√ 21+ Makhluk Mitologi yang Menjadi Misteri di Dunia [Bikin Merinding]

  • 8 min read
  • May 02, 2018
makhluk mitologi yunani - bebasketik.com

Makhluk Mitologi – Keberadaan dari mahkluk mitologi ini masih menjadi sebuah misteri hingga saat ini. Mahkluk mitologi tersebut berasal dari berbagai negara dan suku yang ada di dunia ini. Ada mahkluk mitologi Yunani, Jepang, Mesir, Inggris, Amerika, Arab, dan bahkan ada yang berasal dari negara Indonesia.

Banyak dari masyarakat dunia yang menganggap bahwa makhluk atau hewan mitologi benar-benar nyata keberadaannya. Namun ada juga yang berpendapat bahwa makhluk tersebut hanyalah mitos belaka.

Baiklah, langsung saja kita menuju pembahasan mengenai mitologi yang ada di berbagai pelosok dunia ini.

Makhluk Mitologi – Pegasus

makhluk mitologi - bebasketik.com

Dalam kisahnya, pegasus digambarkan menyerupai seekor kuda berwarna putih. Namun, beberapa ada yang mengisahkan memiliki warna lain. Dan pegasus mempunyai sepasang sayap lebar di badannya. Mitologi ini berasal dari mitologi yunani kuno.

Pegasus ini merupakan keturunan dari poseidon dan medusa dalam mitologi yunani kuno. Cerita atau kisah dari pegasus memiliki hubungan yang erat dengan bellerophon dan zeus. Makhluk ini terlihat indah dan cantik, namun memiliki sifat yang ganas dan memiliki kekuatan magis.

Makhluk ini sangat populer di kalangan masyarakat. Karena hewan ini sering kali muncul dalam suatu film atau animasi.

Makhluk Mitologi – Unicorn

makhluk mitologi - bebasketik.com

Unicorn adalah salah satu hewan mitologi dari China. Hewan ini digambarkan dengan seekor kuda yang memiliki satu tanduk di kepalanya. Dan tanduk tersebut dikisahkan bisa menetralkan segala jenis racun.

Kata unicorn berasal dari bahasa latin “unus” dan “cornu” yang mempunyai makna “bertanduk satu”. Selain itu, unicorn juga menjadi sebuah simbol kelahiran atau kematian dari seorang yang kuat dan gagah.

Sedangkan pada masyarakat Yunani dan Romawi kuno menjadikan unicorn sebagai  simbol dari kesucian dan memiliki hubungan yang erat dengan dewi Atemis.

Sama halnya dengan pegasus, mitologi unicorn sering muncul dalam serial film atau animasi. Yang membedakan adalah film atau animasi yang menceritakan tentang unicorn ini lebih ke serial anak.

Makhluk Mitologi – Dragon

makhluk mitologi - bebasketik.com

Mitologi yang selanjutnya adalah dragon atau naga. Dalam kisahnya, naga digambarkan sebagai seekor reptil raksasa yang memiliki sayap.

Selain itu naga juga mempunyai empat kaki dan dapat mengeluarkan api melalui mulutnya. Namun, ada beberapa kisah yang tidak memiliki kaki dan tidak bisa mengeluarkan api dari mulutnya.

Dalam film animasi Jepang, sering sekali memunculkan makhluk ini dalam ceritanya. Salah satu animasi tersebut adalah Shingeki no Bahamut.

Makhluk Mitologi – Yeti

makhluk mitologi - bebasketik.com

Manusia salju, begitulah sebutan dari mitologi ini. Dalam gambarannya, yeti memiliki tubuh tegap seperti manusia namun wajahnya menyerupai monyet. Seluruh tubuhnya juga tertutup oleh bulu berwarna putih yang tebal.

Yeti juga merupakan sebuah legenda di wilayah pegunungan himalaya. Banyak yang mepercayai bahwa hilangnya para pendaki yang menaiki pegunungan himalaya adalah diculik oleh yeti.

Meskipun banyak orang yang mengaku serta melapor bahwa telah melihat yeti, namun makhluk ini tetap tidak bisa ditemukan karena kurangnya bukti-bukti.

Makhluk Mitologi – Big Foot

makhluk mitologi - bebasketik.com

Mulai adab ke-19-an, di wlayah Kanada dan Amerika Serikat banyak sekali laporan mengenai kemunculan bigfoot. Laporan tersebut biasanya warga mengaku melihat jejak kaki yang besar dan tubuh yang besar serta berbulu lebat.

Selain itu, bigfoot juga menyerupai seekor kera raksasa. Nah, para ilmuwan memperkirakan berat bigfoot adalah sekitar 400 kg dan bisa lebih dari itu.

Hal itu dilihat berdasarkan dengan ukuran jejak kakinya yang sering terlihat oleh warga. Banyak orang yang meyakini bahwa bigfoot bisa ditemukan di berbagai belahan dunia ini.

Makhluk Mitologi – Werewolf

makhluk mitologi - bebasketik.com

Kisah dari manusia segala ini sering kita jumpai dalam film atau animasi. Salah satunya adalah film Twilight.

Pada dasarnya, werewolf adalah seorang manusia yang dapat berubah wujub menjadi serigala. Dan dalam kisahnya, werewolf orang yang memiliki kemampuan ini akan berubah menjadi serigala ketika bulan purnama.

Namun, dalam beberapa kisah lainnya juga ada yang menceritakan bahwa werewolf bisa berubah wujud kapan saja mereka ingin. Werewolf memiliki sifat yang ganas dan kejam.

Regenerasi tubuh mereka sangat cepat sehingga membuat werewolf ini seperti makhluk yang abadi. Sebenarnya mereka juga bisa dibunuh bila jantung mereka hancur.

Makhluk Mitologi – Loch Ness

makhluk mitologi - bebasketik.com

Makhluk ini merupakan salah satu hewan mitologi Scotlandia. Dan bahkan loch ness menjadi sebuah legenda yang berasal dari Scotlandia.

Mitologi yang berasal dari Scontlandia ini dipercaya merupakan spesies dinosaurus yang berhasil berahan dari ledakan meteor berjuta tahun yang lalu dan masih hidup hingga saat ini.

Hingga saat ini belum ada bukti dan tanda-tanda yang jelas untuk bisa menemukan keberadaan dari loch ness. Para ahli memperkirakan loch ness mempunyai panjang tubuh 45 kaki atau sekitar 14 meter.

Selain itu, loch ness memiliki tubuh yang diselimuti oleh kulit yang keras dan memiliki warna yang gelap, lebih tepatnya coklat gelap.

Makhluk Mitologi – Phoenix

makhluk mitologi - bebasketik.com

Dalam cerita kuno, phoenix adalah seekor burung yang mirip dengan burung elang. Tetapi mitologi ini memiliki bulu yang berwarna merah menyala seperti api yang sedang membara serta memiliki ukuran tubuh yang besar.

Burung phoenix merupakan salah satu mitologi yang berasal dari Mesir yang mana merupakan burung yang mati oleh api dan hidup oleh api. Cara berkembang biak burung ini adalah dengan reinkarnasi.

Phoenix akan mati dan menjadi abu, lalu dari abu tersebut akan muncul lagi bayi burung phoenix. Para masyarakat Mesir kuno meyakini usia dari phoenix adalah berkisar antara 500-1460 tahun. Dan juga mereka percaya bahwa air mata dari burung poenix bisa menyembuhkan segala jenis penyakit.

Makhluk Mitologi – Cyclops

makhluk mitologi - bebasketik.com

Makhluk ini merupakan ras dari manusia purba yang memiliki 1 mati dan mata tersebut berada di tengah dahinya. Tubuh dari cyclops memiliki ukuran yang sangat besar dan kekar.

Selain itu, cyclops juga digambarkan sebagai homer dan juga hesiod. Jika berdasarkan homer, makhluk cyclops merujuk kepada putra laki-laki dari poseidon dan thoosa yang bernama poolyphemus. Sedangkan berdasarkan hesoid, cyclops memiliki nama brotes dan merupakan anak dari uranus dan gaia.

Makhluk Mitologi – Fairy

makhluk mitologi - bebasketik.com

Peri atau juga bisa disebut dengan fairy adalah salah satu mitologi yang berasal dari Jerman. Tetapi di Persia juga terdapat mitologi peri atau fairy. Makhluk ini sering sekali menjadi tokoh utama dalam sebuah film atau animasi.

Dalam mitologi Jerman, peri adalah dewi kesuburan yang tinggal di tempat dengan kondisi sejuk dan asri. Seperti di gunung, hutan hujan, telaga, air terjun, dan lain sebagainya.

Sedangkan menurut mitologi Persia, mitologi ini merupakan keturunan dari malaikat yang jatuh karena telah mengingkari janjinya. Hal itu dilakukan untuk penebusan dosa.

Makhluk Mitologi – Bellerophon 

makhluk mitologi - bebasketik.com

Yang berikutnya adalah mitologi bellerofon. Dia adalah putra dari seorang raja galukos dan eurinome. Seperti yang sudah saya singgung di pembahasan pegasus tadi, mitologi belleofon memiliki hubungan yang erat dengan pegasus.

Bellerofon sering kali menggunakan pegasus sebagai tunggangannya. Dia menggunakan pegasus untuk membantunya mengalahkan khimaira.

Setelah ia berhasil mengalahkan khiamira, sifat sombong dalam dirinya muncul. Bellerofon menganggap dirinya setara dengan dewa. Kemudian ingin menuju ke gunung olimpus tempat para dewa dengan menunggangi pegasusnya.

Namun, dewa zeus marah akan perbuatan itu. Dan akhirnya zeus mengiring serangga untuk menyerang bellerofon dan pegasusnya. Alhasil, bellerofon terjatuh dari pegasus dan dia pun buta serta pincang.

Makhluk Mitologi – Elf

makhluk mitologi - bebasketik.com

Mitologi yang selanjutnya adalah elf. Sebenarnya makhluk ini sangat mirip dan memiliki hubungan yang erat dengan peri. Elf merupakan salah satu mitologi yang berasal dari Jerman.

Elf memiliki wujud dan perawakan seperti manusia, namun ukuran tubuhnya yang sangat kecil. Tugas dari elf sendiri adalah menjadi dewi kesuburan. Mereka sangat terkenal dengan kecantikan dan tinggal didalam hutan.

Selain itu, mereka juga hidup di bawah tanah. Serta digambarkan memiliki keistimewaan yaitu kekuatan sihir dan usia hidup yang abadi.

Makhluk Mitologi – Leviathan

makhluk mitologi - bebasketik.com

Dalam kisahnya, leviathan digambarkan sebagai seekor monster laut yang paling ganas dan memiliki sifat perusak segalanya. Ukuran tubuh dari levithan juga sangat besar, melebihi ukuran dari berbagai jenis ikan paus bahkan melebihi ukuran dinosaurus.

Leviathan termasuk kedalam jenis ular naga laut. Makanan dari leviathan adalah 1 ekor ikan paus setiap harinya. Dalam legenda kristen, mitologi ini dianggap sebagai iblis atau satan.

Makhluk Mitologi – Tengu

makhluk mitologi - bebasketik.com

Dalam mitologi Jepang, tengu adalah burung elang atau gagak yang berwujud manusia. Dan tugas utamanya adalah untuk menjaga pegunungan.

Perawakan dan ukuran tubuhnya sangat mirip dengan manusia. Tengu memakai pakaian yang sangat mirip dengan pakaian para pendeta yamabushi yang mengasah diri di hutan dan gunung.

Selain itu, tengu mempunyai hidung yang panjang, kulit berwarna merah, sepasang sayap, membawa samurai, berkuku panjang serta tajam, dan tubuh yang kekar.

Makhluk Mitologi – Cerberus

makhluk mitologi - bebasketik.com

Berdasarkan dengan mitologi Yunani kuno, cerberus adalah anak dari typhon dan echidna. Tugas dari cerberus sendiri adalah untuk menjaga pintu yang menghubungkan dunia bawah dan dunia atas.

Cerberus memiliki perawakan menyerupai seekor anjing yang mempunyai 3 kepala. Selain itu juga mempunyai kuku yang tajam dan kuat, taring yang tajam, tubuh yang kekar serta kuat.

Dalam legenda Yunani kuno juga disebutkan bahwa orpheus, aeneas, dan odysseus mampu melewati penjagaan dari cerberus ini. Mereka berhasil masuk kedalam dunia bahwa atau hades.

Makhluk Mitologi – Garuda

makhluk mitologi - bebasketik.com

Mungkin semua masyarakat Indonesia mengetahui tentang makhluk yang satu ini. Yah, burung garuda adalah mitologi yang berasal dari mitologi Indonesia. Garuda juga menjadi simbol dari pancasila yang merupakan ideologi dasar rakyat Indonesia.

Dalam ajaran atau agama hindu, garuda adalah kendaraan dari dewa wisnu. Perwujudan burung garuda adalah mirip dengan burung elang, tapi memiliki badan menyerupai manusia, kulitnya berwarna emas, wajahnya berwarna putih, sayapnya berwarna merah, dan memiliki tubuh kekar dan kuat.

Selain itu, ukuran tubuh dari burung garuda ini juga sangat besar. Konon ada yang mengatakan saking besarnya ukuran garuda, ia bahkan bisa menutupi sinar matahari yang ke bumi.

Makhluk Mitologi – Leak

makhluk mitologi - bebasketik.com

Bagi rakyat Indonesia khususnya yang berada di pulau Bali pasti sudah tidak asing lagi dengan leak. Makhluk ini sangat sering sekali muncul dalam kisah-kisah dalam masyarakat Bali.

Penggambaran leak adalah seorang penguasa roh-roh jahat. Menurut kepercayaan masyarakat Bali, leak merupakan seorang manusia yang menguasai kekuatan ilmu hitam.

Ketika siang hari, ia menjadi manusia normal. Dan ketika hari sudah mulai malam, tubuh dan kepalanya terpisah untuk mencari bayi dan memangsanya.

Makhluk Mitologi – Chimera

makhluk mitologi - bebasketik.com

Yang selanjutnya adalah mitologi yang berasal dari Yunani kuno, yaitu chimera. Makhluk ini adalah anak dari typhoeus dan echidna. Merupakan hewan yang sangat buas dan ganas.

Perawakan dari chimera adalah perpaduan dari berbagai jenis hewan. Wujudnya adalah mempunyai tiga kepala yaitu, kepala singa, kepala naga, dan kepala kambing.

Selain itu, chimera juga memiliki sayap yang menyerupai sayap dari kelelawar serta ekor yang berbentuk ular.

Makhluk Mitologi – Minotaur

makhluk mitologi - bebasketik.com

Mitologi yang berikutnya adalah minotaur. Hewan ini merupakan salah satu mitologi Yunani kuno. Minotaur memiliki perawakan seperti banteng setengah manusia, bagian bawahnya adalah manusia dan bagian atasnya adalah banteng.

Selain itu juga memiliki tubuh yang kekar, kuat, serta gagah. Dikatakan bahwa minotaur ini hidup di dalam labirin yang mempunyai jalanan yang sangat rumit seperti bangunan raja minos di crete dan jalanan tersebut sangat besar.

Makhluk Mitologi – Hydra

makhluk mitologi - bebasketik.com

Hewan ini merupakan mitologi yang berasal dari Yunani kuno. Makhluk ini berbentuk seperti seekor ular atau naga yang mempunyai sembilan kepala.

Dan kepala tersebut memiliki kekuatan untuk melakukan regenerasi dengan cepat. Ketika kepala tersebut terpotong maka akan tumbuh lagi dua buah kepala dari yang terpotong tersebut.

Dikisahkan bahwa ada seseorang yang dapat mengalahkan makhluk ini, dia adalah heracles. Cara heracles membunuh hydra adalah dengan membakar 8 kepala hydra dan mengubur kepala yang kesembilan yang memiliki kekuatan abadi tersebut.

Makhluk Mitologi – Hanoman

makhluk mitologi - bebasketik.com

Dalam bahasa sansekerta, hanoman juga bisa disebut dengan nama anoman. Mitologi ini merupakan jelmaan dari salah satu dewa dalam kepercayaan hindu.

Hanoman bersujud seekor kera putih yang memiliki kekuatan yang sangat luar biasa kuat. Makhluk ini juga terlibat dalam perang besar antara rama dan rahwana merebutkan dewi shinta.

Hanoman membantu pasukan rama untuk mengalahkan para tentara raksasa milik rahwana. Dalam kisahnya, hanoman dikatakan bisa memotong gunung himalaya.

Makhluk Mitologi – Griffin

makhluk mitologi - bebasketik.com

Mitologi yang selanjutnya adalah griffin. Makhluk ini merupakan salah satu hewan mitologi Yunani kuno. Hewan ini juga telah menjadi bagian dari sebuah mitologi dunia, yang menyebabkan arti simbolis dari griffin berubah-ubah. Salah satunya adalah griffin menjadi simbol dari kekuatan dan kekuasaan.

Griffin mempunyai wujud menyerupai singa, tapi pada bagian atasnya menyerupai rajawali. Perawakan tersebut membuat mitologi ini sangat gagah dan kuat. Hal itu juga menjadi simbol bahwa griffin adalah raja dari hewan buas dan raja penguasa udara.

Makhluk Mitologi – Ghoul

makhluk mitologi - bebasketik.com

Mitologi ini merupakan salah satu mitologi Arab kuno. Ghoul adalah makhluk yang menghuni padang gurun dan mereka sering memangsa para pengelana yang melewati wilayahnya. Mereka adalah makhluk yang sangat merusak.

Selain itu, ghoul juga sering sekali merusak makam atau kuburan kemudian memakan jasad yang ada didalamnya. Pada awalnya, ghoul ini dianggap sebagai jin. Namun seiring berjalannya waktu, ghoul lebih sering digambarkan sebagai sejenis dengan zombie dan vampir.

Makhluk Mitologi – Kraken

makhluk mitologi - bebasketik.com

Makhluk ini berasal dari mitologi Yunani kuno. Kraken digambarkan sebagai seekor makhluk raksasa yang mempunyai tentakel menyerupai cumi-cumi.

Tentakel tersebut digunakan kraken untuk menarik kapal yang berlayar diatasnya dan memangsangnya. Mereka tinggal di daerah laut dalam Islandia dan Norwegia.

Kata kraken sendiri berasal dari bahasa Skandinavia yaitu “krake” yang berarti hewan yang tidak sehat atau lebih merujuk ke sesuatu yang aneh. Mitologi ini juga memiliki sifat yang merusak segalanya.

Makhluk Mitologi – Centaur

makhluk mitologi - bebasketik.com

Yang selanjutnya adalah centaur. Wujud dari makhluk ini adalah setengah manusia dan setengah lagi adalah kuda. Tepatnya adalah tubuh bagian pusar keatas adalah manusia. Sedangkan pusar kebawah adalah kuda. Dalam mitos Yunani kuno, mungkin centaur yang paling terkenal adalah chiron.

Dengan penggambaran sebagai seorang pemabuk yang memanjakan dan penuh dengan kekerasan serta mempunyai keahlian dalam bidang medis yang cerdas dan patut untuk ditiru.

Makhluk Mitologi – Dullahan

makhluk mitologi - bebasketik.com

Dullahan adalah merupakan makhluk yang termasuk kedalam roh jahat. Sering kali ia terlihat mengendarai kuda hitam dengan membawa pedang.

Wujud dari dullahan sendiri adalah kepalanya putus dan selalu ia pegang ditangannya. Matanya besar, mulutnya yang tersenyum lebar hingga kesisi kepalanya.

Selain membawa pedang, dullahan juga membawa cambuk yang berasal dari tulang punggung manusia. Ia juga sering muncul di dekat orang-orang yang mau mati.

Makhluk Mitologi – Orthros

makhluk mitologi - bebasketik.com

Jika diatas tadi adalah anjing berkepala tiga yaitu cerberus, makhluk yang ini adalah orthros. Perwujudan dari orthros adalah seekor anjing yang memilik dua buah kepala. Selain itu, orthros juga merupakan saudara kembar dari cerberus.

Karena orthros adalah saudara kembar dari cerberus, orthros juga merupakan anak dari typhon dan echidna. Orthros memiliki kuku yang tajam, taring yang kuat, tubuh yang kekar, dan kaki yang kuat.

Penutup

Mungkin untuk kesempatan kali ini hanya itu saja yang dapat saya tulis mengenai makhluk mitologi yang terdapat di berbagai belahan dunia ini.

Mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila terdapat suatu kesalahan dalam penulisa, baik itu typo maupun terdapat kata-kata yang menyinggung kalian.

Dan juga saya ucapkan terima kasih banyak karena telah menyediakan waktunya untuk membaca postingan ini hingga habis. Sampai jumpa di artikel yang selanjutnya, bye-bye !!!

%d bloggers like this: