Kelebihan Menjadi Santri Mandiri Entrepreneur Center, Wow Banget !!!

  • 4 min read
  • Mar 02, 2018

Kelebihan Menjadi Santri Mandiri Entrepreneur Center – Hello gaes, kembali lagi bersama bebasketik.com. Kalau pada postingan saya beberapa hari yang lalu membahas tentang makanan khas ala santri MEC. Pada postingan kali ini saya akan menulis kelebihan yang bisa kita dapat jika menjadi santri MEC.

Mandiri Entrepreneur Center adalah sebuah lembaga diklat yang sangat bagus. Kenapa sangat bagus?? Karena jika kita masuk di MEC kita akan diberikan bekal kehidupan akhirat dan juga bekal kehidupan dunia. Jarang sekali ada lembaga diklat yang seperti MEC ini.

Itulah kenapa saya memilih masuk MEC setelah lulus Sekolah Menengah Kejuruan. Meski saya mengambil jurusan yang berbeda antara SMK dengan MEC, itu tidak membuat saya patah semangat. Malahan saya lebih semangat belajar saat di MEC dari pada di SMK.

Karena pada saat saya di SMK tidak terlalu memikirkan masa depan, lebih banyak main-mainnya. Kemudian saya bertekad akan bersungguh-sungguh saat di MEC.

MEC mengajarkan berbisnis yang baik dan benar, serta MEC mengajarkan pendidikan agama dan Al-Quran kepada santri. Jika teman-teman ingin lebih tau lagi soal MEC silahkan kunjungi kampuskemandirian.org.

Tidak semua orang bisa masuk MEC. Mandiri Entrepreneur Center hanya dikhususkan kepada meraka yang berstatus yatim. MEC sendiri bergerak di bawah naungan dari Yayasan Yatim Mandiri. Jika teman-teman ingin lebih tahu lagi tentang Yatim Mandiri, kalian bisa mengunjunginya di yatimmandiri.org.

Mandiri Entrepreneur Center mempunyai banyak sekali program. Dari semua program tersebut Mandiri Entrepreneur Center dapat menghasilkan lulusan yang luar biasa.

Berikut adalah kelebihan yang saya dapat setelah dari Mandiri Entrepreneur Center :

1. Mandiri Finansial/Ekonomi

Mandiri Ekonomi - bebasketik.com

Yang pertama adalah mandiri ekonomi/finansial. Maksutnya di sini adalah mandiri dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari dan malahan bisa membantu mencukupi kebutuhan keluarga.

MEC mengajarkan santrinya untuk mandiri khususnya dalam hal ekonomi. Dengan diberikan bekal ilmu akademik, santri di MEC bisa menggunakannya untuk mencari pekerjaan. MEC juga mempunyai banyak sekali jaringan perusahaan.

Jadi setiap santri yang lulus dari Mandiri Entrepreneur Center bisa terjamin pekerjaannya. Alhamdulillah, setelah saya lulus dari MEC saya diterima kerja di PT. Mitra Yatim Mandiri. Saya menempati bagian admin pengadaan dan percetakan di PT. Mitra Yatim Mandiri.

Saya sangat bersyukur bisa diterima kerja di PT. Mitra Yatim Mandiri yang merupakan salah satu jaringan MEC dan juga Mitra dari MEC sendiri. Karyawan di PT. Mitra Yatim Mandiri sangat ramah tamah, meski berbeda-beda asal daerahnya.

Dengan gaji yang cukup, saya bisa menafkahi diri sendiri dan ibu saya di rumah. Sehingga saya tidak membebani ibu dan malah mengurangi beban dari ibu.

2. Mandiri Ibadah

Mandiri Ibadah - bebasketik.com

Selanjutnya adalah mandiri ibadah. MEC sangat menekankan kepada santrinya untuk senantiasa selalu taat beribadah. Maksut dari mandiri ibadah disini adalah santri sudah tidak perlu lagi diingatkan atau ditegur soal ibadah kepada Allah SWT.

Di Mandiri Entrepreneur Center diwajibkan untuk selalu sholat berjamaah di musholla MEC. Dari situlah santri dilatih untuk mandiri ibadah. Selain itu MEC juga mewajibkan santrinya untuk membaca Al-Quran sehari minimal 2 halaman.

Baca juga : Pengalaman Ke Wisata Bahari Lamongan, Diluar Dugaan !!!

Alhamdulillah, dari situlah saya mulai mandiri ibadah hingga sekarang ini. Namun, tidak jarang juga saya khilaf sholat tidak tepat waktu. Tidak jarang juga saya tidak membaca Al-Quran.

Meski begitu saya tetap berusaha untuk senantiasa bisa istiqomah dalam beribadah. Sesuai dengan salah satu tujuan MEC untuk memandirikan santrinya untuk beribadah.

3. Mandiri Belajar

Mandiri Belajar - bebasketik.com

Kemudian adalah mandiri belajar. Maksutnya adalah santri setelah dari MEC diharap tidak berhenti belajar di situ saja. Dan santri diharapkan selalu bersemangat dan jangan lupa untuk selalu belajar. Karena menuntut ilmu hukumnya adalah wajib bagi muslim.

Banyak dari teman-teman saya yang setelah lulus dari Mandiri Entrepreneur Center bekerja sambil menyambi kuliah. Ada yang kuliah mengambil jurusan sesuai dengan jurusannya di MEC. Dan ada juga yang berbeda untuk menambah wawasannya.

Saya sendiri saat ini setelah lulus dari MEC dan resain dari PT. Mitra Yatim Mandiri, saya melanjutkan belajar internet marketing dan Al-Quran di Pesantren Sintesa Magetan. Meski saya saat ini baru 2 mingguan di Sintesa ini sih hehehe.

4. Kemampuan Public Speaking

Public Speaking - bebasketik.com

Kalau yang ini adalah kemampuan berbicara di depan umum/audien. Sebelum saya masuk MEC, saya sangat grogi jika di suruh untuk berbicara di tempat umum.

Ada beberapa program dari Mandiri Entrepreneur Center yang digunakan untuk melatih santrinya berbicara di depan umum.

Yang pertama adalah kultum setiap setelah sholat subuh, magrib, dan isya’. Dari situ saya mulai belajar berbicara di depan umum. Dan sedikit sedikit saya mulai terbiasa berbicara di depan umum. Yang berikutnya adalah program khitobah yang dilakukan seminggu sekali.

Dari kegiatan khitobah inilah saya berlatih menjadi pembawa acara, ceramah, dan lain sebagainya. Khitobah inilah yang menurut saya sangat berpengaruh dengan kemampuan saya berbicara. Karena audiennya lebih banyak dari kultum sehabis sholat subuh, magrib, dan isya’.

5. Ahli Dalam Bidangnya

Ahli Dalam Bidangnya - bebasketik.com

Yang berikutnya adalah ahli dalam bidang yang diambil di MEC. Mandiri Entrepreneur Center selalu menuntut santrinya untuk giat belajar. Ini ditujukan agar santri dapat menguasai bidangnya.

Hal ini demi menunjang kemampuan santri yang kini semakin berat persaingan dalam mencari pekerjaan. Oleh karena itulah MEC selalu memberikan yang terbaik kepada santrinya dalam hal akademik.

Dan bukan akademik saja, ilmu agama juga harus dikuasai oleh semua santri MEC. Alhamdulillah, meski saya tidak mengusai bidang saya sepenuhnya. Saya tidak kecewa dengan apa yang telah diberikan MEC kepada saya.

6. Jiwa Pengusaha

Jiwa Entrepreneur - bebasketik.com

Selanjutnya adalah Mandiri Entrepreneur Center mengajarkan kepada santri untuk tidak selamanya bekerja pada orang. Kedepannya santri MEC diharap mempunyai usaha sendiri meski diawalnya bekerja pada orang.

Mandiri Entrepreneur Center banyak mengundang pengusaha-pengusaha sukses untuk berbagi perngalaman dengan santri MEC. Hal tersebut bertujuan untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur kepada para santri MEC.

Banyak dari santri yang telah lulus dari Mandiri Entrepreneur Center, bekerja sambil merintis menjalankan usahanya. Kebanyakan dari mereka adalah berjualan secar online.

Sedangkan saya sendiri saat ini sedang belajar internet marketing di Pesantren Sintesa Magetan. Supaya bisa menjalankan bisnis online dengan baik dan benar.

7. Mental Yang Kuat

Mental Kuat - bebasketik.com

Yang terakhir adalah mental yang kuat. Mandiri Entrepreneur Center senantiasa menempa mental para santrinya agar menjadi tahan banting demi menghadapi perkembangan jaman yang semakin ketat persaingannya.

Mandiri Entrepreneur Center tidak henti-hentinya memberikan motivasi-motivasi kehidupan agar santrinya tetap bersemangat.

Nah itu tadi kawan, apa-apa yang dapat saya peroleh setelah masuk Mandiri Entrepreneur Center dan lulus. Meski saya belum begitu baik juga mengusai hal-hal yang ada di atas tadi. Tapi setidaknya saya bisa menjadi lebih baik dari sebelum masuk Mandiri Entrepreneur Center.

Terima kasih atas kesetiaannya bersama bebasketi.com. Dan mohon maaf jika saya ada kesalahan. Sampai jumpa di postingan selanjutnya ya gaes!!!.

%d bloggers like this: