3 Cara Menemukan Passion yang Ada Dalam Diri Kita

Mungkin beberapa diantara kalian belum menemukan passion yang kalian miliki. Menurut saya, passion ini sangat penting untuk kita ketahui. Maka dari itu, bagi kalian yang belum tahu cara menemukan passion harus segera mencarinya.

Sebelumnya, passion itu apa sih? Ya, passion adalah sesuatu yang sangat kita senangi, sesuatu yang kita kerjakan dengan sepenuh hati, sesuatu yang ketika dikerjakan kita tidak akan pernah bosan.

Jadi, passion ini sangat penting ketika kita mau memilih suatu profesi. Ketika kita memiliki profesi yang sesuai dengan passion, maka kita akan mengerjakan profesi tersebut dengan sepenuh hati dan dengan maksimal.

Nah, bagi kalian yang belum menemukan passion diri kalian, kalian harus mengetahui cara menemukan passion. Disini saya akan memberikan beberapa tips agar bisa menemukan passion diri kita masing-masing.

Interest – Temukan Minat

cara menemukan passion
darunnajah.com

Tips yang pertama adalah dengan menemukan minat kita terlebih dahulu. Sebenarnya, passion itu datangnya seperti sabaran petir. Namun akan tertanam untuk selamanya.

Menemukan minat sendiri akan muncul seiring berjalannya waktu. Kita bisa memulainya dengan terus mengupdate informasi. Karena pada umumnya manusia menyukai hal-hal yang baru.

Dengan kita terus mengikuti informasi yang ada, maka kita akan mendapat hal-hal baru juga. Nah, dari proses tersebut pasti akan muncul minat kepada suatu hal pada diri kita.

Selain hal itu, kita juga bisa mengetahui minat kita dengan menggunakan tes kepribadian mbti. Dari hasil tes tersebut kita bisa langsung bisa mengetahui kecocokan minat kita pada suatu bidang tertentu. Cara ini lebih efektif untuk digunakan.

Practice – Latihan Keras

cara menemukan passion
kisspng.com

Setelah kita berhasil menemukan minat, tugas kita yang selanjutnya adalah dengan melatih minat kita tersebut. Misalkan kita memiliki minat dibidang sepak bola. Maka kalian hanya perlu terus melatih teknik sepak bola kalian.

Lihat saja pemain sepak bola terkenal di dunia seperti Cristiano Ronaldo. Dia sudah melatih teknik sepak bolanya sejak dini. Dan akhirnya sekarang menjadi passionnya dan bahkah telah beberapa kali mendapatkan gelar atlet sepak bola terbaik dunia.

Purpose – Temukan Tujuan

cara menemukan passion
esqtraining.com

Yang selanjutnya adalah purpose atau tujuan. Seminat apapun kamu dengan suatu hal, atau semahir apapun kamu dengan suatu hal tidak akan saat dimana kalian akan jenuh. Oleh sebab itu kita juga harus membuat sebuah tujuan dari minat pada suatu hal yang sudah kita latih tersebut.

Seorang ilmuwan bernama Angela Duckworth melakukan sebuah penelitian yang membuktikan bahwa seseorang yang pantang menyerah biasanya memiliki awalnya orientasi utnuk diri sendiri. Namun lambat laun seiring berjalannya waktu akan berpindah ke orientasi kepada orang lain.

Contoh kasus ketika kalian sedang bekerja mencari uang. Jika kalian mencari uang tersebut untuk diri sendiri maka biasanya kurang bersemangat dan mudah menyerah. Namun, apabila kalian mencari uang untuk nafkah keluarga, maka akan lebih terpacu dan tidak mudah menyerah.

Penutup

Nah, itulah 3 cara menemukan dan menumbuhkan passion yang ada dalam diri kita. Jadi, intinya adalah :

  1. Cari dan temukan satu hal yang menarik bagimu.
  2. Latihlah satu hal tersebut hingga mencapai tingkat yang lebih tinggi.
  3. Tentukan alasan kenapa kamu harus bertahan pada satu hal tersebut.
  4. Terakhir, optimasi dan yakinlah bahwa semua kesulitan pasti ada solusinya.

Oke, terima kasih buat kalian yang sudah membaca artikel ini hingga tuntas. Semoga kalian yang belum menemukan passion bisa segera mendapatkannya. Tetap semangat dan sukses selalu.

Leave a Comment

%d bloggers like this: