7+ Cara Membuat Bungkus Ketupat atau Anyaman Ketupat (Mudah dan Simpel)

  • 3 min read
  • May 26, 2018
cara membuat bungkus ketupat - bebasketik.com

Cara Membuat Bungkus Ketupat – Assalamualaikum kawan setia Bebas Ketik. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kalian selalu dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

Ketika kita memasuki bulan syawal atau bertepatan dengan salah satu hari besar umat islam yaitu hari raya idul fitri, maka hal itu sangat identik dengan hidangan ketupat.

Ketupat adalah salah satu jenis makanan yang berbahan dasar beras yang dimasukkan kedalam suatu tempat khusus. Cara membuat dan memasak ketupat terbilang mudah. Kita hanya perlu merebusnya saja.

Namun, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin mendapatkan hasil akhir ketupat dengan kualitas yang baik dan enak. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah bungkus ketupat atau anyaman ketupat.

Jika bungkus atau wadah ketupat yang kita gunakan jelek atau kurang bagus maka akan menghasilkan ketupat yang kurang bagus juga. Sebaliknya, jika anyaman atau tempat ketupat yang kita buat bagus dan baik, akan menghasilkan ketupat dengan kualitas yang baik.

Pengaruh baik buruknya bungkus ketupat sangat berpengaruh pada hasil ketupat yang kita buat. Oleh karena itu, kita perlu memperhatikan dengan betul kualitas bungkus ketupat yang kita gunakan.

Nah, pada artikel ini saya akan memberikan tips dan tutorial mengenai cara membuat bungkus ketupat atau anyaman ketupat yang berkualitas dan baik.

Namun, sebelumnya mari kita pelajari dahulu asal usul atau sejarah dari ketupat ini.

Sejarah Ketupat

cara membuat bungkus ketupat - bebasketik.com

Jika kita membahas tentang sejarah ketupat, maka kita akan bercerita tentang kisah Sunan Kalijaga. Sejarah mencatat, bahwa orang yang pertama kali memperkenalkan atau mempuplikasikan ketupat kepada warga masyarakat zaman itu.

Dalam bahasa jawa, ketupat lebih sering disebut dengan nama kupat. Sunan Kalijaga membudayakan hidangan ini pada dua bakda, yaitu “Bakda Lebaran” dan “Bakda Kupat”.

Yang dimaksud dengan hari “Bakda Kupat” adalah setelah hari raya idul fitri, biasanya setelah hari ke-5 atau ke-6 pada bulan Syawal.

Kebiasaan tersebut masih terjaga hingga saat ini. Ketika “Bakda Kupat”, semua masyarakat jawa dan hampir di setiap rumah yang merayakan hari raya idul fitri membuat ketupat.

Dan hampir disetiap rumah tersebut ada yang bisa cara membuat bungkus ketupat atau anyaman ketupat. Lalu, mereka memasak ketupat hingga matang. Dan berikutnya akan dibagikan kepada kerabat dan tetangga di sekitar rumahnya.

Sebenarnya ada banyak sekali jenis dan model bentuk bungkus ketupat. Ada ketupat berbentuk sapi, berbentuk katak, berbentuk tanduk, dan lain sebagainya.

Namun, yang paling sering digunakan oleh masyarakat Jawa hingga saat ini adalah bungkus ketupat bentuk pasaran, bentuk bawang, dan bungkus ketupat bentuk bantal atau balok.

Cara membuat bungkus ketupat tersebut sebenarnya hampir mirip. Hanya saja terdapat sedikit perbedaan yang tidak terlalu mencolok dalam cara membuat bungkus ketupat atau anyaman ketupat tersebut.

Nah, bagi kalian yang belum tau cara bikin bungkus ketupat, silahkan simak tutorial cara membuat bungkus ketupat di bawah ini.

Tutorial Cara Membuat Bungkus Ketupat

cara membuat bungkus ketupat - bebasketik.com

Karena bungkus ketupat atau anyaman ketupat sangat berpengarah terhadap hasil ketupat yang kita buat, maka kita perlu memperhatikan dengan teliti bagaimana cara membuat bungkus atau anyaman ketupat.

Berikut ini adalah tutorial cara bikin anyaman ketupat berserta gambar dan video cara membuat anyaman ketupat.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan dalam cara membuat bungkus ketupat adalah dengan menggulung janur atau daun kelapa muda sebanyak tiga kali dalam posisi pangkal janus berada dibagian atas.
  2. Lalu, ambil janur yang satunya lagi dan gulung sebanyak seperti yang pertama tadi di tangan yang lain namun dengan posisi pangkal di bawah.
  3. Berikutnya, atur supaya kedua gulungan janur tersebut saling menyilang dan harus tetap dalam keadaan tergulung.
  4. Selanjutnya ambil ujung janur yang satu dan putar ke arah belakang rangkaian janur tadi.
  5. Letakkan ujung janur yang sudah di putar ke arah belakang tadi ke bagian janur yang ada di tengah rangkaian janur.
  6. Berikutnya anyam ujung tadi hingga bawah, dan lakukan cara yang sama pada ujung janur yang satunya.
  7. Kalau sudah selesai, sekarang pindah ke pangkal janur yang ada disamping di anyam keatas, lakukan hal tersebut pada kedua pangkal janur.
  8. Jadi deh anyaman atau bungkus ketupat kalian.

Gambar Cara Membuat Anyaman Ketupat

Nah, untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat gambar dibawah ini.

cara membuat bungkus ketupat - bebasketik.com

Video Cara Membuat Bungkus Ketupat

Kalau kalian belum paham juga, bisa langsung menyimak video tutorial cara membuat bungkus ketupat di bawah ini.

Nah, kalau sudah lihat video tutorialnya kalian pasti bisa membuatnya. Cukup simpelkan cara membuat anyaman ketupat, yang ribet itu cuma kedengarannya saja, tapi kalau sudah dilakukan gampangkan hehe.

Tips Cara Membuat Bungkus Ketupat yang Bagus

cara membuat bungkus ketupat - bebasketik.com

Berikut ini adalah tips agar bungkus atau wadah ketupat yang kalian buat bisa bagus dan berkualitas.

  1. Pilihlah janur yang baik. Janur yang memiliki kualitas yang bagus adalah janur yang masih berwarna hijau muda kekuningan dan yang masih berusia muda.
  2. Pilihlah juga janur yang lebar serta panjang.
  3. Lalu, ketika kita mengisikan beras kepada bungkus ketupat, pastikan anyaman ketupat tertutup rapat lagi agar beras tidak keluar ketika direbus.

Bagaimana? simpelkan tipsnya. Jadi bungkus atau anyaman ketupat yang kalian buat pasti akan berkualitas dan enak.

Penutup

Mungkin cukup itu saja tips cara membuat bungkus ketupat yang dapat saya berikan. Terima kasih karena telah bersedia membaca artikel ini.

Dan mohon maaf bila ada suatu kesalahan dalam pengetikan. Sampai jumpa lagi di postingan yang selanjutnya ya, tetap bersama Bebas Ketik, bye-bye !!!

%d bloggers like this: