Pengertian Kebugaran Jasmani Beserta Komponen, Unsur, dan Manfaatnya [LENGKAP]

Pengertian Kebugaran Jasmani – Tahukah anda, bahwa setiap aktivitas, kegiatan, dan pekerjaan yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari ini memerlukan kebugaran jasmani.

Dengan adanya kebugaran jasmani, orang pada usia muda ataupun sudah lanjut usia akan tetap bisa menjalankan aktivitas, kegiatan, dan perkerjaannya dengan maksimal dan efektif serta tanpa ada masalah.

Untuk meningkatkan dan menjaga agar kebugaran jasmani kita tetap fit, bisa dilakukan dengan berbagai bentuk latihan fisik. Dan hal itu harus dilakukan dengan teratur serta sesuai aturan agar tidak salah.

Agar kita bisa mengetahui tingkat kebugaran jasmani seseorang, perlu melakukan serangkaian tes dan pengujian. Dalam tes dan pengujian tersebut terdapat suatu prinsip serta prosedur dalam melakukannya.

Hasil dari tes dan pengujian tersebut akan diolah dan didata supaya bisa mengetahui tingkat kebugaran jasmani seseorang secara pasti dan lebih tepat.

Dalam artikel kali ini, saya akan mencoba membahas mengenai kebugaran jasmani. Mulai dari pengertian kebugaran jasmani, komponen, unsur unsur, manfaat, tujuan, bentuk latihan, dan lain sebagainya.

Mungkin beberapa dari kalian sudah ada yang memahami tentang apa itu kebugaran jasmani. Namun, kalian pasti belum memahaminya secara menyeluruh. Jadi, lebih baik kalian menyimak pembahasan di bawah ini.

Pengertian Kebugaran Jasmani

komponen kebugaran jasmani - bebasketik.com

Apa yang dimaksud dengan kebugaran jasmani? Ya, definisi atau pengertian kebugaran jasmani adalah merupakan suatu kemampuan atau kesanggupan seseorang dalam melakukan sebuah aktivitas, kegiatan, dan pekerjaan.

Meningkatkan daya atau usaha kerja namun tanpa mengalami kelelahan yang berlebih atau tanpa lelah yang berarti.

Kebugaran jasmani juga merupakan kondisi yang berhubungan dengan kesanggupan dan kemampuan seseorang ketika melakukan aktivitas, kegiatan, dan pekerjaan secara maksimal dan efektif.

Selain itu, kebugaran jasmani juga memiliki hubungan yang sangat erat dengan kegiatan atau aktivitas manusia dalam melakukan pekerjaan tertentu.

Adapun beberapa bentuk latihan kebugaran jasmani guna tetap menjaganya tetap fit. Beberapa diantaranya adalah latihan kelenturan, peningkatan kekuatan, melatih keseimbangan, menambah daya tahan atau stamina, dan lain sebagainya.

Dan juga menurut organisasi kesehatan yang ada di dunia, klarifikasi kebugaran jasmani dapat diartikan sebagai :

  1. Sehat, artinya adalah tubuh dan fisik serta mental terbebas dari segala jenis penyakit.
  2. Bugar, maksudnya ialah suatu kemampuan individu untuk mengerjakan kegiatan, aktvitas, dan pekerjaan sehari-hari secara optimal dan maksimal. Kemudian setelah melakukan aktivitas tersebut, kita masih memiliki cadangan energi tanpa mengalami kekelahan berlebih atau rasa lelah yang berarti.

Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

kebugaran jasmani - bebasketik.com

Selain dari pengertian kebugaran jasmani diatas tadi. Adapun beberapa pengertian kebugaran jasmani menurut para ahli dalam bidangnya.

Berikut ini adalah beberapa definisi dan pengertian kebugaran jasmani menurut pendapat para ahli dari seluruh pelosok bumi mengenai.

  • Mochamad Sajoto dan Judith Rink

Mereka menyatakan bahwa pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh kita untuk melakukan kegiatan sehari-hari dan tidak mengalami kelelahan yang berlebih serta setelahnya masih adanya waktu luang.

  • Pangrazi

Beliau berpendapat bahwa pengertian kebugaran jasmani adalah bagian dari pendidikan secara umum yang memberikan kontribusi kepada pemeberian gerak secara menyeluruh.

  • Rusli Lutan

Definisi atau pengertian kebugaran jasmani menurut Rusli Lutan ialah suatu kemampuan manusia ketika menjalankan atau melakukan segala jenis aktivitas fisik yang perlu adanya kekuatan, daya tahan atau stamina, dan fleksibelitas.

  • Muhajir

Sedangkan menurut Muhajir, pengertian kebugaran jasmani adalah suatu kesanggupan tubuh manusia yang digunakan untuk melakukan adaptasi terhadap berbagai jenis kegiatan fisik dan tanpa merasakan lelah yang berarti.

  • Joko Pekik Irianto

Pengertian kebugaran jasmani menurut Joko Pekik Irianto adalah merupakan kemampuan seseorang untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari serta setelahnya masih mempunyai tenaga dan memiliki waktu luang.

  • Agus Mukhlolid

Berdasarkan pendapat Agus Mukhlolid, pengertian kebugaran jasmani ialah kesanggupan seseorang untuk melakukan kerja dan kegiatan tanpa mengalami lelah yang berarti.

  • Sadoso Sumosardjuno

Pengertian kebugaran jasmani ialah kemanpuan manusia untuk menjalankan tugas kesehariannya secara mudah dan tanpa mengalami rasa kelelahan yang berlebihan.

  • Suratman

Berdasarkan pendapat dari Suratman, pengertian kebugaran jasmani adalah aspek fisik dari kesegaran secara menyeluruh yang memberi kemampuan kepada seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan produktif dan efektif.

  • Buncher

Definisi atau pengertian kebugaran jasmani menurut Buncher adalah suatu pendidikan jasmani yang tidak dikhususkan pada hasil kemampuan jasmaniah yang bertambah dari keterkaitannya dalam aktivitas sehari-hari.

  • Sukintaka

Pengertian kebugaran jasmani adalah kesanggupan seseorang untuk menjalankan rutinitasnya sehari-hari dengan energi yang besar tetapi tidak merasakan lelah yang berarti.

Konsep Kebugaran Jasmani

pengertian kebugaran jasmani - bebasketik.com

Kita sudah membahas tentang definisi atau pengertian kebugaran jasmani, mulai dari secara umum hingga menurut para ahli. Pembehasan yang selanjutnya ialah mengenai konsep dari kebugaran jasmani.

Pada dasarnya, kebugaran jasmani mencerminkan suatu kesehatan seseorang. Namun bukan hanya itu saja, kebugaran jasmani juga merupakan cara untuk mengukur seseorang ketika melakukan aktivitas kesehariannya.

Berikut ini adalah beberapa konsep dari kebugaran jasmani yang perlu diperhatikan :

  1. Respon Otot, berkaitan dengan kelenturan, kelemahan, kecepatan, dan kekuatan seseorang.
  2. Fisik, berhubungan dengan tulang, lemak, dan juga bagian otot.
  3. Fungsi Organ, sangat erat kaitannya dengan pembuluh darah, efisiensi sistem pada jantung, serta pada sistem paru-paru atau pernafasan.

Setiap orang pasti memiliki kebugaran jasmani yang berbeda-beda, ada yang kuat dan ada yang lemah. Selain itu, tingkat kebugaran jasmani juga tergantung dengan jenis dari tantangan fisik yang kita hadapi.

Unsur Unsur dan Komponen Kebugaran Jasmani

pengertian kebugaran jasmani - bebasketik.com

Setelah kita mengenal pengertian kebugaran jasmani, kita juga harus mengetahui unsur unsur dan komponen apa saja yang perlu diperhatikan dalam kebugaran jasmani.

Secara umum, unsur unsur dan komponen kebugaran jasmani ini terbagi kedalam sepuluh jenis. Dan juga komponen tersebut akan sangat mempengaruhi kebugaran jasmani seseorang.

Berikut ini adalah penjelasan yang lebih detail dan menyeluruh mengenai unsur unsur dan komponen kebugaran jasmani tadi.

  • Kekuatan (Streght)

pengertian kebugaran jasmani - bebasketik.com

Yang dimaksud dengan kekuatan disini adalah suatu kemampuan kita dalam memanfaatkan atau menggunakan otot untuk menerima bebas ketika menjalankan suatu pekerjaan.

Untuk meningkatkan kekuatan otot, kita bisa melakukannya dengan latihan bebas berat atau angkat beban dan frekuensi sedikit untuk meraihnya.

Dengan meningkatnya kekuatan kita, maka kita bisa melakukan suatu pekerjaan menjadi lebih ringan dan mudah. Namun, jika kekuatan otot kita lemah maka akan kesulitan ketika mengerjakan suatu pekerjaan yang lumayan berat.

  • Reaksi (Reaction)

pengertian kebugaran jasmani - bebasketik.com

Artinya dari komponen reaksi ini adalah tingkat keahlian atau kemampuan seseorang dalam menanggapi rangsangan, gerakan, atau stimulus yang datang kepadanya dari orang lain.

Unsur reaksi ini sangat mendukung kelincahan dan kecepatan seseorang. Semakin bagus tingat reaksi seseorang, maka akan semakin lincah dan cepat pula tubuhnya.

Dan juga sebaliknya, semakin lemah reaksi seseorang, maka akan mengurangi kelincahan dan kecepatannya.

Biasanya dalam olahraga sepak bola, orang yang memiliki tingkat reaksi yang bagus akan dijadikan sebagai seorang penjaga gawang atau kiper.

  • Koordinasi (Coordination)

pengertian kebugaran jasmani - bebasketik.com

Pengertian kebugaran jasmani pada komponen koordinasi artinya adalah kemampuan atau tingkat keahlian seseorang dalam menggabungkan gerakan tubuh yang berbeda kedalam satu gerakan yang efektif.

Semakin seseorang pandai pada komponen koordinasi ini, maka dia akan menjadi lebih mudah menyelesaikan pekerjaannya dengan sedikit tenaga dan juga sedikit stamina.

Cara yang paling efektif untuk meningkatkan koordinasi adalah degnan melakukan lempar bola keatas dengan tangan kanan lalu kemudian menangkapnya dengan tangan kiri.

  • Kecepatan (Speed)

pengertian kebugaran jasmani - bebasketik.com

Yang dimaksud dengan kecepatan ialah suatu kemampuan seseorang ketika sedang melakukan gerakan yang berkesinambungan dalam waktu yang singkat.

Semakin seseorang memiliki kecepatan, maka akan lebih mudah dan cepat pula ketika melakukan suatu kegiatan, aktivitas, dan pekerjaannya sehari-hari.

Dalam beberapa kasus, jika orang tersebut berbakat dan sudah biasa dengan pekerjaan dan aktivitasnya sehari-hari, maka kecepatan dirinya akan meningkat dengan sendirinya tanpa perlu latihan.

Kebanyakan orang akan menilai seberapa cepat seseorang adalah dari kecepatan larinya. Namun sebenarnya tidak seperti itu, kecepatan seseorang itu ditinjau berdasarkan dengan kecepatannya dalam menyelesaikan suatu aktivitas.

  • Ketepatan (Accuracy)

pengertian kebugaran jasmani - bebasketik.com

Yang dimaksud dengan komponen ketepatan ini adalah kemampuan atau tingkat keahlian seseorang dalam mengendalikan gerakan tubuhnya sesuai dengan sasaran.

Semakin orang tersebut memiliki ketepatan yang tinggi, maka secara otomatis dia akan lebih efektif dalam mengerjakan suatu kegiatan, aktivitas, dan pekerjaan sehari-harinya.

Dan juga sebaliknya, jika seseorang itu memiliki ketapatan yang kurang, maka ketika ia mengerjakan suatu pekerjaan akan menjadi kurang efektif dan malah akan menguras stamina atau daya tahannya.

  • Daya tahan (Endurance)

pengertian kebugaran jasmani - bebasketik.com

Pengertian kebugaran jasmani pada komponen daya tahan atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan stamina ini adalah kesanggupan seseorang dalam menggunakan organ tubuhnya.

Contohnya kemampuan menggunakan jantung dan paru-paru jika dilakukan dengan efektif dan efisien maka kita bisa melakukan suatu pekerjaan menjadi lebih efektif dan ringan.

Daya tahan atau stamina juga berkaitan dengan seberapa lama seseorang tersebut bisa bertahan melakukan suatu kegiatan, aktivitas, dan pekerjaan.

  • Daya Otot (Muscular Power)

pengertian kebugaran jasmani - bebasketik.com

Pengertian kebugaran jasmani pada komponen daya otot adalah kemampuan manusia dalam menggunakan kekuatannya secara maksimal di puncak kekuatannya yang dikerahkan dalam waktu sangat singkat sekali.

Daya otot juga sering dikenal dengan sebutan ledakan otot. Biasanya, daya otot ini digunakan ketika seseorang dalam kondisi yang terdesak atau ketika sedang berlomba.

Selain itu, daya otot memiliki hubungan yang erat dengan sistem anaerobik dalam suatu proses pemenuhan kebutuhan energi sehari-hari.

  • Daya lentur (Flexibility)

pengertian kebugaran jasmani - bebasketik.com

Yang berikutnya adalah daya lentur, artinya adalah dilihat dari efektivitas tubuh seseorang dalam menyesuaikan dirinya dengan suatu gerakan atau aktivitas yang mengandalkan kelenturan dari tubuh.

Kelenturan tubuh berhubungan erat dengan otot, tulang, dan persendian seseorang. Semakin lentur tubuh kita, maka tubuh kita akan semakin jarang terkena cedera ketika beraktivitas sehari-hari.

Biasanya, kelenturan seseorang dilatih dari mereka kecil, karena otot, tulang, dan persendiannya masih belum kaku seperti ketika mereka dewasa.

  • Kelincahan (Agility)

pengertian kebugaran jasmani - bebasketik.com

Pengertian kebugaran jasmani pada komponen kelincahan adalah merupakan suatu kemampuan seseorang dalam menyesuaikan dirinya dengan posisi-posisi tubuh seperti dari samping ke depan, atau dari depan ke sampaing.

Kelincahan ini sangat berkaitan erat dengan komponen kecepatan. Biasanya semakin lincah seseorang maka akan semakin cepat juga dia. Dan juga sebaliknya, semakin cepat seseorang maka akan semakin lincah juga.

Misalnya pada atlet sepak bola, yang dimaksud kelincahan adalah akselerasi ketika akan berlari, serta proses atlet tersebut dalam mengubah arah larinya ketika membawa bola.

  • Keseimbangan (Balance)

pengertian kebugaran jasmani - bebasketik.com

Yang terakhir adalah komponen kebugaran jasmani keseimbangan, adalah merupakan kemampuan seseorang dalam mengendalikan organ dan syaraf ototnya. Dan hal itu akan bisa mengendalikan gerak tubuh dengan baik dan efisien.

Semakin tubuh memiliki keseimbangan, maka akan meminimalisir tubuh kita terjatuh atau mengalami kecelakaan ketika melakukan aktivitas sehari-hari.

Selain itu, komponen keseimbangan ini juga berpengaruh kepada kefektifan seseorang dalam mengerjakan suatu kegiatan, aktivitas, dan pekerjaan.

Faktor yang Mempengaruhi Kebugaran Jasmani

pengertian kebugaran jasmani - bebasketik.com

Selanjutnya adalah pembahasan mengenai faktor-faktor yang bisa mempengaruhi kebugaran jasmani. Sebenarnya, ada banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi kebugaran jasmani seseorang.

Namun, disini saya akan memberikan beberapa faktor. Tetapi, faktor-faktor inilah yang paling memmiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kebugaran jasmani seseorang.

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kebugaran tersebut adalah sebagai berikut. Baca dan simaklah dengan seksama agar bisa benar-benar mengerti serta memahaminya.

  • Membiasakan Pola Hidup Sehat

pengertian kebugaran jasmani - bebasketik.com

Faktor pertama yang menjadi pengaruh kebugaran jasmani adalah pola hidup yang sehat. Maksudnya disini adalah menjaga pola hidup yang sehat, misalkan tidak terlalu sering begadang, dan lain sebagainya.

Jika pola hidup kita sudah sehat, maka secara otomatis kebugaran jasmani kita juga akan meningkat. Sebaliknya, jika pola hidup kita kurang sehat seperti terlalu banyak begadang maka kebugaran jasmani kita akan menurun dan kurang fit.

  • Makanan yang Cukup dan Bergizi

pengertian kebugaran jasmani - bebasketik.com

Faktor yang selanjutnya adalah mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Selain itu juga harus dengan takaran yang pas, tidak berlebihan dan tidak terlalu sedikit pula.

Contoh dari mengkonsumsi makanan yang sehat adalah tidak terlalu banyak makanan berminyak dan yang terlalu manis. Makanan kita haruslah seimbang antara sayur dan bahan nabatinya.

Karena yang paling utama dari kesehatan dan kebugaran jasmani adalah dari apa yang kita makan.

  • Istirahat yang Cukup

pengertian kebugaran jasmani - bebasketik.com

Setiap kali kita melakukan kegiatan, aktivitas, dan pekerjaan sehari-hari pastilah menguras tenaga dan stamina kita. Oleh sebab itu istirahat yang cukup sangat diperlukan dalam menjjaga kebugaran jasmani kita.

Ketika kita istirahat, tubuh kita akan mengembalikan tenaga dan stamina kita yang terpakai ketika kita melakukan pekerjaan, kegiatan, dan aktivitas sehari-hari.

Namun, jika kita terlalu banyak istirahat juga tidak akan baik pada tubuh kita. Ini sama halnya kita tidak melakukan apapun sehingga tubuh akan jenuh. Dan istirahat yang paling baik adalah dengan tidur.

  • Rutin Latihan Jasmani dan Olahraga

pengertian kebugaran jasmani - bebasketik.com

Faktor yang terahir adalah dengan latihan jasmani dan olahraga. Faktor ini merupakan yang paling mempengaruhi kebugaran jasmani kita.

Karena dengan kita rutin melakukan latihan jasmani dan juga olahraga, secara otomatis tubuh kita akan menjadi terlatih dan akan meningkatkan kebugaran jasmani kita.

Tetapi, latihan jasmani dan olahraga ini harus dengan takaran yang pas. Karena jika berlebihan juga akan memberikan efek yang buruk kepada tubuh kita bila terlalu lelah melakukannya.

Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani

pengertian kebugaran jasmani - bebasketik.com

Berikut ini adalah bentuk bentuk latihan kebugaran jasmani untuk meningkatkan kualitas kebugaran jasmani kita. Berikut ini poin-poinnya :

  • Kekuatan (Streght)

Untuk meningkatkan dan melatih kekuatan kita, bisa dilakukan dengan push-up, sit-up, squat-jump, dan lain sebagainya.

  • Reaksi (Reaction)

Dapat dilakukan dengan permainan lempar tangkap bola, menghindari pukulan, dan lain sebagainya.

  • Koordinasi (Coordination)

Bisa dilakukan dengan melempar bola ketembok memakai tangan kanan sehingga nantinya akan memantul kearah kita lagi dan menangkapnya dengan tangan kiri.

  • Kecepatan (Speed)

Untuk melatih dan meningkatkan kecepatan tubuh, bisa dilakukan dengan latihan lari sprint dengan jarak 50-200 meter.

  • Ketepatan (Accuracy)

Bisa dilakukan dengan memasukkan bola kedalam keranjang semacam olahraga basket.

  • Daya tahan (Endurance)

Untuk meningkatkan daya tahan atau stamina, dapat dengan melakukan jogging ringan selama 30 menit.

  • Daya Otot (Muscular Power)

Berikut ini adalah beberapa latihan yang dapat meningkatnkan daya otot kita. Yaitu dengan melakukan vertical-jump, front-jump, side-jump, dan lain sebagainya.

  • Daya lentur (Flexibility)

Latihan yang paling sering untuk melatih kelenturan tubuh adalah dengan senam, yoga, dan renang.

  • Kelincahan (Agility)

Lari zig-zag dan naik turun tangga merupakan latihan kelincahan yang paling mudah dilakukan.

  • Keseimbangan (Balance)

Beberapa cara untuk meningkatkan kesimbangan adalah dengan berjalan diatas balok kayu, berdiri menggunakan tangan, dan lain sebagainya.

Manfaat dan Tujuan Kebugaran Jasmani

pengertian kebugaran jasmani - bebasketik.com

Jika kita melakukan latihan kebugaran jasmani secara rutin dan teratur, kita akan bisa mendapatkan banyak sekali manfaat. Dan manfaat kebugaran jasmani adalah sebagai berikut :

  1. Menambah daya tahan atau stamina aerobik.
  2. Malancarkan sistem peredaran darah.
  3. Memperkecil potensi stres.
  4. Bisa menambah dan meningkatkan kebahagiaan.
  5. Dapat berguna untuk membakar kalori dalam tubuh, sehingga kita akan terhindar dari yang namanya kegemukan.
  6. Salah satu cara memperkecil perut buncit.
  7. Tubuh kita bisa semakin fleksibel dan lentur.
  8. Tidak mudah cedera ketika melakukan aktivitas yang berat.
  9. Meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot, seperti kekuatan tulang, kekuatan persendian, serta mendukung penampilan kita baik dari segi olahraga maupun non olahraga.
  10. Terhindar dari berbagai macam penyakit.
  11. Tubuh akan selalu segar bugar meski.
  12. Meningkatkan kecerdasan.
  13. Dan lain sebagainya.

Penutup

Dari penjelasan tentang kebugaran jasmani diatas, kita bisa mengetahui bagaimana cara agar tubuh kita tetap bugar dan sehat.

Mungkin cukup sekian yang dapat saya tulis pada kesempatan kali ini. Jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf.

Dan juga saya ucapkan terima kasih karena telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel tentang pengertian kebugaran jasmani dan lainya ini. Sampai jumpa di postingan Bebas Ketik yang berikutnya, bye-bye !!!

Leave a Comment

%d bloggers like this: