√ 59+ Contoh Majas Eufimisme dan Pengertiannya [LENGKAP]

  • 7 min read
  • May 12, 2018
macam macam majas - bebasketik.com

Contoh Majas Eufimisme – Hello para sahabat setia Bebas Ketik. Kalian semua dalam keaadaan sehat semua kah? Semoga kalian selalu dalam keadaan sehat dan semoga selalu diberikan kelancaran dalam melakukan aktivitas apapun hari ini.

Kalian semua jangan sampai lupa untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT ya kawan. Karena setiap apa yang kita nikmati di dunia ini adalah sebuah anugerah yang diberikan oleh Allah SWT kepada makhluknya, termasuk kita sebagai umat manusia.

Pada postingan yang sebelumnya saya telah membuat artikel mengenai contoh majas repetisi, pada postingan kali ini saya ingin mencoba untuk berbagi tentang contoh majas eufimisme dalam kehidupan sehari-hari.

Namun sebelum kita membahas tentang contoh majas eufimisme, apa kalian pernah memperhatikan kalau dalam aktivitas sehari-harinya, manusia pasti melakukan kegiatan berkomunikasi. Baik itu sebuah komunikasi secara langsung ataupun suatu komunikasi yang dilakukan dengan cara melalui perantara.

Secara umum, aktivitas komunikasi yang dikerjakan oleh manusia itu memiliki tujuan untuk menjalin suatu interaksi atau hubungan. Dan interaksi itu sendiri berfungsi untuk mendapatkan sebuah kerja sama atau kesepakatan.

Aktivitas tersebut telah menjadi kebiasaan yang diluar kesadaran manusia. Karena manusia adalah makhluk sosial yang tidak akan bisa melangsungkan hidupnya dengan sendiri. Manusia butuh pertolongan manusia yang lainnya untuk melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari.

Selain itu, kegiatan komunikasi yang dilakukan antar manusia itu juga berfungsi untuk menyampaikan pendapat. Nah, dalam kegiatan komunikasi itu manusia perlu suatu bahasa yang digunakan.

Bahasa itu berfungsi sebagai alat untuk mempermudah aktivitas komunikasi. Sehingga hal ini dapat melancarkan interaksi atau hubungan yang dilakukan antar manusia. Dan akhirnya hal itu dapat berfungsi untuk mendapakan suatu kesepakatan atau kerja sama.

Nah, dalam suatu bahasa sendiri pasti terdapat macam macam majas atau gaya bahasa yang digunakan. Majas tersebut digunakan sebagai alat untuk menekankan atau mempertegas suatu kesan atau maksud yang kita sampaikan pada seseorang.

Dan macam macam majas sendiri ada banyak sekali jenisnya. Mulai dari majas sarkasme, majas tautologi, majas perbandingan, majas klimaks, majas antiklimaks, majas pertentangan, majas simbolik, majas sindiran, dan lain sebagainya.

Nah, seperti yang sudah saya katakan diatas tadi. Pada postingan kali ini saya akan mencoba untuk memberikan penjelasan tentang beberapa contoh majas eufimisme.

Entah itu contoh majas eufimisme dalam suatu kalimat yang sering kita gunakan ataupu dalam suatu karya sastra seperti puisi, syair, drama, pantun, teater, drama musikal, musikalisasi puisi, dan sastra lainnya.

Tetapi, sebelum kita membahas tentang contoh majas eufimisme, alangkah lebih baik bila kita membahas tentang pengertian majas eufimisme dahulu.

Berikut ini adalah penjelasan dan pembahasan mengenai pengertian majas eufimisme secara detail . Silahkan simak dan baca dengan seksama.

Pengertian Majas Eufimisme

contoh majas eufimisme - bebasketik.com

Apakah kalian masih ingat bahwa pengertian majas eufimisme ini sudah dibahas dan dijelaskan ketika duduk di bangku sekolah. Tapi, mungkin beberapa diantara kalian ada yang sudah lupa atau tidak ingat dengan pengertian majas eufimisme.

Nah, disini saya akan memberikan dan menjelaskan ulang mengenai pengertian majas eufimisme. Apa yang dimaksud dengan majas eufimisme itu?

Jika dilihat secara bahasa, majas eufimisme berasal dari bahasa Yunani yaitu ‘euphemizein’ yang memiliki arti “kata kata yang baik”. Sedangkan pengertian majas eufimisme secara istilah adalah salah satu jenis majas atau gaya bahasa yang mengganti kalimat atau kata yang bersifat kasar menjadi kalimat atau kata yang lebih halus dan sopan.

Selain itu, majas eufimisme ini termasuk kedalam jenis majas perbandingan. Dari sekian banyak majas, mungkin majas eufimisme adalah macam macam majas yang paling sering digunakan dalam kehidupan komunikasi sehari-hari.

Jika kalian belum memahami secara detail tentang pengertian majas eufimisme, kalian mungkin akan bisa lebih cepat paham bila meilhat langsung contoh majas eufimisme.

Silahkan kalian simak dan baca dengan seksama contoh majas eufimisme dibawah ini. Baik itu contoh majas eufimisme dalam kalimat sehari-hari, atau contoh majas eufimisme dalam karya sastra seperti puisi, pantun, syair, teater, drama, musikalisasi puisi, lirik lagu, dan lain sebagainya.

Contoh Contoh Majas Eufimisme 

macam macam majas - bebasketik.com

Setelah kita mengetahui tentang pengertian majas eufimisme, kini saatnya kita membahas tentang contoh majas eufimisme yang sering kita gunakan dalam kegiatan berkomunikasi sehari-hari.

Penggunaan majas eufimisme biasanya sering digunakan oleh orang yang sedang berkomunikasi dengan seseorang yang memiliki usia atau derajat lebih tinggi. Contohnya anak kepada Ibunya, murid ke gurunya, seorang pemuda kepada orang yang lebih tua, dan lain sebagainya.

Namun, tidak jarang juga kita bisa menemuinya contoh majas eufimisme dalam suatu karya sastra seperti pantun, syair, puisi, lirik lagu, teater, drama, musikalisasi puisi, dan lain sebagainya.

Nah, pada artikel ini saya akan memberika beberapa contoh majas eufimisme dalam suatu kalimat yang sering kita ucapkan, contoh majas eufimisme dalam suatu karya puisi, dan juga contoh majas eufimisme dalam sastra pantun.

Berikut ini adalah pembahasan dan penjelasan mengenai contoh contoh majas eufimisme tersebut. Silahkan simak dan baca dengan seksama.

1. Contoh Majas Eufimisme Dalam Kalimat

macam macam majas - bebasketik.com

Berikut ini adalah beberapa contoh majas eufimisme yang terdapat dalam suatu bentuk kalimat.

  • Tuan putri sedang mencari pramuwisma untuk merawat kebersihan di istananya yang besar. (pramuwisma = pembantu rumah tangga).
  • Setelah lulus kuliah, Diah menjadi koki di restoran ayam bakar itu. (Pramusaji = tukang masak di rumah makan).
  • Mohon maaf, saya ingin minta izin ke kamar kecil. (Kamar kecil = WC).
  • Orang tuna netra mempunyai hak yang sama dengan orang normal yang lainnya. (Tuna netra = buta).
  • Seorang anak yang masih kecil sering sekali ke kamar kecil. (kamar kecil = WC).
  • Guru itu dibebastugaskan karena telah melakukan operasi diluar prosedur kepada salah satu pasiennya. (dibebastugaskan = dipecat).
  • Kalau kau malas beraktivitas dan bekerja, kamu bisa menjadi orang yang tuna wisma. (Tuna wisma = gelandangan).
  • Diah telah menjadi tuna wicara sejak duduk di bangku SMK. (Tuna wicara = bisu).
  • Kakak dari temanku di rumah telah berpulang kepada Ilahi. (Berpulang = meninggal).
  • Seorang wanita yang hamil wajib mengatur makanan yang dikonsumsi agar bayi yang ada dalam kandungannya tidak menjadi tuna daksa. (tuna daksa = cacat fisik).
  • Harapan melanjutkan jenjang pendidikannya diperguruan tinggi mirip dengan mimpi saja, karena ia kurang mampu untuk mencapainya. (belum mampu = tidak punya uang).
  • Banyak masyarakat Maluku yang masih menjadi tunaaksara hingga kini. (tuna aksara = buta huruf).
  • Ratu Atut akhirnya keluar dari kantor KPK memakai rompi orange. (rompi orange = baju tahanan).
  • Masyarakat sekitar kompleks ini sudah terbiasa dengan berita miring tentang dirinya. (berita miring = hal-hal buruk).
  • Beberapa kali ia mendapat teguran dari bosnya karena kurang telitimenghitung uang kas perusahaan. (kurang teliti = ceroboh).
  • Putra bapak memang agak ketinggalan dibandingkan teman temannya. (ketinggalan = kurang pintar).
  • Lian memiliki kepribadian yang sedikit berbeda dengan teman teman sebayanya. (berbeda = aneh).
  • Banyak penduduk yang kekurangan makan di musim krisis panen ini. (kekurangan makan = kelaparan).
  • Petugas itu diistirahatkan sementara dari tugasnya. (diistirahatkan sementara = skorsing).
  • Koruptor yang mengambil uang subsidi untu rakyat itu akhirnya dibekuk oleh kepolisian di kantornya. (koruptor = pencuri uang rakyat).
  • Kalangan masyarakat kelas atas sedang berfoya foya di kapal pal pesiar untuk menyambut tahun baru.(masyarakat kelas atas = kaya).
  • Leli menjadi volunter di lembaga swadaya masyarakat yang menaungi anak anak dengan tuna grahita. (tuna grahita = keterbelakangan mental).
  • Ingin meneruskan kuliahnya diperguruan tinggi seperti mimpi saja baginya, karena ia belum mapan untuk mencapainya. (belum mapan = tidak mampu secara finansial).
  • Pejabat yang terlibat korupsi itu mengenakan rompi orange saat digandeng polisi. (rompi orange = baju tahanan).
  • Wanita itu sudah terkenal sebagai pramuria di lingkungannya. (pramuria = PSK).
  • Banyak tuna karya tersebar diseluruh Indonesia meskipun memiliki ijasah perguruan tinggi. (tuna karya = pengangguran).
  • Kakek Dia sudah kembali ke pangkuan Yang Kuasa. (kembali ke pangkuan = meninggal).
  • Rian menjadi pramusaji di restoran padang depan sekolah. (Pramusaji = juru masak).
  • Beberapa kali ia mendapat teguran dari atasannya karena kurang teliti menghitung uang kas perusahaan. (kurang teliti = ceroboh).
  • Warga sekitar perumahan ini sudah terbiasa dengan berita miring tentang dirinya. (berita miring = hal-hal buruk).
  • Paranormal berkedok agama itu akhirnya dihukum dan masuk jeruji besi. (paranormal = dukun).
  • Para pengemis yang ada dijalanan itu adalah tuna wisma. (tuna wisma = gelandangan).
  • Pramuniaga di Seven Nine Market itu sangat cantik. (pramuniaga = penjaga toko).
  • Ramalan dari paranormal tidak bisa dipercaya seluruhnya. (paranormal = dukun).
  • Harapannya pupus untuk bekerja di kantor arsitektur ternama itu, karena keterampilannya kurang memadai (kurang memadai = tidak pandai).
  • Diah berprofesi sebagai seorang pramuniaga di swalayan yang ada di desanya. (pramuniaga = penjaga toko).
  • Kakak Sinta merupakan lulusan S1 Hukum dari Universitas terbaik di Indonesia namun masih menjadi tuna karya juga. (tuna karya = pengangguran).
  • Sultan termasuk dari keluarga ekonomi bawah. (ekonomi bawah = miskin).
  • Kehidupan yang kejam di ibu kota, membuat Rara harus menjadi tuna susila. (tuna susila = pekerja seks komersial).
  • Tidak disangka adik Ria yang berusia 5 tahun telah mendahului orang orang disekitarnya. (mendahului = meninggal).
  • Oknum polisi itu diberhentikan dengan tidak hormat karena telah mencemarkan nama baik profesi dengan berbuat kejahatan. (diberhentikan = dipecat).
  • Semua buruh pabrik tembakau itu dirumahkan tiba- tiba tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. (dirumahkan = di-PHK).
  • Banyak sekali orang tidak sehat yang ditemui berkeliaran di jalan jalan. (orang tidak sehat = orang gila).
  • Mungkin sebaiknya hubungan ini tidak dilanjutkan karena kita sudah tidak sejalan lagi. (putus).
  • Kakak menjadi pramusaji di kapal pesiar yang megah dan berlayar ke berbagai negara. (Pramusaji = juru masak).
  • Desi divonis tuna ganda sejak usia 10 tahun dimana dia tidak bisa berjalan dan juga tidak bisa mendengar. (tuna ganda = cacat kombinasi).
  • Orang malas yang tidak mau bekerja akhirnya menjadi peminta – minta. (peminta minta = pengemis).
  • Dalam dunia kesehatan, konsumen jiwa sehat diperlakukan dengan sangat baik untuk menjaga kestabilan emosinya. (konsumen jiwa sehat = orang gila).
  • Perawat spesialis itu merawat banyak pasien di rumahnya. (pasien = orang sakit).
  • Sila meminta ijin untuk ke belakang di tengah tengah berjalannya kuliah. (ke belakang = ke kamar mandi).
  • Padli seorang tuna laras sehingga tidak bisa bernyanyi dengan baik. (tuna laras = cacat suara/nada).
  • Dibalik jerui besi adalah orang orang yang pernah melakukan kesalahan atau pelanggaran hu (jeruji besi = penjara).
  • Orang-orang yang malas bekerja akhirnya menjadi peminta-minta. (peminta minta = pengemis).
  • Pramuniaga di Indomaret itu sangat cantik. (pramuniaga = penjaga toko).
  • Kakek terburu buru ingin buang air kecil sampai berlari lari. (buang air kecil = kencing).
  • Pemuda yang tidak pernah belajar huruf akan menjadi tuna aksara. (tuna aksara = buta huruf).
  • Ade kurang pintar sehingga dia tidak naik kelas. (kurang pintar = bodoh).
  • Ramalan dari paranormal jangan dipercaya seluruhnya. (paranormal = dukun).
  • Kakak Nini merupakan lulusan S1 Sosiologi dari Universitas terbaik di Indonesia namun masih menjadi tuna karya juga. (tuna karya = pengangguran).
  • Harapannya pupus untuk bekerja di perusahaan ternama itu, karena keterampilannya yang kurang memadai (kurang memadai = tidak pandai).

2. Contoh Majas Eufimisme Dalam Puisi

macam macam majas - bebasketik.com

Berikut ini adalah contoh majas eufimisme dalam suatu karangan puisi.

Si Putih

Kau sangat putih
Tapi kau kurang hitam
Untuk seorang kulit hitam

Kau berkulit putih
Tapi kau kurang pandai begaul
Kau juga kurang jujur

Penjelasan :

Dalam bait puisi diatas yang mengandung contoh majas eufimisme adalah pada bagian bait kedua baris kedua yang berbunyi “Tapi kau kurang pandai begaul”.

Makna yang sebenarnya dari kalimat tersebut adalah orang yang jahat dan dijauhi temannya. Namun dalam kalimat itu cara penyampaiannya dilakukan dengan menggunakan istilah yang lebih halus. Itulah yang membuat kalimat tersebut masuk kedalam contoh majas eufimisme.

Selain itu pada bait kedua baris ketiga juga terdapat majas eufimisme pada kalimat “Kau juga kurang jujur”. Dalam kalimat tersebut, makna aslinya adalah orang yang suka berbohong. Namun karena menggunakan majas eufimisme, penyampaiannya menjadi lebih halus dan sopan.

3. Contoh Majas Eufimisme Dalam Pantun

macam macam majas - bebasketik.com

Berikut ini adalah beberapa contoh majas eufimisme dalam suatu karya seni sastra pantun.

Membaca buku di kamar

Di dapur makan nasi

Wanita itu sangat pintar

Namun dia kurang teliti

Penjelasan :

Pada bait pantun diatas yang mengandung contoh majas eufimisme adalah pada bagian isinya. Pada pantun tersebut bagian isinya terdapat kata”Namun dia kurang teliti”.

Makna sebenarnya dari kalimat tersebut adalah orang yang ceroboh. Namun, karena menggunakan majas eufimisme, kesan dari kalimat tersebut menjadi lebih sopan dan halus.

Penutup

Itulah sedikit mengenai contoh majas eufimisme yang dapat saya tuliskan pada konten ini. Semoga artikel atau konten ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman semua. Dan harapan saya artikel ini bisa membantu kalian dalam memecahkan masalah.

Saya ucapkan terima kasih banyak kepada kalian semua karena telah rela waktunya terbuang demi membaca artikel tentang contoh majas eufimisme ini.

Dan mohon maaf bila dalam proses penulisan terdapat suatu kesalahan, baik itu dalam bentuk typo maupun terdapat suatu kata atau kalimat yang bisa menyinggung hati teman-teman.

Sampai jumpa lagi di lain waktu ya, tetap setia dan pentengin terus Bebas Ketik ya, bye-bye !!!

%d bloggers like this: