Lapisan Bumi Beserta Struktur, Gambar, dan Karakteristiknya [LENGKAP]

Lapisan Bumi – Assalamualaikum para pengunjung Bebas Ketik yang semoga sukse selalu dan sehat selalu. Pada kesempatan kali ini saya akan membuat postingan yang berisi tentang lapisan bumi. Mulai dari pengertian lapisan bumi, struktur lapisan bumi, karakteristik dan gambar lapisan bumi.

Bumi dan apapun yang ada didalamnya merupakan suatu anugrah yang sangat besar dari Allah SWT. Planet bumi juga merupakan salah satu planet dalam sistem tata surya yang paling mendukung untuk menjadi tempat berlangsungnya kehidupan.

Planet bumi juga merupakan salah satu planet yang paling dekat dengan matahari dalam sistem tata surya. Tepatnya, bumi berapa paling dekat nomor 3 setelah merkurius dan venus.

Material yang ada di bumi hampir mirip dengan material-material planet lain di sistem tata surya. Material tersebut diantaranya adalah debu, tanah, pasir, batuan, air, udara, dan lain sebagainya.

Hampir semua planet di tata surya memiliki material-material tersebut, namun di planet bumi lah elemen-elemen tersebut memiliki kualitas dan kuantitas yang sangat baik. Oleh sebab itu, bumi sangat mendukung untuk keberlangsungan hidup suatu makhluk.

Menurut para ilmuan yang menelliti dan melakukan kajian tentang bumi, memperkirakan bumi terbentuk sekitar 4.54 milliar tahun yang lalu. Sedangkan kehidupan yang muncul di bumi mulai pada 1 milliar tahun pertama.

Bumi sering disebut dengan planet biru. Dan juga bumi memiliki diameter sebesar 7.926 mil dan memiliki setidaknya empat lapisan, yaitu lapisan kerak bumi, selimut bumi, inti bumi.

Namun, dari keempat lapisan tersebut masih akan terbagi lagi. Kerak bumi akan dibagi dua menjadi kerak bumi bagian luar dan dalam.

Lalu lapisan selimut bumi akan dibagi menjadi tiga, yaitu lapisan selimut atas, tengah, dan bawah. Sedangkan untuk inti bumi terbagi menjadi dua yakni inti bumi luar dan dalam.

Nah, untuk pembahasan dan penjelasan lebih detail mengenai lapisan bumi, teman-teman bisa menyimak dan membacanya dibawah ini.

Struktur Lapisan Bumi

lapisan bumi - bebasketik.com

Bentuk dari planet bumi bukanlah bulat sempurna seperti bola, melainkan berbentuk bulat oval menyerupai telur burung unta.

Pada bagian atas dan bawah bumi kutub, bagian atas adalah kutub utara dan bagian bawah adalah kutub selatan.

Hal itulah yang menyebabkan adanya tonjolan dibagian sampaing bumi yang biasa disebut dengan garis khatulistiwa.

Kenapa bentuk bumi bulat oval? Yah, karena hal itu disebabkan oleh rotasi bumi yang menimbulkan ukuran diameter lingkaran khatulistiwa lebih besar sekitar 43 km jika dibandingkan dengan diameter kutub bumi.

Pada permukaan bumi juga tidak berbentuk rata atau bulat sempurna, melainkan ada bermacam-macam variasi bentuk. Tetapi, jika diperhatikan secara menyeluruh, ketidakrataan permukaan bumi hanya sekitar 0,17% saja.

Selain itu, bumi juga planet terestial, maksudnya  planet yang memiliki jarak terdekat dengan matahari. Selain bumi, palent merkurius, venus, dan mars juga termasuk kedalam planet terestial.

Bumi termasuk planet karang, artinya komposisi dari lapisan bumi adalah berasal dari bebatuan. Berbeda dengan planet jupiter, saturnus, uranus, dan neptunus yang sebagian besar penyusunya adalah zat gas yang telah terkompresi.

Lapisan Bumi – Kerak Bumi

lapisan bumi - bebasketik.com

Yang pertama dalam lapisan bumi adalah bagian kerak bumi. Lapisan ini merupakan bagian terluar dari planet bumi. Dilapisan inilah manusia dan makhluk lainnya melakukan kelangsungan hidup.

Ketebalan dari kerak bumi ini sekitar diantara 5-70 km. Struktur dan lapisan kerak bumi tersusun dari bebatuan sedimen, batuan metamorf, dan batuan beku.

Namun, bukan hanya batuan saja yang menjadi penyusun dari kerak bumi. Terdapat juga unsur-unsur gas yang membentuk kerak bumi. Diantaranya adalah oksigen sebanyak 46,6%.

Selain itu juga ada beberapa unsurnya kimia yang lain. Diantaranya adalah sebagai berikut dibawah ini :

  1. Silikon sejumlah 27,7%.
  2. Alumunium sebanyak 8,1%.
  3. Magnesium sebesar 2,1%.
  4. Alium sejumlah 2,6%.
  5. Besi senilai 5,0%.
  6. Kalsium sekitar 3,6%.
  7. Natrium kira-kira 2,8%.

Dari pernyataan struktur lapisan bumi diatas, bisa kita lihat bahwa kandungan batuan yang ada tersebar diseluruh area bumi.

Suhu di lapisan kerak bumi juga sangat bervariasi. Mulai dari suhu minus di wilayah kutub selatan dan utara sampai suhu 1.100ºC yang terdapat di perbatasan antara mantel atau selimut bumi dengan kerak bumi.

Karena pada kerak bumi terdapat ketebalan yang berbeda, maka struktur kerak bumi dapat dibagi menjadi 2, yaitu :

  1. Kerak Samudra : Merupakan lapisan paling tipis yang terdapat di kerak bumi, ketebalannya hanya sekitar 5 sampai 15 km saja. Kerak samudra juga sering dikenal dengan sebutan lapisan basaltis. Hal itu disebabkan oleh banyaknya batuan basalt yang menjadi penyusun lapisan kerak bumi ini.
  2. Kerak benua : Adalah bagian kerak bumi yang paling tebal, ketebalannya mencapai 70 km dengan rata-rata ketebalan sekitar 35 km. Kerak ini juga sering dikenal dengan sebutan lapisan garanitis. Hal itu disebabkan karena lapisan ini banyak sekali mengandung batuan granit.

Dalam proses pembentukannya, terdapat tiga jenis batuan yang menjadi unsur penyusun dari lapisan kerak bumi. Berikut ini adalah bebatuan tersebut.

  • Batuan Metamorf atau Malihan

lapisan bumi - bebasketik.com

Batuan ini merupakan perubahan lanjutan dari batuan sedimen maupaun batuan beku yang terdapat pada lapisan kerak bumi. Adanya proses perubahan suhu, ekosistem darat dan laut, dan tekanan yang ada disekitar batu, membuat batuan ini berubah bentuk sesuai dengan kondisi lingkunganya.

Batuan ini juga memiliki beberapa jenis, berikut ini adalah jenis dari batuan metamorf atau malihan.

  1. Batuan metamorf kataklastik : adalah batuan metamorf yang tercipta dari proses pemadatan tekanan yang sangat besar sehingga menjadi batu. Contoh dari batuan metamorf kataklastik adalah batuan filit.
  2. Batuan metamorf termal : ialah jenis batuan yang berada disekitar gunung berapi yang batuan tersebut berdekatan dengan magma. Contoh dari batuan ini adalah batu marmer.
  3. Batuan metamorf dinamo-termal : merupakan batuan metamorf yang mengalami suatu perubahan akibat tekanan yang tinggi serta perubahan suhu yang tinggi. Contoh dari batuan ini adalah batu genes dan amfibolit.
  • Batuan Beku

lapisan bumi - bebasketik.com

Yang kedua adalah batuan beku. Batuan jenis ini merupakan batuan dari struktur bumi yang disebabkan oleh proses pembekuan dari cairan magma yang terdapat didalam perut bumi.

Dalam proses pembekuanya, batuan beku dapat dibagi menjadi 3 jenis. Pembagian tersebut berdasarkan pada cepat atau lambatnya proses pembekuan. Berikut ini adalah jenis pembekuan tersebut.

  1. Bebatuan Korok : Ialah batuan beku yang membeku didalam gang-gang atau korok yang bertempat di permukaan. Dengan prosesnya yang sangat cepat membuat batuan ini seerti batu fosfor.
  2. Batuan Beku Dalam : Merupakan batuan beku yang telah membeku ketika didalam kulit bumi dan membentuk kristal yang ukuranya menyerupai batu granit.
  3. Bebatuan Beku Luar : Adalah jenis batuan yang membeku ketika berada diluar kulit bumi dan membentuk kristal yang berukuran kecil-kecil. Contoh dari batuan ini adalah batu apung.
  • Batuan Sendimen atau Endapan

lapisan bumi - bebasketik.com

Yang terakhir adalah jenis batuan sendimen atau endapan. Sesuai dengan namanya, batuan ini merupakan salah satu batuan yang terbentuk dari batu yang lapuk dan hancur. Batu sendimen atau batu endapan ini merupakan salah satu unsur penyusun kerak bumi yang utama.

Adanya butiran pelapukan pada batu tersebut yang menumpuk dan berlapis-lapis secara bertahun-tahun lamanya dan disertai dengan tekanan, membuat proses pemadatan batuan ini menjadi batun sedimentasi menjadi lebih cepat. Pada umumnya batuan ini terdiri atas batuan kecil, pasir, dan berbagai macam batuan yang lainya.

Lapisan Bumi – Mantel atau Selimut Bumi

lapisan bumi - bebasketik.com

Setelah lapisan kerak bumi, lapisan bumi yang berikutnya adalah lapisan mantel atau selimut bumi. Lapisan bumi ini merupakan lapisan yang paling tebal serta yang paling banyak mengandung magma yang sering kita jumpai ketika proses terjadinya erupsi gunung api meletus.

Ketebalan dari lapisan bumi ini bisa mencapai 2.900 km, struktur pada lapisan mantel ini terdiri dari unsur alumunium, magnesium, kalium, silikon, oksigen, serta besi.

Selain ketebalan yang sangat tebal, lapisan mantel juga sangat panas dengan suhu rata-rata bisa mencapai 3.000ºC.

Mantel bumi juga memiliki beberapa bagian, berikut ini adalah penjelasan tentang bagian-bagian lapisan bumi.

  1. Lapisan mantel bumi bagian bawah : struktur lapisan bumi yang berada di kedalaman sekitar 2.900km. Dan merupakan lapisan yang langsung berbatasan dengan inti bumi.
  2. Lapisan mantel bumi atas : lapisan bumi yang langsung berbatasan dengan kerak bumi dan memiliki kedalaman mencapai 400 km. Selainhal itu, lapisan bumi ini bersifat plastis dan semiplastis yang diakibatkan oleh adanya suhu dan tekanan yang berapa di lapisan ini dan mengalami kesetimbangan.

Lapisan Bumi – Inti Bumi Bagian Luar

lapisan bumi - bebasketik.com

Bagian ini merupakan lapisan bumi yang menyelimuti inti bumi bagian dalam. Suhu yang terdapat pada lapisan inti bumi bagian luar mencapai 2.000ºC.

Pada lapisan ini pula para ahli menyebutnya sebagai pengarah kompas magnetik. Hal itu disebabkan karena ketika planet bumi melakukan rotasi akan mengasilkan magnet bumi.

Ketebalan lapisan inti luar ini sekitar 2.000 km serta memiliki tingkat kepadatan yang sangat tinggi. Meski terdiri dari nikel dan bahan besi yang sangat panas dan cair.

Lapisan Bumi – Inti Bumi Bagian Dalam

lapisan bumi - bebasketik.com

Yang terakhir adalah lapisan inti bumi bagian dalam. Lapisan ini merupakan pusat dari bumi dengan kedalaman mencapai 5.200 km dari lapisan kerak bumi.

Inti bumi bagian dalam memiliki diameter sekitar 2.700 km serta suhu yang sangat tinggi mencapai 4.500ºC bahkan bisa lebih dari itu.

Para peneliti dan ahli geofisika yang melakukan kajian atau penelitian tantang bumi berpendapat bahwa inti bumi memiliki material yang serupa dengan meterit logam yang tercipta dari zat besi dan nikel.

Hal itu menghasilkan hipotesis para peneliti bahwa inti bumi terbentuk atas material yang memiliki sifat pejal dan juga keras serta diselimuti oleh unsur cairam kental dengan suhu yang sangat tinggi tadi.

Komposisi Kimia Penyusun Lapisan Bumi

lapisan bumi - bebasketik.com

Menurut pendapat dari para ilmuwan dan ahli geologi, bahwa unsur kimia penyusun struktur bumi yang paling besar adalah zat besi. Jumlahnya sekitar kurang lebih 35% dari keseluruhan unsur penyusun struktur bumi.

Zat besi tersebut paling banyak berada di bagian lapisan inti bumi, baik itu luar maupun dalam. Sedangkan pada lamisan selimut atau mantel bumi penyusun utamanya ialah senyawa oksigen, silikon, dan magnesium silikat.

Setelah zat besi, unsur terbanyak lainya adalah oksigen. Oksigen ini berada di bagian lapisan udara bumi atau lapisan atmosfer. Gas oksigen sangat berfungsi untuk kelangsungan hidup makhluk di bumi.

Bagi manusia dan hewan oksigen digunakan untuk bernafas, sedangkan untuk tumbuhan digunakan sebagai pembantu dalam proses fotosintesis.

Selain dua zat tersebut, masih ada lagi zat-zat lain yang menjadi penyusun struktur bumi. Yaitu alumunium 0,4%, kalsium 0,6%, belerang 2,7%, silikon 13%, magnesium 17%, dan unsur kimia lainya.

Penutup

Nah, itu tadi kawan pembahasan seputar lapisan bumi. Mulai dari strukturnya, lapisannya, dan lain sebagainya. Semoga tulisan pada artikel ini bisa membantu teman-teman dalam memecahkan masalah yah.

Demikian yang dapat saya tulis pada artikel ini. Saya ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya karena kalian semua telah meluangkan waktunya untuk menyimak postingan ini.

Serta mohon maaf jika ada kesalahan dalam proses penulisan, entah itu typo ataupun ada kata-kata yang salah dan menyinggung teman-teman. Sampai jumpa di postingan yang selanjutnya, bye-bye !!!

Leave a Comment

%d bloggers like this: