√ 53+ Contoh Majas Paralelisme dan Pengertiannya [LENGKAP]

Contoh Majas Paralelisme – Assalamualaikum sobat Bebas Ketik. Bagaimana kabar kalian hari ini gaes? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan selalu dalam keadaan bahagia. Jika ada yang sakit semoga segera diberikan kesembuhan dan sakitnya tesebut dijadikan sebagai sarana penghapus dosa baginya.

Dan jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Baik itu sedikit atau banyak kita harus tetap bersyukur.

Pada kesempatan ini saya akan memberikan sebuah pembahasan mengenai majas. Apa itu majas? Yah, majas adalah suatu istilah yang digunakan untuk mempertegas suatu makna yang ingin kita sampaikan kepada pendengar atau lawan bicara.

Majas juga sering disebut dengan istilah gaya bahasa. Ketika kita melakukan suatu kegiatan komnukasi kita tidak akan terlepas dari yang namanya majas ini.

Selain itu majas gaya bahasa ini juga memiliki banyak sekali macam macam majas. Mulai dari jenis majas yang digunakan untuk melakukan sindiran kepada orang lain.

Ada juga jenis majas yang memberikan perumpamaan kepada suatu benda dengan sifat manusia. Dan ada pula jenis majas yang digunakan untuk mempertegas suatu kesan dengan cara melakukan pengulangan.

Nah, salah satu jenis majas yang menggunakan kata pengulangan untuk maknanya adalah majas paralelisme, dan ada majas repetisi serta majas tautologi.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan pembahasan mengenai majas paralelime. Mulai dari pengertian majas paralelisme.

Saya juga akan memberikan beberapa contoh majas paralelisme. Mulai dari contoh majas paralelisme dalam kalimat, contoh majas paralelisme dalam karya sastra puisi, dan juga contoh majas paralelisme pada suatu karangan pantun.

Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa langsung menyimak dan membaca pembahasan dibawah ini.

Pengertian Majas Paralelisme

contoh majas paralelisme - bebasketik.com

Sebenarnya pembahasan mengenai pengertian majas paralelisme sudah pernah dijelaskan di bangku sekolah. Dan bahkan pembahasan tentang pengertian majas paralelisme adalah materi yang wajib disampaikan di bangku sekolah.

Jadi, ada kemungkinan bahwa teman-teman sudah paham tentang pengertian majas paralelisme ini. Namun, mungkin ada juga beberapa diantara kalian yang telah lupa atau belum paham secara menyeluruh tentang pengertian majas paralelisme.

Nah, disini saya akan mencoba untuk menjelaskan kembali pengertian majas paralelisme tersebut.

Apa yang dimaksud dengan majas paralelisme? Ya, pengertian majas paralelisme adalah sebuah jenis majas yang mempunyai bentuk majas berulang, majas ini sering digunakan untuk penegasan dari kesan frase di dalam suatu karya sastra puisi.

Sesuai dengan pengertiannya, majas ini menggunakan metode pengulangan untuk melakukan penegasan terhadap suatu kesan yang ingin disampaikan.

Dan istilah pengulangan tersebut masih termasuk kedalam kata bersinonim. Jadi, masih memiliki makna atau arti yang sama atau berkaitan.

Contoh Contoh Majas Paralelisme

macam macam majas - bebasketik.com

Setelah kita memahami tentang pengertian majas paralelisme, pembahasan yang berikutnya adalah mengenai contoh majas paralelisme.

Baik itu contoh majas paralelisme dalam suatu kalimat yang kita gunakan sehari-hari, ataupun contoh majas paralelisme yang terdapat dalam suatu karya sastra seperti pada pantun, puisi, teater, drama, lirik lagu, dan lain sebagainya.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk memberikan beberapa contoh majas paralelisme dalam suatu kalimat, dan contoh majas paralelisme dalam karya seni sastra pantun, serta contoh majas paralelisme dalam karangan puisi.

Berikut ini adalah pembahasan dan penjelasan lebih detail mengenai contoh majas paralelisme tersebut. Silahkan simak dan baca dengan seksama.

1. Contoh Majas Paralelisme Dalam Kalimat

macam macam majas - bebasketik.com

Berikut ini adalah contoh majas paralelisme dalam suatu kalimat yang kita gunakan saat berkomunikasi sehari-hari.

  • Jika kau adalah sahabat yang baik, maka kau harus selalu menemani sahabatmu ketika dalam kesenangan maupun ketika dalam kesusahan.
  • Dengan atau tanpa menggunakan krim pemutih, wajah salah satu artis terkenal di Korea tersebut tetap cantik dan menggoda.
  • Selama kita masih bisa bernafas, maka kita wajib untuk senantiasa selalu beribadah kepada Allah SWT dalam keadaan sehat maupun sakit.
  • Miskin dan kaya adalah merupakan hal yang tidak kekal, karena kehidupan ini akan terus berputar, ada kala kita berada dibawah yang paling bawah, dan ada kala kita berada diatas paling atas.
  • Sudah 20 tahun aku selalu melewati siang dan malam tanpa ada dirimu disisiku.
  • Janga melihat orang dari kulitnya, perbedaan ras kulit putih dan ras kulit hitam tidak akan bisa dijadikan jaminan bahwa salah satunya adalah ras yang lebih baik.
  • Zaman modern ini, kaum pria da wanita sudah memiliki suatu kedudukan yang hampir sama dalam bidang pekerjaan.
  • Tahukah kamu? Bahwa kekayaan alam yang ada di Indonesia tercinta ini sangatlah beraneka ragam, baik itu kekayaan alam daratan maupun kekayaan alam lautan.
  • Manusia tidak akan pernah bisa mengetahui kapan dia akan meraih kesuksesan dan kegagalan dalam menjalankan suatu bisnis.
  • Yang namanya kehidupan itu tidak akan lepas dari pengalaman pahit atau manis, ada saat dimana kita gembira dan ada saat ketika kita bersedih.
  • Kecantikan dari seorang wanita itu relatif, baik itu yang memiliki rambut panjang atau pendek.
  • Meskipun jarak yang kutempuh untuk menemuimu jauh atau dekat, aku tetap akan menemuimu saat ini dan waktu ini juga.
  • Kau jangan pernah menurunkan tensi belajarmu, baik itu ketika peringkatmu naik atau menurun, kau harus tetap semangat belajar untuk meraih kesuksesan.
  • Matahari dan bulan akan selalu bergantian muncul, mereka tidak akan pernah bisa bertemu atau bersatu.
  • Aku tetap tidak bisa membuat sebuah bisnis yang berjalan lancar meski dalam musim hujan maupun musim kemarau.
  • Menurut sudut pandangku, kau adalah seorang anak yang masih dalam keadaan putih bersih tanpa ada noda kotoran yang mengganggu sedikitpun.
  • Ketika peringatan kemerdekaan Indonesia, desaku mengadakan berbagai macam perlombaan, dan lomba tersebut diikuti oleh kalangan tua dan muda.
  • Seluruh kalangan masyarakat pasti ingin memupunyai sebuah negara yang sejahtera, adil, dan aman serta.
  • Produsen dan konsumen memiliki suatu hubungan ketergantungan satu sama lain demi untuk memenuhi kebutuhannya mereka sehari-hari.
  • Semua karyawan dalam perusahaan itu mendapatkan jumlah gaji dengan nilai yang sama meski sudah lama atau baru bekerja disana.
  • Sebuah produk kopi tersebut bisa dinikmati dalam keadaan dingin atau panas.
  • Ketika berfikir kritis atau memberikan suatu keputusan dalam sebuah kondisi, kaum wanita dan kaum pria memiliki suatu kedudukan yang sama.
  • Menjunjung tinggi bangsa Indonesia dan menjaga serta melestarikan warisan nenek moyang adalah salah satu kewajiban pemerintan dan kewajiban warga negara.

2. Contoh Majas Paralelisme Dalam Puisi

macam macam majas - bebasketik.com

Berikut ini adalah beberapa contoh majas paralelisme dalam suatu karya seni sastra puisi.

  • Contoh 1

Insan Kecil

Dirimu ialah lembar putih
Dirimu ialah cangkir kosong
Dirimu ialah nafas kehidupan
Dirimu ialah manusia kecil yang sedang tumbuh

Dirimu melihat
Dirimu mencium aroma
Dirimu merasakan
Dirimu mengucapkan
Dan dirimu menirukan

  • Contoh 2

Sobat

Alam merupakan taman bermain
Alam merupakan bagian dari semesta
Alam merupakan sebuah seni yang elok
Alam merupakan belenggu

Alam merupakan teater opini
Jangan menyerah sobat
Alam merupakan roda yang tak henti berputar
Jangan menangis sobat
Alam merupakan rumah untuk sementara

  • Contoh 3

Oh Abi

Abiku yang ku sayangi
Abiku yang ku homati
Abiku yang ku cintai
Abiku yang ku rindukan

Apa kabarmu Abi?
Apakah tubuhmu tetap sehat?
Bagaimana kondisi punggungmu yang selalu nyeri?
Bagaimana kondisi kedua daun telingamu tidak lagi bisa mendengar dengan jelas?
Oh Abiku…

  • Contoh 4

Dikala Senja

Oh senja kau membawaku pergi ke dalam lamunan yang luar biasa
Oh senja kau seolah mengerti akan rasa rindu yang menerpa dalam hatiku
Oh senja kau membuatku bebas bermimpi ketika sedang denganmu

Oh senja kau mungkin tak mengerti apapun tentang isi hatiku ini
Oh senja kau juga tak tahu sudah seberapa dalam luka yang menggores hatiku
Oh senja kau begitu cepat sekali pergi menjauh dan meninggalkanku

  • Contoh 5

Umi

Umi kau segalanya bagiku.
Umi kau pahlawan bagiku.
Umi aku begitu menyayangimu.
Umi maafkan semua kesalahanku padamu

Tanpamu Umi aku bukanlah siapa-siapa
Tanpamu Umi aku tak bisa apa-apa
Tanpamu Umi ku tak tahu dunia
Tanpamu Umi tak kan lengkap duniaku

***

Beberapa contoh kalimat dalam bait puisi diatas banyak mengandung istilah pengulangan untuk mempertegas maknanya. Dan model pengulangan dari contoh puisi diatas termasuk kedalam jenis majas paralelisme.

Penutup

Nah, itu dia teman beberapa contoh majas paralelisme yang bisa saya bagikan kepada kalian semua.

Mulai dari contoh dari majas paralelisme dalam suatu kalimat, contoh dari majas paralelisme dalam suatu karya satra puisi ataupun pantun.

Semoga contoh-contoh yang saya tulis diatas bisa membantu kalian dalam memecahkan permasalahan. Dan semoga bisa memberikan suatu manfaat kepada kalian.

Demikian, mungkin cukup itu saja yang bisa saya berikan pada konten kali ini. Mohon maaf jika terdapat suatu kesalahan dalam proses penulisan. Entah itu dalam bentuk typo maupun terdapat kata-kata yang bisa menyinggung hati teman-teman.

Terima kasih saya ucapkan karena telah rela meluangkan waktunya demi membaca arikel ini sampai tuntas. Sampai jumpa lagi di postingan yang selanjutnya, pantengin terus Bebas Ketik ya, bye-bye !!!

Leave a Comment

%d bloggers like this: