Pengertian Demokrasi Beserta Sejarah, Ciri-Ciri, Macam-Macam, Serta Prinsip !!!

  • 7 min read
  • Nov 09, 2021
sejarah demokrasi - bebasketik.com

Pengertian Demokrasi – Assalamualaikum kawan semua, pada postingan kali ini saya akan membahas tentang Negara Demokrasi. Kalau kita berbicara tentang demokrasi, pasti yang terpikirkan pertama kali adalah demokrasi pancasila.

Kenapa ?? Karena negara kita Indonesia tercinta ini menganut sistem pemerintahan demokrasi pancasila. Tetapi disini saya tidak hanya membahas tentang demokrasi pancasila saja.

Demokrasi berasal dari bahasa Yunani yaitu “Demokratia” yang artinya “kekuasaan rakyat”. Demokratia sendiri berasal dari kata “demos” berarti “rakyat” dan “kratos” berarti “kekuasaan”. Secara umum demokrasi adalah sistem pemerintahan yang dimana seluruh kekuasaan berada di tangan rakyat.

Itu tadi adalah asal kata demokrasi. Selanjutnya saya akan membahas semua tentang sistem pemerintahan demkrasi. Mulai dari pengertian, sejarah, ciri-ciri, macam-macam, prinsip, asas pokok, dan lain sebagainya. Pokoknya akan saya bahas sampai ke akarnya hehehe.

Oke kita langsung saja ke pembahasan sistem pemerintahan demokrasi !!!

Pengertian Demokrasi

pengertian demokrasi menurut para ahli - bebasketik.com

Jika kita membahas soal pengertian demokrasi maka kita akan menjumpai banyak sekali pendapat-pendapat dari para ahli sistem pemerintahan. Pengertian demokrasi para ahli tersebut memberikan pendapat yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Para ahli tersebut berpendapat berdasarkan dengan pengalaman mereka tentang demokrasi. Namun inti dan kesimpulan dari pendapat mereka tersebut tetap sama. Berikut ini adalah pengertian demokrasi menurut para ahli dalam bidang pemerintahan :

  • Pengertian Demokrasi Secara Umum

Demokrasi ialah suatu sistem pemerintahan negara yang dimana seluruh kekuasaan pemerintahan berada di tangan rakyatnya.

  • Pengertian Demokrasi Menurut Abraham Lincoln

Menurut pendapat Abraham Lincoln, demokrasi merupakan salah satu sistem pemerintahan yang dilakukan atau dilaksanakan berasal dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat itu sendiri.

  • Pengertian Demokrasi Menurut Charles Costello

Charles Costello berpendapat bahwa demokrasi merupakan suatu sistem politik dan sosial pemerintahan diri dengan kekuasaan pemerintah dibatasi oleh hukum dan kebiasaan untuk melindungi hak masing-masing warga negara.

  • Pengertian Demokrasi Menurut John L. Esposito

John L. Esposito berkata bahwa pada dasarnya sistem pemerintahan demokrasi adalah kekuasaan dari dan untuk rakyat sendiri. Oleh karena hal itu, semua berhak untuk berpartisipasi dalam sistem pemerintahan.

Baik itu terlibat secara aktif maupun hanya mengontrol kebijakan yang dikeluarkan pemerintah saja. Selain itu, harus terdapat pemisah antara unsur eksekutif, legislatif, maupun yudikatif.

  • Pengertian Demokrasi Menurut Hans Kelsen

Kalau menurut Hans Kelsen, demokrasi adalah sistem pemerintahan oleh rakyat dan untuk rakyat. Yang mana wakil-wakil rakyat terpilihlah yang melaksanakan kekuasaan pemerintah.

Dan rakyat telah yakin bahwa seluruh kepentingan dan kehendaknya akan diperhatikan dalam melaksanakan pemerintahan negara.

  • Pengertian Demokrasi Menurut Sidney Hook

Negara demokrasi merupakan bentuk sistem pemerintahan yang mana seluruh rakyat dewasa bisa bebas memilih secara langsung atau tidak secara langsung keputusan-keputusan pemerintah yang bersifat penting. Dan hal itu berdasarkan pada kesepakatan mayoritas. Pendapat diatas adalah pendapat dari Sidney Hook.

  • Pengertian Demokrasi Menurut C.F. Strong

C.F. Strong mengutarakan bahwa negara demokrasi merupakan suatu sistem pemerintahan yang dimana mayoritas anggota dewan dari masyarakat ikut serta dalam politik berdasarkan kepada sistem perwakilan yang akhirnya menjamin pemerintah mempertanggung jawabkan seluruh tindakanya pada mayoritas tersebut.

  • Pengertian Demokrasi Menurut Harry B. Mayo

Harry B. Mayo berpendapat bahwa demokrasi adalah sistem pemerintahan yang diawasi secara efektif dan mudah oleh rakyat dalam peentuan kebijakan umum berdasarkan kepada mayoritas oleh wakil.

Pengawasan tersebut dilakukan dalam hal pemilihan yang berdasarkan atas prinsip kesamaan politik dan dilakukan dalam suasana dimana terjadi kebebasan politik.

  • Pengertian Demokrasi Menurut Meriem

Pendapat Meriem mendefinisikan pengertian demokrasi adalah sebagai pemerintahan yang dilakukan oelh rakyat dimana kekuasaan tertinggi tetap pada rakyat, baik itu seccara langsung atau melalui perwakilan.

Samuel Huntington mengutarakan bahwa pengertian demokrasi ada jikalau para pembuat keputusan yang paling kuat dalam suatu sistem dipilih melalui sistem pemilihan umum yang jujur, adil dan dilaksanakan secara berkala.

Calon pesaing bebas dalam bersaing untuk mendapatkan suara terbanyak yang mayoritas dari masyarakat dewasa.

Sejarah Demokrasi

pengertian demokrasi - bebasketik.com

Istilah “Demokrasi” pertama kali muncul pada masa mazhab politik dan filsafat Yunani kuno di Kota Athena. Warga Athena mendirikan negara umum yang dianggap sebagai negara dengan sistem pemerintahan Demokrasi pertama pada tahun 508-507 SM yang saat itu dipimpin oleh Cleisthenes.

Oleh karen hal itulah gelar Bapak Demokrasi diberikan kepada Athena. Demokrasi dari Athena sendiri adalah demokrasi langsung diman seluruh warga berpartisipasi secara langsung dalam pemerintahan.

Untuk mengisi jabatan administrasi dan yudisial biasanya warga Athena melakukan pemilihan secara langsung dan acak, serta semua warga berperan sebagai majelis legislatif.

Namun ada beberapa pengecualian, yaitu wanita, budak, orang asing, non-pemilik tanah, dan warga dibawah usia 20 tahun tidak dapat secara bebas mengutarakan pendapat dalam majelis legislatif.

Demokrasi Athena juga tidak hanya bersifat langsung dalam artian oleh majelis, tetapi juga secara langsung dalam artian rakyat, melalui boule, pengadilan, majelis, mengendalikan seluruh proses politik serta sebagian besar dari warga Athena selalu terlibat dalam urusan pemerintahan.

Konstitusi Athena tidak menjamin hak masing warga negara, meski begitu warga Athena menikmati kebebasan dengan tinggal di kota yang tidak terdapat kekuasaan pemerintah manapun disana.

Sedangkan untuk pemilihan umum pertama kali di Sparta pada 700 SM. Pemungutan suara dilakukan dengan teriak dan pemungutan suara kisaran. Pemilihan umum tersebut bisa diikuti oleh semua warga yang berusia 30 tahun keatas.

Seiring dengan berkembangnya jaman. Sistem demokrasi semakin banyak digunakan dalam pemerintahan berbagai negara.

Dan dengan perkembangan jaman inilah demokrasi semakin bervariasi dan berkembang. Namun dari perkembangan dan variasi tersebut pasti ada sisi negatif dan positifnya.

Berikut ini beberapa negara yang menganut sistem pemerintahan demokrasi hingga saat ini :

  1. Norwegia
  2. Indonesia
  3. Republik Ceko
  4. Swedia
  5. Islandia
  6. Malaysia
  7. Amerika Serikat
  8. Jepang
  9. Belanda
  10. Spanyol
  11. Dan masih banyak lagi.

Dari beberapa contoh negara demokrasi diatas. Masing-masing negara memiliki ciri khas pemerintahan demokrasinya sendiri-sendiri. Kalau di Indonesia sendiri menganut sistem pemerintahan demokrasi pancasila.

Ciri-Ciri Negara Demokrasi

pengertian demokrasi - bebasketik.com

Yang selanjutnya adalah ciri-ciri dari negara yang menganut sistem pemerintahan demokrasi. Setiap negara tersebut pasti memiliki ciri-ciri ini. Karena memang ciri-ciri ini adalah hal yang wajib ada dalam negara demokrasi. Meski nanti pasti ada sedikit perbedaan antara negara satu dengan yang lain.

Suatu negara yang menggunakan sistem demokrasi sebagai pemerintahannya, pasti memiliki beberapa ciri yang terdapat dalam negara tersebut. Berikut ini adalah ciri yang wajib ada dalam negara penganut sistem demokrasi :

  • Perwakilan

Ciri demokrasi ini berkaitan erat dengan kedaulatan rakyat yang diwakilkan oleh rakyat. Jumlah dari wakil tersebut juga tidak terlalu banyak. Jadi setiap pengambilan keputusan yang sifatnya tidak perlu melibatkan seluruh warga, cukup dari sejumlah orang perwakilan rakyat tadi.

  • Tanggung Jawab

Ciri tanggung jawab berkaitan dengan tanggung jawab keputusan yang dipilih oleh wakil rakyat diatas. Untuk aturan pertanggung jawabannya sendiri diatur oleh undang-undang. Hal ini untuk mencegah wakil rakyat melakukan hal yang sesuka hatinya.

  • Kekuasaan

Setiap negara yang menganut sistem pemerintahan demokrasi pasti memiliki pembagian kekuasaan antara pemerintahan pusat dan daerah. Hal ini bertujuan agar lebih mudah untuk dikoordinasi. Dan pemisahan kekuasaan ini tergantung dari kebijakan dan aturan negara masing-masing.

  • Pemilihan Umum

Pemilihan umum adalah suatu kegiatan yang wajib dilakukan oleh negara demokrasi untuk memilih pemimpin dan perwakilan mereka. Seluruh warga negara bisa menentukan pilihannya dengan asas pemilu LUBERJURDIL (langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil).

Tentunya untuk bisa memilih perlu memenuhi beberapa syarat. Syarat tersebut tergantung dari kebijakan negara, contoh di Indonesia pemilih minimal usia 18 tahun.

  • Konstitusional

Kostitusional adalah ciri demokrasi yang sangat berkaitan erat dengan kepentingan, kehendak maupun kekuasaan rakyat. Hal ini ditegaskan di dalam konstitusi maupun undang-undang yang berlaku di negara yang bersangkutan.

  • Kepartaian

Setiap negara yang menggunakan sistem demokrasi sebagai pemerintahannya, pasti akan mempunyai berbagai partai. Partai tersebut akan digunakan sebagai sarana dan media untuk menyampaikan pendapat oleh masyrakat. Partai juga mendukung jalannya sistem politik negara demokrasi.

Macam-Macam Demokrasi

pengertian demokrasi - bebasketik.com

Berikutnya adalah macam-macam dari sistem demokrasi. Selain ciri-ciri, demokrasi juga mempunyai banyak sekali macam.

Kalau membahas tentang macam-macam demokrasi, mungkin akan ada banyak sekali macamnya. Tapi disini akan dibagi menjadi beberapa sudut pandang.

Secara umum sistem pemerintahan demokrasi dibagi menjadi 3, yaitu : Pandangan tersebut berdasarkan cara penyaluran kehendak, berdasarkan ideologi, dan hubungan antar perangkat negara.

  • Demokrasi Dilihat Dari Cara Penyaluran Kehendak Rakyat

Kalau demokrasi berdasarkan cara penyaluran kehendak rakyat ada 2 macam :

Demokrasi Langsung : Ini berarti seluruh rakyat berhak mengurus pemerintahan negara tanpa adanya perwakilan. Demokrasi langsung juga biasa disebut dengan demokrasi murni atau pure democracy.

Sistem demokrasi langsung biasanya diterapkan oleh negara dengan daerah kekuasaan yang kecil.

Oleh karena itu demokrasi langsung banyak digunakan pada jaman Yunani kuno. Rakyat berkumpul pada satu tempat dan mendiskusikan suatu masalah. Switzerland adalah salah satu contoh negara yang saat ini menggunakan demokrasi langsung.

Meskipun tidak murni bersifat langsung, tetapi Switzerland adalah satu satunya negara yang masih dominan menggunakan demokrasi langsung.

Baca juga : Pengertian HAM. Lengkap Dengan Sejarah, Ciri, Macam, Dan Contoh Pelanggaran !!!

Demokrasi Tidak Langsung : Demokrasi ini berarti dalam setiap kehendak rakyat untuk mengambil keputusan, penyampaiannya melalui perwakilan. Jadi perwakilan tersebut sudah mewakili kehendak rakyat.

Tentunya wakil tersebut tidak dipilih dengan sembarang, perlu melalui proses pemilihan umum. Demokrasi ini juga sering disebut dengan demokrasi perwakilan.

Sistem demokrasi ini adalah yang paling banyak digunakan oleh berbagai negara di dunia ini. Indonesia sendiri juga menerapkan sistem demokrasi ini.

Ciri-ciri demokrasi tidak langsung umumnya adalah adanya dewan atau parlemen dalam negara bersangkutan.

Memang sistem demokrasi ini memang cocok untuk negara dengan area kekuasaan yang luas seperti Indonesia. Kalau Indonesia menggunakan demokrasi langsung maka nanti pasti akan ada banyak masalah yang timbul.

  • Demokrasi Ditinjau Dari Hubungan Antara Perangkat Negara

Sedangkan demokrasi yang ditinjau dari hubungan antara perangkat negara ada 4, yaitu :

Demokrasi Sistem Parlemen : Maksut dari sistem parlemen adalah merupakan demokrasi yang lebih simpel dan sederhana. Karena kekuatan kekuasaan lebih terlihat dominan di lembaga legislatifnya.

Jadi setelah rakyat memilih lembaga legislatif, maka lembaga eksekutif akan ditentukan oleh lembaga legislatif tadi. Oleh karena itu rakyat tidak terlalu disulitkan untuk memilih lembaga eksekutif.

Dan jika lembaga eksekutif mengeceweakan, maka lembaga legislatif berhak untuk menghentikan mereka.

Demokrasi Sistem Referendum : Pengertian demokrasi sistem referendum sedikit lebih rumit dari pada sistem parlemen. Karena rakyat masih memiliki beberapa wewenang pada wakil mereka.

Setelah rakyat memilih wakil mereka, wakil tersebut tidak sepenuhnya berkuasa, mereka masih akan tetap dikendalikan oleh rakyat. demokrasi ini merupakan demokrasi semi langsung.

Referendum bisa diartikan dengan petisi juga atau pernyataan yang berkaitan dengan kepentingan negara. Jadi kalau terdapat suatu masalah dalam negera, biasanya rakyat akan membuat petisi atau referendum.

Dan petisi tersebut akan di voting, jika warga yang setuju lebih banyak, maka petisi tersebut akan disahkan. Demokrasi referendum ini sering diterapkan pada negara yang menganut demokrasi liberal.

Demokrasi Perwakilan dengan Sistem Pemisahan Kekuasaan : Pengertian demokrasi jenis ini sangat mirip dengan demokrasi yang diterapkan di Indonesia. Dan demokrasi ini berkebalikan dengan demokrasi parlemen.

Demokrasi ini rakyat bertanggung jawab atas tanggung jawab eksekutif. Begitu juga dengan tanggung jawab legislatif. Sistem ini rentan dengan kritisi karena peluang untuk menyalahgunakan wewenang sangat besar.

Demokrasi Perwakilan dengan Sistem Referendum dan Inisiatif Rakyat : Pengertian demokrasi sistem ini menggabungkan antara demokrasi langsung dan demokrasi perwakilan. Jadi rakyat memilih wakil meraka tetapi tidak sepenuhnya bisa mengendalikan wakil tersebut.

Dan cara rakyat mengendalikan wakil adalah dengan cara referendum. Serta sifat dari referendumnya adalah obligator dan fakultatif.

  • Demokrasi Berdasarkan Dari Prinsip Ideologi

Berikutnya adalah pembagian demokrasi berdasarkan prisnsip ideologi suatu negara, yaitu :

Demokrasi Liberal : Dalam demokrasi liberal, hampir seluruh rakyat mempunyai kebebasan dalam pemerintahan entah itu kebijakan negara ataupun kebijakan bermasyarakat. Tentunya negara yang berideologi libelarisme yang menggunakan sistem demokrasi liberal.

Demokrasi Pancasila : Sesuai namanya, demokrasi pamcasila menggunakan nilai-nilai pancasila sebagai dasarnya. Demokrasi ini merupakan ciri khas demokrasi di Indonesia. Namun saat ini demokrasi pancasila sudah tidak murni lagi.

Demokrasi Rakyat : Karena demokrasi ini tidak mengedepankan pandangan keagamaan dalam konstitusi negaranya, membuat demokrasi ini sering dianggap miring oleh masyarakat.

Demokrasi ini juga dirasuki dengan paham sosialisme dan komunisme. Namun demokrasi ini tidak egois, karena mengedepankan kepentingan umum, logis, bertanggung jawab, bersama untuk kebaikan negara.

Prinsip Sistem Pemerintahan Demokrasi

pengertian demokrasi - bebasketik.com

  1. Kedaulatan Rakyat : Rakyat memegang kekuasaan pemerintahan tertinggi.
  2. Hak-Hak Minoritas : Wewenang yang di dapatkan oleh masyarakat minoritas.
  3. Jaminan HAM : Perlindungan HAM kepada seluruh warga negara.
  4. Kekuasaan Mayoritas : Tentunya masyarakat mayoritaslah yang lebih dinomor satukan.
  5. Proses Hukum Yang Normal : Tidak ada keccurangan apapun dalam hukum.
  6. Persamaan di Depan Hukum : Setiap aturan yang ada berlaku bagi setiap warga negara tanpa terkecuali.
  7. Pemilu Yang Bebas, Adil, dan Jujur : Pemilihan umum dilakukan  dengan cara LUBERJURDIL (langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil).
  8. Pembatasan Secara Konstitusional : Harus ada pembatasan konstitusi agar tidak ada peyalahgunaan wewenang.
  9. Nilai Toleransi, Pragmatisme, Kerja Sama, dan Mufakat : Nilai-nilai ini wajib ada dalam negara demokrasi untuk kenyamanan bersama dan keadilan.
  10. Pemerintah Berdasarkan Persetujuan : Seluruh keputusan harus berdasar pada pilihan rakyat.
  11. Pluralisme Sosial, Ekonomi, dan Politik : Saling menghargai antara warga negara.

Asas Pokok Demokrasi

pengertian demokrasi - bebasketik.com

Asas atau gagasan pokok demokrasi adalah :

  1. Pengakuan Partisipasi Rakyat : Pemilu dilakukan dengan cara LUBERJURDIL (langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil).
  2. Pangakuan Hakikat dan Mufakat : Pemerintah melindungi hak-hak asasi manusia untuk kepentingan bersama.

Asas-asas tersebut diatas merupakan pokok pikiran dari sistem pemerintahan demokrasi. Jadi negara demokrasi berawal dari asas-asas diatas.

Penutup

Itu dia kawan pembahasan kita tentang pengertian demokrasi dan berbagai hal lainnya yang berhubungan dengan demokrasi.

Terima kasih sudah bersedia berkunjung dan membaca postingan di bebasketik.com. Mohon maaf kalau ada kesalahan kata dan jika ada kata yang menyinggung atau menyimpang. Sampai jumpa lagi di postingan selanjutnya ya kawan !!!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: