√ 57+ Contoh Majas Alegori dan Pengertiannya [LENGKAP]

Contoh Majas Alegori – Hello teman-teman Bebas Ketik sekalian. Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian semua selalu dalam keadaan sehat dan dalam kondisi semangat hehehe. Dan jangan lupa untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat dan keberkahan-Nya ya kawan.

Pada hakikatnya, manusia adalah makhluk sosial. Dan sebagai makhluk sosial, manusia perlu untuk melakukan kerja sama untuk melangsungkan kehidupannya. Atau manusia tidak akan bisa hidup bila tanpa adanya bantuan dari manusia lainnya.

Untuk melakukan suatu kerja sama, perlu adanya suatu interaksi atau hubungan antar manusia satu dengan yang lainnya. Interaksi atau hubungan itu bisa dilakukan dengan cara secara langsung bertatap muka ataupun dilakukan dengan cara melalui perantara.

Contoh interaksi atau hubungan secara langsung adalah proses jual beli di pasar, musyawarah mufakat, kegiatan suatu rapat organisasi, negosiasi bisnis, kegiatan tawar menawar barang atau jasa, dan lain sebagainya.

Sedangkan contoh dari suatu interaksi atau hubungan yang melalui perantara adalah suatu hubungan yang dilakukan melalui surat, interaksi melalui telepon, melalui sosial media, melalui pesan dari mulut ke mulut, dan lain sebagainya.

Kemudian, untuk melakukan suatu interaksi tersebut perlu adanya suatu komunikasi. Dan dalam komunikasi perlu adanya bahasa. Nah, bahasa tersebut bertujuan untuk mempermudah proses komunikasi.

Dan hal itu juga akan mempermudah suatu proses interaksi atau hubungan yang dilakukan oleh manusia. Akhirnya akan secara otomatis akan memperlancar proses menjalin kerja sama.

Dalam bahasa pasti terdapat suatu gaya bahasa atau majas yang digunakan. Yang dimaksud dengan majas adalah suatu istilah yang digunakan untuk mempertegas atau memperjelas kesan atau makna dari apa yang kita ungkapkan.

Untuk macam macam majas sendiri memiliki banyak sekali jenisnya. Mulai dari majas pertentangan, maja perbandingan, majas paralelisme, majas sinisme, majas sarkasme, majas pleonasme, majas klimaks, majas antiklimaks, majas, sindiran, dan lain sebagainya.

Jika pada kesempatan yang sebelumnya saya telah memposting sebuah artikel yang membahas tentang contoh majas litotes. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menulis sebuah artikel yang berisi tentang contoh majas alegori.

Namun, sebelum kita masuk kedalam pembahasan contoh majas alegori. Akan lebih baik bila kita membahas tentang pengertian majas alegori terlebih dahulu.

Berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian majas alegori secara detail dan menyeluruh. Silahkan disimak dan dibaca dengan seksama.

Pengertian Majas Alegori

contoh majas alegori - bebasketik.com

Apakah kalian masih ingat bahwa pembahasan mengenai pengertian majas alegori sudah pernah dijelaskan ketika kita duduk di bangku sekolah. Jadi, mungkin teman-teman semua sudah ada yang mengerti tentang pengertian majas alegori ini.

Namun, mungkin ada beberapa teman-teman yang lupa atau belum paham tentang pengertian majas alegori ini. Nah, disini saya akan mencoba untuk menjelaskan kembali apa itu yang dimaksud dengan pengertian majas alegori.

Pengertian majas alegori adalah suatu jenis majas yang menyatakan suatu maksud secara khusus dengan cara penyampaian tidak langsung atau non harfiah tetapi masih tetap mempunyai suatu hubungan dan keterkaitan. Majas alegori juga termasuk kedalam macam macam majas perbandingan.

Majas ini memberikan penjelasan suatu hal secara tersirat dengan memanfaatkan kata perbandingan dari hal yang lainnya. Majas alegori hampir serupa dengan majas metafora tetapi bedanya adalah majas alegori membandingkan secara keseluruhan atau secara utuh dan menyeluruh.

Contoh Contoh Majas Alegori

macam macam majas - bebasketik.com

Kita sudah mengetahui mengenai pengertian majas alegori. Yang selanjutnya adalah pembahasan atau penjelasan tentang contoh majas alegori. Berbicara mengenai contoh majas alegori maka kita tidak akan lepas dari yang namanya kata perbandingan atau perumpamaan.

Pengaplikasian majas alegori sering kita jumpai dalam suatu karya seni sastra seperti puisi, pantun, drama, teater, drama musikal, sinema TV, syair, dan lain sebagainya. Namun, tidak jarang juga contoh majas alegori yang dapat kita jumpai dalam kegiatan komunikasi antar manusia sehari-hari.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan contoh majas alegori. Baik itu contoh majas alegori dalam kalimat yang sering kita jumpai, contoh majas alegori dalam suatu karya seni sastra pantun, ataupun contoh majas alegori dalam suatu karya sastra puisi.

Tidak usah berlama-lama lagi, mari kita langsung menuju pembahasan dan penjelasan mengenai contoh majas alegori secara detail dan menyeluruh. Berikut ini adalah pembahasannya, silahkan simak dan baca dengan seksama.

1. Contoh Majas Alegori Dalam Kalimat

contoh majas alegori - bebasketik.com

Berikut ini adalah beberapa contoh majas alegori yang terdapat dalam suatu kalimat sehari-hari yang kita ucapkan.

  • Kedua orang tua kita merupakan seorang pelukis yang selalu siaga mewarnai kertas putih yang tak lain adalah anak tercintanya sendiri. Bagamana seorang anak ketika ingin menjadi sesuatu sangat bergantung pada kedua orang tuanya.
  • Melakukan kehidupan dalam rumah tangga bagaikan berlayar di lautan yang luas dengan menggunakan perahu karet.
  • Mulut manusia ibarat pisau bermata dua, bisa digunakan untuk menghujat orang dan membunuh diri sendiri.
  • Menjalani kehidupan ibarat melakukan sebuah perjalanan yang terkadang panjang lurus dan tak jarang pula berkelok-kelok.
  • Bayi yang dalam kondisi baru lahir ibarat sebuah kertas putih yang masih kosong dan tanpa noda.
  • Memberi saran padamu ibarat berbicara dengan tembok yang sama sekali tak punya telinga dan tak bisa mendengar.
  • Semua kenikmatan di dunia ini ibarat ilusi yang sama sekali tidak ada atau semu.
  • Seorang anak yang berbakti pada kedua orang tuanya ialah sebuah aset yang sangat berharga dan tak terhingga harganya.
  • Zaman globalisasi sekarang ini, mencari orang yang jujur dalam melakukan suatu hal bagaikan mencari sebuah jarum di tengah gundukan jerami.
  • Mencari ilmu di kala masih kecil layaknya mengukir lukisan di atas batu.
  • Perasaan dari seorang perempuan memang sangatlah rentan, bagaikan kaca yang tipis.
  • Ketika aku mendengar Pak Rudi berbicara, rasanya mirip menggingit cabai rawit yang rasanya pedas tak karuan.
  • Diah dan rafi seperti deretan angka satu dan nol, Diah bertubuh kurus kecil dan Rafi berbadan tinggi dan gempal.
  • Jika dalam dirimu terdapat sifat iri dan dengki, maka hal itu bisa melenyapkan kebaikan yang ada pada dirimu, hal itu sama seperti api yang membakar kayu bakar.
  • Ketika aku mendengarmu bernyanyi, dunia ini bagaikan terjadi hujan piring.
  • Masakan yang kau buat itu memiliki kuah dengan rasa mirip dengan air laut.
  • Ketika orang itu dimarahi oleh istrinya, seketika itu pula nyalinya menciut bagaikan kerupuk disiram air.
  • Kepalaku terasa sangat pusing seperti ada puluhan benda angkasa yang berputar-putar di sekelilingku.
  • Kecantikan wajah bagaikan bunga yang segar. Rusak apabila tidak dijaga, semakin mekar apabila dirawat. Namun pada akhirnya semua perawatan tidak akan dapat menghindarkan bunga dari kelayuan.
  • Hidup didunia seperti susunan keyboard piano. Ada keyboard putih dan ada yang hitam. Orang yang tidak berusaha memahami hanya akan mengetahui nada dasar. Namun jika dimainkan oleh orang yang mengetahuinya, maka akan terbentuk alunan musik yang merdu.
  • Tubuh manusia ibarat mesin. Bekerja siang dan malam, terkadang dipaksa hingga limit kerjanya. Bila tidak diberi waktu istirahat, maka mesin akan cepat rusak. Oleh karena itu biasakan istirahat teratur. Sehingga biaya dan waktu untuk memperbaiki mesin tidak diperlukan.
  • Kekayaan ibarat air laut. Jika dibendung disatu tempat lama lama tumpah. Jika diminum semakin menghauskan. Tetapi jika dibagikan dalam kotak kotak dan dijemur maka akan menghasilkan garam.
  • Al qur’an adalah rambu yang dapat memandu kita ke hadirat Ilahi Rabbi. Selama kita patuh terhadap semua rambu tersebut, maka kita akan selamat hingga tujuan akhir.
  • Orang yang beriman akan hidup seperti lebah. Dia hanya makan dan minum yang baik, pergi ke tempat tempat yang tidak rusak dan menghasilkan hal yang baik (madu).
  • Anak yang baru lahir seperti halnya kertas yang kosong. Ia begitu bersih dan tiada bernoda. Oleh karenanya, jagalah ia dengan hati-hati. Torehkan tinta emas ke setiap lembarannya. Warnailah ia dengan warna yang indah.

2. Contoh Majas Alegori Dalam Puisi

contoh majas alegori - bebasketik.com

Berikut ini adalah contoh majas alegori yang terdapat dalam suatu karya sastra puisi.

Kau Pujaanku

Aku takan pernah letih
Untuk mencarimu
Meski terasa berliku seperti jalan terjal perbukitan, banyak bebatuan, dan halangan
Yakin, kesabaran akan membawaku kepadamu

Aku tak akan pernah lelah
Untuk mendapatkanmu
Walaupun terasa melelahkan seperti berenang ribuan kilo
Yakin, perjuangan dan kesabaran
Akan membawa insan ini kepadamu

Penjelasan : 

Dalam puisi diatas kalimat yang mengandung majas alegori terdapat pada bagian bait pertama baris keempat yang berbunyi “Meski terasa berliku seperti jalan terjal perbukitan, banyak bebatuan, dan halangan“.

Kenapa kalimat tersebut bisa dikatakan sebagai majas alegori? Yah, karena dalam kalimat tersebut membandingkan antara jalan yang dia tempuh untuk mendapatkan orang yang dia sayangi dengan jalanan yang terjal dan berbatu.

Kemudian, pada bait kedua baris ketiga juga mengandung majas alegori. Bunyi dari kalimat tersebut adalah “Walaupun terasa melelahkan seperti berenang ribuan kilo“.

Kenapa pada kalimat tersebut bisa dikatakan majas alegori? Ya, alasannya adalah karena dalam kalimat tersebut terdapat suatu perbandingan yang membandingkan antara jalan yang ditempuh untuk mendapatkan sang pujaan hati sangat melelahkan yang dibandingkan dengan berenang ribuan kilo.

3. Contoh Majas Alegori Dalam Pantun

contoh majas alegori - bebasketik.com

Berikut ini adalah contoh majas alegori yang terdapat dalam suatu karya sastra pantun.

Contoh 1 :

Doni pulang, Ibu pergi

Doni pergi membawa tas punggung

Jalan yang menuju pantai ini 

Bagaikan jalan mendaki gunung

Penjelasan :

Dalam pantun diatas yang mengandung majas alegori terdapat pada bagian isinya. Bunyi dari isi pantun diatas mengandung suatu perbandingan.

Dan perbandingan tersebut adalah membandingkan sebuah jalan yang seseorang lalui ketika hendak pergi ke pantai dibandingkan dengan sebuah jalan mendaki ke puncak gunung.

Contoh 2 :

Pergi ke pasar naik delman

Naik delman seperti naik jet

Didalam kota yang aman

Pasti ada pemimpin merakyat

Penjelasan :

Dalam satra pantun tersebut yang mengandung majas alegori terdapat pada bagian sampirannya. Sampiran pantun tersebut memiliki kandungan makna suatu perbandingan.

Dan makna perbandingan itu adalah membandingkan ketika naik delman yang kita rasakan seperti naik pesawar jet.

Penutup

Mungkin itu saja contoh majas alegori dalam suatu pantun, puisi, maupun dalam suatu kalimat yang dapat saya tuliskan. Semoga bisa memberikan suatu manfaat bagi teman-teman semua. Dan semoga bisa membantu teman-teman dalam memecahkan permasalahan.

Terima kasih telah rela kehilangan waktunya karena telah membaca dan menyimak artikel ini hingga selesai. Tak lupa permohonan maaf juga saya sampaikan, jika terdapat suatu kesalahan dalam penulisan. Baik itu dalam bentuk typo ataupun terdapat suatu kata yang dapat menyinggung hati kalian semua.

Semoga bisa bertemu lagi di postingan yang selanjutnya, bye-bye !!!

Leave a Comment

%d bloggers like this: