√ 5+ Cara Membuat Ketupat Paling Enak dan Mudah [Dijamin Bisa]

  • 7 min read
  • May 13, 2018
cara membuat bungkus ketupat - bebasketik.com

Cara Membuat Ketupat – Assalamualaikum sobat Bebas Ketik. Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai ketupat. Mengenai apa itu ketupat, cara membuat ketupat, cara membuat anyaman atau bungkus ketupat, dan resep membuat ketupat yang enak dan empuk, dan tips unik lainnya dalam membuat ketupat.

Sebenarnya cara bikin ketupat ini sangatlah mudah dan simpel. Ketika kita melihat bagaimana cara buat ketupat, maka kita juga harus belajar bagaimana cara membuat bungkus ketupat.

Nah, saat kita membuat ketupat, menurut saya yang paling sulit adalah ketika dalam proses cara mengayam ketupatnya. Tapi jika sudah mahir akan sangat mudah untuk mengayam ketupat baik dari pita atau janur.

Oke, mari langsung saja kita menuju ke pembahasan tentang ketupat ini, cekidot !!!

Apa Itu Ketupat?

cara membuat ketupat - bebasketik.com

Ketupat adalah makanan yang sering dihidangkan ketika lebaran datang. Hal itu sudah menjadi tradisi dan kebiasaan yang sudah tertanam sejak dulu. Karena sering dihidangkan ketika lebaran, makanan ini sering disebut dengan ketupat lebaran.

Bentuk dari makanan ketupat ini mirip dengan lontong. Berbahan dasar besar yang kemudian dikukus seperti halnya proses pembuatan lontong.

Untuk orang yang hidup di daerah Asia Tenggara khusunya di Indonesia, Vietnam, Singapura , Brunei, dan Malaysia, ketupat sudah menjadi jenis makanan yang tidak asing lagi, apalagi ketika Lebaran.

Selain itu, dari berbagai negara tersebut memiliki ketupat lebaran dengan nama dan bentuk yang berbeda serta memiliki ciri khas sendiri-sendiri.

Untuk negara Indonesia sendiri, ketupat tidak hanya dikonsumsi ketika Lebaran saja, melainkan juga bisa dihidangkan untuk acara hajatan, syukuran, dan lain sebagainya.

Ketupat merupakan jenis makanan yang bisa dihidangkan dengan lauk yang mengandung santan didalamnya. Nah, hampir setiap daerah di Indonesia khususnya pulau Jawa, pasti disetiap rumah ada seorang anggota keluarga yang bisa menganyam sendiri ketupat.

Biasanya bahan yang digunakan untuk membuat anyaman ketupat tersebut adalah daun kelapa muda (orang jawa menyebutnya dengan janur).

Kualitas dari anyaman ketupat sangat berpengaruh kepada hasil akhir makanan ketupat. Jika kualitas anyaman ketupat yang kita buat jelek, maka rasa dan tekstur dari ketupat yang dihasilkan juga akan jelek.

Dan juga sebaliknya, jika anyaman ketupat yang kita buat tadi bagus dan rapat, maka ketupat yang dihasilkan akan lebih enak dan teksturnya akan empuk.

Cara Membuat Bungkus Ketupat atau Anyaman Ketupat

cara membuat ketupat - bebasketik.com

Kita sudah mengetahu sekilas tentang katupat baik di Indonesia maupun di beberapa negara di bumi. Fungsi dari anyaman atau bungkus ketupat ini adalah sebagai tempat kita menaruh beras yang nantinya akan di masak.

Jika kita dalam membuat ketupat tidak menggunakan anyaman atau bungkus ketupat ini maka nanti namanya bukan ketupat lagi hehehe. Biasanya bahan untuk membuat anyaman atau bungku ketupat ini adalah terbuat dari daun kelapa yang masih muda atau orang jawa menyebutnya dengan janur.

Baca Juga : Pengertian Globalisasi Beserta Dampak, Ciri, Contoh, dan Penyebabnya !!!

Kenapa kok menggunakan daun kelapa yang masih mudah? Yah, karena daun kelapa yang masih muda memiliki ketahanan ketika proses perebusan ketupat nantinya. Jika kita menggunakan daun kelap yang sudah tua, maka ketupat akan hancur ketika proses perebusan.

Nah, disini saya akan memberikan tutorial mengenai cara membuat anyaman atau bungkus ketupat. Mulai dari anyaman atau bungkus ketupat dengan bentuk biasa hingga yang memiliki bentuk aneh atau luar biasa hehehe.

  • Cara Membuat Ketupat Pasar

Yang pertama adalah bentuk anyaman atau bungkus ketupat yang paling sering orang pakai untuk membuat ketupat, yaitu ketupat pasar. Untuk mengetahui bagaimana cara membuatnya, kalian langsung saja simak videonya dibawah ini.

  • Cara Membuat Ketupat Kuda atau Jekikrek

Selanjutnya adalah anyaman atau bungku ketupat yang berbentuk kuda atau jekikrek. Simak videonya untuk mengetahui cara pembuatannya.

  • Cara Membuat Ketupat Bawang

Lalu, yang berikutnya ada yang berbentuk seperti bawang nih kawan. Simak langsung video cara membuatnya.

  • Cara Membuat Ketupat Sungu

Sesuai namanya, anyaman ketupat atau bungkus ketupat yang satu ini memiliki tanduk kawan. Keren banget ya ketupat ada yang punya tanduk hehehe. Silahkan simak videonya untuk mengetahui proses pembuatannya.

  • Cara Membuat Ketupat Kodok

Ada lagi nih bentuk anyaman atau bungkus ketupat yang aneh lainya, yaitu bentuk katak. Kok bisa ya? silahkan langsung simak videonya.

  • Cara Membuat Ketupat Jantung

Kalau yang satu ini memiliki bentuk seperti bagian tubuh terpenting manusia, yaitu anyaman atau bungkus ketupat dalam bentuk jantung. Langsung lihat videonya ya.

  • Cara Membuat Ketupat Bantal atau Balok

Yang berikutnya adalah bentuk anyaman atau bungkus ketupat yang mirip dengan bantal atau balok. Bentuk ketupat ini juga sering digunakan oleh kebanyakan orang. Bagaimana cara membuatnya? Langsung simak videonya.

  • Cara Membuat Ketupat Sate

Yang satu ini malah lebih aneh lagi kawan. Yah, anyaman atau bungkus ketupat yang berbentuk sate. Meski satenya hanya satu tusuk kali ya hehehe. Penasaran bagaimana membuatnya? Simak langsung video di bawah ini.

  • Cara Membuat Ketupat Piramida

Bentuk anyaman atau bungkus ketupat yang berikutnya adalah bentuk piramida. Silahkan simak langsung videonya.

  • Cara Membuat Ketupat Manggis

Yang berikutnya adalah bentuk anyaman ketupat yang mirip dengan buah manggis. Kok bisa ya, penasaran? Langsung simak video cara pembuatannya dibawah ini.

  • Cara Membuat Ketupat Ikan

Ada juga nih kawan, anyaman atau bungkus ketupat yang berbentuk seperti ikan. Tidak tahu juga ya ini ikan apa hehehe. Simak langsung videonya.

  • Cara Membuat Ketupat Gong Do atau Pringkil atau Gongseng

Yang selanjutnya ini juga tidak kalah unik kawan. Yah, anyaman atau bungkus ketupat yang seperti gong do atau pringkil atau gongseng. Silahkan simak video dibawah ini untuk mengetahui cara membuatnya.

  • Cara Membuat Ketupat Guling

Jika diatas tadi ada anyaman ketupat yang berbentuk bantal, yang terakhir ini adalah bungkus ketupat yang seperti guling. Lengkap tuh bantal guling tinggal kasurnya saja hehehe. Untuk proses pembuatannya kalian bisa langsung simak video dibawah ini.

*****
Itu tadi adalah beberapa video tutorial yag berisi tentang bagaimana cara membuat ketupat.

Bahan Membuat Ketupat

cara membuat ketupat - bebasketik.com

Jika kita ingin membuat ketupat, bahan-bahan dibawah inilah yang perlu kita persiapkan. Bahan tersebut mudah ditemukan di pasar terdekat. Jadi kita pasti bisa membuat ketupat sendiri di rumah.

  1. Beras sejumlah 1 kg (atau disesuaikan dengan porsi ketupat yang ingin dibuat dan gunakan beras yang bagus dan wangi seperti Pandan, Rojolele, Mentik Spesial, Wangi, dan lain sebagainya).
  2. Siapkan juga air putih secukupnya.
  3. Kemudian jangan lupa sediakan garam dapur secukupnya.
  4. Daun pandan (cukup beberapa lembar saja).
  5. Yang terakhir adalah anyaman ketupat untuk menjadi bungkus ketupat (dapat dibeli di pasar atau dengan membuatnya sendiri seperti tutorial cara membuat ketupat diatas).

Cara Membuat Ketupat

cara membuat ketupat - bebasketik.com

Jika kita sudah menyiapkan seluruh bahan untuk membuat ketupat, yang selanjutnya kita lakukan adalah cara membuat ketupat.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan ketika membuat ketupat. Simak dan bacalah dengan seksama cara membuat ketupat dibawah ini.

  1. Pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencuci beras dengan air bersih yang mengalir hingga bersih.
  2. Lalu, yang berikutnya ialah rendam beras yang sudah dicuci bersih tadi kedalam wadah yang sudah diisi air baru dengan takaran secukupnya.
  3. Berikutnya adalah dengan menambahkan garam dan campur hingga merata.
  4. Nah, yang berikutnya adalah dengan membuang air bekas rendaman beras tadi lalu tiriskan sampai sekiranya tidak mengandung banyak air.
  5. Selanjutnya adalah memasukkan beras yang sudah ditiriskan tadi ke dalam anyaman ketupat dan jangan lupa untuk memasukkan daun pandan kedalam anyaman ketupat itu juga.
  6. Lalu, yang berikutnya ialah dengan merebus air, namun cukup dengan setengah mendidih saja, lalu masukkan anyaman ketupat yang sudah diisi beras dan daun pandan tadi.
  7. Usahakan dan pastikanlah seluruh bagian anyaman ketupat tersebut teredam oleh air.
  8. Tunggulah rebusan ketupat tersebut kurang lebih selama 4 sampau 5 jam.
  9. Kemudian, cara membuat ketupat yang selanjutnya adalah mengangkat ketupat tadi dengan perlahan dan tiriskan di wadah tertentu.
  10. Yang terakhir adalah dengan mendiamkan ketupat tersebut selama beberapa menit lalu ketupatpun siap untuk dihidangkan.

Itu tadi adalah langkah-langkah dan cara membuat ketupat yang baik dan benar. Dari proses tersebut insyallah akan menghasilkan ketupat dengan kualitas rasa yang enak dan tekstur yang lembut serta empuk.

Indikator Cara Membuat Ketupat yang Gagal

cara membuat ketupat - bebasketik.com

Dalam proses pembuata ketupat, merkipun kita sudah sering membuatnya, tidak menutuo kemungkinan kalau kita tidak akan galgal, pasti kadang kala kita gagal membuat ketupat.

Tentunya dengan ketupat yang gagal tersebut akan menghasilkan sebuah ketupat yang kurang berkualitas. Dari banyak kasus kegagalan dalam proses pembuaran ketupat yang saya temuakan. Kebanyakan diakibatkan oleh terlalu banyak mengisi anyaman ketupat dengan beras.

Baca Juga : Penyebab Pemanasan Global Beserta Pengertian, Dampak, dan Proses Terjadinya !!!

Hal itu bisa menghasilkan ketupat yang kita buat menjadi padat namun lembek. Selain itu, jika kita terlalu banyak memasukkan beras kedalam anyaman ketupat, juga bisa membuat bentuk ketupat tersebut kurang bagus atau meluber.

Dalam beberapa kasus juga ada yang nasi dalam ketupat tidak matang sempurna. Hal itu bisa diosebabkan oleh kurang isi. Ketika ketupat yang kita buat kurang isi beras, juga bisa menyebabkan hasil dari ketupat lebih kecil dari ukuran awal anyamannya.

Selain itu, sebuah ketupat yang kekurangan isi beras, juga akan memiliki rasa yang agak berbeda di lidah. Hal itu dikarena terdapat banyak udara didalam anyaman ketupat.

Tips dan Cara Membuat Ketupat Agar Tidak Gagal

cara membuat ketupat - bebasketik.com

Nah, jika tadi telah saya jelaskan mengenai indikator bahwa ketupat yang kita buat, selanjutnya adalah tips dan trik bagaimana supaya ketupat yang kita buat tidak gagal dan agar ketupat bisa matang dengan sempurna.

Tips dan trik dibawah ini bisa sangat mempengaruhi hasil dari ketupat yang kita buat. Oleh sebab itulah teman-teman sekalian harus memperhatikan dengan betul tips dan trik dibawah ini.

  • Gunakan Anyaman yang Memiliki Warna Hijau Muda

cara membuat ketupat - bebasketik.com

Sebuah anyaman ketupan yang memiliki warna hijau muda itu berarti dia terbuat dari daun kelapa atau janur yang masih benar-benar muda.

Nah, jika kita menggunakan daun kelapa yang masih muda atau sering disebut dengan janur, maka anyaman tersebut akan segar dan tidak mudah rusak atau patah saat proses persebusan didalam panci bersama beras.

Jadi, intinya ketika kita menggunakan anyaman ketupat yang terbuat dari daun kelapa yang masih muda maka akan menghasilkan ketupat yang lebih empuk, enak, dan tahan lama.

  • Jumlah Takaran Beras

cara membuat ketupat - bebasketik.com

Nah, tips yang berikutnya adalah mengenai beras yang akan digunakan untuk membuat ketupat. Ketika kita ingin membuat ketupat yang enak dan empuk, maka sebainya sebelum kita memasukkan beras kedalam anyaman ketupat merendamnya terlebih dahulu.

Untuk waktu perendaman sendiri saya sarankan selama 30 menit, jika sudah angkat beras tersebut dan tiriskan hingga airnya tidak terlalu banyak.

Jika kita menggunakan jenis beras pulen, takaran beras untuk mengisi anyaman ketupat sebaiknya diisi dengan jumlah 2/3 bagian, karena jenis beras pulen bisa mengembang dengan sempurna.

  • Pemilihan Panci Dalam Merebus

cara membuat ketupat - bebasketik.com

Untuk merebus ketupat menggunakan panci biasasaja sudah cukup. Tapi, saya sarankan menggunakan panci yang mempunyai ukuran lebih besar.

Ketika kita menggunakan panci yang lebih besar maka ketupat yang di masak dapat matang dengan sempurna.  Dan kalau ketika proses merebus tadi air di dalam panci mulai berkurang, kalau saran saya adalah dengan menambahkan lagi air mendidih agar suhunya lebih teratur dan stabil.

  • Tempat dan Cara Menyimpan 

cara membuat ketupat - bebasketik.com

Kebanyakan orang pasti akan membuat ketupat lebaran dengan jumlah yang berlebih. Nah, jika berlebih maka akan lebih baik bila ketupat disimpan ke dalam kulkas. Namun, dengan syarat dibungkus dengan menggunakan plastik terlebih dahulu.

Hal itu bertujuan supaya katupat tidak cepat mengering karena suhu dingin. Nah, jika kalian ingin menghangatkan ketupat, kalian bisa mengkukusnya (bukan direbus). Dan sedikit info kalau ketupat yang masih dalam kondisi utuh akan tetap empuk dan lebih tahan lama jika dibandingkan dengan ketupat yang telah terpotong.

Penutup

Demikianlah yang dapat saya tulis di postingan tentang cara membuat ketupat, tutorial membuat anyaman atau bungkus ketupat, dan lain sebagainya yang mengenai ketupat..

Semoga postingan ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Dan harapan saya, artikel ini bisa membantu teman-teman dalam memecahkan masalah.

Terima kasih banyak karena teman-teman sekalian telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Tak lupa juga mohon maaf saya sampaikan jika ada kesalahan dalam proses penulisan.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya, bye-bye !!!

%d bloggers like this: