Makanan Khas Ala Santri Mandiri Entrepreneur Center, Harap Maklum Kawan !!!

  • 5 min read
  • Feb 28, 2018

Makanan Khas Ala Santri Mandiri Entrepreneur Center – Hello teman, kembali berjumpa lagi nih. Sesuai dengan judul di atas, postinganku kali ini akan membahas soal makanan. Makanan yang akan aku bahas ini adalah makanan khas ala santri Mandiri Entrepreneur Center. Apa sih Mandiri Entrepreneur Center itu ???.

Oke sebelum bahas makanan, aku akan sedikit memperkenalkan tentang Mandiri Entrepreneur Center. Jadi gini kawan, setelah aku lulus dari Sekolah Menengah Kejuruan. Aku daftar di salah satu lembaga diklat di Surabaya, yaitu Mandiri Entrepreneur Center (MEC).

Program pendidikan dan pelatihan siap kerja untuk anak-anak yatim lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat. Program ini bertujuan untuk memberikan keterampilan khusus bagi adik-adik Yatim Purna Asuh.

MEC bertujuan untuk mencetak tenaga ahli dibidangnya, berjiwa entrepreneurship yang memiliki karakter pribadi muslim yang jujur, amanah, dan profesional. Mandiri Entrepreneur Center sendiri bergerak di bawah naungan dari Yayasan Yatim Mandiri.

Tidak hanya itu, MEC juga mempunyai program asrama pesantren. Jika pada siang hari nya fokus pada pendidikan akademik. Malam hari nya digunakan untuk memperkuat ketaqwaan dan keimanan kepada ALLAH SWT. Yaitu ada program diniyah, MHQ, MTQ, dll.

Itulah kawan sedikit pengenalan tentang MEC. Semoga dari sedikit  pengenalan di atas teman-teman bisa paham. Kalo memang kurang paham, kalian bisa langsung melihat semua profilnya di kampuskemandirian.org

Oke, sekarang kita langsung saja memulai pembahasan tentang makanan khas ala santri Mandiri Entrepreneur Center. Mungkin teman-teman juga pernah merasakannya di pesantren lain dan kalau di pesantren itu makannya harus banyak bersyukur hehe.

Kalau baru pertama kali nyantri pasti kaget nanti dengan makannya. Tetapi kalau sudah biasa itu akan jadi senikmat makanan restoran hehehe.

Berikut ini daftarnya dari yang paling enak sampai paling unik pasti ada :

1. Nasi Urap-urap

Menu makanan khas ala santri MEC yang pertama adalah Nasi Urap-urap. Nasi Urap-urap atau biasa disebut juga dengan Nasi Urap ini adalah hidangan yang berupa sayuran yang direbus kemudian dicampur dengan parutan kelapa yang dibumbui.

Sayuran yang terdapat pada nasi urap biasanya adalah kacang panjang, sawi, bayam, touge, kubis, kangkung, dan sebagainya. Dan untuk kelapa parutnya sendiri biasanya dibumbui dengan bawang putih, bawang merah, cabai merah yang dihaluskan, air asam jawa, kencur, garam, gula merah, dan sebagainya.

Kalau di MEC makanan ini menjadi makanan favoritku karena aku memang sangat suka dengan sayuran. Khususnya sayur sawi, terong, dan kubis, itu adalah sayur favoritku.

Namun kalau mereka yang tidak suka dengan sayuran, makanan ini akan menjadi momok bagi mereka hehe. Dan ada beberapa santri di MEC yang tidak suka dengan sayur.

Untungnya nasi urap di MEC pasti ada lauk yang lain selain sayur. Biasanya tempe kalau tidak begitu ya tahu atau daging ayam. Jadi temanku yang tidak suka sayur biasanya mereka bertukar lauk dengan sayur.

2. Nasi Penyet

Yang berikutnya adalah Nasi Penyet. Hidangan nasi penyet ini biasanya terdiri dari nasi putih yang ditemani dengan lalapan dan sambal, dan untuk lauk utamanya bisa bermacam-macam. Lauk utamanya tersebut biasanya adalah daging ayam, telur, daging bebek, ikan lele, dan lain sebagainya.

Kalau di MEC itu yang paling sering adalah nasi penyet dengan lauk telur. Untuk lauk daging ayam dan ikan lele sangat jarang sekali. Mungkin 1 minggu sekali baru dapat yang lauk daging ayam hehe.

Menu inilah yang paling ditunggu oleh santri MEC, apalagi kalau menu lauknya adalah daging ayam. Kenapa kok begitu? Ya karena santri di MEC banyak yang suka dengan daging ayam.

Kalau aku sendiri tidak mau makan dengan daging ayam. Jadinya aku tidak terlalu suka dengan hidangan ini. Beruntungnya masih ada lalapan yang menemani nasi.

3. Nasi Kerupuk

Nah kalau menu yang satu ini sangat memprihatinkan kawan. Kenapa kok begitu? Ya karena hanya ada kerupuk yang menemani nasi putih. Sangat memprihatinkan bukan!.

Namun bagi santri di MEC, hidangan ini sudah menjadi hal yang biasa. Hidangan ini hukumnya wajib ada di setiap minggunya haha. Minimal dalam 1 minggu ada 1 kali muncul hidangan ini.

Kalau aku sih enjoy aja dengan hidangan ini. Pokoknya yang penting tidak ada daging ayam dalam hidangan tersebut aku enjoy aja hehe. Eh dan juga kalau ada daging kambing dan daging sapi aku juga tidak suka dengan hidangan itu haha.

4. Nasi Pecel

Kalau untuk menu nasi pecel ini memang sudah tidak asing lagi bagi kita yang tinggal di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Hidangan ini sangat mudah sekali ditemukan diberbagai daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Baca juga : Hukuman Yang Wajib Dirasakan Waktu SMK, No. 5 Bikin Kapok !!!

Nasi pecel adalah menu makanan yang menggunakan sambal bumbu kacang sebagai bahan utamanya yang dicampur dengan aneka jenis sayuran. Dari touge, sawi, kacang panjang, bayam, kubis, timun, kangkung, dan lain sebagainya.

Nah kalau di MEC sendiri nasi pecel ini akan di temani dengan tempe atau telur, untuk yang sering sih telur.  Ini juga termasuk makanan favoritku, karena seperti yang aku tulis di atas tadi kalau aku suka dengan sayuran.

5. Nasi Rames

Kalau ini adalah nasi rames, hidangan yang terdapat diseluruh daerah negara Indonesia. Nasi rames juga sering disebut dengan sebutan nasi campur. Karena ya memang menu yang satu ini banyak sekali lauknya. Ada mie, tempe, sayur, kerupuk, dan sebagainya. Pokoknya 4 sehat 5 sempurna kalau makan nasi rames ditemani dengan susu hehe.

Menu makanan inilah yang paling sering dihidangkan di MEC. Kenapa kok begitu? Karena ya 4 sehat 5 sempurna tadi. Tapi kalau di MEC minumnya air putih biasa, jadinya hanya 4 sehat saja haha.

6. Nasi Kuning

Yang berikutnya adalah nasi kuning. Makanan ini cukup ribet pembuatannya, terutama di pembuatan nasinya. Karena sebelum dimasak, beras akan dicampur dengan kunyit dan santan serta rempah-rempah lainnya. Dengan ditambahkan santan, nasi yang dihasilkan akan lebih gurih dan sedap.

Nasi kuning sering digunakan untuk acara tumpengan. Nasi kuning juga bisa disajikan dengan berbagai macam lauk pauk. Oleh karena itulah sering disajikan saat acara tumpengan.

Nah kalau di MEC sendiri nasi kuning biasa disajikan bersama dengan tempe yang diiris kecil-kecil, telur yang diiris kecil-kecil, bihun, dan ayam yang di suir-suir.

Hidangan ini juga merupakan menu yang ditunggu-tunggu oleh santri di MEC. Karena memang rasanya yang sedap dan gurih. Serta disajikan dengan lauk yang menurut kami santri MEC enak.

7. Nasi Sup

Kalau ini namanya nasi sup kawan. Tidak mungkinkan kalian belum tahu sama yang satu ini. Yah menu sup ini berisi berbagai macam sayuran dan daging yang direbus dalam kaldu yang sudah dibumbui.

Untuk variasi isi dari sup ini tergantung dari selera orang masing-masing. Jika ditambah bakso, sosis, bihun juga bisa menambah kelezatan masakan ini.

Di MEC sendiri biasanya kalau santri dapat menu ini akan kesusahan memakannya karena tidak disedia sendok untuk makan. Sedangkan kalau pakai tangan pasti bakal susah karena sup ini berkuah haha.

8. Nasi Goreng

Menu yang terakhir adalah nasi goreng. Siapa sih yang tidak tau tentang nasi goreng? Pasti seluruh orang di Indonesia tau akan menu hidangan ini. Karena disetiap sudut kota pasti ada penjual nasi goreng, di desa-desa pun pasti banyak yang menjual.

Cara membuat nasi goreng sangatlah mudah. Hanya dengan menggoreng nasi dengan dicampur dengan bawang merah, bawang putih, garam, gula, cabai, saus, kecap saja sudah bisa jadi nasi gorengg.

Apalagi sekarang ini banyak sekali bumbu nasi goreng instan yang dijual di masyarakat. Tentunya itu lebih memudahkan masyarakat untuk membuat nasi goreng. Cukup dengan menggoreng nasi dan bumbun instan tadi sudah bisa jadi nasi goreng.

Nasi goreng merupakan menu paling favorit santri di MEC, termasuk juga bagiku. Mungkin dari teman-teman juga banyak yang suka dengan menu nasi goreng.

Itulah teman, Masakan-masakan khas ala santri mec. Sebenarnya masih banyak lagi menu-menu lainnya. Tetapi yang paling sering di hidangkan kepada para santri ya menu-menu di atas tadi.

Kalau teman-teman mau membaca artikelku yang lain, ini ada yang menarik

Baca juga : Penglaman ke Wisata Bahari Lamongan, Diluar Dugaan !!!

Cukup sekian dulu ya, postingan kali ini. Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikelku teman. Dan maaf kalo ada kesalahan dalam menulis artikel di atas. Sampai jumpa lagi di postingan berikutnya yah !!!.

%d bloggers like this: