√ 63+ Contoh Majas Antitesis dan Pengertiannya [LENGKAP]

  • 6 min read
  • May 14, 2018
macam macam majas - bebasketik.com

Contoh Majas Antitesis – Hai para sobat setia Bebas Ketik. Bagaimana kabar teman-teman hari ini? Semoga selalu dalam keadaan sehat, aamiiin.

Dan jikalau ada diantara teman-teman yang sakit, semoga segera diberikan kesembuhan. Serta semoga sakit yang menimpa teman-teman merupakan sarana untuk penghapusan dosa bagi teman-teman semua.

Kesempatan sebelumnya saya telah membahas tentang contoh majas pleonasme. Nah, Ppda artikel ini saya ingin memberikan contoh majas antitesis. Dari sekian banyak macam macam majas yang ada dalam bahasa Indonesia, mungkin majas antitesis ini merupakan salah satu majas yang paling sering digunakan.

Jenis majas ini juga memiliki kemiripan dengan majas paradoks. Yaitu sama-sama majas pertentangan yang menggunakan istilah yang berlawanan sebagai cara penyampaiannya.

Di artikel ini saya juga akan menjelaskan perbedaan antara pengertian majas paradoks dengan pengertian majas antitesis. Jika kita mencari perbedaan dari kedua majas ini, maka itu akan agak sulit. Namun, jika sudah tau ciri-cirinya maka akan mudah saja.

Nah, untuk pembahasan dan penjelasan lebih detailnya, teman-teman bisa menyimak pembahasan dibawah ini. Namun, sebelum kita masuk kedalam pembahasan mengenai contoh majas antitesis dan perbedaan majas antitesis dan majas paradoks.

Ada baiknya jika kita membahas tentang pengertian majas antitesis terlebih dahulu. Berikut ini adalah pembahasan atau penjelasan mengenai pengertian majas antitesis, silahkan kalian simak dan baca dengan seksama.

Pengertian Majas Antitesis

contoh majas antitesis - bebasketik.com

Sebenarnya penjelasan tentang pengertian majas antitesis ini sudah dijelaskan ketika berada di bangku sekolah. Bahkan penjelasan mengenai pengertian majas antitesis menjadi sebuah kewajiban untuk disampaikan kepada murid sekolah.

Jadi, kemungkinan beberapa dari teman-teman sudah ada yang mengetahui dan mengenal tentang pengertian majas antitesis.

Tapi, mungkin diantara teman-teman juga ada yang lupa atau belum paham dengan pengertian majas antitesis ini. Nah, disini saya akan mencoba untuk menjelaskan kembali tentang pengertian majas antitesis.

Apa yang dimaksud dengan majas antitesis itu? Yah, yang dimaksud dengan pengertian majas antitesis adalah merupakan salah satu jenis majas yang menyampaikan pasangan dua kata yang mempunyai arti saling berlawanan. Serta kedua pasangan kata tersebut disajikan dengan cara berurutan.

Nah, seperti yang sudah saya jelaskan diatas tadi bahwa majas antitesis memiliki kemiripan dengan majas paradoks. Berikut ini adalah pembahasan tentang persamaan dan perbedaan dari majas antitesis dengan majas paradoks.

Persamaan

Persamaan antara majas antitesis dengan majas paradoks ialah :

  • Majas antitesis dan majas paradoks sama-sama merupakan jenis majas pertentangan.
  • Dalam penyampaiannya, terdapat dua kata yang saling berlawanan arti.

Perbedaan

Kemudian perbedaan antara majas antitesis dengan majas paradoks adalah:

  • Dua kata yang bertentangan pada majas antitesis dalam satu klausa, sedangkan majas paradoks tidak dalam satu klausa, baik itu secara berurutan atau dengan cara disambung menggunakan kata penghubung.
  • Dua kata bertentangan dalam majas paradoks tidak, sedangkan majas antitesis biasanya menggunakan antonim. Kata yang bukan termasuk antonim juga dapat digunakan untuk kedua majas ini. Tapi dengan syarat masih memberi arti yang saling berlawanan.

Nah, Untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh majas paradoks dan majas antitesis dibawah :

Contoh majas antitesis : baik buruknya wajah seseorang tidak akan pernah menjadi tolak ukur untuk sifat dan karakter mereka”.

Contoh majas paradoks : “aku sangat kesepian padahal dikelilingi oleh keramaian kota Surabaya”.

Dari sini pahamkan, tentang perbedaan dan persamaan majas paradoks dengan majas antitesis. Pembahasan yang berikutnya adalah tentang contoh majas antitesis. Silahkan simak dan baca penjelasan dibawah ini.

Contoh Contoh Majas Antitesis

macam macam majas - bebasketik.com

Pembahasan berkutnya setelah kita mengetahui tentang pengertian majas antitesis adalah pembahasan tentang contoh majas antitesis.

Contoh majas antitesis dapat kita jumpai diberbagai kondisi. Karena majas ini sering digunakan dalam komunikasi sehari-hari.

Bukan hanya itu saja, contoh majas antitesis juga sering kita jumpai dalm suatu karya seni sastra seperti pada suatu kaangan pantun, drama, teater, musikalisasi puisi, lirik lagu, suatu karangan puisi, dan lain sebagainya.

Nah, di artikel ini saya akan mencoba untuk memberikan contoh majas antitesis. Mulai dari contoh majas antitesis dalam kalimat, contoh majas antitesis dalam karangan puisi, dan juga contoh majas antitesis dalam suatu karangan pantun.

Berikut ini adalah penjelasan dan pembahasan secara menyeluruh dan detail mengenai contoh contoh majas antitesis tersebut. Silahkan simak dan baca penjelasan dibawah ini.

1. Contoh Majas Antitesis Dalam Pantun

macam macam majas - bebasketik.com

Berikut ini adalah beberapa contoh majas antitesis yang terdapat dalam suatu karangan pantun.

Ke pasar sambil makan

Makannya sambil mata tertutup

Manis pahitnya kehidupan

Adalah lika-liku hidup

Penjelasan :

Dari bait pantun diatas yang mengandung contoh majas antitesis terdapat pada bagian isinya. Dalam isi pantun diatas terdapat kata “manis pahitnya”. Nah, kata tersebut termasuk kedalam majas antitesis karena merupakan kata yang berlawanan dan terdapat dalam satu klausa.

2. Contoh Majas Antitesis Dalam Puisi

macam macam majas - bebasketik.com

Yang berikutnya adalah contoh majas dalam karangan puisi.

 Si Buruk Rupa

Tubuhnya kuat berotot
Dengan diselimuti bulu merah
Merah yang menyala bagai darah segar
Mulutnya penuh taring
Telinganya runcing lancip
Hidungnya memanjang kedepan

Raut wajah yang garang
Tatapan mata yang tajam
Setajam pedang yang baru diasah
Kepalan tangan yang mengerikan
Mengerikan dan juga besar
Bagaikan kepalan gajah raksasa
Kaki yang siap menginjak apapun

Itulah si buruk rupa
Yang selalu dianggap buruk
Oleh orang sekitar
Dan juga oleh orang awam
Namun jangan salah
Hatinya sangat ramah tamah
Suka menolong
Suka memberi
Dan sangat pemurah

Jangan pernah kau lihat
Baik buruknya rupa si buruk rupa
Dibalik rupa tersebut
Terdapat hati yang lembut
Hati yang penuh kasih
Serta penuh dengan rasa sayang

Penjelasan :

Kalimat yang mengandung majas antitesis pada puisi diatas terdapat pada bagian bait keempat atau bait terakhir baris kedua yang berbunyi “baik buruknya rupa si buruk rupa”.

Pada kalimat tersebut terdapat kata “baik buruknya”. Nah, kata tersebut merupakan dua istilah yang berlawanan namun penyampaiannya masih dalam satu klaus. Jadi kalimat tersebut masih masuk kedalam kategori majas antitesis

3. Contoh Majas Antitesis Dalam Kalimat

macam macam majas - bebasketik.com

Dibawah ini adalah beberapa contoh dari majas antitesis yang terdapat dalam suatu kalimat sehari-hari.

  • Jangan sampai kalian terpaku kepada baik buruknya rupa seseorang, karena bisa jadi yang buruk rupa berhati baik dan yang baik rupa bisa berhati buruk.
  • Ketika menjelang hari raya idul fitri, harga kebutuhan pokok di pasar pasti mengalami naik turun.
  • Ketika kau sudah menjadi seorang suami, kau harus siap untuk menerima berat ringannya beban kehidupan, karena harus menghidupi keluarga.
  • Hidup matinya kita itu urusan Allah SWT, kita cukup mencari bekal saja untuk dibawa keakhirat kelak.
  • Menang kalah dalam suatu pertandingan itu sudah menjadi hal yang biasa, jadi kenapa kau sampai seperti itu karena tim yang kau dukung kalah.
  • Sebuah perusahaan itu melihat disiplin tidaknya karyawan melalui jumlah absen dan jumlah keterlambatan masuk kerjanya.
  • Tinggi rendahnya nilai ujian akan berpengaruh ketika kau memasuki jenjang sekolah yang selanjutnya.
  • Kenapa kau selalu menilai seseorang dari kaya miskinnya, setiap orang itu pasti punya kelebihan dan kekurangan.
  • Tebal tipisnya sebuah halaman pada buku tidak bisa dijadikan sebagai tingkat kualitas buku tersebut.
  • Jika kau hanya melihat wanita dari cantik tidaknya wajahnya, maka nantinya kau akan menyesal bisa mendapat istri yang memiliki hati yang keras tetapi wajah yang rupawan.
  • Tingkat bersih kotornya sebuah kelas di sekolah tersebut tergantung dari seberapa rajin dan bertanggung jawabnya petugas piket kelas hari itu.
  • Orang yang sudah memiliki banyak pengalaman itu patut untuk didengar ceritanya, karena orang yang berpengalaman pasti sudah paham dengan manis pahitnya suatu kehidupan ini.
  • Barang yang bagus itu pasti akan berpengaruh kepada murah mahalnya suatu barang.
  • Jangan sampai kita lalai dalam bersyukur kepada Allah SWT, banyak sedikitnya nikmat yang Allah SWT berikan kita wajib untuk selalu bersyukur.
  • Semua perbuatan yang kita lakukan di bumi ini akan menentukan tempat kita di akhirat nanti surga atau neraka.
  • Besar kecilnya amalan yang kita lakukan di bumi ini pasti akan tetap dihitung oleh Allah SWT ketika hari perhitungan datang kelak.
  • Baik buruknya seseorang bisa dilihat berdasarkan seberapa sering dia berbuat kebaikan untuk orang lain.
  • Dulu ketika pasangan suami istri tersebut melangsungkan pernikahan, mereka saling berjanji akan selalu setia dalam kondisi sakit sehatnya.
  • Aku selalu penasaran dengan jujur tidaknya seorang penjual beras didepan rumahku itu.
  • Yang menetukan sehat tidaknya kita salah satunya adalah dari pola hidup dan pola makan yang kita lakukan.
  • Kerja keras yang kau lakukan pasti akan menetukan nyaman tidaknya kehidupanmu yang akan datang.
  • Suatu negara adidaya bisa menentukan hidup matinya perekonomian di negara yang lebih kecil.
  • Baik buruknya nilai ujian nasional bukanlah indikator kesuksesan orang nantinya.
  • Aku sering membaca artikel yang berisi tentang bagaimana cara mengetahui suka tidaknya seorang wanita kepada kita.
  • Ibu selalu menasehatiku bahwa rasa cinta atau benci itu memiliki perbedaan yang tipis.
  • Orang yang suka berbohong cepat atau lambat pasti akan ketahuan.
  • Rumah tangga dari pamanku sedang diambang bertahan atau hancur.
  • Kalian cukup memberikan jawaban “benar” atau “tidak” untuk soal isian ini.
  • Sedikit banyaknya energi yang kita gunakan tergantung kepada seberapa banyak aktivitas harian yang kita kerjakan.
  • Perusahaan itu sedang mendiskusikan banyak sedikitnya kenaikan gaji pegawai.
  • Kuat lemahnya mental seseorang akan terlihat jelas ketika orang tersebut dalam keadaan terdesak.
  • Keriddhoan Allah SWT tergantung ridho tidaknya orang tua kepada kita.
  • Berhasil tidaknya seorang petani dalam menanam sayuran tergantung kepada curah hujan.
  • Untung ruginya penjualan itu sudah menjadi hal yang biasa dalam lingkungan bisnis.
  • Laku tidaknya barang yang kita jual tergantung kepada seberapa pandai kita dalam memasarkannya.
  • Ikut tidaknya Diah dalam acara perpisahan itu tergantung mau tidaknya aku untuk mengantarkannya ke acara itu.
  • Baik buruknya sebuah usaha adalah usaha yang dijalankan.
  • Banyak sedikitnya jumlah uang yang kita keluarkan akan memberikan tingkatan timbal balik yang berbeda pula.
  • Cepat tidaknya seseorang dalam mengetik tergantung kepada jam terbang yang ia lakukan.
  • Siap tidaknya seorang suami dalam menanggung bebas hidup tergantung dukungan istri dalam melakukan semua hal.

Penutup

Itu tadi adalah beberapa contoh majas antitesis yang dapat saya tuliskan pada kesempatan ini. Semoga contoh yang saya berikan tersebut dapat memberikan suatu manfaat kepada kalian semua. Dan harapan saya, tulisan saya ini dapat membantu kalian dalam memecahkan masalah yang menimpa kalian.

Ucapan terima kasih juga saya sampaikan karena kalian telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca postingan ini sampai selesai. Serta saya mohon maaf apabila ada suatu kesalahan dalam proses penulisan, entah itu dalam bentuk typo maupun terdapat suatu kata-kata yang menyinggung hati kalian.

Sampai jumpa lagi di artikel menarik yang lainnya, tetap pantengin terus Bebas Ketik ya, bye-bye !!!

%d bloggers like this: