√ 61+ Contoh Majas Simile dan Pengertiannya [LENGKAP]

  • 6 min read
  • May 11, 2018
macam macam majas - bebasketik.com

Contoh Majas Simile – Assalamualaikum, hai teman-teman setia portal Bebas Ketik. Sebuah benang sari dan juga putik, semoga tetap betah dengan Bebas Ketik. Semoga teman-teman semua selalu dalam keadaan sehat dan semoga cepet dipertemukan dengan jodohnya bagi yang masih jomblo hehehe.

Sebelumnya kalian pasti sudah mengetahuikan apa yang dimaksud dengan pengertian majas. Ya, majas ialah merupakan suatu gaya bahasa. Nah, saat kita melakukan suatu aktivitas berkomunikasi maka secara otomatis kita pasti akan menggunakan suatu gaya bahasa tersebut.

Entah itu gaya bahasa yang kita gunakan dalam kondisi sadar ataupun dalam kondisi diluar kesadaran kita. Manfaat dari pemakaian majas atau gaya bahasa ialah untuk menekankan dan memperjelas kesan dari sesuatu yang kita sampaikan kepada seseorang.

Selain hal tersebut, majas atau gaya bahasa juga dapat digunakan untuk mempermudah kesan atau maksud yang kita sampaikan kepada seseorang. Dan juga bisa berfungsi menjadikan sesuatu yang kita sampaikan menjadi lebih efektif dan sugestif.

Untuk fungsi majas dalam suatu karya sastra adalah untuk menumbuhkan kesenangan imajinatif. Serta majas juga dapat berguna untuk medampah imaji kita, sehingga hal itu akan membentuk hal-hal yang bersifat abstrak menjadi kongkrit dan menjadi dapat lebih enak untuk didengar oleh para pembaca.

Selanjutnya ialah berfungsi untuk menambah intensitas perasaan dari seorang penulis atau pengarang dalam kegiatan menyampaikan makna, kesan, dan sikapnya.

Dan yang terakhir ialah guna menambah makna atau maksud yang akan kita sampaikan serta cara untuk menyampaikan suatu hal dengan bahasa yang efektif dan singkat.

Untuk jenis gaya bahasa atau majas ini juga memiliki banyak sekali macam macam majas. Mulai dari majas yang menyindir seperti majas sindiran, majas ironi, dan majas sarkasme. Ada juga majas yang mempunyai kesan sombong seperti majas hiperbola. Dan ada pula majas yang memiliki kesan merendah seperti majas litotes.

Pada kesempatan yang sebelum ini saya telah menjelaskan mengenai contoh majas metonimia dan pengertiannya. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk memberikan penjelasan mengenai contoh majas simile beserta dengan pengertiannya.

Dari sekian banyak gaya bahasa atau majas yang terdapat dalam sastra Indonesia, majas simile adalah salah satu majas yang paling sering kita gunakan. Baik itu penggunaan dalam komunikasi sehari-hari maupun yang kita gunakan dalam karya seni sastra.

Baiklah, kita langsung saja menuju ke penjelasan tentang contoh majas simile. Tapi, sebelum kita menuju pembahasan tentang maja simile, akan lebih baik jika kita mengetahui tentang pengertian majas simile terlebih dulu.

Pengertian Majas Simile

contoh majas simile - bebasketik.com

Saya yakin bahwa teman-teman pernah atau masih menjadi seorang pelajar di bangku sekolah. Jika iya, maka kalian pasti akan mengerti tentang pengertian majas simile ini.

Karena pembahasan mengenai pengertian majas simile sudah kewajiban untuk disampaikan ketika kita di bangku sekolah. Namun, disini saya akan mencoba untuk memberikan penjelasan kembali mengenai pengertian majas simile.

Apa yang dimaksud dengan majas simile? Yah, pengertian majas simile ialah merupakan suatu gaya bahasa atau jenis majas yang membandingkan antara dua hal dengan menambahkan kata penghubung seperti umpama, bak, layaknya, bagai, ibarat, dan lain sebagainya.

Dan hal tersebut dijelaskan secara eksplisit atau jelas. Majas ini hampir mirip dengan majas perumpamaan atau asosiasi. Majas simile merupakan salah satu jenis majas yang termasuk kedalam kategori majas perbandingan.

Kenapa termasuk kedalam majas perbandingan? Yah, karena sesuai dengan pengertiannya tadi bahwa majas simile adalah membandingkan dua kalimat dengan menggunakan kata umpama, bak, layaknya, bagai, ibarat, dan lain sebagainya.

Jika kalian belum memahami tentang pengertian majas simile ini, teman-teman bisa melihat beberapa contoh majas simile dibawah ini.

Mungkin teman-teman akan langsung bisa memahami apa yang dimaksud dengan pengertian majas simile jika sudah melihat contohnya dibawah ini.

Contoh Contoh Majas Simile

macam macam majas - bebasketik.com

Setelah kita mengetahui pengertian dari majas simile, selanjutnya adalah pembahasan mengenai contoh majas simile yang sering kita gunakan. Baik itu di dalam suatu karya sastra ataupun yang kita gunakan dalam komunikasi sehari-hari.

Tetapi, contoh majas simile paling sering kita jumpai pada suatu karya sastra seperti puisi, pantun, drama, teater, atau yang lainnya. Kita akan sedikit susah untuk menemukan majas ini dalam komunikasi sehari-hari.

Kenapa kok jarang digunakan dalam komunikasi sehari-hari? Yah, karena majas ini termasuk jenis majas yang memiliki makna yang dalam. Serta jika kita akan terlihat aneh bila menggunakan majas ini dalam komunikasi sehari-hari.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh majas simile yang sering digunakan dalam sebuah karya sastra maupun dalam komunikasi sehari-hari. Berikut ini adalah penjelasan secara detailnya.

1. Contoh Majas Simile Dalam Puisi

macam macam majas - bebasketik.com

Berikut ini adalah contoh majas simile dalam suatu karangan puisi.

Waktu

Waktu seperti burung yang tak pernah hinggapan
Menjalani hari-hari rubuh tanpa harapan dan ratapan
Sayap-sayap mu’jizat berkibar dengan lihai

Waktu bagaikan butiran air laut
Dengan lantunan dan tangis angin silir
Berpejam kelopak dan pelesir tanpa akhir

Penjelasan :

Pada puisi diatas yang mengandung contoh majas simile terdapat pada bagian bait pertama baris pertama yang berbunyi “Waktu seperti burung yang tak pernah hinggapan”.

Pada kalimat tersebut terdapat kata “seperti” yang membandingkan antara waktu dengan seekor burung yang tak pernah hinggap di pohon. Makna dari kalimat tersebut adalah bahwa waktu tidak akan bisa berhenti atau akan terus berjalan.

Lalu, contoh majas simile juga terdapat pada bait kedua baris pertama yang berbunyi “Waktu bagaikan butiran air”. Pada kalimat tersebut terdapat kata “bagaikan” yang membandingkan antara waktu dengan sebuah butiran air dalam laut.

Makna yang sebenarnya dari kalimat yang terdapat dalam bait dua baris pertama tersebut adalah bahwa dengan seiring berjalannya waktu, kita pasti akan melalui banyak hal sebanyak butiran air di laut.

2. Contoh Majas Simile Dalam Pantun

macam macam majas - bebasketik.com

Berikut ini adalah beberapa contoh majas simile yang terdapat dalam suatu pantun.

Makan ikan pakai sumpit

Makan nasi pakai sendok

Ketika jalan terjepit

Terjepit bagaikan ketabrak

Penjelasan :

Dari bait pantun diatas yang mengandung contoh majas simile terdapat pada bagian isinya. Dalam isi pantun diatas terdapat kalimat “Terjepit bagaikan ketabrak”. Kalimat tersebut membandingkan antara ketika kita terjepit dan ketika kita tertabrak.

3. Contoh Majas Simile Dalam Kalimat

macam macam majas - bebasketik.com

Berikut ini adalah beberapa contoh majas simile dalam suatu kalimat yang kita gunakan sehari-hari.

  • Mobil yang baru dirilis bulan kemarin itu digadang-gadang mempunya kecepatan bagaikan pesawat jet.
  • Diah dan Rafi  selalu ramai dan tidak bisa diam seperti anjing dan kucing.
  • Ketika kau tidur aku sangat terasa terganggu, Karena suara dengkuranmu sangat lantang dan mengganggu bak suara knalpot mobil yang sudah tua dan usang.
  • Kalimat yang kau ucapkan dari mulutmu benar-benar tajam dan menyakiti hatiku bagaikan disayat pedang belati.
  • Aku suka membelai rambut adikku. Karena tekstur rambutnya sangat halus dan lembut bagaikan selembut kain sutera.
  • Tubuhnya sangat panas bagaikan inti bumi.
  • Pertemanan kita yang sudah kita jalin sejak dini ini akan tetap bertahan selamanya dan tak akan pernah ada yang bisa menggoyahkannya bagaikan rantai kapal yang benar-benar kuat.
  • Ketika dia bersuara, terdengar sangat halus bagaikan alunan musik yang sangat merdu.
  • Sudah sejak dulu hingga sekarang hanya seperti it saja pengetahuanmu, tidak ada peningkatannya sama sekali. Makanya kamu harus lebih sering bergaul dan memperbanyak kenalan atau temanmu, dan jangan di rumah saja bagaikan katak dalam tempurung.
  • Seorang satuan polisi atau tentara wajib mempunyai tubuh yang tegap dan kekar layaknya benteng yang kokoh.
  • Aku memerlukan senyumanmu dalam keseharianku bagaikan malam hari yang memperlukan sang bulan.
  • Diah tidak akan berani menyapa jika dia sedang dalam kondisi marah, karena ketika dia marah bagaikan seekor singa yang sedang lapar.
  • Gadis ABG yang masih belia laksana bunga melati yang baru mekar.
  • Diah sangat ahli dalam suatu perlombaan tari ini, karena ketika Diah menari tubuhnya bagaikan daun jatuh yang sedang meliuk-liuk.
  • Masalah perpecahan yang terjadi pada keluargaku bagaikan duri yang sudah menancap sangat dalam di daging bagiku.
  • Orang itu sangat susah untuk ditemukan, bagaikan hewan langka.
  • Larimu cepat sekali seperti seekor macan tutul yang mengejar mangsanya.
  • Dia mungkin sangat senang dengan peristiwa menyedihkan ini, Lihat saja dia tertawa mirip seperti nenek lampir yang sedang tertawa.
  • Orang itu sangat keras kepala bagaikan kepala batu, oleh karena itulah tidak ada orang yang mau untuk memberikan saran kepada orang tersebut.
  • Dia sangat aku sayangi dan sangat berarti dalam hidupku. Tak hanya sebatas teman tapi dia laksana pelita dalam gelapnya kehidupan.
  • Orang itu seperti kebakaran jenggot ketika kebohongan yang telah lama ia pendam ini terbongkar.
  • Apa kau tidak pernah menyikat gigimu? Lihatlah gigimu sudah kuning semua bagaikan emas 50 karat.
  • Perilaku dan pikiranmu selalu tidak konsisten bagaikan air di daun talas.
  • Diah selalu menaati apapun yang disuruh oleh orang tuanya seperti seekor induk bebek yang diikuti oleh anak-anaknya.
  • Sejak Diah mengurung diri di rumah, kulitmu berubah menjadi sangat putih seperti diolesi krim susu.
  • Kulit gadis ABG itu mulus dan putih sekali seperti porselen tanpa terdapat cacat sedikitpun.
  • Aku selalui minder dan tidak percaya diri karena penampilan jidat lebarku ini yang sudah seperti bandara pesawat yang sangat lebarnya.
  • Binatang itu sangat aneh bagaikan makhluk mitologi.
  • Anak dari sepasang suami istri tersebut sangat banyak sampai seperti jumlah anggota klub sepak bola.
  • Kenapa jerawat yang ada di wajahmu semakin banyak dan memerah? Sudah gunung merapi yang akan meletus.
  • Kalian berdua bagaikan langit dan bumi, tidak akan pernah bisa menjadi satu. Oleh karena itu kau harus segera memutuskan hubungan kalian dan lupakanlah dia.
  • Ingatlah selalu orang-orang yang ada untukmu saat ini jika kau sudah sukse nanti. Jangan seperti kacang lupa kulitnya.
  • Wajah anak itu sangat berseri sekali bagaikan sebuah pantulan sinar matahari ketika mengenai cermin.
  • Rumah milik tetanggaku sangat besar dan megah bagaikan istana.
  • Wanita yang berprofesi sebagai model itu mempunyai bentuk tubuh yang sangat sempurna bagaikan gitar akustik.
  • Jangan pernah meremehkan makanan yang berada di pinggir jalan, makanan pinggir jalan yang satu ini rasanya bagaikan restoran bintang 5 yang sangat mewah.
  • Globalisasi sangat cepat menyebar, bagaikan ombak di pantai.
  • Apa kau yakin Rafi dan Diah bukan saudara kembar atau mempunyai hubungan darah? Rupa mereka sangat mirip bagaikan pinang yang dibelah dua.
  • Karena gurunya sangat ganas seperti harimau, seluruh teman-temanku tidak ada yang berani masuk kedalam kelas saat pelajaran matematika.
  • Hari ini aku tidak sanggup untuk keluar dari rumah, karena cuacanya hari ini sangat dingin bagaikan berada di kutub utara.
  • Tubuhmu bulat dan gemuk serta pendek seperti bola basket.
  • Ayahku terkenal sangat galak dan pemarah bagaikan seekor raja hutan.

Penutup

Itulah tadi beberapa contoh majas simile dalam suatu kalimat dan karya sastra seperti puisi, pantun, serta lainnya yang dapat saya berikan. Semoga artikel yang saya tulis ini bisa membantu teman-teman sekalian dalam memecahkan masalah. Dan semoga bisa selalu bermanfaat untuk kalian semua.

Terima kasih karena telah bersedia untuk meluangkan waktunya dan bersinggah di portal Bebas Ketik ini. Mohon maaf bila terdapat suatu kesalahan dalam penulisan. Baik itu dalam bentuk typo maupun terdapat suatu kata yang dapat menyinggung hati kalian semua.

Sampai jumpa di pertemuan atau postingan yang selanjutnya. Wassalamualaikum, bye-bye !!!

%d bloggers like this: