Pengertian Budaya Beserta Unsur, Konsep, Fungsi, Wujud, Nilai, dan Contohnya [LENGKAP]

Pengertian Budaya – Assalamualaikum sobat Bebas Ketik. Mungkin teman-teman semua sudah pernah melihat atau mendengar tentang budaya. Baik itu dari media tv, radio, koran, maupun media yang lainya. Namun, mungkin kalian belum tahu betul tentang pengertian budaya, faktor penyebabnya, unsur, konsep, nilai, maupun fungsinya.

Nah, dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang apa itu budaya. Mulai dari pengertian budaya menurut ahli dan secara umum, lalu unsur dan konsep budaya, dilanjutkan dengan fungsi, wujud, dan contoh dari budaya.

Kita langsung saja menuju ke pembahasan tentang budaya, teman-teman bisa membaca dan memahaminya dibawah ini.

Pengertian Budaya

pengertian budaya - bebasketik.com

Secara bahasa, pengertian budaya adalah berasal dari bahasa Sansekerta yaitu “Buddhayah”. Kata tersebut bentuk jamak dari kata “buddi” yang memiliki arti akal, pikiran atau budi. Jadi dalam bahasa Sansekerta berarti segala sesuatu yang berkaitan dengan akal, pikiran atau budi.

Jika dalam bahasa Latin, budaya berasal dari kata “colere” yang mempunyai arti mengolah atau mengerjakan. Sedangkan dalam bahasa Inggris, berasal dari kata “culture” yang berarti budaya.

Dalam pengertian budaya secara umum, budaya ialah suatu cara hidup yang mengatur supaya setiap insan manusia memahami dan mengerti apa yang harus dilakukan, diperbuat, serta untuk menentukan perilaku dalam menjalin hubungan dengan manusia yang lain.

Semua hal tersebut berhubungan dengan bahasa atau metode komunikasi, kebiasaan yang terjadi disekitar lingkungan hidup mereka atau biasa disebut dengan adat istiadat.

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

pengertian budaya - bebasketik.com

Selain pengertian budaya secara umum dan secara bahasa diatas tadi. Ada juga pengertian budaya berdasarkan pada pendapat para ahli yang memberikan penjelasan tentang apa itu pengertian budaya.

Para ahli tersebut memberikan penjelasan tentang pengertian budaya berdasarkan dengan kondisi dan keadaan masyarakat yang ada. Berikut ini adalah pendapat tentang pengertian budaya dari beberapa ahli yang ada di dunia ini.

  • Linton

Pengertian budaya adalah semua pengertahuan, pola pikir, perilaku, ataupun sikap yang merupakan kebiasaan masyarakat. Hal itu dimiliki serta diwariskan oleh para nenek moyang secara turun temurun.

  • Edward Burnett Tylor

Dalam sebuah buku karya Edward Burnett Tylor yang berjudul “Primmitive Culture”, pengertian budaya merupakan keseluruhan yang bersifat kompleks dan rumit, yang didalamnya mengandung ilmu pengetahuan, kesenian, kepercayaan, moral, hukum, adat istiadat, dan lain sebagainya.

  • Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pengertian budaya berdasarkan dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sebagai adat istiadat, akal, pikiran, ataupun budi. Kata budaya cenderung merujuk kepada pola pikir seorang manusia.

  • Soemardjan dan Soemardi

Menurut pendapat dari Soemardi dan Soemardjan, pengertian budaya adalah seluruh cipta, rasa, dan hasil karya dari lingkungan masyarakat.

Dari karya masyarakat tersebut akan menghasilkan kebudayaan dan teknologi kebendaan atau kebudayaan jasmanisah yang akan digunakan oleh masyarakat untuk memanfaatkan alam sekitarnya. Hal itu bertujuan untuk mendapatkan hasil dan kekuatan yang bisa diabadikan guna keperluan manusia.

  • Kelly dan Kluckhohn

Berdasarkan pendapat Kelly dan Kluckhohn, pengertian budaya adalah seluruh rencana dan rancangan hidup manusia yang diciptakan secara historis. Baik itu rasional maupun irasional, eksplisit maupun implisit yang ada pada suatu waktu serta hal itu digunakan untuk pedoman potensial perilaku manusia.

  • Koentjaraningrat

Pengertian budaya menurut pendapat Koentjaraningrat adalah semua sistem ide, gagasan, atau tindakan serta hasil karya manusia dalam usaha kehidupan bermasyarakat yang akan dijadikan klaim manusia dengan metode belajar.

Nilai Budaya

pengertian budaya - bebasketik.com

Setelah pembhasan tentang pengertian budaya, berikutnya saya akan membahas tentang nilai budaya. Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui tentang nilai budaya. Oleh karena sebab itu, disini saya akan membahas sedikit tentang nilai budaya.

Pengertian nilai budaya ialah merupakan suatu konsep yang bersifat abstrak yang berisi tentang masalah umum dan besar yang sangat penting bagi kehidupan bermasyarakat.

Hal tersebut akan menjadi dasar dari tingkah laku sebagian besar atau seluruh anggota masyarakat yang ada dan yang bersangkutan. Serta nilai budaya berada didalam akal pikiran mereka dan sangat sulit untuk dijelaskan secara rasional.

Nilai budaya memiliki sifat yang langgeng, hal itu menyebabkan nilai budaya tidak mudah untuk mengalami perubahan ataupun tergantikan dengan nilai budaya yang lainya kecuali ada faktor tertentu.

Di Indonesia sendiri, memiliki nilai budaya seperti Pancasila dengan lima sila dan merupakan satu sistem dan satu kesatuan. Sila-sila tersebut sangat penting untuk bangsa Indonesia guna memelihari persatuan dan kesatuan.

Indonesia juga banyak sekali memiliki aneka ragam suku, golongan, kelompok, dan lain sebagainya yang menyebabkan bervariasinya nilai budaya di Indonesia. Berbagai suku atau golongan tersebut mengamalkan nilai gotong royong, musyawarah, setia kawan, toleransi, nasionalisme, harga diri, lapang dada, tertib, dan lain sebagainya.

Namun dengan adanya nilai budaya Pancasila, Indoensia tetap bisa bersatu. Karena sila-sila dalam pancasila sangatlah kuat kaitanya dengan nilai budaya suku atau golongan di Indonesia.

Unsur Budaya

pengertian budaya - bebasketik.com

Setelah kita membahas tentang pengertian budaya, baik itu secara umum atau menurut para ahli. Berikutnya adalah pembahasan tentang unsur-unsur dari budaya.

Berikut ini adalah unsur-unsur yang terdapat dalam budaya. Baca dan simak dengan seksama ya teman, agar bisa memahaminya.

  • Pengetahuan

Membahas tentang ilmu pengetahuan tentang keadaan lingkungan manusia dan sifat peralatan yang digunakanya. Sistem pengetahuan mencakup tumbuhan dan binatang, ruang dan waktu, perilaku dan sifat manusia, ruang pengetahuan tentang alam, dan lain sebagainya.

  • Peralatan Teknologi Hidup

Seluruh teknik yang ada pada manusia. Mencakup semua sifat, tindakan dan perilaku manusia. Hal ini berhubungan dengan pemrosesan bahan baku mentah dan pengumpulanya yang bertujuan untuk kebutuhan manusia.

  • Kemasyarakatan 

Sekumpulan masyarakat yang saling berempati. Hal ini mencakup kenegaraan, kesatuan hidup, perkumpulan, organisasi, dan lain sebagainya.

  • Bahasa

Merupakan suatu pengucapan yang indah dalam suatu bidang kebudayaan. Hal tersebut mampu menjadi media perantara yang paling utama bagi manusia untuk melanjutkan kebudayaan dan mempraktikan kebudayaan.

  • Mata Pencaharian Hidup

Seluruh aktivitas manusia yang bertujuan untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari. Hal ini meliputi ekonomi, berburu, mananam, perkebunan, perdagangan, dan lain sebagainya.

  • Religi atau Agama

Suatu sistem keyakinan dan keagamaan yang sudah saling padu dalam masyarakat. Hal ini berkaitan dengan hal-hal suci yang tidak dapat dilogika oleh pikiran manusia. Sistem religi ini meliputi komunikasi agama, pandangan hidup, keyakinan, upacara keagamaan.

  • Kesenian

Semua hal yang berhubungan dengan hasrat atau nafsu atau keinginan manusia terhadap suatu keindahan. Secara umum, bentuk keseniaan adalah seni suara, seni tari, dan seni rupa.

Konsep Budaya

pengertian budaya - bebasketik.com

Berdasarkan dari pengertian budaya dan unsur-unsur budaya diatas tadi. Istilah budaya yang dimasukan kedalam konsep dari masing-masing bidang sosial, politik, antropologi, ekonomi dan lain sebagainya.

Konsep budaya dapat dipahami seiring dengan berjalanya perubahan tingkah laku dan struktur dari masyarakat itu sendiri. Perubahan tersebut terjadi karena adanya perubahan teknologi dari zaman ke zaman.

Istilah budaya juga merupakan hasil dari kajian komprehensif yang pengertianya adalah suatu subjek kajian.

Wujud Budaya

pengertian budaya - bebasketik.com

Kita sudah mengenal apa itu yang dimaksud dengan pengertian budaya diatas tadi. Yang berikut ini adalah penjelasan tentang wujud budaya.

Secara garis besarnya, wujud dari suatu budaya memiliki 3 wujud, yaitu pokok gagasan atau ide pokok, Aktivitas, dan hasil budaya.

Untuk penjelasan lebih detail tentang wujud budaya, kalian bisa menyimak penjelasan dibawah ini.

  • Gagasan atau Ide Pokok

Maksutnya adalah suatu pola pikir atau cara pikir yang terbentuk dari seluruh ide dan gagasan yang bersifat abstrak. Hal ini terletak di dalam alam sadar atau pikiran manusia. Ekspektasi masyarakat kepada segala sesuatu yang mereka lihat dan amati serta mereka jalani dalam kehidupan sehari-hari.

  • Aktivitas

Suatu kegiatan atau tindakan yang dilakukan oleh manusia. Hal ini terbentuk dalam suatu bentuk sistem sosial, sehingga menyebabkan manusia bisa saling berhubungan dan berinteraksi maupun bekerjasama melakukan suatu kegiatan dengan manusia yang lainya sesuai dengan adat istiadat dan kebiasaan masing-masing.

  • Hasil Budaya

Merupakan suatu hasil karya yang dihasilkan oleh kegiatan dan aktivitas manusia, baik berupa fisik maupun benda. Hal ini disebabkan oleh ide atau gagasan yang diterapkan dalam aktivitas manusia dapat dilihat, didokumentasidan diamati secara langsung dan nyata.

Ciri-Ciri Budaya

pengertian budaya - bebasketik.com

Selain budaya mempunyai nilai, budaya juga mempunya ciri khusus. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri khusus suatu budaya.

  1. Budaya adalah merupakan suatu simbol, bisa menyimbolkan suatu daerah atau suku.
  2. Bukanlah suatu bawaan, melainkan harus dipelajari.
  3. Dapat diwariskan secara turun temurun.
  4. Dapat disebarkan melalui komunikasi ke kelompok, individu, ataupun generasi.
  5. Bersifat dinamis, maksutnya adalah budaya selalu berubah sepanjang zaman.
  6. Memiliki sifat selektif, maksutnya menampilkan pola perilaku dan pengalaman manusia.
  7. Berbagi unsur dari budaya dapat saling berhubungan atau berkaitan.
  8. Etnosentrik, maksutnya adalah mengklaim bahwa budaya yang dimilikinya adalah yang terbaik.
  9. Bisa berubah dengan adanya pengaruh globalisasi.
  10. Dan masih banyak lagi ciri khas dari budaya.

Faktor Budaya

pengertian budaya - bebasketik.com

Adapun faktor-faktor dalam budaya, baik itu faktor pendorong maupun faktor penghambat. Berikut ini adalah faktor-faktor tersebut.

1. Faktor Pendorong Terjadinya Budaya

  • Adanya niatan untuk melestarikan budaya.
  • Terdapat generasi penerus yang siap untuk melanjutkan budaya.
  • Timbul dan tertanam dalam hati rasa cinta budaya.
  • Tetap menjaga kelestarian budaya agar budaya tidak lenyap.
  • Adanya perubahan dalam lingkungan hidup yang bisa mendukung berkembangnya budaya.
  • Dan lain sebagainya.

2. Faktor Penghambat Terjadinya Budaya

  • Banyaknya budaya asing yang masuk bisa menggeser budaya lokal.
  • Tidak ada rasa dalam diri masyarakat untuk tetap melestarikan budaya.
  • Generasi penerus yang sudah tidak pedulu dengan adanya budaya.
  • Menganggap budaya yang ada adalah budaya kuno, sehingga membiarkanya menghilang.
  • Dan lain sebagainya.

Fungsi dan Manfaat Budaya

fungsi budaya - bebasketik.com

Fungsi yang paling utama dari budaya adalah kita bisa mempelajari suatu warisan yang berasal dari nenek moyang kita. Budaya dan semua unsur yang ada didalamnya memiliki ikatan dengan waktu dan bukan merupakan kuantitas yang statis.

Budaya bisa berubah  jika ada faktor yang mendorong perubahan tersebut. Faktor tersebut juga akan menentukan cepat atau lambatnya budaya akan mengalami perubahan.

Berikut ini adalah beberapa fungsi dan manfaat budaya.

  • Timbul rasa toleransi dan empati.
  • Meningkatkan rasa nasionalisme.
  • Masyarakat menjadi lebih saling menghargai.
  • Sarana untuk menjalin sosialisasi.
  • Media belajar.
  • dan lain sebagainya.

Contoh-Contoh Budaya

pengertian budaya - bebasketik.com

Berikut ini adalah beberapa budaya yang ada di negara Indonesia.

  • Rumah adat Papua.
  • Musik keroncong.
  • Musik dangdut.
  • Pesta bakar batu di Papua.
  • Upacara potong jari di Papua.
  • Yamko rambe yamko.
  • Seni tari reog.
  • Ngaben.
  • Gotong royong.
  • Dan lain sebagainya.

Penutup

Mungkin cukup itu tadi yang dapat saya tulis di postingan tentang pengertian budaya, konsep, unsur, fungsi, wujud dari budaya. Semoga bisa bermanfaat dan bisa berguna bagi teman-teman sekalian.

Saya ucapkan terima kasih karena sudah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Dan saya ucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya bila ada kesalahan dalam penulisan. Sampai jumpa di postingan Bebas Ketik yang selanjutnya, bye-bye !!!

Leave a Comment

%d bloggers like this: