√ 11+ Jenis Jenis Ikan Paus | Paus Biru, Paus Orca, Paus Bungkuk, Dan Sebagainya [LENGKAP]

  • 7 min read
  • Aug 24, 2021
ikan paus biru - bebasketik.com

Jenis Ikan Paus – Assalamualaikum sahabat Bebas Ketik yang cantik dan ganteng. Pada kesempatan kali ini saya akan membuat postingan tentang jenis jenis ikan paus.

Mulai dari paus biru, paus orca, paus bungkuk, paus belagu, dan lain sebagainya. Selain itu juga akan ada gambar ikan paus terbesar di dunia.

Dan tidak ketinggalan juga akan ada pembahasan tentang fakta dari ikan paus, seperti muntahan ikan paus dan lain sebagainya.

Ikan lodan atau biasa kita kenal dengan ikan paus ini adalah merupakan mamalia berukuran besar yang hidup di air atau laut. Sebenarnya ikan paus bukan tergolong kedalam jenis keluarga ikan. Karena mereka bernafas tidak menggunakan insang, melainkan bernafas menggunakan paru-paru.

Ikan paus sendiri memiliki beberapa ciri ciri, yaitu :

  1. Ikan paus merupakan hewan yang bernafas menggunakan paru-paru.
  2. Berdarah panas.
  3. Paus juga memiliki kelenjar susu.
  4. Mempunya jantung yang terdiri dari empat ruang atau bilik.
  5. Jika ikan paus sudah dewasa mereka akan memiliki rambut.
  6. Berkembang biak dengan cara melahirkan.

Paus juga merupakan ikan purba, nenek moyang dari ikan paus adalah Basilosaurus yang memiliki kepala kecil dan moncongnya yang menonjol serta mempunyai gigi. Basiliosaurus memiliki panjang sekitar 25 meter.

Secara garis besarnya, ikan paus dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu ikan paus bergigi (Odontoceti) dan ikan paus tidak bergigi (Mysticeti).

Ikan paus bergigi biasanya memangsa ikan, sotong, dan mamalia laut lainya serta ikan paus bergigi mempunyai satu lubang alat pernafasan.  Dan juga ikan paus bergigi masih memiliki kekerabatan dengan ikan lumba-lumba dan pesut.

Sedangkan ikan paus yang tidak bergigi memiliki ukuran lebih besar dari pada ikan paus bergigi. Makanan dari ikan paus tidak bergigi ini adalah plankton. Ikan paus tidak bergigi mempunyai dua lubang alat pernafasan.

Nah, ada banyak sekali jenis ikan paus bergigi maupun tidak bergigi. Untuk lebih jelasnya bisa kita simak bersama dibawah ini.

Jenis Ikan Paus Biru

jenis ikan paus - bebasketik.com

Blue Whale atau yang biasa disebut dengan paus biru merupakan jenis ikan paus yang paling besar ukuranya. Bahkan paus biru juga merupakan hewan terbesar yang masih hidup hingga saat ini.

Ukuran ikan paus biru memiliki panjang tubuh sekitar 100 kaki atau 31 meter. Sedangkan berat tubuh seekor paus bisru bisa mencapai berat 150 sampai 500 ton.

Ciri-ciri khusus dari jenis paus ini adalah memiliki sirip belakang yang lebih kecil dan posisinya sedikit turun di sekitar tiga per empat punggungnya. Selain itu, warna dari paus biru juga sangat unik kombinasi dari warna biru dan abu-abu dan dihiasi dengan bintik-bintik diatasnya.

Ikan paus biru termasuk ikan paus yang tidak memiliki gigi, namun ikan paus biru mempunyai struktur yang menyerupai balin di mulut mereka. Hal itu berfungsi untuk menyaring plankton yang merupakan makanannya yang utama.

Jenis Ikan Paus Bungkuk

jenis ikan paus - bebasketik.com

Sebutan dari paus bungkuk ini sangat banyak sekali. Ada yang menyebutnya dengan paus kepala busur, bowhead whale, dan lainsebagainya. Nama latin dari paus bungkuk sendiri adalah Balaenamysticetus.

Penamaan kepala busur pada paus ini diambil dari bentuk rahangnya yang panjang dan melengkung, sehingga jika dilihat paus ini seperti paus cacat yang sebenarnya memang asli seperti itu. Dan juga terlihat seperti sedang membungkuk.

Warna tubuh ikan paus bungkuk ini adalah hitam dan hidup di daerah yang memiliki suhu air laut yang dingin seperti laut artic.

Karena jenis ikan paus ini hidup di daerah suhu dingin, mereka memiliki kulit yang khusus berisi lemak tebal yang mencapai ketebalan 45 sampai 50 cm. Lemak itulah yang berfungsi untuk menjaga suhu tubuh paus bungkuk agar tetap hangat.

Paus ini merupakan jenis ikan paus balin atau tidak bergigi dan hanya memangsa plankton sebagai makanan utamanya.

Beberapa tahun belakangan ini, populasi dari paus bungkuk mulai menurun. Hal ini disebabkan karena ulah oknum yang tidak bertanggung jawab pelaku ekploitasi laut. Sungguh hal ini begitu memprihatinkan, karena jumlah ikan ini yang sudah sedikit dan proses perkembang biaknya yang agak lama.

Jenis Ikan Paus Orca

jenis ikan paus - bebasketik.com

Dalam bahasa inggris, ikan paus ini dikenal dengan sebutan orca whale atau juga biasa disebit dengan free willy. Nama lain dari paus ini adalah ikan paus pembunuh.

Kenapa dinamakan paus pembunuh? Ya, karena jenis ikan paus ini adalah ikan paus bergigi dan memakan ikan lainnya seperti lumba-lumba, hiu, anjing laut, dan hewan laut lainya. Selain itu ikan paus orca menjadi pemuncak konsumen dalam rantai makanan ekosistem akuatik atau air.

Hewan ini merupakan karnivora terbesar didunia yang masih hidup hingga saat ini. Paus orca juga merupakan hewan yang hidup dalam kelompok. Biasanya dalam suatu kelompok ikan paus orca terdiri dari 5 sampai 30 ekor paus orca.

Bahkan pernah ditemukan suatu kelompok paus orca berjumlah 100 ekor lebih. Dalam suatu kelompok tersebut, akan dipimpin oleh seekor paus orca betina.

Jenis ikan paus orca dapat kita temukan hampir disetiap perairan yang ada di bumi ini. Usia dari paus orca bisa mencapai 60 tahun dan ukurannya bisa mencapai 32 kaki atau sekita 10 meter.

Selain itu, paus orca juga termasuk hewan dengan kecerdasan otak yang tinggi. Orca mempunyai panjang sirip dorsal dengan tubuh yang besar dipungungnya. Warna tubuhnya hitam dan ada warna putih di bagian bawah serta di belakang matanya.

Ikan Paus Beluga

jenis ikan paus - bebasketik.com

Selanjutnya adalah jenis ikan paus beluga. Paus beluga memiliki sebutan lain yaitu paus putih. Penampilan dari ikan paus yang satu ini agak berbeda dengan jenis ikan paus lainya.

Ikan paus beluga mirip seperti ikan lumba-lumba dan memiliki warna kulit putih serta sirip bagian belakang yang begitu minim.

Bentuk kepala dari paus beluga berbentuk bulat dengan dahi sedikit menonjol. Juga merupakan jenis ikan paus bergigi. Dalam berburu mangsa, ikan ini harus menyelam hingga 300 meter ke bawah laut untuk menemukan mangsanya.

Ikan ini bisa hidup di daerah dengan suhu air laut yang dingin seperti di daerah laut artic dan greenland. Selain itu, habitat ikan paus beluga bisa kita jumpai di daerah laut Rusia.

Ukuran tubuh paus beluga bisa menyentuh angka 18 kaki atau 5,5 meter dan berat mencapai 3500 pound atau 1,5 ton. Dalam tubuh paus beluga, terdapat lapisan lemak setebal 5 inci atau 13 cm yang berfungsi untuk melindungi suhu tubuhnya dari suhu yang dingin.

Jenis Ikan Paus Sperma

jenis ikan paus - bebasketik.com

Paus dengan nama latin Physeter macrocephalus ini adalah mamalia laut yang memiliki otak terbesar. Ukuran otak paus sperma memiliki berat sekitar 20 pound atau sama dengan 9 kg. Paus sperma termasuk kedalam jenis ikan paus bergigi.

Ukuran tubuh paus sperma bisa mencapai panjang 67 kaki atau 21 meter dengan berat tubuhnya sekitar 56 ton ketika sudah mulai dewasa. Lubang pernafasan dari hewan laut ini berjumlah 1.

Selain itu, hewan ini memiliki kepala yang lebar serta di mulutnya terdapat deretan atau susunan gigi tajam yang rapi.

Pengambilan nama sperma pada paus ini disebabkan karena paus ini bisa menghasilkan cairan spremaceti yang dikeluarkan dari kepalanya. Untuk habitatnya sendiri, ikan paus sperma banyak ditemukan di sebagian besar lautan.

Ikan Paus Abu-Abu

jenis ikan paus - bebasketik.com

Dalam bahasa Inggris, ikan paus ini biasa disebut dengan nama Gray Whale. Sedangkan dalam bahasa latin, biasa dikenal dengan nama Eschrichtius Robustus.

Paus abu-abu termasuk kedalam jenis ikan paus tidak bergigi atau paus balin. Paus abu-abu juga bermigrasi setiap tahunnya untuk berkembang biak dan mencari sumber makanan.

Ukuran tubuh dari ikan paus abu-abu dapat memiliki panjang hingga 16 meter sedangkan beratnya bisa mencapai 36 ton. Selain itu, ikan paus abu-abu bisa hidup hingga 50 sampai 60 tahun.

Sesuai namanya, ikan paus abu-abu memiliki warna tubuh abu-abu dan memiliki bintik-bintik putih pada kulit yang sedikit gelap.

Sifat dari paus abu-abu sangatlah galak, dan akan memberikan serangan bila mereka merasa terancam atau terganggu.

Jenis ikan paus ini juga sering menyelam dengan kecepatan yang tinggi. Hal itu digunakan paus abu-abu untuk mengusir parasit-parasit yang menggangu atau menempel di tubuhnya.

Jenis Ikan Paus Sirip

jenis ikan paus - bebasketik.com

Fin Whale, begitulah sebutanya dalam bahasa Inggris. Paus sirip ini mempunyai nama latin Balaenoptera Physalus. Hewan ini merupakan mamalia yang hidup di laut dan termasuk kedalam sub ordo paus baleen. Maksudnya adalah termasuk kedalam jenis ikan paus tidak bergigi.

Ikan paus sirip merupakan ikan paus terbesar kedua setelah ikan paus biru. Ukuran tubuhnya bisa mencapai panjang 27 meter atau 90 kaki dengan berat sekitar 70 sampai 150 ton.

Ciri-ciri khusus dari ikan paus ini adalah memiliki tubuh yang ramping, warna kulit yang abu-abu kecoklatan dengan bagian bawahnya berwarna putih pucat.Makanan utama dari ikan paus sirip adalah plankton.

Ikan paus sirip atau fin whale ini termasuk kedalam hewan yang hampir punah, karena jumlahnya yang sudah mulai berkurang akibat perburuan yang tidak bertanggung jawab.

Ikan Paus Sikat Selatan

jenis ikan paus - bebasketik.com

Jenis ikan paus yang memiliki nama latin Eubalaena australis ini masih termasuk kedalam jenis ikan paus balin atau ikan paus yang tidak memiliki gigi.

Paus ini mempunyai callosities di atas kepala, pada punggungnya tidak terdapat sirip, serta memiliki mulut yang melengkung panjang dari posisi atas mata.

Warna ikan ini berwarna abu-abu sangat gelap hampir ke warna hitam, terkadang ada juga ikan paus sikat selatan yang mempunyai bercak putih di bagian bawah tubuhnya.

Meskipun paus sikat selatan memiliki tubuh yang tipis, namun beratnya bisa mencapai 70 sampai 100 ton dan panjangnya bisa mencapai 18 meter.

Ciri khas paus sikat selatan ini adalah memiliki bentuk lubang hidung seperti huruf V dan biasanya terdapat semacam panu di daerah kepalanya.

Ikan Paus Sikat Pasifik Utara

jenis ikan paus - bebasketik.com

Setelah ikan paus sikat selatan, berikutnya adalah ikan paus sikat pasifik utara. Ikan paus sikat pasifik utara biasa disebut dengan ikan paus sei.

Sekarang ikan ini sangat sulit untuk dijumpai, karena adanya pemburuan besar-besaran pada abad ke-19 sampai abad ke-20.

Sesuai namanya, habitat ikan paus ini adalah di daerah perairan pasifik utara. Paus ini termasuk kedalan jenis ikan paus tidak bergigi atau paus balin.

Ukuran tubuh paus ini bisa mencapai panjang 20 meter dan berat sekitar 45 ton. Setiap harinya ikan paus sikat pasifik utara memakan rata-rata 900 makanan.

Ikan paus sikat pasifik utara merupakan ikan paus yang terbesar ketiga setelah ikan paus biru dan ikan paus sirip.

Ikan Paus Sikat Atlantik Utara 

jenis ikan paus - bebasketik.com

Selanjutnya adalah ikan paus sikat atlantis utara. Habitat hewan ini adalah di wilayah perairan atlantik bagian utara. Karena ikan paus jenis ini menyukai perairan yang suhunya agak dingin.

Ukuran panjang dan berat hewan ini mirip dengan ikan paus sikat lainya. Panjangnya bisa mencapia 11 sampai 17 meter dan beratnya bisa menyentuh angka 17 ton ketika masuk dewasa. Mamalia laut yang satu ini termasuk kedalam jenis ikan paus balin atau tidak bergigi.

Dari data terakhir dari hewan ini, menunjukan bahwa jumlah ikan paus ini hanya tinggal 300 ekor saja. Hal ini sangat memprihatinkan karena bisa membuat hewan langka ini punah dari muka bumi.

Ikan Paus Minke

jenis ikan paus - bebasketik.com

Paus minke atau bisa juga disebut dengan paus rorqual kecil. Hewan laut ini merupakan mamalia yang hidup di laut.

Selain itu, ikan ini juga termasuk kedalam jenis ikan paus balin atau tidak bergigi. Paus minke merupakan jenis ikan paus balin paling kecil kedua.

Ukuran tubuh ikan paus minke memiliki panjang sekitar 7 sampai 8 meter dan berat sekitar 14 ton. Masa hidup dari ikan ini adalah sekitar 30 sampai 50 tahun.

Paus minke sering dijumpai di perairan bagian utara bumi. Warna dari paus ini adalah abu-abu dengan bagian bawahnya yang berwarna putih.

Ikan paus ini merupakan jenis ikan paus yang paling sering diburu oleh manusia. Yang paling banyak memburu ikan ini adalah masyarakat nelayan negara Jepang.

Ikan Paus Narwhal

jenis ikan paus - bebasketik.com

Paus narwhal termasuk kedalam ikan paus bergigi. Habitat dari ikan paus ini adalah di daerah kutub utara bumi. Ikan paus narwhal masih satu keluarga dengan ikan paus beluga.

Hewan ini cukup unik karena memiliki tanduk yang memanjang di kepalanya seperti seekor unicorn namun lebih panjang lagi. Tanduk tadi hanya dimiliki oleh paus narwhal jantan saja. Fungsi dari tanduk tersebut adalah untuk melindungi dirinya ketika ada ancaman atau serangan dari hewan laut lainnya.

Selain untuk melindungi dir, tanduk tadi juga berfungsi untuk menarik perhatian betina.

Ikan paus narwhal ini memiliki warna tubuh abu-abu dengan dihiasi bercak-bercak warna putih. Namun, ketika paus narwhal masih muda, warna mereka cenderung lebih kecoklatan.

Jenis Ikan Paus Pilot

jenis ikan paus - bebasketik.com

Yang terakhir adalah ikan paus pilot. Jenis ikan paus ini memiliki dua jenis, yaitu paus pilot dengan sirip panjang dan paus pilot dengan sirip pendek.

Habitat dari ikan paus pilot ini hampir bisa ditemukan disetiap wilayah perairan di bumi. Dimana ikan paus pilot bersirip pendek biasanya ditemukan di daerah perairan bersuhu dingin.

Dan ikan paus pilot bersirip panjang biasanya sering ditemukan di daerah perairan tropis ataupun sub tropis.

Ikan paus pilot memiliki intelegensia yang sangat luar biasa serta mempunyai kecenderungan hidup di wilayah perairan yang mempunyai kedalam yang rendah.

Hal itu menyebabkan ikan ini jarang sekali terlihat muncul dipermukaan. Mungkin akan terlihat ketika mereka mengambil nafas ke permukaan saja.

Penutup

Itu tadi adalah pembahasan tentang jenis ikan paus. Tak terasa kita sudah pada mencapai akhir dari pembahasan tersebut. Mungkin dari artikel saya ini masih banyak lagi yang belum terbahas.

Saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca postingan ini.

Ucapan maaf juga tak lupa saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam penulisan. Sampai bertemu kembali di postingan yang berikutnya, bye-bye !!!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: