupakan suatu hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia, binatang, dan juga tumbuhan yang ada di bumi ini.

Dengan pernyataan diatas, berarti lingkungan hidup sangatlah penting bagi keberlangsungan kehidupan makhluk hidup di bumi ini.

Banyak kajian ilmu pengetahuan tentang lingkungan hidup, kajian tersebut pertama kali dilakukan oleh seorang ahli biologi bernama Ernest Haeckel pada tahun 1860.

Dari kajian tersebut, Ernest Haeckel memperkenalkan lingkungan hidup atau biasa disebut dengan ekologi. Secara bahasa, ekologi berasal dari bahasa Yunani yaitu “oikos” yang berarti “rumah” dan “logos” yang berarti “ilmu”.

Berikutnya banyak para ilmuwan yang mulai memperdalam ilmu tentang konsep lingkungan hidup tersebut setelah diperkenalkan oleh Ernest Haeckal. Dan hal tersebut terus mendorong para ilmuwan untuk mempelajari tentang konsep lingkungan hidup hingga saat ini.

Adapun pengertian-pengertian lingkungan hidup dari hasil kajian tentang lingkungan hidup tersebut, berikut ini penjelasan lengkapnya.

  • Pengertian Lingkungan Hidup Secara Umum

pengertian lingkungan hidup - bebasketik.com

Pengertian lingkungan hidup secara umum ialah suatu satu kesatuan lingkungan dengan segala komponen kehidupan biotik maupun abiotik yang saling berhubungan timbal balik satu sama lainya.

Komponen kehidupan biotik adalah merupakan makhluk hidup pada suatu lingkungan hidup. Contohnya adalah manusia, hewan, dan tumbuhan.

Sedangkan komponen kehidupan abiotik adalah merupakan benda mati yang berada di suatu lingkungan hidup. Contohnya seperti tanah, angin, air, matahari, dan lain sebagainya.

Lingkungan hidup sangatlah penting bagi keberlangsungan hidup makhluk hidup apa pun. Karena lingkungan hidup adalah tempat bagi seluruh makhluk hidup untuk menjalini kehidupan mereka sehari-hari di bumi.

  • Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli

pengertian lingkungan hidup - bebasketik.com

1. Emil Salim

Pengertian lingkungan hidup menurut Emil Salim adalah suatu benda, keadaan, pengaruh, dan kondisi ruang. Dimana ruang tersebut adalah ruang yang kita tempati saat ini. Dan hal itu dapat mempengaruhi kehidupan manusia.

Pengertian lingkungan hidup dari pendapat Emil Salim tersebut masih terbilang sangat luas. Bila kita sempitkan artianya, maka lingkungan hidup adalah suatu ruang hidup dimana terdapat faktor-faktor yang dibatasi. Dan batasan tersebut dapat di jangkau oleh manusia, seperti faktor politik, alam, ekonomi, sosial, dan budaya.

2. Otto Soemarwoto

Menurut pendapat Otto Soemarwoto, pengertian lingkungan hidup adalah merupakan keseluruhan kondisi dan semua benda yang terdapat dalam ruang dimana kita tempati ini. Dan hal tersebut saling berhubungan dan saling mempengaruhi satu sama lain.

3. Soedjono

Pengertian lingkungan hidup menurut pendapat dari Soedjono adalah sebagai lingkungan jasmani ataupun fisik yang hal tersebut terdapat di alam ini. Lingkungan tersebut mencakup mulai dari manusia, binatang, dan tumbuhan yang ada di bumi ini

4. Sambas Wirakusumah

Menurut Sambas Wirakusuma, pengertian lingkungan hidup adalah ilmu tentang lingkungan yang menjadi studi aspek lingkungan organisme serta merupakan seluruh aspek eksternal biologis tempat hidupnya suatu organisme.

5. Munadjat Danusaputro

Pengetian lingkungan hidup adalah seluruh kondisi dan sesuatu yang ada didalamnya saling berhubungan dan saling mempengaruhi satu sama lain, termasuk manusia dan perilakunya. Dengan pernyataan demikian, berarti lingkungan hidup terdiri dari lingkungan fisik dan lingkungan budaya.

  • Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Undang-Undang No. 39 Tahun 2009

pengertian lingkungan hidup - bebasketik.com

Pengertian lingkungan hidup tidak muncul hanya dari para ahli saja, melainkan pengertian lingkungan hidup juga terdapat dalam undang-undang di Indonesia. Undang-undang mengenai pengertian lingkungan hidup tersebut adalah undang-undang no. 39 tahun 2009 yang berisi tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Di dalam undang-undang tersebut dijelaskan bahwa pengertian lingkungan hidup adalah merupakan sebagai satu kesatuan ruang dengan daya, keadaan, kondisi, benda, makhluk hidup, dan lain sebagainya yang saling mempengaruhi dan berhubungan satu sama lain.

Manusia dan tingkah lakunya turut ambil dalam mempengaruhi lingkungan hidup tersebut. Dan juga mempengaruhi kesejahteraan dan kenyamanan makhluk lain dalam menjalani kehidupan sehari-harinya.

Komponen Lingkungan Hidup

pengertian lingkungan hidup - bebasketik.com

Diatas tadi saya sudah membahas tentang pengertian lingkungan hidup. Mulai dari pengertian lingkungan hidup secara umum sampai menurut para ahli.

Kemudian setelah pengertian, saya akan membahas tentang komponen lingkungan hidup. Tanpa komponen-komponen ini, maka lingkungan hidup tidak akan terbentuk. Karena komponen-komponen ini saling berhubungan satu sama lain.

Secara garis besarnya, komponen lingkungan hidup dibagi menjadi 3 unsur yaitu lingkungan fisik dan lingkungan biologis serta lingkungan sosial.

  • Komponen Fisik

pengertian lingkungan hidup - bebasketik.com

Pengertian lingkungan hidup fisik adalah merupakan bagian dari komponen lingkungan hidup yang berupa benda mati. Contohnya seperti tanah, batuan, angin, matahari, udara, mineral, dan lain sebagainya.

1. Tanah

Hampi semua spesies makhluk hidup tinggal dengan berpijak diatas tanah, hanya spesies burung yang tidak 100% berpijak ditanah. Spesies burung banyak yang terbang dan hinggap di pohon, namun mereka juga tetap berpijak di tanah meski tidak sering.

2. Air

Komponen berikutnya adalah air. Tidak ada satupun makhluk di bumi ini yang tidak membutuhkan air. Namun, jika air berlenbihan akan menyebabkan banjir. Begitu juga sebaliknya, akan terjadi kekeringan jika kekurangan air.

3. Udara

Semua Makhluk di bumi membutuhkan udara. Tumbuhan membutuhkan karbondioksida yang ada di udara untuk melakukan fotosintesis. Sedangkan manusia dan hewan membutuhkan oksigen di udara untuk bernafas. Dalam udara ini juga terdapat bebagai unsur lainnya, yaitu angin, jenis jenis awan, dan lain sebagainya.

4. Matahari

Matahari sangat dibutuhkan oleh tumbuhan untuk melakukan pemasakan makanan dalam proses fotosintesis. Hasil dari fotosintesis adalah oksigen yang akan di hirup oleh manusia dan hewan untuk bernafas.

Jadi, kalo tidak ada matahari maka tumbuhan tidak bisa mendapat makanan dan akhirnya mati. Hal itu akan mempengaruhi kehidupan hewan dan manusia karena tumbuhan merupakan produsen dalam rantai makanan.

  • Komponen Lingkungan Hidup Biologis

pengertian lingkungan hidup - bebasketik.com

Pengertian komponen lingkungan hidup biologis adalah unsur lingkungan hidup berupa makhluk hidup yaitu manusia, tumbuhan, dan hewan.

Dari komponen biotik tersebut, dapat diklarifikasikan lagi menjadi 3 macam, yaitu :

1. Produsen : Yang termasuk dalam komponen biotik produsen adalah tumbuhan-tumbuhan hijau yang mempunyai klorofil dan bisa membuat makanan sendiri.

2. Konsumen : Merupakan hewan dan manusia yang memakan tumbuhan ataupun daging. Intinya adalah makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanan sendiri.

3. Pengurai atau Dekomposer : Pengurai berfungsi untuk menguraikan bangkai binatang, tumbuhan, ataupun manusia yang sudah mati. Selain itu juga menguraikan sisa makanan dari makhluk hidup. Yang termasuk dalam kelompok pengurai adalah bakteri, cacing tanah, jamur, dan lain sebagainya.

  • Komponen Lingkungan Sosial

pengertian lingkungan hidup - bebasketik.com

Komponen lingkungan hidup yang terakhir adalah lingkungan sosial. Ini merupakan tempat yang digunakan manusia untuk melakukan interaksi sosial. Interaksi tersebut bisa antara manusia dengan manusia ataupun manusia dengan lingkungan hidupnya.

Terdapat dua jenis aktifitas manusia yang berhubungan dengan lingkungan hidupnya, yaitu disosiatif dan asosiatif. Aktifitas disosiatif adalah aktifitas manusia yang berdampak buruk pada alam, contohnya membuka lahan di hutan, pembuangan limbah industri secara sembarangan, dan lain sebagainya.

Sedangkan aktifitas asosiatif adalah kegiatan manusia yang berdampak baik pada alam, contohnya adalaha reboisasi, bendungan, cagar alam, dan lain sebagainya.

Manfaat Dari Lingkungan Hidup 

pengertian lingkungan hidup - bebasketik.com

Berikut ini adalah manfaat lingkungan hidup bagi semua makhluk hidup di bumi :

  1. Sebagai tempat berlangsungnya kehidupan sehari-hari makhluk hidup.
  2. Tumbuhan dan hewan bisa dimanfaatkan oleh manusia.
  3. Kandungan oksigen di udara digunakan untuk bernafas bagi hewan dan manusia.
  4. Kandungan karbondioksida digunakan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis.
  5. Air digunakan untuk mencukupi kebutuhan cairan seluruh makhluk hidup.
  6. Terjadinya simbiosis antara makhluk hidup.
  7. Tempat terjadinya proses rantai makanan.
  8. Dan lain sebagainya.

Contoh Lingkungan Hidup

pengertian lingkungan hidup - bebasketik.com

Berikut ini adalah beberapa contoh lingkungan hidup yang ada di bumi ini :

  • Darat

Merupakan lingkungan hidup yang ada di daratan.

1. Gunung

2. Padang Rumput

3. Hutan

4. Bukit

5. Lembah

6. Dan lainnya

  • Air

Merupakan lingkungan hidup yang berada di perairan.

1. Sungai

2. Laut

3. Danau

4. Rawa

5. Pantai

6. Dan lainnya

  • Buatan

Merupakan lingkungan yang sengaja dibuat oleh manusia untuk kepentingan hidupnya.

1. Waduk

2. Bendungan

3. Sekolah

4. Taman

5. Desa

6. Dan lainnya

Kerusakan-Kerusakan Yang Terjadi

pengertian lingkungan hidup - bebasketik.com

Kerusakan lingkungan hidup adalah terjadinya perubahan pada suatu lingkungan hidup secara langsung atau tidak langsung yang mengakibatkan lingkungan tersebut menjadi tidak berfungsi lagi.

Jika suatu lingkungan hidup sudah mengalami kerusakan, maka dalam memperbaikinya akan mengalami kesulitan. Dan hal itu akan berakibat fatal terhadap makhluk hidup yang tinggal didalamnya, bahkan berakibat kematian. Lebih parahnya lagi bisa berakibat punahnya suatu spesies.

Contoh dari kerusakan lingkungan hidup adalah :

  1. Polusi udara
  2. Sungai mengalami kekeringan
  3. Pencemaran air oleh limbah
  4. Hutan gundul
  5. Bongkahan es di kutub mulai mencair akibat pemanasan global
  6. Tanah sering erosi
  7. Pencemaran lingkungan dari sampah
  8. Dan lain sebagainya.

Pelestarian Lingkungan Hidup

pengertian lingkungan hidup - bebasketik.com

Upaya pelestarian lingkungan dilakukan untuk memperbaiki dan menjaga lingkungan hidup agar tetap layak untuk digunakan sebagai tempat tinggal makhluk hidup di bumi ini.

Dalam kegiatan pelestarian lingkungan, tidaka dapa dilakukan oelh perorangan saja. Namun harus dilakukan dengan bersama-sama. Bayangkan saja, kalau ada yang melakukan pelestarian lingkungan tetapi masih saja ada oknum yang melakukan kegiatan yang merusak lingkungan. Maka pelestarian tidak akan ada gunanya.

Berikut ini adalah beberapa contoh upaya pelestarian lingkungan yang dilakukan oleh manusia :

  1. Reboisasi
  2. Terasering
  3. Rehabilitasi lahan
  4. Menanam pohon
  5. Membuat daerah resapan air
  6. Cagar alam
  7. Bendungan
  8. Tidak membuang sampah sembarangan
  9. Melakukan daur ulang terhadap sampah
  10. Mengolah limbah industri semaksimal mungkin
  11. Mengontrol pemakaian kendaraan
  12. Menggunakan energi yang ramah lingkungan
  13. Mengembangbiakan binatang
  14. Dan lain sebagainya.

Penutup

Alhamdulillah kawan, pembahasan kita tentang pengertian lingkungan hidup, komponen, manfaat, kerusakan, pelestarian lingkungan hidup sudah selasai. Semoga postingan ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Dan teman-teman semua bisa terbantu oleh adanya postingan ini.

Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca postingan ini. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan atau jika ada kata-kata yang menyinggung. Sampai jumpa di postingan berikutnya, bye-bye !!!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: