√ 9+ Jenis Pupuk Kimia dan Organik Paling Ampuh yang Sering Digunakan Petani

Jenis Pupuk – Hallo gaes, bertemu lagi dengan admin Bebas Ketik. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membahas mengenai jenis pupuk paling ampuh yang digunakan oleh para petani. Baik itu macam macam pupuk kimia ataupun jenis pupuk organik.

Tahukah kamu? Di Indonesia ini banyak sekali warganya yang berprofesi sebagai seorang petani. Dan kebanyakan para petani tersebut mengembangkan sendiri sawah mereka. Mulai dari pemupukan, pengairan, hingga proses panen.

Kalau berbicara mengenai pupuk, maka yang ada di pikiran kita adalah pupuk organik dan pupuk kimia. Pupuk yang digunakan oleh petani pada tanaman sangat berpengaruh dengan hasil panennya. Jadi petani harus pintar dan teliti dalam memilih pupuk.

Sebenarnya ada banyak sekali macam macam pupuk, tapi tidak semua jenis pupuk tersebut ampuh untuk perkembangan tumbuhan kita. Dan setiap jenis tumbuhan memiliki pupuk tersendiri untuk digunakan.

Nah, pada artikel ini akan saya jelaskan satu demi satu jenis pupuk paling ampuh yang digunakan oleh para petani di Indonesia ini. Mulai dari pupuk kimia hingga pupuk organik. Silahkan simak dan baca pembahasan di bawah ini.

Jenis Pupuk Organik

macam macam dan jenis pupuk - bebasketik.com

Apa itu pupuk organik? Ya, definisi pupuk organik adalah sebuah pupuk yang berasal dari makhluk hidup seperti hewan atau tumbuhan yang telah masuk kedalam proses rekayasa.

Bisa disebut dengan pupuk organik apabila keseluruhan atau sebagiannya berbahan organik. Pupuk organik memiliki kelebihan lebih ramah lingkungan dari pada pupuk kimia. Namun, dari segi kualitas perkembangan pada tumbuhan memang sedikit lebih unggul pupuk kimia.

Sekarang ini, pupuk organik mengalami perkembangan yang cukup pesat. Salah satu penyebab perkembangan tersebut adalah karena penggunaan pupuk kimia yang bisa berdampak buruk. Salah satu dampaknya adalah bisa merusak ekosistem.

Jadi para petani lebih memilih pupuk organik agar lingkungan mereka tetap terjaga dan aman. Tapi, juga masih ada sebagian petani yang tetap menggunakan pupuk kimia.

Nah, disini saya akan memberikan daftar jenis pupuk organik paling ampuh dalam perkembangan tumbuhan yang sering digunakan oleh petani. Silahkan disimak dan dibaca dengan seksama.

  • Pupuk Kompos

macam macam dan jenis pupuk - bebasketik.com

Yang pertama adalah pupuk kompos, pupuk jenis ini dihasilkan dari proses pelapukan bahan organik melalui proses biologis dan dengan bantuan organisme yang bersifat dekomposer.

Organisme pengurai atau dekomposer ini bisa yang berjenis mikroorganisme seperti jamur, bakteri, kapang, dan lain sebagainya ataupun makroorganisme seperti cacing tanah, ulat tanah, dan lain sebagainya.

Zaman modern ini, perkembangan dari pupuk kompos mengalami peningkatan. Banyak sekali cara pengomposan dengan menggunakan teknologi modern. Mulai dari prosesnya hingga varian dari dekomposernya.

Sehingga hal itu juga menghasilkan banyak sekali jenis pupuk kompos yang baru seperti pupuk organik cair, pupuk organik tablet, pupuk bokashi, vermikompos, dan lain sebagainya.

  • Jenis Pupuk Kandang

macam macam dan jenis pupuk - bebasketik.com

Yang dimaksud dengan pupuk kandang adalah pupuk yang dihasilkan dari kotoran binatang seperti kerbau, kambing, sapi, unggas, dan lain sebagainya. Karena proses pembuatan yang mudah dan jumlahnya yang melimpah, membuat pupuk ini menjadi dasar pupuk tanaman yang banyak dipakai oleh petani.

Beda dengan pupuk kompos, pupuk kandang hanya perlu didiamkan hingga kotoran hewan kering dan minim kandungan air. Lalu selanjutnya baru bisa untuk digunakan sebagai pupuk tanaman.

  • Pupuk Hayati Organik

macam macam dan jenis pupuk - bebasketik.com

Pupuk jenis ini tersusun dari organisme hidup yang mempunyai suatu keahlian khusus untuk menaikkan kualitas kesuburan tanah dengan menghasilkan nutrisi yang nantinya akan bermanfaat bagi tumbuhan.

Sebenarnya, pupuk ini tidak dianggap pupuk organik oleh menteri pertanian, tetapi dalam penerapannya dilapangan sering dianggap sebagai pupuk organik.

Pupuk hayati adalah jenis pupuk yang bersifat jangka panjang. Hal itu disebabkan karena pupuk ini secara alami menyediakan nutrisi untuk tumbuhan, melarutkan fosfor, dan juga memfikasi unsur N dari atmosfer.

  • Jenis Pupuk Hijau

macam macam dan jenis pupuk - bebasketik.com

Pupuk hijau adalah pupuk yang dihasilkan dari pelapukan tumbuhan, baik itu tumbuhan yang sengaja diambil hijauannya atau hasil dari sisa panen.

Tanaman yang sering digunakan untuk pupuk hijau adalah tanaman jenis leguminose (jenis kacang-kacangan) dan tanaman azola (tanaman air). Kedua jenis tanaman tersebut digunakan karena mempunyai unsur hara yang tinggi, khususnya nitrogen.

Biasanya, sebelum para petani mengolah lahannya, mereka membenamkan pupuk hijau ini kedalam tanah. Hal itu untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami tumbuhan.

Jenis Pupuk Kimia

macam macam dan jenis pupuk - bebasketik.com

Selain pupuk organik, banyak petani yang masih menggunakan pupuk kimia untuk menyuburkan lahan mereka.

Pupuk kimia memiliki keunggulan unsur serta senyawanya yang mudah dan cepat larut, sehingga tanah lebih cepat subur dan tanpa perlu proses penguraian.

Selain itu, pupuk kimia juga memiliki takaran unsur hara yang lebih tepat jika dibandingkan dengan pupuk organik.

Nah, dibawah ini akan saya bahas jenis pupuk kimia paling ampuh yang digunakan oleh para petani. Silahkan baca dengan seksama.

  • Jenis Pupuk ZA (Zwavelzure Amonium)

macam macam dan jenis pupuk - bebasketik.com

Jika kita lihat dari bahan dasar pupuk ZA, maka pupuk ini terbuat dari gas amonium (NH4+) dan juga asam belerang (S). Hal itulah yang menjadi penyebab pupuk ini sering disebut dengan pupuk Amonium Sulfat.

Rumus kimia dari pupuk ini sendiri adalah (NH4)2SO4. Wujud dari pupuk ini adalah butiran kristal yang memiliki variasi warna seperti putih, abu-abu, merah, biru, dan lain sebagainya.

Kandungan yang terdapat dalam pupuk ini adalah 21% unsur hara makro nitrogen (N) yang berfungsi sebagai kation amonium. Lalu juga terdapat kandungan unsur hara makro sekunder sulfur (S) sebagai anion sulfat.

Sifat dari pupuk ZA :

  1. Memiliki sifat mudah menyerap uap air.
  2. Sifat reaksi asam.
  3. Dan reaksinya sedikit lebih lambat.
  • Pupuk Urea (Amonium Carbamide)

macam macam dan jenis pupuk - bebasketik.com

Pupuk urea adalah pupuk kimia yang dihasilkan dari pencampuran gas amoniak (NH3) dan gas asam arang (CO2). Nah, pupuk ini memiliki rumus kimia CO(NH2)2.

Kandungan nitrogen dalam pupuk ini sebesar 46%, jadi setiap 100kg pupuk urea, memiliki kandungan nitrogen sebesar 46kg. Wujud dari pupuk urea adalah kristal dengan warna yang bervariasi antara putih dan merah muda. Pupuk ini juga bersubsidi.

Sifat dari pupuk urea :

  1. Memiliki reaksi yang agak asam.
  2. Mudah terbakar oleh sinar matahari.
  3. Mudah larut oleh air.
  4. Bersifat higrokopis yang mengakibatkan pupuk urea mudah untuk diserap oleh tumbuhan.
  • Jenis Pupuk Dolomite (Kapur Karbonat)

macam macam dan jenis pupuk - bebasketik.com

Memiliki rumus kimia berupa (CaMg(CO3)2). Pupuk ini berguna untuk penyedia unsur hara makro sekunder Ca dan Mg. Berbentuk butiran kasar dan halus.

Sifat pupuk dolomite :

  1. Mempunyai sifat reaksi basa.
  2. Kualitasnya bisa dilihar dari seberapa halus butirannya.
  3. Mudah diserap oleh air dan mudah hancur.
  • Pupuk KCL (Kalium Klorida)

macam macam dan jenis pupuk - bebasketik.com

Pupuk ini memiliki bentuk bubuk atau serbuk berwarna merah. Unsur kalsium (K) yang terkandung dalam pupuk ini adalah 60% dan dalam wujud K2O.

Pupuk KCl terbentuk dari proses ekstraksi mineral kalium. Dan pupuk jenis ini memiliki rumus kimia beruppa KCl.

Sifat dair pupuk KCl :

  1. Reaksi netral sampai asam.
  2. Mudah larut dalam air dan diserap oleh tanaman.
  3. Memiliki sifat racun pada unsur kloridanya.
  4. Bisa berfungsi sebagai pupuk dasar dan pupuk fungsi.
  • Jenis Pupuk SP36 (Super Phospate)

macam macam dan jenis pupuk - bebasketik.com

Terbuat dari asam sulfat atau belerang dan fosfat alam dengan rumus kimia P2O5. Ketika dalam air, kadar P2O5 akan larut minimal 30%. Bentuk dari pupuk ini adalah butiran besar dengan warna abu-abu.

Sifat pupuk SP36 :

  1. Termasuk kedalam reaksi kimia netral.
  2. Jika terkena sinar matahari maka akan mudah terbakar.
  3. Bersifat higroskopis, hal ini membuat pupuk SP 36 bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama di kelembaban udara yang cukup tinggi.
  4. Proses pelarutan dalam air tergolong lambat.
  • Pupuk NPK PHONSKA (Nitrogen Phospate Kalium)

macam macam dan jenis pupuk - bebasketik.com

Memiliki rumus kimia NPK dan terbuat dari nitrogen (N). Berguna untuk menjadi pupuk majemuk. Memiliki kadar air maksimal 2%. Bentuk dari pupuk ini adalah butiran merah muda.

Sifat pupuk NPK :

  1. Reaksi kimia pupuk NPK termasuk kedalam reaksi netral.
  2. Mudah diserap air.
  3. Bisa digunakan untuk pupuk dasar.
  • Jenis Pupuk ZK (Zwavelzure Kali)

macam macam dan jenis pupuk - bebasketik.com

Pupuk ZK memiliki rumus kimia yaitu K2SO4. Pupuk ini berasal dari asam belerang dan kalium. Hal itulah yang menyebabkan pupuk ini juga sering disebut dengan pupuk kalium sulfat. Berbentuk butiran kecil atau serbuk dengan warna putih.

Sifat pupuk ZK :

  1. Sifat reaksi kimianya adalah netral sampai asam.
  2. Dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama.
  3. Bisa digunakan sebagai pupuk susulan dan pupuk dasar.

Penutup

Nah, itu tadi adalah pembahasan mengenai jenis pupuk paling ampuh untuk perkembangan tumbuhan yang banyak digunakan oleh para petani.

Semoga bisa memberikan manfaat kepada kalian semua. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam proses penulisan, baik dalam bentuk typo atau ada kata yang menyinggung kalian.

Dan terima kasih karena telah membaca artikel ini hingga habis. Sampai jumpa lagi di postingan yang berikutnya, tetap bersama Bebas Ketik ya, bye-bye !!!

Leave a Comment

%d bloggers like this: