√ Miris 13+ Hewan Langka di Indonesia yang Terancam Punah dan Harus Dilindungi

  • 7 min read
  • May 03, 2018
hewan langka di indonesia yang terancam punah dan dilindungi - bebasketik.com

Hewan Langka di Indonesia – Menurut pandangan dunia, Indonesia adalah negara yang memiliki banyak sekali spesies satwa. Mulai dari hewan darat, burung, dan binatang laut. Selain itu, Indonesia juga dianggap mempunyai keindahan alam yang sangat luar biasa indah.

Hal itu disebabkan karena di Indonesia masih banyak sekali hutan yang masih terjaga. Alasan itu pula yang membuat negara Indonesia mendapat julukan sebagai paru-paru dunia. Dan juga negara Indonesia termasuk kedalam negara kepulauan terbesar. Sehingga wilayah laut Indonesia sangatlah luas.

Namun, beberapa tahun terakhir ini banyak sekali oknum yang tidak bertanggung jawab membuka lahan di hutan dengan ilegal. Pembukaan lahan di hutan secara ilegal tersebut membuat hewan dan satwa di hutan kehilangan tempat tinggalnya.

Karena para binatang tersebut kehilangan tempat tinggal, mereka banyak yang mati karena kelaparan maupun karena pemburuan liar. Sehingga, banyak hewan langka di Indonesia yang terancam punah dan harus dilindungi.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh hewan langka di Indonesia yang terancam punah dan harus dilindungi. Berikut ini adalah penjelasannya.

Hewan Langka di Indonesia – Komodo

hewan langka di indonesia yang terancam punah dan dilindungi - bebasketik.com

Binatang yang memiliki nama latin Varanus komodoensis ini merupakan salah satu hewan langka di Indonesia dan terancam punah. Secara umum, faktor utama yang menyebabkan komodo menjadi hewan langka adalah karena kegiatan manusia yang bisa memperkecil alam tempat tinggal komodo.

Satwa komodo pertama kali didokumentasikan oleh orang bangsa Eropa pada tahun 1910. Kepopuleran komodo menjadi sangat terkenal akibat dokumentasi tersebut pada tahun 1912. Direktur museum zoologi di Buitenzorg (saat ini Bogor), Twitter Anthony Ouwens membuat sebuah paper yang membahas tentang komodo setelah ia mendapatkan kulit dan foto dari reptil ini.

Satwa komodo juga termasuk kedalam spesies kadal raksasa. Saat ini jumlah populasi komodo megalami penurunan yang drastis. Alasan itulah yang membuat pemerintah Indonesia menetapkan komodo sebagai salah satu hewan yang dilindungi dan langka.

Selain itu, pemerintah Indonesia juga mendirikan tempat perlindungan khusus bagi komodo. Tempat tersebut berupa taman nasional yang berada di Pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang dan Gili Dasami, Nusa Tenggara Timur.

Ditempat tersebut, satwa komodo bisa hidup secara bebas. Dan hasil dari usaha pemerintah tersebut membuat jumlah populasi komodo tidak mengalami penurunan yang drastis lagi.

Hewan Langka di Indonesia – Kanguru Wondiwoi

hewan langka di indonesia yang terancam punah dan dilindungi - bebasketik.com

Hewan langka di Indonesia selanjutnya adalah Kanguru Wondiwoi. Mendengar kata kanguru pasti yang terpikirkan didalam kepala kita adalah kanguru di Australia yang mempunyai tubuh besar dan hidup di darat.

Nah, ternyata di Indonesia juga terdapat spesies kanguru kawan. Satwa tersebut adalah kanguru wondiwoi yang asli berasal dari Indonesia, tepatnya endemik pulau Papua.

Kanguru wondiwoi sedikit berbeda dengan kanguru yang ada di Australia. Kanguru ini memiliki ukuran yang lebih kecil serta lebih sering hidup di atas pohon. Warna dari bulu kanguru wondiwoi berwarna coklat kemerahan di bagian punggungnya dan berwarna putih kekuningan di bagian perutnya.

Satwa langka ini pertama kali ditemukan oleh seorang peneliti binatang bernama Ernest Meyer. Kanguru wondiwoi memiliki nama latin Dendrolagus mayri. Menurut para peneliti, berat dari seekor kanguru wondiwoi berkisar 9,25 kg.

Untuk jumlah dan populasi dari hewan ini kurang diketahui secara detailnya. Akan tetapi, menurut daftar merah yang dikeluarkan oleh IUCN atau International conservation Nature and Natural jumlah populasi kanguru wondiwoi hanya tinggal 50 ekor saja.

Karena jumlahnya yang tinggal 50 ekor tersebut. Pemerintah memasukkan kanguru wondiwoi kedalam salah satu spesies hewan langka di Indonesia yang terancam punah dan harus dilindungi.

Hewan Langka di Indonesia – Jalak Bali

hewan langka di indonesia yang terancam punah dan dilindungi - bebasketik.com

Burung jalak bali merupakan salah satu binatang langka di Indonesia yang terancam punah. Jalak bali pertama kali ditemukan oleh seorang ahli hewan yang berasal dari negara Inggris pada tahun 1912. Nama ahli tersebut adalah Walter rostchild.

Nama ilmiah dari burung ini adalah Leucopsar rothschildi. Pengambilan nama tersebut berdasarkan nama orang yang menemukan binatang ini pertama kali, yakni Walter rostchild.

Jalak bali hanya dapat kita jumpai di wilayah pulau bali saja. Terutama di daerah hutan bagian barat pulau Bali. Dan burung ini juga merupakan satwa khas yang berasal dari Bali. Selain itu, pada tahun 1991, burung jalak bali secara resmi dinobatkan sebagai lambang fauna khas pulau dewata Bali.

Karena hewan ini hanya dapat ditemukan di Bali dan merupakan hewan langka, pemerintah menetapkan burung endemik ini sebagai hewan langka yang harus dilindungi dan terancam punah.

Banyak kebun binatang besar yang ada di seluruh dunia menerapkan suatu program pelestarian untuk burung jalak bali. Hal itu bertujuan untuk mencegah kepunahan dari burung jalak bali yang jumlahnya semakin berkurang tersebut.

Hewan Langka di Indonesia – Harimau Sumatera

hewan langka di indonesia yang terancam punah dan dilindungi - bebasketik.com

Sekarang ini jumlah populasi dari harimau sumatera diperkirakan tidak lebih dari 300 ekor, baik di penangkaran maupun alam liar. Alasan itulah yang membuat WWF atau World Wildlife Fund menetapkkan harimau sumatera sebagai salah satu dari 6 sub spesies harimau yang masih bisa bertahan hidup hingga saat ini.

Menyempitnya habitat asli harimau sumatera merupakan penyebab utama menurunnya jumlah populasi satwa ini. Namun, pemburuan liar juga menjadi faktor lain menurunnya populasi harimau sumatera .

Harimau sumatera memiliki ciri khas dibandingkan harimau yang lainnya. Harimau ini memiliki kulit yang lebih gelap yakni kuning kemerah-merahan dan orange tua. Ciri lainnya adalah ukuran tubuhnya yang lebih kecil dibandingkan dengan sub spesies harimau yang lainnya.

Hewan Langka di Indonesia – Musang Congkok

hewan langka di indonesia yang terancam punah dan dilindungi - bebasketik.com

Binatang langka yang terancam punah di Indonesia yang berikutnya adalah musang congkok. Satwa yang terancam punah ini memiliki berat sekitar 5 kg dan ukuran panjang tubuhnya sekitar 71 cm dari ujung ekor sampai ujung kepala.

Habitat dari musang congkok bisa kita temukan di daerah Provinsi Aceh dan disekitar pegunungan di Provinsi Sumatera Barat. Dan hewan ini biasanya berada diatas pohon. Tapi, tidak jarang juga dia mencari makanan di tanah.

Satwa ini cukup gesit dalam memanjat pohon dan makanan kesukaannya adalah mamalia kecil dan beberapa spesies serangga kecil. Binatang ini mempunyai kulit berwarna putih kekuningan dan terdapat garis dan bintik hitam.

Hewan Langka di Indonesia – Anoa

hewan langka di indonesia yang terancam punah dan dilindungi - bebasketik.com

Hewan yang terancam punah selanjutnya adalah anoa. Binatang ini berasal dari Pulau Sulawesi khususnya di provinsi Sulawesi Tenggara. Satwa ini juga termasuk kedalam hewan peliharaan Asiatis dan Australis.

Anoa sudah ditetapkan menjadi hewan langka dan terancam punah sejak tahun 1960. Dan pada satu dekade terakhir ini, jumlah populasi anoa mengalami penurunan yang sangat drastis.

Menurut para ahli binatang, jumlah anoa yang ada di alam liar maupun penangkarang tidak lebih dari 5000 ekor. Faktor penyebab paling utama adalah kegiatan manusia yang memburu anoa secara terus menerus.

Biasanya, manusia memburu anoa untuk mengambil tanduk serta kulitnya dan juga dagingnya. Secara umum, anoa memiliki dua jenis spesies yaitu anoa daratan dan anoa pegunungan.

Hewan Langka di Indonesia – Singapuar

hewan langka di indonesia yang terancam punah dan dilindungi - bebasketik.com

Bangsa Indonesia harusnya bangga karena memiliki satwa Singapuar. Karena singapuar merupakan primata terkecil yang hidup di dunia. Hewan langka di Indonesia ini hanya memiliki berat sekitar 80-140 gram dan panjang tubuh hanya sekitar 12-15 cm. Hal itulah yang membuat singapuar memang layak dianggap sebagai primata paling kecil di dunia.

Singapuar mempunyai sepasang bola mata yang sangat besar dengan ukuran yang melebihi ukuran otaknya sendiri. Kalau kita lihat dengan sekilas, mata tersebut mirip dengan mata burung hantu. Dan, ternyata mata singapuar tersebut hanya bisa digunakan di malam hari.

Hewan langka di Indonesia ini memiliki habitat asli di kepulauan Kalimantan. Selain itu juga bisa ditemukan di kepulauan Riau, dan kepulauan Sumatera bagian selatan dan tenggara.

Hewan Langka di Indonesia – Orangutan Kalimantan dan Orangutan Sumatera

hewan langka di indonesia yang terancam punah dan dilindungi - bebasketik.com

Di negara Indonesia saat ini hanya memiliki dua jenis orangutan yaitu orangutan kalimantan dan orangutan sumatera. Dan mirisnya kedua jenis orangutan tersebut terancam punah dan harus dilindungi.

Namun, dari kedua jenis orangutan tersebut yang paling terancam mengalami kepunahan adalah orangutan sumatera. Menurut data dari IUCN pada 75 tahun terkahir, jumlah populasi orangutan sumatera mengalami penurunan sebasar 80%.

Orangutan merupakan hewan langka di Indonesia dan hanya bisa ditemukan di beberapa wilayah Indonesia saja. Tepatnya di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Hewan Langka di Indonesia – Pesut Mahakam

hewan langka di indonesia yang terancam punah dan dilindungi - bebasketik.com

Ikan pesut mahakam merupakan salah satu mamalia air yang hidup daerah air tawar. Nama latin dari satwa ini adalah Orsela brevirostris dan masih memiliki hubungan kekerabatan dengan lumba-lumba, serta banyak juga yang menyebut peust mahakam sebagai lumba-lumba air tawar.

Berdasarkan data pada tahun 2007, jumlah populasi dari binatang ini hanya terseisa sekitar 50 ekor saja. Karena itulah hewan ini termasuk kedalam hewan langka di Indonesia yang terancam punah dan harus dilindungi.

Ikan pesut mahakam menempati urutan pertama dari fauna Indonesia yang terancam punah. Banyak sekali faktor yang menyebabkan populasi hewan ini menurun.

Mulai dari penurunan pasokan makanan, aktivitas kapal yang lalu lalang, hingga penggunaan zat beracun yang digunakan para nelayan tidak bertanggung jawab untuk menangkap ikan.

Hewan Langka di Indonesia – Macan Tutul Jawa

hewan langka di indonesia yang terancam punah dan dilindungi - bebasketik.com

Sekarang ini, spesies kucing besar yang masih bisa bertahan di pulau jawa adalah macan tutul jawa. Sebelumnya terdapat juga harimau jawa, tapi sudah mengalami kepunahan sejak lama.

Hewan langka di Indonesia dan pulau jawa ini memiliki nama latin Panthera pardus melas. Satwa ini merupakan salah satu dari 9 sub spesies macan tutul. Serta macan tutul jawa adalah hewan endemik di Pulau Jawa.

Menurut data yang dikeluarkan oleh International The Conservation Nature and Natural Resources, jumlah populasi dari macan tutul jawa hanya tersisa tidak lebih dari 300 ekor saja.

Miris sekali, karena alasan itulah pemerintah Indonesia menetapkan macan tutul jawa menjadi hewan langka di Indonesia yang terancam punah dan harus dilindungi.

Hewan Langka di Indonesia – Monyet Hitam Sulawesi

hewan langka di indonesia yang terancam punah dan dilindungi - bebasketik.com

Satwa yang mempunyai nama latin Macaca nigra ini merupakan hewan endemik dari pulau Sulawesi khususnya adalah di Sulawesi Utara. Beberapa orang juga menyebut monyet hitam sulawesi dengan nama monyet jambul.

Selain itu, monyet hitam sulawesi juga memiliki nama lain yaitu Celebes black ape, Sulawesi macaque, Celebes crested macaque, dan Gorontalo macaque. Sedangkan untuk orang sekitar menyebutnya dengan nama Yaki, Dihe, Atau Bolai.

Ciri khas dari hewan ini adalah warna bulu dan kulitnya yang hitam serta terdapat jambul di kepala. Beberapa tahun terakhir, jumlah populasi dari satwa ini mengalami penurunan yang signifikan.

Karena alasan itulah pemerintah menetapkan binatang ini sebagai hewan langka di Indonesia yang terancam punah dan wajib dilindungi. Penyebab paling utama dari penurunan jumlah tersebut adalah karena pembukaan lahan di hutan yang mempersempit habitat monyet hitam Sulawesi.

Hewan Langka di Indonesia – Gajah Sumatera

hewan langka di indonesia yang terancam punah dan dilindungi - bebasketik.com

Hewan langka di Indonesia yang selanjutnya adalah gajah sumatera. Satwa ini memiliki nama latin  Elephas maximus. Hewan ini termasuk kedalam hewan yang terancam punah menurut data dari IUCN.

Selain itu, data dari IUCN tersebut juga menyebutkan bahwa seluruh spesies gajah asia terancam mengalami kepunahan.Faktor penyebab yang paling utama adalah pemburuan liar yang tidak bertanggung jawab.

Para pemburu tersebut mengabil gading gajah untuk dijual di pasar gelap. Selain itu, pembukaan lahan secara ilegal juga menjadi penyebab utama gajah sumatera mengalami penuruan populasi.

Ada sebuah opini menarik mengenai gajah. Opini tersebut adalah dibeberapa negara asia, ada yang menganggap gajah sebagai makhluk mitologi.

Hewan Langka di Indonesia – Badak Jawa dan Badak Sumatera

hewan langka di indonesia yang terancam punah dan dilindungi - bebasketik.com