√ 77+ Contoh Majas Repetisi dan Pengertiannya [LENGKAP]

  • 6 min read
  • May 11, 2018
macam macam majas - bebasketik.com

Contoh Majas Repetisi – Assalamualaikum kawan-kawan. Mangga hilang ketika dipetik, kembali lagi dengan portal Bebas Ketik. Bagaimana kabar kalian semua kawan? Semoga kalian selalu diberikan kesehatan. Baik itu kesehatan jasmani ataupun kesehatan rohani.

Dan jangan lupa untuk senantiasa selalu bersyukur Allah SWT ya kawan. Selagi masih diberikan kesempatan untuk hidup dan bernafas di dunia ini. Karena terkadang kita lupa akan segala kenikmatan yang ada di dunia ini adalah pemberian dari Allah SWT.

Jika kesempatan yang sebelumnya saya telah membahas mengenai contoh majas paradoks, kali ini saya akan mencoba untuk memberikan beberapa contoh majas repetisi.

Tapi sebelum itu, apakah kamu pernah memperhatikan bahwa dalam kegiatan sehari-harinya manusia pasti melakukan suatu komunikasi. Baik itu komunikasi yang dilakukan secara langsung maupun suatu komunikasi yang dilakukan melalui perantara.

Pada dasarnya, kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh seseorang itu bertujuan untuk menjalin suatu interaksi atau hubungan. Dan hubungan tersebut bertujuan untuk melakukan suatu kerja sama atau kesepakatan.

Hal itu sudah menjadi rutinitas yang diluar kesadaran manusia. Karena manusia merupakan makhluk sosial yang tidak akan bisa hidup sendiri. Manusia butuh manusia yang lainnya untuk melangsungkan kehidupannya sehari-hari.

Selain itu, komunikasi yang dilakukan oleh antar manusia juga bertujuan untuk mengutarakan pendapat. Dalam kegiatan komunikasi tersebut manusia perlu suatu bahasa untuk digunakan.

Bahasa tersebut digunakan untuk mempermudah suatu komunikasi. Sehingga bisa mempermudah interaksi atau hubungan yang dilakukan oleh manusia. Dan akhirnya hal tersebut bisa menghasilkan suatu kesepakatan atau kerja sama.

Nah, dalam suatu bahasa sendiri pasti terdapat berbagai macam macam majas atau gaya bahasa yang digunakan. Majas tersebut memiliki fungsi sebagai alat untuk memperjelas atau mempertegas suatu maksud atau kesan yang kita berikan kepada seseorang.

Macam macam majas tersebut banyak sekali jenisnya. Mulai dari majas sinekdoke, majas tautologi, majas sindiran, majas klimaks, majas sinisme, majas perbandingan, majas simbolik, majas sarkasme, dan lain sebagainya.

Nah, seperti yang sudah saya katakan diatas tadi. Saya akan mencoba untuk memberikan penjelasan mengenai beberapa contoh majas repetisi.

Baik itu contoh majas repetisi dalam suatu karya sastra seperti pantun, syair, drama, teater, puisi, drama musikal, musikalisasi puisi, dan sastra lainnya ataupun dalam suatu kalimat yang sering kita gunakan.

Sebelum kita membahas mengenai contoh majas repetisi, akan jauh lebih baik jika kita membahas tentang pengertian majas repetisi terlebih dahulu.

Berikut ini adalah pembahasan dan penjelasan secara detail mengenai pengertian majas repetisi. Silahkan baca dan simak dengan seksama.

Pengertian Majas Repetisi

contoh majas repetisi - bebasketik.com

Saya yakin bahwa kalian pernah atau masih menjadi seorang pelajar di bangku sekolah. Jika iya, maka kalian pasti akan mengetahui tentang pengertian majas repetisi ini.

Karena penjelasan mengenai pengertian majas repetisi sudah menjadi materi yang wajib untuk disampaikan ketika di bangku sekolah. Tapi, disini saya akan mencoba untuk menjelaskan kembali tentang pengertian majas repetisi.

Apa yang dimaksud dengan pengertian majas repetisi? Ya, yang dimaksud dengan pengertian majas repetisi ialah suatu majas yang penyampaiannya dilakukan dengan melakukan pengulangan beberapa kata dalam sebuah frasa, hal tersebut bertujuan untuk mempertegas suatu maksud tertentu.

Oleh karena itulah majas repetisi juga termasuk kedalam salah satu jenis majas penegasan. Selain itu majas repetisi merupakan salah satu jenis majas yang sering kita gunakan dalam komunikasi sehari-hari.

Dan banyak juga majas repetisi yang digunakan dalam suatu karya seni sastra seperti syair, drama, pantun, teater, puisi, dan lain sebagainya.

Jika kalian belum paham dengan penjelasan tentang pengertian majas diatas, kalian bisa melihat contoh contoh majas repetisi yang ada dibawah ini. Mungkin kalian akan bisa lebih paham jika membaca contoh majas repetisi. Silahkan disimak dan dibaca dengan seksama

Contoh Contoh Majas Repetisi

macam macam majas - bebasketik.com

Setelah kita mengetahui tentang pengertian majas repetisi, pembahasan atau penjelasan yang selanjutnya adalah mengenai contoh majas repetisi.

Apakah kalian pernah memperhatikan bahwa contoh majas repetisi sering kita gunakan dalam kegiatan komunikasi yang kita lakukan sehari-hari. Misalnya seperti ketika kita ingin memuji seseorang atau memberikan rasa yang sangat puas kepada suatu hal.

Tapi tidak jarang juga majas jenis ini kita jumpai dalam suatu karya seni sastra seperti pantun, syair, puisi, drama, teater, dan lain sebagainya. Namun, kita akan sangat jarang menjumpainya dalam karya sastra.

Nah, disini saya akan memberikan contoh majas repetisi dalam suatu pantun, contoh majas repetisi dalam suatu karya sastra puisi, dan contoh majas repetisidalam sebuah kalimat yang sering kita ucapkan.

Berikut ini adalah pembahasan secara detail mengenai contoh contoh majas repetisitersebut. Silahkan baca dan simak dengan seksama.

1. Contoh Majas Repetisi Dalam Pantun

macam macam majas - bebasketik.com

Berikut ini adalah contoh majas repetisi dalam karya pantun.

Naik delman bersama ibu

Naik delman bersama teman

Aku pergi ke pasar baru

Adik pergi ke pasar senin

Penjelasan :

Dalam bait pantun diatas bagian sampiran dan isinya mengandung contoh majas repetisi. Karena terdapat suatu kata pengulangan yang digunakan untuk mempertegas makna yang ingin disampaikan oleh pengarang.

2. Contoh Majas Repetisi Dalam Puisi

macam macam majas - bebasketik.com

Berikut ini adalah beberapa contoh majas repetisi dalam suatu karya puisi.

Pilihanmu

Ada wajah-wajah di dalam poster
Tertempel di batang pohon
Tertempel di tiang listrik
Tertempel di tembok stasiun

Menjelang pemilu
Poster-poster berisi wajah itu berbisik
Menambah deru kebisingan
Di antara hiruk pikuk kemacetan
Menimbulkan bau tak sedap
Di antara tumpukan sampah yang telah busuk

Setiap poster bersaing dalam tersenyum
Muncul mencari perhatian
Dengan beragam nama dan gelar
Dengan beragam slogan lebih indah dari iklan rokok

Wajah-wajah dalam poster mencari muka
Menebar janji entah palsu atau nyata
Sementara kemisikinan ialah harta kota yang terluka

Penjelasan :

Dalam contoh puisi diatas, yang mengandung contoh majas repetisi terdapat pada bagian bait pertama baris kedua sampai baris keempat yang berbunyi “Tertempel di batang pohon” dan “Tertempel di tiang listrik” serta “Tertempel di tembok stasiun“.

Kalimat tersebut jelas sekali termasuk kedalam jenis majas repetisi karena banyak kata pengulangan. Dan kata pengulangan tersebut berfungsi untuk memppertegas kesan yang ingin disampaikan oleh pengarang.

Selain itu pada bait ketiga baris kedua dan ketiga yang berbunyi “Dengan beragam nama dan gelar” dan “Dengan beragam slogan lebih indah dari iklan rokok“.

Dalam kalimat tersebut juga terdapat majas repetisi yang berguna untuk mempertegas makna yang ingin disampaikan oleh pengarang.

3. Contoh Majas Repetisi Dalam Kalimat

macam macam majas - bebasketik.com

Berikut ini adalah contoh majas repetisi dalam suatu kalimat.

  • Sampai jumpa kawanku, sampai jumpa sahabat perjuanganku.
  • Aku menyayangimu, Aku mencintaimu, Aku merindukanmu.
  • Yang saya muliakan para politikus, yang saya muliakan para orang tua, yang saya muliakan para tamu undangan yang hadir.
  • Kangen adalah kerinduan, kangen adalah hal berat, kangen adalah kesabaran.
  • Duka adalah cobaan, duka adalah ketabahan, duka adalah hikmah.
  • Rajin, rajin dan rajin untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
  • Pemanasan global harus dicegah, dicegah, dan dicegah.
  • Optimis, optimis dan tetaplah optimis dalam memulai perubahan perilaku yang baik.
  • Hidup kita hanyalah semu semata, hidup kita hanya opini dan titipan saja, hidup kita adalah rintangan yang menimpa untuk kita hadapi.
  • Untuk orang gemuk harus dianjurkan untuk mengurangi porsi makan, namun kamu malah makan, makan, dan makan saja.
  • Wajahmu itu cantik dan sangat, sangat, sangat manis.
  • Kamu tidak boleh mengolok-olok orang tuaku karena merekalah yang membesarkanku, merekalah yang menyekolahkanku, merekalah yang mencarikan pekerjaan untukku, dan merekalah yang merawatku, merekalah yang merawatku.
  • Didalam diri yang bersih ada jiwa yang beriman, didalam diri yang beriman ada jiwa yang ikhlas.
  • Semua orang tidak akan menyukai sifat yang arogan, sifat yang sombong dan sifat yang selalu berdusta.
  • Dalam keluhnya ia selalu memangil nama ibunya, ibu ibu dan ibu.
  • Pemerintah membuat peraturan tersebut semata mata untuk menanggapi saran warga pemerintah.
  • Baik muslim atau muslimah wajib menyebutkan nama Allah, Alllah, Allah.
  • Lirikan matamu membuat hatiku leleh, leleh karena lirikan matamu.
  • Hilangnya budaya, hilangnya adat, hilangnya kebiasaan di masyarakat adalah dampak globalisasi.
  • Rajin, rajin dan rajin dalam belajar, itulah yang harus menjadi kegiatanmu menjelang ujian nanti.
  • Makanan buatanmu enak, manta, dan lezat.
  • Perlombaan bola basket itu harus menjdapatkan juara satu, satu dan harus satu.
  • Sudah kukatakan dalam melakukan aktivitas lakukanlah dengan hati hati namun kamu sangat, sangat, sangat sembrono.
  • Untuk memperoleh suatu kesuksesan memang harus ada usaha, usaha, dan usaha yang sangat besar.
  • Aku akan terus bangkit, bangkit dan bangkit agar memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan keahlianku.
  • Menurut temannya dia selalu sedekah, sedekah, dan sedekah karena hartanya yang banyak.
  • Setelah istrinya wafat, ia merasa dirinya sudah tidak memiliki tujuan hidup lagi dan setiap malam ia selalu berteriak istriku, istriku, istriku.
  • Aku telah memberitahunya bah
  • Demokrasi harus ditegakan, harus dijunjung, harus dijaga.
  • wa jangan memakan makanan yang manis tapi dia selalu saja menolak, menolak dan menolak.
  • Aku harus rajin latihan, latihan dan terus latihan untuk memenangkan lomba menyanyi itu.
  • Rafi dan Diah merupakan sepasang kekasih yang saling menyayangi tapi karena perbedaan agama membuat mereka sulit untuk bersatu, bersatu, dan bersatu.
  • Upacara hari pahlawan itu berjalan dengan khusyuk, khusyuk dan khusyuk oleh semua peserta upacara tersebut.
  • Doa yang diberikan oleh seorang ibu adalah keberkahan, keberkahan dan keberkahan yang diberikan kepada anaknya. Maka dari itu kita sebagai anak harus lebih menyayangi Ibu kita lagi.
  • Apapun yang Allah karuniakan kepada kita merupakan sebuah rezeki, rezeki dan rezeki yang harus disyukuri karena seluruh hal itu ialah anugerah.
  • Kampungku yang tersayang, disanalah aku lahir, disanalah tempatku berkembang dan tumbuh, disanalah tempatku bercanda dengan orang tua, kawan, dan semua orang yang ada disekelilingku.
  • Ketika kami bersilaturahim ke rumah nenek yang berada di daerah Jogja, kami disambut dengan sopan, sopan, dan sopan sekali.
  • Wangi makanan itu membuatku ingin memakannya, memakannya sedikit saja, memakannya dengan nikmat.
  • Aku sangat menyayangimu, sangat menyayangimu, sangat menyayangimu sampai akhir hayat.
  • Hak Asasi Manusia harus ditegakan, dan ditegakan, dan harus ditegakan.
  • Semua pengusaha yang sukses itu selalu berjuang keras, terus berjuang keras dan selalu berjuang keras sebelum meraih kesuksesan.
  • Udara pantai ini sangat panas, panas, dan panas sekali sampai telapak kakik terbakar.

Penutup

Itu tadi adalah beberapa contoh majas repetisi yang dapat saya berikan. Mulai dari contoh majas repetisi dalam bait pantun, contoh majas repetisi dalam suatu karya sastra puisi, dan contoh majas repetisi dalam suatu kalimat yang sering kita ucapkan.

Semoga artikel yang saya tulis ini bisa bermanfaat bagi kalian semua. Dan harapan saya semoga bisa membantu kalian semua dalam memecahkan suatu masalah yang menimpa kalian. Dan semoga artikel yang saya buat ini bisa menjadi ilmu yang bermanfaat.

Terima kasih karena telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca dan menyimak artikel yang saya tulis ini. Tak lupa ucapan maaf juga saya sampaikan bila dalam proses penulisan tadi terdapat suatu kesalahan. Baik itu dalam bentuk typo ataupun terdapat suatu kata yang dapat menyinggung hati kalian semua.

Sampai jumpa lagi di kesempatan yang akan datang. Tetap pantengin terus portal Bebas Ketik ya, bye-bye !!!

%d bloggers like this: