√ 13+ Bagian Bagian Mikroskop Serta Fungsi dan Gambarnya

Apa Itu Bagian Bagian Mikroskop –  Apakah kalian mengetahui dunia sains saat ini semakin lama semakin berkembang pesat dan maju? Apa aja sih contoh dunia sains yang sekarang ini sudah berkembang sangat pesat?

Tentunya operasi plastik, kalian pasti sudah tau dalam ilmu kedokteran operasi plastik menjadi salah satu yang paling berkembang saat ini.

Tetapi ga mudah lho melakukan operasi plastik, para dokter harus melakukan riset demi riset terlebih dahulu. Nah pertanyaan nya dengan apa dokter melakukan riset?

Ya salah satunya dengan menggunakan mikroskop. Untuk kalian yang belum tahu apa itu mikroskop dan bagian bagian mikroskop serta fungsinya, silahkan lihat penjelasan di bawah ini ya.

Bagian Bagian Mikroskop

bagian bagian mikroskop - bebasketik.com

Mikroskop adalah sebuah alat yang ditemukan oleh Zacharias janssen tahun 1608. Dunia kedokteran rasanya harus berterimakasih dengan temuan ini, bagaimana tidak dengan adanya mikroskop kita sekarang bisa mengetahui anatomi terkecil dari makhluk hidup.

Tapi, apakah kalian mengetahui apa saja bagian bagian mikroskop? Tidak bisa di pungkiri tidak semua orang mengerti atau bahkan tahu bagian mikroskop dari atas sampai bawah. Nah, oleh karena itu kita belajar sama sama ya untuk mengetahuinya.

 Kita mulai dari bagian atas sampai bawah mikroskop :

  1. Lensa Okuler

bagian bagian mikroskop - bebasketik.com

Lensa okuler berada pada bagian paling atas mikroskop. Lensa ini sangat dekat dengan mata kita jika kita sedang menggunakan mikroskop. Fungsi utama dari lensa okuler yakni untuk membentuk bayangan tegak, selanjutnya di perbesar pada lensa objektif.

  1. Lensa Objektif 

bagian bagian mikroskop - bebasketik.com

Berbeda dengan lensa okuler, lensa objektif letaknya berada dekat dengan sebuah objek penelitian dan pada umumnya lensa objektif memiliki fungsi perbesaran pada objek mulai dari 10, 40, sampai 100 kali lho, cukup deh buat melihat partikel kecil dari penelitian anda.

Untuk menggunakan lensa objektif secara optimal anda harus memiliki cahaya yang cukup ya agar objek penelitian bisa terlihat dengan maksimal. selain itu oleskan minyak emersi pada objek penelitian agar bayangan terlihat dengan jelas.

  1. Tabung Mikroskop / Kubus 

bagian bagian mikroskop - bebasketik.com

Fungsi dari tabung mikroskop ini adalah mengatur fokus serta menghubungkan antara lensa objektif dan okuler.

  1. Makrometer / Pemutar Kasar 

bagian bagian mikroskop - bebasketik.com

Fungsi utama pemutar kasar atau makrometer ini adalah untuk menarik dan menurunkan tabung mikroskop secara tepat dan cepat. 

  1. Mikrometer / Pemutar Halus

bagian bagian mikroskop - bebasketik.com

Mikrometer fungsinya tak jauh beda dengan makrometer, sama – sama menarik dan menurunkan tabung mikroskop dan bentuknya lebih kecil dari makrometer.

  1. Revolver Mikroskop

bagian bagian mikroskop - bebasketik.com

Fungsi utama dari revolver ini untuk mengatur pembesaran dan memperkecil suatu objek dari lensa objektif. Cara menggunakannya ialah dengan memutar ke kiri dan ke kanan. 

  1. Reflektor Mikroskop 

bagian bagian mikroskop - bebasketik.com

Reflektor dalam mikroskop mempunyai dua jenis cermin yakni cermin cekung dan cermin datar. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda, cermin datar berfungsi ketika cahaya yang masuk secara maksimal.

Sedangkan cermin cekung berfungsi ketika cahaya yang masuk tidak maksimal. Jadi, fungsi utama dari reflektor yang ada mikroskop adalah memantulkan cahaya dari cermin pada meja objek lewat lubang yang terdapat di meja objek selanjutnya diteruskan ke mata anda.

  1. Diafragma

bagian bagian mikroskop - bebasketik.com

Bagian mikroskop yang satu ini cukup penting, dimana diafragma berfungsi untuk mengatur keluar masuknya cahaya pada mikroskop.

  1. Kondensor

bagian bagian mikroskop - bebasketik.com

Kondensor adalah bagian bagian mikroskop yang perlu juga anda ketahui. Fungsi utama dari kondensor sendiri yakni untuk mengumpulkan cahaya yang masuk kemudian memantulkan cahaya tersebut dari cermin dan memfokuskan pada objek. Untuk cara penggunaan nya anda bisa memutar ke kiri dan kanan atau bisa dinaikan turunkan.

  1. Cermin

bagian bagian mikroskop - bebasketik.com

Cermin, fungsi cermin pada mikroskop adalah untuk menerima serta mengarahkan cahaya yang masuk kemudian memantulkannya pada objek penelitian.

  1. Meja Mikroskop 

bagian bagian mikroskop - bebasketik.com

Fungsinya adalah untuk meletakkan sebuah objek penelitian. Jadi, sebuah objek penelitian akan di taruh di atas meja yang dekat dengan lensa.

  1. Penjepit Kaca Mikroskop

bagian bagian mikroskop - bebasketik.com

Nah, penjepit kaca ini adalah bantuan yang juga penting ketika anda akan melakukan penelitian lho. Dengan adanya penjepit kaca pada mikroskop, objek yang anda teliti tidak akan bisa bergerak karena akan di jepit.

  1. Lengan mikroskop

bagian bagian mikroskop - bebasketik.com

Yang dimaksud dari lengan mikroskop adalah sesuatu bagian dari mikroskop yang bisa anda genggam agar mikroskop tidak dapat bergerak dan anda bisa fokus pada objek penelitian.

  1. Kaki Pada Mikroskop

bagian bagian mikroskop - bebasketik.com

Fungsi utama dari bagian bagian mikroskop ini adalah untuk penopang mikroskop agar mikroskop tetap kokoh berdiri pada saat melakukan penelitian.

  1. Sendi Inklinasi

bagian bagian mikroskop - bebasketik.com

Fungsinya untuk mengatur sudut terbaik pada mikroskop agar penelitian berjalan maksimal.

***

Nah, gimana? Sekarang sudah tahu kan bagian bagian mikroskop mulai dari ujung sampai bagian bawah alat ini ? Berkat adanya alat sains yang satu ini kita bahkan dapat mengetahui kalau ada lho binatang terkecil di dunia, ya salah satunya adalah amuba.

Sekarang saya bedah lebih dalam sebenarnya mikroskop terbagi menjadi dua bagian di antaranya adalah

Jenis-jenis Mikroskop

bagian bagian mikroskop - bebasketik.com

Pembahasan yang selanjutnya adalah mengenai tentang jenis-jenis mikroskop. Masing-masing jenis mikroskop ini memiliki fungsinya sendiri-sendiri.

Jenis jenis mikroskop ini dilihat berdasarkan pusat energinya.

  1. Mikroskop Cahaya

bagian bagian mikroskop - bebasketik.com

Mikroskop cahaya adalah jenis yang memanfaatkan cahaya terang sebagai pusat energi untuk bisa memperbesar bayangan suatu objek penelitian. Dengan memakai lensa untuk bisa lebih memusatkan cahaya yang ada pada objek.

Sumber cahaya yang digunakan berasal dari cahaya matahari, atau bisa juga dari cahaya sebuah lampu. Biasanya sih sekolah-sekolah yang ada di Indonesia menggunakan Mikroskop jenis cahaya untuk alat belajar mereka.

Bagian bagian mikroskop cahaya memiliki tiga lensa objektif yakni:

  • Pembesaran biasa (4 atau 10 kali)
  • Pembesaran berukuran sedang 40 kali atau 100 kali lebih kuat.
  • Pembesaran lensa okuler ini pembesaran hanya 10 kali.
  1. Mikroskop Elektron

bagian bagian mikroskop - bebasketik.com

Mikroskop Elektron, jenis mikroskop ini memanfaatkan senyawa elektron sebagai pusat energi. Mikroskop jenis ini menggunakan magnet sebagai salah satu pengganti lensa untuk memfokuskan sumber energi pada objek yang akan diteliti.

Mikroskop Elektron mampu memperbesar objek sampai satu juta kali ukuran objek sebenarnya lho keren kan, mau liat benda paling kecil juga pasti kelihatan deh.

Ada 2 jenis mikroskop elektron

  • Mikroskop Transmisi Elektron atau (TEM) cara kerja dengan menembuskan elektron pada objek, serta gambaran objek terlihat pada layarnya
  • Mikroskop Elektron Scanning yang bisa menampilkan gambaran tiga dimensi pada objek dengan menghadirkan gambaran permukaan, jaringan, dan jugastruktur objek yang akan diamati.

Gimana temen-temen sudah cukup jelas penjelasan mulai dari bagian bagian mikroskop sampai dua jenis mikroskop di atas?

Gunakanlah mikroskop sesuai dengan kebutuhan penelitian anda. Dengan adanya alat ini dunia sains sepertinya akan berkembang lebih pesat. Bukan tidak mungkin akan ditemukan obat dari penyakit HIV dari penelitian yang menggunakan mikroskop.

Sebelum menggunakan mikroskop ini ada baiknya pahami lagi ya bagian bagian mikroskop agar penelitian anda akan lebih maksimal. Selamat mencoba dan tetap pantengin Bebas Ketik ya gaes.

Leave a Comment

%d bloggers like this: