Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Cepat Dan Alami, Dijamin Ampuh !!!

  • 8 min read
  • Mar 17, 2018
cara mengecilkan perut dengan olahraga

Cara Mengecilkan Perut – Assalamualaikum sahabat Bebas Ketik. Salam sehat buat kita semua, khususnya yang sedang membaca postingan ini hehehe.

Pada postingan ini saya akan membahas tentang perut buncit. Mulai dari penyebab perut buncit hingga cara mengecilkan perut buncit akan saya bahas di postingan ini.

Jika kita mensurvey siapa yang mau memiliki perut buncit, maka seluruh orang akan menjawab tidak akan mau memiliki yang namanya perut buncit.

Penderita perut buncit tidak hanya terjadi pada mereka yang memiliki berat badan berlebih ataupun obesitas saja. Banyak juga penderitanya dari kalangan orang yang memiliki berat badan yang ideal.

Apalagi pada jaman yang serba instan seperti saat ini, banyak orang yang mengalami perut buncit karena makanan cepat saji yang meraka santap.

Tidak sedikit pula dari penderita perut buncit yang kesulitan menanganinya. Mereka mencari berbagai tips cara mengecilkan perut buncit, namun banyak yang tidak berhasil.

Perut memang meurpakan bagian tubuh yang sangat mudah sekali untuk melar. Perut juga memiliki elastisitas yang tinggi serta tempat penyimpanan lemak. Oleh karena itu sangat mudah sekali buncit.

Mengalami perut buncit juga sangat mengganggu pederita perut buncit. Terutama pada penampilan meraka, banyak yang mengira penderita perut buncit adalah orang hamil hehehe.

Selain mengganggu penampilan fisik, jika perut buncit sudah parah juga sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh penderita.

Penderita perut buncit akan mudah terkena penyakit stroke, diabetes, serangan jantung, kanker, penyakit pada tulang, dan lain sebagainya.

Serem banget ya kalau perut buncit sudah parah. Nah, oleh karena itulah saya disini ingin memberikan tips cara mengecilkan perut buncit.

Namun sebelum kita membahas cara mengecilkan perut buncit, alangkah lebih baik jika kita mengetahui penyebab dari perut buncit itu sendiri.

Penyebab Perut Buncit

cara mengecilkan perut dengan alami - bebasketik.com

Penyebab dari perut buncit sangatlah banyak. Mulaik dari pola makan sampai pola hidup yang salah dapat menjadi penyebab perut buncit.

Sebenarnya perut buncit juga bisa disebabkan oleh gen keturunan sih. Namun dengan pola makan dan pola hidup yang baik bisa merubah hal tersebut.

Dari berbagai penyebab perut buncit, disini akan saya tulis penyebab yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Berikut ini adalah beberapa penyebab perut buncit yang banyak dialami oleh orang-orang :

  • Kurang Olahraga

cara mengecilkan perut - bebasketik.com

Banyak sekali orang yang menderita perut buncit kurang berolahraga. Kurang olahraga artinya tubuh kurang mengeluarkan keringat. Dan hal itu akan menyebabkan tertimbunnya lemak pada perut.

Apalagi kalau pekerjaan kita hanya duduk di depan komputer dan tidak banyak melakukan pergerakan, ditambah lagi di ruangan ber AC. Hal itu akan menyebabkan lemak dan kalori pada tubuh tidak terbakar dan akhirnya tertimbun di perut.

  • Minum Alkohol

cara mengecilkan perut pada wanita - bebasketik.com

Setiap orang yang terlalu sering meminum minuman beralkohol maka 100% akan memiliki perut buncit.

Dalam hukum islam sudah jelas bahwa mengkonsumsi alkohol adalah haram. Selain menyebabkan perut buncit, alkohol juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan lain seperti diabetes dan serangan jantung.

Alkohol mengandung banyak sekali kalori dan gula. Oleh sebab itu alkohol bisa menyebabkan menumpuknya gula dan kalori di perut. Kelebihan kalor dan gula sama sekali tidak akan bermanfaat pada tubuh.

Karena hal itu bisa menjadi celah bagi virus dan bakteri penyakit untuk masuk ke dalam tubuh.

Apalagi alkohol bersifat membuat kecanduan, jadi kalau orang sudah terlancur kecanduan akan susah untuk berhenti meminum alkohol.

  • Langsung Tidur Setelah Makan

cara mengecilkan perut - bebasketik.com

Bagi teman-teman yang suka makan sebelum tidur, berhentilah melakukannya karena bisa menyebabkan perut buncit. Selain itu juga bisa menyebabkan sakit pada lambung dan masalah pencernaan lainnya.

Sebenarnya tubuh akan secara otomatis membakar lemak dalam tubuh saat tidur. Namun kalau kondisi perut sedang dalam keadaan penuh, tubuh tidak akan bisa membakar lemak secara maksimal.

Tidak hanya tidur setelah makan saja, berbaring setelah makan saja juga dapat membuat perut kita buncit. Hal ini disebabkan karena jika posisi tubuh kita tidak tegak makan tubuh akan susah untuk mencerna makanan.

Sebab itu, jangan membiasakan untuk berbaring atau tidur setelah makan. Paling tidak berilah jeda sekitar 2 sampai 3 jam.

Jika kita memang sudah sangat lapar saat mau tidur, kita cukup mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung serat saja.

  • Suka Ngemil

cara mengecilkan perut - bebasketik.com

Meski ngemil ini kedengarannya sangat remeh bagi kita, ini sangat ikut andil dalam membuat perut buncit lo teman.

Hobi ngemil hampir semua orang menyukainya, khususnya pemuda jaman sekarang. Kalau ingin melakukan suatu pekerjaan pasti membutuhkan yang namanya camilan.

Kebanyakan makanan camilan ini mengandung kadar gula yang lumayan banyak. apalagi camilan juga mengandung pemanis buatan dan perasa buatan. Hal itu membuat camilan susah dicerna oleh tubuh.

Oleh karena itu kabanyakan memakanan camilan bisa membuat perut kita menjadi buncit.

  • Merokok

cara mengecilkan [erut secara alami - bebasketik.com

Penyebab perut buncit yang berikutnya adalah merokok. Para ilmuwan di University of Glasgow mengutarankan bahwa rokok dapat membuat perut buncit.

Karena rokok mendorong semua lemak di tubuh menuju perut dan mengurangi berat badan. Jadi rokok bisa mengurangi berat badan kita namun juga bisa membuat perut buncit karena mengalihkan lemak di bagian tubuh lain ke area perut.

Sama halnya dengan alkohol, rokok juga membuat pengkonsumsinya mengalami kecanduan. Kalau sudah terjerumus ke rokok maka akan susah untuk berhenti merokok.

  • Kurang Tidur

cara mengecilkan perut - bebasketik.com

Kurang tidur juga dapat menyebabkan perun menjadi buncit. Ketika anda mengalami kurang tidur, maka hormon stress atau kortisol kita akan meningkat.

Hal itu akan menyebabkan nafsu makan kita meningkat dari biasanya dan juga susah kenyang. Itu digunakan tubuh untuk menunjang tenaga yang digunakan tubuh selama tidak tidur.

Oleh karena itu teman-teman yang suka bergadang hingga tengah malam bahkan sampai pagi, hilangkan kebiasaan tersebut karena bisa menambah nafsu makan dan akhirnya membuat perut buncit.

  • Suka Makanan Yang Memiliki Kadar Gula Tinggi

cara mengecilkan perut - bebasketik.com

Gula memang sudah sedari dulu bisa membuat perut buncit. Ada beberapa alasan kenapa gula bisa menimbulkan perut buncit dan kegemukan.

  1. Gula dapat meningkatkan jumlah insulin dalam tubuh kita sehingga akan menambah jumlah produksi lemak dalam tubuh kita.
  2. Jika kita berlebihan mengkonsumsi gula, hormon leptin kita akan meningkat. Fungsi hormon leptin sendiri adalah untuk memberikan sinyal ke tubuh kita bahwa sudah kenyang.
  3. Gula memberikan energi yang banyak namun tidak membuat tubuh kita merasa kenyang sama sekali.

Sebenarnya masih ada beberapa alasan lagi kenapa gula bisa membuat perut buncit dan kegemukan. Namun 3 hal diataslah yang sangat berpengaruh besar.

Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Olahraga

cara mengecilkan perut - bebasketik.com

Cara mengecilkan perut buncit dengan berolahraga adalah cara yang paling ampuh. Jika dilakukan secara rutin dan teratur, perut kita akan mengecil dengan sangat cepat.

Olahraga disini tidaklah terlalu berat, bisa kita lakukan di rumah dan juga tidak memakan waktu yang begitu lama. Dan juga bisa dilakukan oleh semua orang.

Berikut ini adalah olahraga yang dapat membantu kita untuk mengecilkan perut kalian yang buncit :

  • Cardio

cara mengecilkan perut dengan olahraga - bebasketik.com

Cara mengecilkan perut dengan olahraga kardio ini sangatlah efektif. Karena olahraga ini tidak hanya melatih perut saja, melainkan melatih seluruh bagian otot tubuh kita.

Olahraga ini memiliki manfaat seperti berlari, berenang, bersepeda, mendaki, naik turun tanggga, dan lain sebagainya. Dengan olahraga kardio seluruh otot kita akan bekerja seperti otot pada paha, dada, betis, punggung, perut, lengan, pundak, kaki, dan lain sebagainya.

  • Push Up dan Sit Up

cara mengecilkan perut dengan olahraga - bebasketik.com

Cara mengecilkan perut dengan olahraga berikutnya adalah dengan melakukan push up dan sit up. Gerakan ini sangat umum dilakukan, hampir semua orang pernah melakukannya.

Gerakan ini juga sangat efektif untuk melatih otot khususnya pada bagian perut, Selain itu push up dan sit up juga melatih otot lengan, kaki, serta dada kita.

Kita cukup melakukan sit up dan sit up selama 1 menit saja setiap hari secara rutin. Insyallah akan membantu mengecilkan perut buncit.

  • Elbow Plank

cara mengecilkan perut dengan olahraga - bebasketik.com

Gerakan ini sangatlah simpel dan mudah dilakukan orang awam. Meski gerakannya simpel, efek yang dihasilkan sangatlah besar dalam mengecilkan perut buncit.

Gerakan olahraga ini memberikan latihan kepada perut kita, sehingga hal ini bisa membakar lemak yang mengendap di perut kita. Selain melatih otot perut, elbow plank juga melatih otot paha dan pinggang.

Cara melakukan ini adalah :

  1. Atur tubuh kita sehingga menghadap ke arah lantai.
  2. Letakkan tangan lurus dari bahu ke lantai dengan tumpuan menggunakan siku.
  3. Posisiskan tekukan lengan tangan sejajar dengan tubuh.
  4. Angkat tubuh kita sekiranya lurus dari kaki sampai kepala.
  5. Tahan posisi itu selama 1 menit.
  • Back Up

cara mengecilkan perut dengan olahraga - bebasketik.com

Back up adalah gerakan yang sangat simpel. Kita cukup tidur tengkurap di lantai, kemudian menaruh kedua tangan di belakang kepala. Dilanjutkan dengan mengangkat tubuh bagian atas kita semaksimal mungkin.

Gerakan ini melatih otot pada bagian perut, dada, leher, dan bahu. Cukup lakukan gerakan ini selama 1 menit setiap harinya secara rutin dan teratur. Mudah bukan, untuk melakukan back up ini kawan.

  • Yoga

cara mengecilkan perut dengan olahraga - bebasketik.com

Cara mengecilkan perut yang terakhir adalah dengan melakukan yoga secara rutin. Yoga adalah olahraga yang memfokuskan diri kita pada tenaga, kelenturan dan pola pernafasan.

Di India ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa yoga bisa menghilangkan gas yang tidak berguna di dalam perut kita. Sehingga bisa menghilangkan lipatan-lipatan pada perut kita.

Mulailah melakukan yoga di rumah selama kurang lebih 5 sampai 10 menit per hari. Agar tubuh bisa mendapatkan manfaat yoga secara maksmal dan optimal.

Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Pola Makan Dan Hidup Sehat

cara mengecilkan perut secara alami - bebasketik.com

Jika diatas sudah membahas cara mengecilkan perut dengan olahraga yang dapat membantu cara mengecilkan perut.

Cara mengecilkan perut buncit ini dapat digunakan oleh kalian yang memiliki jadwal kegiatan yang padat sehingga tidak dapat melakukan olahraga diatas.

Cara mengecilkan perut dibawah ini sangatlah gampang. Semua bahan makanannya mudah dicari di Indonesia.

Berikut ini adalah cara mengecilkan pertu dengan pola makan dan hidup sehat.

  • Mengurangi Makan Makanan Berkadar Gula Tinggi

cara mengecilkan perut - bebasketik.com

Di dalam sebuah makanan terdapat 2 jenis zat gula, yaitu glukosa dan fruktosa.

Fruktosa berfungsi sebagai sumber energi bagi setiap mahkluk hidup yang ada di bumi ini. Rasa frukosa sangatlah manis, lebih manis dari glukosa.

Hal itu menyebabkan banyak orang yang menganggap bahwa kalau terlalu banyak mengkonsumsi frukosa akan menimbulkan banyak penyakit.

Baca juga : Pengertian Demokrasi Lengkap Dengan Ciri, Macam, Prinsip, Asas, dan Sejarah !!!

Namun konsumsi frukosa dengan kadar yang pas juga bisa mengecilkan perut buncit. Dengan syarat tidak berlebihan.

Sedangkan glukosa sendiri juga merupakan zat yang terdapat dalam gula. Rasa dari glukosa tidak begitu manis, namun juga dapat menyebabkan perut buncit jika berlebihan mengkonsumsinya.

Oleh karena itulah jika ingin mengecilkan perut yang sudah terlanjut buncit, sangat disarankan untuk mengurangi makanan yang mempunyai kadar gula yang tinggi.

  • Tidak Tidur Setelah Makan

cara mengecilkan perut - bebasketik.com

Seperti yang sudah saya terangkan di atas tadi bahwa salah satu penyebab dari perut buncit adalah tidur setelah makan. Oleh karena hal itulah jangan tidur setelah habis makan.

Berilah jeda sekitar 2 sampai 3 jam setelah makan barulah tidur. Tidak adanya aktifitas sewaktu tidur membuat kalori yang ada pada makanan hanya akan di proses menjadi lemak bukan energi.

Kalau merasa lapar sebelum tidur, sebaiknya memakan buah atau sayur saja.

  • Mengkonsumsi Jahe dan Madu

cara mengecilkan perut - bebasketik.com

Mengkonsumsi madu dan jahe dapat mengecilkan perut karena. Di dalam madu dan jahe terdapat zat yang sangat membantu untuk membakar lemak dan mengurangi rasa lapar.

Madu mengandung zat yang sangat berguna untuk membakar lemak tubuh secara langsung yaitu frukosa. Namun mengkonsumsi madu harus dengan kadar yang pas, tidak boleh berlebihan. Kalau berlebihan nanti malah membuat buncit perut.

Jahe memiliki suatu zat yang secara alami bisa membuat nafsu makan kita berkurang. Perut akan terasa tetap kenyang dan tidak lapar. Sehingga hal itu menyebabkan kita menurunkan porsi makan.

  • Memperbanyak Makan Sayur dan Buah

cara mengecilkan perut - bebasketik.com

Tidak perlu dipertanyakan lagi kalau soal khasiat sayur dan buah dalam membantu mengecilkan perut buncit.

Buah dan sayur adalah makanan yang mengandung rendah lemak dan kandung kalorinya sedikit, namun kandungan seratnya sangat tinggi.

Serat itulah yang dapat membantu mengikat air dalam makanan sehingga sistem pencernaan bisa berjalan lancar dalam melarutkan lemak.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa jika kita mengkonsumsi sekitar 14 gram serat setiap hari, dapat menurunkan kalori sebesar 10% dan menurunkan lemak sebesar 4% di perut.

Cara mengecilkan perut yang satu ini sangat saya sarankan, karena sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan tubuh anda.

  • Mengkonsumsi Teh Jeruk Nipis

cara mengecilkan perut - bebasketik.com

Cara mengecilkan perut yang satu ini sangat gampang, yaitu dengan mengkonsumsi teh jeruk manis secara rutin dapat mengecilkan perut. Cara membuat teh jeruk nipis cukup gampang. Siapkan sekantung teh atau juga bisa dengan takaran 3 sendok teh.

Kemudian peras jeruk nipis ke dalam teh tersebut. Selanjutnya seduh dengan air panas.

Cukup mudah bukan cara membuat teh jeruk nipis. Selain bisa mengecilkan perut buncit, teh jeruk nipis juga bisa meredakan tubuh dari panas dalam.

  • Meminum Teh Hijau

cara mengecilkan perut - bebasketik.com

Cara mengecilkan perut buncit yang selanjutnya adalah dengan meminum teh hijau. Selain teh jeruk nipis, teh hijau juga dapat membantu mengecilkan perut buncit. Teh hijau memang sudah terkenal akan khasiatnya menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Minumlah teh hijau dengan tidak menambahkan gula, meminumnya sebelum makan, dan minumlah secara teratur. Maka anda akan mendapatkan khasit teh hijau secara maksimal.

Teh hijau mampu memberikan rasa kenyang pada perut, sehingga secara otomatis akan mengurangi porsi makan anda.

  • Mengatur Pola Makan

cara mengecilkan perut - bebasketik.com

Cara mengecilkan perut buncit yang ampuh berikutnya adalah dengan mengatur pola makan sehari-hari. Atau bisa juga kita sebut dengan cara diet sehat.

Maksutnya disini adalah bukan mengurangi waktu makan atau diet yang sampai menyiksa tubuh kita.

Disini maksutnya adalah dengan mengatur porsi makan kita dengan prinsip berhenti makan sebelum kenyang seperti sunah Nabi Muhammad SAW.

Kemudian tidak mengkonsumsi makanan yang bisa menimbulkan perut buncit seperti alkohol, camilan, dan lain sebagainya.

Penutup

Oke kawan sampai disini dulu postingan tentang cara mengecilkan perut buncit. Saran dari saya lakukan semua cara mengecilkan perut diatas agar perut kalian bisa segera mengecil hehe.

Baiklah, semoga postingan saya ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Terima kasih sudah mau berkunjung. Saya mohon maaf kalau ada kesalahan sata dalam mengetik diatas. Sampai berjumpa di tulisan saya yang berikutnya. bye bye !!!

%d bloggers like this: