√ 115+ Contoh Majas Hiperbola dan Pengertiannya [LENGKAP]

  • 6 min read
  • May 08, 2018
macam macam majas - bebasketik.com

Contoh Majas Hiperbola – Semangat pagi ditemani secangkir kopi, mengunjungi Bebas Ketik tanpa henti. Assalamualaikum teman-teman semua, saya harap kalian selalu dalam keadaan sehat. Jangan lupa untuk bersyukur kepada Allah SWT ya, karena kita tidak akan bisa bernafas tanpa nikmat yang Allah SWT berikan.

Manusia merupakan makhluk yang memiliki sifat sosial. Maksud dari sosial tersebut adalah manusia hidup di dunia ini wajib untuk saling berinteraksi atau melakukan suatu hubungan dengan manusia yang lainnya.

Nah, dalam melakukan kegiatan interaksi antar manusia tersebut perlu adanya suatu komunikasi untuk bisa saling memahami. Baik itu interaksi secara langsung maupun interaksi atau hubungan melalui perantara.

Contoh interaksi manusia yang melalui perantara adalah hubungan manusia melalui surat menyurat, melalui telepon, melalui sosial media, atau melalui pesan orang.

Sedangkan untuk contoh interaksi manusia yang secara langsung adalah jual beli di pasar, suatu rapat organisasi, kampanye partai, dan lain sebagainya.

Dalam suatu komunikasi manusia untuk melakukan interaksi pasti perlu adanya suatu bahasa. Bahasa tersebut digunakan agar lebih mempermudah proses interaksi atau hubungan.

Bahasa sendiri memiliki banyak sekali jenis gaya bahasanya. Gaya bahasa juga sering disebut dengan nama majas. Dalam sastra Indonesia, pengertian majas ialah suatu gaya bahasa yang digunakan untuk memperjelas kesan atau makna dari kalimat yang kita utarakan.

Untuk macam macam majas ada banyak sekali jenisnya, mulai dari majas sindiran, majas perbandingan, majas pertentangan, hingga ada juga majas perumpamaan. Dari berbagai macam majas tersebut masing-masing mempunyai ciri-ciri majas tersendiri.

Pada kesempatan yang sebelumnya saya telah memberikan contoh majas metafora. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan beberapa contoh majas hiperbola yang merupakan salah satu jenis dari majas pertentangan.

Tetapi, sebelum kita membahas mengenai contoh majas hiperbola, akan lebih baik bila kita mengetahui pengertian majas hiperbola terlebih dahulu.

Berikut ini adalah pembahasan mengenai apa itu pengertian majas hiperbola. Silahkan simak dan baca penjelasan dibawah ini.

Pengertian Majas Hiperbola

contoh majas hiperbola - bebasketik.com

Sebelumnya mungkin teman-teman semua sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan majas hiperbola. Karena majas hiperbola merupakan salah satu materi majas yang wajib disampaikan di bangku pendidikan.

Mungkin ada diantara teman-teman yang masih bingung atau lupa dengan majas hiperbola ini. Nah, pada artikel ini saya akan mencoba untuk memberikan penjelasan mengenai pengertian majas hiperbola.

Apa yang dimaksud dengan majas hiperbola? Yah, yang dimaksud dengan majas hiperbola adalah suatu majas atau gaya bahasa yang metode penyampaiannya menggunakan bahasa yang melebih-lebihkan dari asli.

Hal itu bertujuan untuk menegaskan atau memperjelas suatu kesan yang disampaikan. Majas hiperbola ini sedikit terkesan sombong dan bisa juga terkesan menyindir. Bisa juga memberikan kesan kehebatan seseorang yang luar biasa.

Jenis majas ini paling sering kita jumpai dalam suatu karya sastra. Baik itu dalam bentuk puisi, pantun, drama, teater, drama musikal, ataupun karya sastra yang lainnya.

Namun, majas ini juga sering kita jumpai dalam suatu komunikasi yang dilakukan seseorang secara langsung. Biasanya majas ini digunakan untuk menyombongkan diri atau memuji seseorang.

Selain itu, majas hiperbola termasuk kedalam majas pertentangan. Karena majas hiperbola menggunakan istilah lain yang bertentangan untuk menjelaskan suatu hal aslinya.

Contoh Contoh Majas Hiperbola

macam macam majas - bebasketik.com

Setelah kita mengetahui tentang pengertian majas hiperbola, yang selanjutnya adalah pembahasan mengenai contoh majas hiperbola. Dalam komunikasi sehari-hari, manusia sering menggunakan majas ini.

Selain itu, kita juga bisa menemukan majas ini dalam suatu karya seni sastra seperti pantun, puisi, teater, dan lain sebagainya. Dalam suatu karya seni sastra, majas hiperbola bisa meningkatkan minat dari para penontonnya.

Nah, pada postingan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh majas dalam kehidupan sehari-hari. Khususnya contoh majas hiperbola dalam puisi, contoh majas hiperbola di suatu pantun, dan juga contoh majas hiperbola dalam suatu kalimat.

Berikut ini adalah  pembahasan atau penjelasan secara detail dan menyeluruhnya. Silahkan baca dan simak dengan sungguh-sungguh.

1. Contoh Majas Hiperbola Dalam Puisi

contoh majas hiperbola - bebasketik.com

Berikut ini adalah contoh majas hiperbola yang terdapat dalam suatu karya sastra puisi.

Perang
Suara senjata berteriak memenuhi bukit
Pematik bom lepas menggelegar ibarat suara kilatan petir
Rasa takutku seperti tak terbenduh
Seakan malaikat maut telah berdiri di depan insan yang siap gugur
Oh…perang
Apa ini merupakan catatan terakhir dari kisah perjuanganku?
Ketika dalam sekejap akan kuperbaiki asa
Asa itu telah hilang bersama malaikat
Sakitku sudah layaknya dipenggal
Layaknya terkena ribuan tebasan pisau berkarat
Perihku telah masuk dan mengakar didalam daging
Bergabung bersama syarat kematian
Oh…perang
Telah hilang sinar dunia ini
buyar tanpa sadar
Semakin memudar
Lalu, habislah kehidupan

Penjelasan :

Dalam karangan puisi diatas, yang mengandung majas hiperbola terdapat pada bait pertama baris kedua yang berbunyi “Pematik bom lepas menggelegar ibarat suara kilatan petir”.

Kenapa bisa merupakan majas hiperbola? Karena dalam kalimat tersebut melebih-lebihkan makna dari ledakan bom dengan suara petir yang menggelegar. Padahal suara petir dan bom masih lebih keras suara kilatan petir.

Kemudian majas hiperbola juga terdapat dalam bait ketiga baris pertama “Sakitku sudah layaknya dipenggal”. Bisa disebut majas hiperbola?

Karena dalam kalimat tersebut membandingkan antara rasa sakit yang diterima ketika perang dengan rasa sakit ketika terkena hukuman penggal kepala. Padahal sebenarnya rasa sakit tersebut tidak sampai seperti ketika dipenggal.

Yang selanjutnya juga terdapat dalam bait ketiga baris kedua yang berbunyi “Layaknya terkena ribuan tebasan pisau berkarat”. Didalam kalimat tersebut membandingkan rasa sakit yang dia terima dengan rasa sakit terkena ribuan pisau. Padahal rasa sakit yang dia alami tidak sampai terkena ribuan pisau.

Dan yang terakhir, majas hiperbola juga terdapat pada bait ketiga baris ketiga yang berbunyi “Perihku telah masuk dan mengakar didalam daging”.

Bisa disebut dengan majas hiperbola karena kalimat tersebut membandingkan rasa perih yang sudah tidak bisa hilang lagi dari tubuhnya. Padahal makna yang sebenarnya adalah rasa sakit tersebut masih bisa hilang dari tubuhnya.

2. Contoh Majas Hiperbola Dalam Pantun

contoh majas hiperbola - bebasketik.com

Berikut ini adalah contoh majas hiperbola yang terdapat dalam suatu karya sastra dalam bentuk pantun.

Pergi ke pasar bersama Ibu

Perginya menggunakan pesawat jet

Jika kau sedang menangis tersedu

Hilangkanlah dengan sholat

Penjelasan :

Dalam bait pantun diatas, terdapat dalam bagian sampirannya. Dalam sampiran pantun tersebut terdapat kalimat “Pergi ke pasar bersama Ibu” dan Perginya menggunakan pesawat jet”. 

Dalam kalimat tersebut terdapat istilah perbandingan dimana jika kita mau ke pasar hanya perlu naik sepeda dilebih-lebihkan dengan menggunakan pesawat jet. Jadi, makna dari sampiran pantun tersebut terlalu dilebih-lebihkan sehingga masuk kedalam kategori contoh majas hiperbola.

3. Contoh Majas Hiperbola Dalam Kalimat

contoh majas hiperbola - bebasketik.com

Berikut ini adalah beberapa contoh majas hiperbola yang terdapat dalam suatu kalimat.

  • Wajahnya yang tampan dan hatinya yang lembut membuat siapapun yang bersama dengannya pasti akan meleleh hatinya.
  • Karena kematian ayahnya, tangisan anak itu membanjiri tempat pemakaman.
  • Penyanyi itu suaranya bagaikan kicauan burung yang merdu.
  • Tas itu sangat berat, sehingga ketika membawanya serasa membawa kontainer.
  • Dengan adanya kebijakan dan peraturan baru yang dikeluarkan oleh pemerintah, tingkat ekspor akan segera meroket.
  • Kisah seorang Ibu yang hidup sebatang kara memuat perasaan semua orang seperti tersayat pedang.
  • Jangan sampai orang itu bernyanyi, karena suaranya seperti piring pecah yang bisa menghancurkan gendang telinga kita.
  • Jangan pernah menyisakan makanan di piringmu, mungkin bagimu harga makanan disini sangat murah, namun untuk sebagian orang, harga makanan ini setinggi langit.
  • Lompatan atlet itu setinggi jenis jenis awan di langit.
  • Gombalan yang dia sampaikan kepadaku bagaikan gemuruh petir yang menakutkan.
  • Seorang Ibu memang harus lebih didahulukan dari pada ayah, namun jangan pernah lupa siapa orang yang telah bekerja keras hingga tulang-tulangnya patah untuk menghidupimu.
  • Jika kau mencintai seseorang jangan sampai hal itu membuatmu buta akan segalanya.
  • Doni terdiam karena kemarahan sang ayah yang menggetarkan bumi.
  • Kalimat yang keluar dari mulutnya sangat menusuk hati.
  • Peristiwa pembunuhan itu terjadi karena si pelaku hatinya mendadak meledak ketika mengetahui pacarnya sedang berhubungan intim dengan korban.
  • Kenyataan bahwa anaknya telah mati membuat hati Doni hancur lebur.
  • Pekerjaan yang kulakukan ini benar-benar harus memeras otak dan membanting tulang.
  • Demi menggapai cita-citanya, anak itu rela menguras semua tabungannya.
  • Pidato dari Bung Tomo bisa membakar semangat para pejuang.
  • Makhluk mitologi itu sangat ganas bagaikan hantaman meteor sebesar matahari.
  • Setiap gombalan yang pria itu berikan, pasti akan memporak-porandakan hatiku.
  • Aku sudah mencarinya setengah mati, ternyata kau ada disitu nak.
  • Karena dia hampir telat, akhirnya di memacu motornya secepat roket.
  • Suara merdunya membuat semua orang terhipnotis.
  • Doa Ibu tidak akan pernah putus hingga ujung dunia.
  • Tebasan yang ia terima membuat darahnya membanjiri arena.
  • Bulan ini harga kebutuhan pokok meroket naik.
  • Jangan pernah mengganguku lagi hari ini, aku masih punya segudang tugas yang harus selesai hari ini juga.
  • Kucing itu tubuhnya sekurus tusuk gigi.
  • Beri aku satu pemuda, maka akan aku remas bumi ini.
  • Rasa sakit yang ia terima karena terkena paku bagaikan tersambar petir.
  • Rasa benci yang ada dalam dirinya bagaikan kobaran api neraka.
  • Tubuhku selalu mendadak beku karena menatap wajahnya.
  • Jatuh cinta yang kurasakan bagaikan hidup di surga.
  • Tatapan sinisnya membuat hatiku mengecil sekecil biji sawi.
  • Kalimat yang ia berikan padaku membuat ku tercambuk untuk bergerak maju.
  • Kopi pagi ini tidak sepahit biji rambutan.
  • Kulit orang itu sangat hitam bagaikan arang.
  • Tangisan orang itu sudah seperti lautan.
  • Produk pemutih ini sungguh luar biasa, kulitnya bisa sampai sebening kaca.
  • Hidung orang itu sangat panjang, bagaikan belalai gajah.
  • Gadis itu telah berhasil menjerat hatiku hanya dengan senyuman yang ia berikan padaku.
  • Berita palsu selalu tersebar sangat cepat agaikan kecepatan cahaya.
  • Bau badan anak itu bagaikan gundukan sampah yang sudah lama terbengkalai.
  • Rasa malu yang kurasakan karena peristiwa ini membuatkan ingin mati.
  • Globalisasi menyebar keseluruh Indonesia secepat kilatan petir.
  • Ibu-ibu yang sedang ngobrol di warung itu sudah ratusan tahun lamanya.
  • Sifat pria itu dingin sekali sedingin es di kutub utara.
  • Pergerakannya selicin sabun mandi batangan.
  • Rambut orang itu sangat panjang seperti panjangnya pegunungan himalaya.
  • Antrian itu sangat lama, orang yang menunggu hingga tumbuh jenggot.
  • Dinding itu sangat tebal sekali sampai setebal kerak bumi.
  • Dahi anak itu sangat luas, karena saking luasnya sudah mirip seperti landasan pesawat.
  • Jika kau menyalakan api disitu, kau bisa menghanguskan dunia.
  • Jarak dari rumahku dengan sekolah sejauh jarak bumi dengan bulan.
  • Kulit orang itu sangat putih, sehingga terlihat seperti beningnya kristal.
  • Ikan itu sangat cantik, hingga mirip seperti artis di TV.
  • Orang itu memiliki kekuatan yang sangat hebat bagaikan kekuatan gajah.

Itu tadi adalah beberapa contoh majas hiperbola dalam suatu kalimat.

Penutup

Mungkin itu saja yang dapat saya tulis pada kesempatan kali ini. Semoga artikel tentang contoh majas hiperbola ini bisa bermanfaat bagi kalian semua. Dan harapannya adalah bisa membantu menyelesaikan masalah kalian.

Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya karena kalian semua telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini hingga selesai. Dan tak lupa saya mohon maaf bila terdapat suatu kesalahan dalam proses penulisan. Baik itu kesalahan dalam bentuk typo ataupun terdapat suatu kata yang menyinggung hati teman-teman.

Sampai jumpa lagi di artikel yang berikutnya, bye-bye !!!

%d bloggers like this: