15+ Arah Mata Angin Beserta Cara Menentukan dan Gambarnya

Naik gunung biasanya rawan tersesat, sebab di area tersebut banyak pohon besar. Selain itu juga para pendaki tidak mengetahui secara persis arah mata angin disana.

Selain itu, ketika di alam terdapat banyak sekali ekosistem yang ada. Itu juga bisa menjadi salah satu faktor para penjelajah alam tersesat.

Dalam menentukan mana arah timur, tenggara, selatan, dan utara jika di pengunungan bukanlah hal yang mudah. Pada umumnya mereka menggunakan alat berupa kompas untuk menunjukan arahnya.

Untuk bisa mengetahui arah mata angin tanpa kompas, tentu membutuhkan keahlian khusus bagi manusia. Kabarnya untuk mengatasi ini semua, terdapat banyak cara atau trik yang perlu dipakai untuk menentukan arah dengan benar. Oleh karena itu, di bawah ini kami akan menjelaskan lebih detail untuk bekal anda jika akan bepergian.

Perlu anda ketahui mata angin merupakan panduan yang digunakan manusia, untuk menentukan arah di suau wilayah. Bukan hanya itu saja, umat muslim terkadang juga perlu mengerti arah mata angin, untuk menentukan dimana kiblat.

Mungkin kebanyakan orang belum mengetahui secara pasti tentang 16 jenis arah mata angin. Apakah anda termasuk salah satunya, semoga saja tidak. Mayoritas masyarakat hanya tahu arah timur, barat, utara, dan selatan. Untuk jenis mata angin lainnya tidak begitu paham.

Padahal semua jenis arah itu sangat penting untuk diketahui, sebagai pengetahuan dan bekal jika pebergian. Maka dari itu, di bawah ini akan penulis sebutkan dan jelaskan secara rinci mengenai jenisnya.Jangan lupa simak sampai selesai ya, jangan sampai anda ketinggalan tentang informasinya.

Empat Arah Mata Angin Pokok

arah mata angin - bebasketik.com

Sudah bukan rahasia lagi, kalau empat arah mata angin pokok ini memang sudah banyak yang hafal. Serta sering diucapkan orang dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan seluruh manusia dari berbagai macam negara juga sering mengunakannya. Selain itu arah ini pada kebanyakan digunakan sebagai penunjuk arah peta, kompas, dan alat lainnya.

Adapun nama arah mata angin pokok itu ada 4, antara lain :

  1. Timur,
  2. Barat,
  3. Selatan,
  4. Utara.

Dari keempat arah ini manakah yang paling anda hafal. Jika anda masih asing dengan arah tersebut, segera hafalkan ya supaya jika pergi kesuatu tempat tidak bingung.

Ada Empat Mata Angin Tengah

arah mata angin - bebasketik.com

Selain ada arah mata angin pokok, sekarang anda harus mengetahui mata angin tengah. Adapun letak arahnya yaitu seperti namanya, yaitu di tengah. Ini juga sering sekali dipakai untuk menentukan suatu arah.

Pada kompas juga tertera dan dapat anda lihat. Misalnya antara timur dan utara itu ada timur laut. Serta masih ada lagi lainnya.

Fungsi dari mata angin tengah juga tak kalah penting dengan yang pokok, yaitu dapat mempermudah dalam melihat peta. Ketika sedang berada di alam bebas, misalnya hutan. Oleh karena itu, anda sangat perlu untuk mengetahuinya.

Adapun nama- nama empat arah mata angin tengan, yakni ada :

  1. Tenggara (letaknya antara selatan dan timur),
  2. Timur laut ( terletak diantara utara dan juga timur),
  3. Barat laut (posisinya diantara utara dan barat),
  4. Barat daya ( terletak antara barat dan selatan).

Nama arah ini biasanya dibahas pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial.

Delapan Mata Angin Tambahan

arah mata angin - bebasketik.com

Arah mata angin tambahan merupakan arah tambahan yang letaknya diantara mata angin tengah dan pokok. Contoh antara utara dan timur laut itu ada arah utara timur laut. Kebanyakan orang masih terasa asing dengan mata angin ini, sebab jarang di ucapkan oleh masyarakat.

Namun sebenarnya arah tambahan ini perannya tak kalah penting. Di dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial terutama geografi pasti ada pembahasan ini. Maka dari itu, anda harus tahu delapan arah mata angin tambahan ini dengan maksimal.

Arah tambahan tersebut, nama- namanya antara lain yaitu ada :

  1. Utara barat laut (terlrtak di antara utara dan barat laut),
  2. Barat barat laut ( posisinya anatar barat dan juga barat laut),
  3. Barat barat daya ( terletak antara barat serta barat daya),
  4. Selatan barat daya ( letaknya diantara selatan dan barat daya),
  5. Selatan menenggara (terletak dii tengah selatan dan juga tenggara),
  6. Timur menenggara (posisinya antara tenggara serta timur),
  7. Timur timur laut (ada di antara timur dan juga timur laut),
  8. Utara timur laut ( berada anatara utara serta timur laut).

Bagi anda yang belum hafal arah ini, pelajari dengan baik ya. Dari mata angin pokok, tengan dan juga tambahan, apabila digabung itu jumlahnya ada 16.

Seluruhnya sudah kami sebutkan di atas. Kemudian di bawah ini akan kami paparkan mengenai cara penentuan arah mata angin yang perlu anda ketahui.

Gambar Lengkap Arah Mata Angin

arah mata angin - bebasketik.com

Cara menentukan arah mata angin

arah mata angin - bebasketik.com

Konon nenek moyang kita dalam menentukan arah mata angin menggunakan beragam cara. Adapun caranya yakni dengan menggunakan beraneka ragam alat yang masih sederhana. Contohnya jarum, bayangan, silet, sinar matahari, dan sebagainya.

Akan tetapi di zaman modern seperti sekarang ini, kebanyakan orang sudah tidak menggunakannya lagi. Tetapi memakai aplikasi GPS di hp. Cara tersebut memang cukup mudah dan praktis. Akan tetapi hal ini bisa dilakukan apabila seseorang memiliki kuota internet. Apabila tidak mempunyainya, maka aplikasi tersebut tidak bisa berjalan.

Salah satu cara mengatasi apabila tidak punya kuota, adalah menggunakan kompas, tongkat, maupun batu. Berikut ini kami akan menyampaikan beberapa penjelasan secara rinci, mengenai cara untuk menentukan arah mata angin. Maka dari itu simak penjelasan di bawah dengan fokus ya.

  • Penentuan Arah Dengan Menggunakan Kompas

arah mata angin - bebasketik.com

Bagi para pelancong yang suka berpetualang ke berbagai tempat, tentu tak asing lagi dengan yang namanya kompas. Alat ini digunakan sebagai alat bantu menentukan arah, sehingga perjalanan lancar, dan tidak tersesat. Adapun cara prnggunaanya adalah dengan menaruh kompas di tempat yang datar.

Selanjutnya biarkan alat ini sampai jarumnya tenang dan tidak bergerak. Disaat jarum sudah terdiam, kabarnya secara otomatis kompas telah memperlihatkan arah utara dan selatan. Sedangkan kalau anda ingin menentukan arah lainnya, Cukup dengan melihat dialnya.

Adapun dial itu adalah besaran penunjuk suatu arah. Oleh karena itu, silakan anda mencoba mempraktekan saja di rumah. Lakukan dengan teliti dan cermat. Supaya arah bisa langsung ditentukan.

  • Menggunakan Bayangan Tongkat

arah mata angin - bebasketik.com

Cara menggunakan bayangan tongkat untuk menentukan arah mata angin. Sebaiknya dilakukan pada lingkungan yang terkena sinar matahari. Supaya gambar bayangan dapat terdetekasi dengan cepat.

Oleh karena itu jangan dilakukan di sembarang tempat ya, serta hindari tempat yang gelap. Apabila belum muncul bayangannya, maka sebaiknya ulangi lagi hingga kelihatan.

Demikian tadi uraian yang dapat kami bahas tentang 16 arah mata angin. Semoga bermanfaat untuk anda sebagai penambah pengetahuan.

⊗Selain itu juga jangan lupa untuk menghafalkan nama- nama arahnya apabila anda belum hafal. Supaya ilmu anda semakin luas dan bertambah. Sekian dahulu pembahasanya, terima kasih.

Leave a Comment

%d bloggers like this: